Jenis Ras Kucing yang ada Didunia dan Informasinya

Sebagai catlovers yang suka dengan kucing dan tentu saja memelihara kucing maka kita juga harus mengetahui apa saja berbagai informasi tentang kucing yang perlu diketahui. Sangat banyak sekali informasi tentang kucing yang perlu diketahui mulai dari jenis ras kucing didunia, pola warna kucing, jenis bulu kucing dan masih banyak lagi lainnya.

Ketika catlovers pertama kali memutuskan untuk memelihara kucing maka hal yang pertama dicari tentu saja adalah cara merawat kucing, cara mengobati kucing sakit, dan beberapa hal lain. Baru setelah lama memelihara kucing catlovers akan semakin tertarik untuk mempelajari berbagai jenis ras kucing yang ada didunia ini, nama warna pada kucing karena rasa tertarik pada kucing yang semakin besar.

Berbagai Macam Jenis Ras Kucing

Seluruh ras kucing yang ada didunia ini ada banyak sekali, setiap ras kucing juga memiliki ciri khusus, karakter, sifat, kekurangan dan kelebihannya masing masing. Beberapa ciri khas dari ras kucing yang ada antara lain seperti kaki yang pendek, bulu yang keriting, telinga yang keriting, bahkan juga ada yang tidak berbulu.

Dari beberapa informasi yang ada dalam beberapa situs kucing di penelusuran, jumlah ras kucing didunia ini berjumlah lebih dari 100 dan tentunya semua kucing tersebut berasal dari berbagai Negara didunia ini. Berikut adalah semua jenis kucing tersebut yang kunucats ringkas dalam tabel daftar ras kucing dibawah ini.

Daftar Isi



Berbagai Macam Ras Kucing Didunia

Untuk melihat detail informasi mengenai kucing yang ada silahkan klik dibagian nama kucing untuk menuju ke artikel jenis kucing tersebut.

No Jenis Ras Kucing
1 Kucing Abyssinian
2 Kucing Aegean
3 Kucing American Bobtail
4 Kucing American Curl
5 Kucing American Keuda
6 Kucing American Ringtail
7 Kucing American Shorthair
8 Kucing American Wirehair
9 Kucing Anatolian
10 Kucing Aphrodite Giant
11 Kucing Arabian Mau
12 Kucing Asian
13 Kucing Asian Semi Longhair
14 Kucing Australian Mist
15 Kucing Australian Tifannie
16 Kucing Bahraini Dilmun
17 Kucing Balinese
18 Kucing Bambino
19 Kucing Bengal
20 Kucing Birman
21 Kucing Bombay
22 Kucing Bramble
23 Kucing Brazilian Shorthair
24 Kucing British Longhair
25 Kucing British Semi Longhair
26 Kucing British Shorthair
27 Kucing Burmese
28 Kucing Burmilla
29 Kucing California Spangled
30 Kucing Cashmere
31 Kucing Chantilly
32 Kucing Chartreux
33 Kucing Chausie
34 Kucing Cheetoh
35 Kucing Chinese Lop
36 Kucing Colorpoint Shorthair
37 Kucing Cornish Rex
38 Kucing Cymric
39 Kucing Cyprus
40 Kucing Devon Rex
41 Kucing Donskoy / Donsphynx
42 Kucing Dragon Li
43 Kucing Dwelf
44 Kucing Egyptian Mau
45 Kucing Elf
46 Kucing European Shorthair
47 Kucing Exotic Shorthair
48 Kucing Foldex
49 Kucing Foreign White
50 Kucing Genetta
51 Kucing German Rex
52 Kucing Havana Brown
53 Kucing Highlander
54 Kucing Himalayan
55 Kucing Jaguarundi
56 Kucing Jambi
57 Kucing Japanese Bobtail
58 Kucing Javanese
59 Kucing Kanaani
60 Kucing Karelian Bobtail
61 Kucing Kashmir
62 Kucing Khao Manee
63 Kucing Kecubung
64 Kucing Kinkalow
65 Kucing Kohana
66 Kucing Korat
67 Kucing Korean Bobtail
68 Kucing Korn Ja
69 Kucing Kurilian Bobtail
70 Kucing Lambkin
71 Kucing LaPerm
72 Kucing Lykoi
73 Kucing Maine Coon
74 Kucing Malaysia
75 Kucing Mandalay
76 Kucing Manx
77 Kucing Mekong Bobtail
78 Kucing Minuet atau Kucing Napoleon
79 Kucing Minskin
80 Kucing Mohave Bob
81 Kucing Mojave Spotted
82 Kucing Mokave Jag
83 Kucing Munchkin
84 Kucing Nebelung
85 Kucing Nepalayan
86 Kucing Neva Masquerade
87 Kucing New Zealand
88 Kucing Norwegian Forest
89 Kucing Ocicat
90 Kucing Ojos Azules
91 Kucing Oregon Rex
92 Kucing Oriental Bicolor
93 Kucing Oriental Longhair
94 Kucing Oriental Shorthair
95 Kucing Pantherette
96 Kucing Perfold
97 Kucing Persian
98 Kucing Peterbald
99 Kucing Pixie Bob
100 Kucing Ragamuffin
101 Kucing Ragdoll
102 Kucing Raas atau Kucing Busook
103 Kucing Russian Blue
104 Kucing Russian Black
105 Kucing Russian Tabby
106 Kucing Russian White
107 Kucing Safari
108 Kucing Sabana
109 Kucing Sailan
110 Kucing Sam Sawet
111 Kucing Savannah
112 Kucing Scottish Fold
113 Kucing Scottish Kilts atau Kucing Gaelic
114 Kucing Selkirk Rex
115 Kucing Serengeti
116 Kucing Seychellois
117 Kucing Serrade Petit
118 Kucing Siamese
119 Kucing Siberian
120 Kucing Singapura
121 Kucing Skookum
122 Kucing Snowshoe
123 Kucing Sokoke
124 Kucing Somali
125 Kucing Sphynx
126 Kucing Suphalak
127 Kucing Tennessee Rex
128 Kucing Thai
129 Kucing Thai Blue Point
130 Kucing Thai Lilac
131 Kucing Thai Lilac Point
132 Kucing Tibetan
133 Kucing Tonkinese
134 Kucing Toy Bobtail
135 Kucing Toyger
136 Kucing Turkish Angora
137 Kucing Turkish Van
138 Kucing Turkish Vankedisi
139 Kucing Ukrainian Levkoy
140 Kucing Ural Rex
141 Kucing Ussuri
142 Kucing Wila Krungthep
143 Kucing York Chocolate
144 Kucing Gaelic

Bagaimana catlovers, banyak sekali bukan jenis ras kucing yang ada didunia? Mungkin daftar ras kucing diatas belum mencakup keseluruhan kucing yang ada karena semua breeder kucing juga sering membuat beberapa ras kucing yang baru, salah satunya yang saya tahu adalah ras kucing Dobby.

Semua jenis ras kucing baru pasti masuk dalam tahap eksperimen, masa ini akan terus dilakukan sampai ditemukan standar yang sesuai dengan ras kucing tersebut. Namun terkadang beberapa juga sudah ada yang melepas adopsikan kucing dalam tahap eksperimen tersebut.

Setelah mengetahui jenis jenis ras kucing yang ada didunia, maka selanjutnya catlovers juga harus mengetahui jenis bulu pada kucing. Seperti yang catlovers ketahui bahwa jenis bulu pada kucing ada beberapa macam dilihat dari jenis panjang bulunya, untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.



Berbagai Macam Jenis Bulu Kucing

Berbulu Pendek (Shorthair)

Kucing bulu pendek atau kucing shorthair adalah kucing dengan bulu berukuran pendek yang memiliki keturunan campuran. Mogi adalah sebutan untuk kucing dengan bulu yang pendek, meski jarang orang yang mengetahuinya namun panggilan ini sudah sering digunakan untuk menyebut kucing shorthair.

Kucing Berbulu Pendek

Karena perawatannya yang relatif mudah, maka kucing dengan bulu pendek menjadi populer. Beberapa kucing dengan bulu pendek juga sering digunakan sebagai icon (ikon) untuk produk yang berkaitan dengan kucing seperti makanan, vitamin, dan beberapa produk lainnya.

Ras kucing dengan bulu pendek juga sangat banyak sekali, salah satu kucing dengan bulu pendek yang populer di indonesia adalah british shorthair. Tidak hanya BSH namun beberapa kucing lain yang mungkin catlovers semua ketahui antara lain adalah munchkin, american curl, bengal, exotic shorthair, scottish fold dan beberapa ras kucing lainnya.

Berbulu Semi Panjang (Semi Longhair)

Kucing berbulu semi panjang atau kucing semi longhair adalah kucing yang memiliki bulu dengan ukuran lebih panjang daripada kucing berbulu pendek. Mungkin sebagian besar catlovers hanya mengetahui kucing dengan bulu pendek dan juga panjang, dan bahkan kucing dengan bulu semi panjang disebut dengan bulu panjang, namun pada kenyataannya kucing dengan bulu semi panjang itu ada ya catlovers semuanya.

Kurangnya kepopuleran kucing semi longhair mungkin dikarenakan tidak tahunya orang dengan ukuran bulu yang ada, selain itu sebagian besar kucing dengan ukuran semi panjang juga jarang di indonesia jadi wajar saja jika banyak orang tidak mengetahuinya. Beberapa ras kucing yang termasuk dalam kucing dengan ukuran bulu semi panjang antara lain adalah ragdoll, japanese bobtail, ragamuffin, siberian, somali dan juga beberapa ras kucing lainnya.

Berbulu Panjang (Longhair)

Kucing berbulu panjang atau kucing longhair adalah kucing yang memiliki bulu dengan ukuran panjang, sama dengan kucing jenis bulu yang lain, kucing ini juga termasuk dalam keturunan campuran. Meski tergolong susah dalam perawatan bulunya namun jenis kucing bulu panjang termasuk jenis kucing yang sangat populer dan banyak orang yang menyukainya.

Ukuran bulu panjang pada kucing lebih membutuhkan perhatian lebih daripada kucing berbulu pendek, jadwal penyikatan bulu atau penyisiran bulu juga lebih banyak, mandi juga diperlukan untuk menjaga kesehatan bulu dan juga supaya bulu tidak kusam, namun meski demikian hal tersebut tidak menyurutkan minat pada kucing bulu panjang.

Mogi adalah sebutan untuk kucing berbulu pendek, sedangkan untuk kucing berbulu panjang juga memiliki sebutan yang hampir sama, yaitu mogi berbulu panjang. Beberapa ras kucing berbulu panjang yang populer di dunia antara lain adalah kucing persia, minuet, highland fold, selkirk rex dan juga beberapa ras kucing lainnya.

Tanpa Bulu (Hairless)

Kucing tanpa bulu atau kucing hairless adalah kucing yang tidak memiliki bulu, meski dikatakan tidak berbulu namun sebenarnya kucing ini bukannya tidak memiliki bulu sama sekali ya catlovers. Bulu pada kucing hairless sangatlah lembut, jadi ketika dilihat dari kejauhan maka tubuhnya terlihat seperti tidak memiliki bulu sama sekali, namun jika dipegang akan terasa bulu lembut yang ada ditubuhnya.

Jenis Kucing tidak Berbulu

Beberapa bagian tubuh dari kucing hairless terkadang terlihat jelas ada yang berbulu, bagian ini antara lain adalah pada muka, telinga, punggung dan juga pada bagian ujung ekornya. Ketika catlovers menyentuh kucing ini maka badannya akan terasa kebih hangat daripada kucing pada umumnya, kemungkinan hal ini disebabkan karena keunikan yang dimilikinya.

Kucing ini tidak memiliki bulu bukan tanpa sebab, namun kucing ini mengalami mutasi genetik yang mengakibatkan bulu pada tubuhnya menjadi tipis dan terlihat seperti tidak berbulu. Beberapa ras kucing yang termasuk dalam kucing hairless adalah kucing sphynx, bambino, elf, dwelf, minskin dan juga beberapa jenis kucing hairless lainnya.



Berbagai Macam Pola Warna Kucing

Setelah catlovers mengetahui jenis bulu kucing berdasarkan ukuran panjangnya maka selanjutnya adalah pola warna biasanya ada pada bulu tersebut. Dibawah ini adalah beberapa pola warna pada kucing yang mungkin sudah sering catlovers jumpai atau sering lihat di berbagai jenis kucing yang ada.

Solid (Pola Satu Warna)

Pola warna kucing yang pertama adalah warna solid, warna solid pada kucing adalah warna yang mudah diingat dan diketahui karena hanya terdiri dari satu warna saja. Solid adalah warna yang umum dijumpai pada semua jenis ras kucing termasuk kucing kampung, beberapa orang pun terkadang juga suka pada warna solid pada kucing. Hal ini dibuktikan dengan banyaknnya orang yang mencari kucing dengan warna hitam polos dan juga putih polos.

Kucing Hitam Polos

Kucing dengan warna hitam polos disebut dengan black solid, sedangkan kucing dengan warna putih polos disebut dengan white solid. Warna black solid pada kucing termasuk warna yang populer, apalagi di indonesia yang memiliki beberapa cerita dengan kucing berwarna hitam. Dikatakan kucing dengan warna hitam memiliki beberapa cerita mistis dan sering dikaitkan dengan mitos serta dukun.

Seperti yang sudah catlovers ketahui, solid adalah warna tunggal, jadi ketika ada kucing dengan warna hitam namun ada sedikit campuran warna lain meski hanya sedikit maka kucing tersebut tidak termasuk kedalam warna solid melainkan warna lainnya. Pada waktu kecil kebanyakan kucing dengan warna solid sering memiliki warna lain diujung bulunya, namun seiring bertambahnya usia kucing warna tersebut akan menghilang.

Bicolor (Pola Dua Warna)

Pola warna kucing yang kedua adalah bicolour atau bicolor, warna bicolor pada kucing adalah warna yang terdiri dari dua warna saja. Meski hanya terdiri dari dua warna saja, namun warna yang ada tidak boleh asal ya catlovers. Salah satu dari kedua warna tersebut haruslah warna putih dan untuk kombinasi atau warna keduanya bisa warna seperti hitam, merah, abu dan warna lainnya.

Warna bicolor pada kucing juga termasuk warna yang umum dan banyak dijumpai pada semua ras kucing termasuk kucing kampung, namun meski begitu terkadang masih ada orang yang tidak mengetahui nama dari warna tersebut. Kombinasi warna atau warna kedua pada bicolor tidak harus polos, namun juga bisa dengan warna bergaris. Dominasi warna hitam pada kucing bicolor dengan sedikit warna putih pada bagian dada kucing disebut dengan tuxedo.

Tricolor (Pola Tiga Warna)

Pola warna kucing yang ketiga adalah tricolor, dilihat dari namanya pasti catlovers sudah mengetahui bahwa warna tricolor ini terdiri dari 3 warna. Tricolor pada kucing lebih dikenal dengan sebutan calico, meski hanya sekedar sebutan saja namun kebanyakan orang salah mengira bahwa nama pola warna tersebut adalah calico.

Kucing Belang Telon

Tiga warna yang sering dilihat dari warna tricolor adalah hitam, putih dan orange, namun juga ada dengan kombinasi warna abu abu yang disebut dengan dilute calico. Di Indonesia warna ini termasuk warna yang populer dan banyak dicari oleh orang yang suka dengan kucing atau bahkan yang hanya tertarik dengan warnanya saja, mengapa demikian?

Di Indonesia warna tricolor atau calico lebih dikenal dengan sebutan telon, kembang telon, belang telon dan beberapa sebutan lain. Kucing ini dengan warna ini memiliki beberapa cerita tersendiri, antara lain adalah kucing dengan warna ini yang berkelamin jantan dikatakan bisa membawa banyak rejeki bagi yang memeliharanya, dan juga bisa menjadi penguasa kucing didaerah tersebut.

Tabby (Pola Bergaris)

Pola tabby pada kucing adalah pola warna yang juga pasti sering catlovers jumpai pada seekor kucing entah itu pada kucing sekitar atau juga beberapa foto yang ada di sosial media. Beberapa orang yang belum mengetahui nama dari pola warna ini sering menyebutnya dengan sebutan belang, karena hal inilah nama kucing belang juga menjadi populer di kalangan para catlovers semuanya.

Tabby adalah pola yang membentuk garis garis pada tubuh kucing seperti pola pada harimau, atau bisa dikatakan dalam bahasa mudahnya adalah belang pada tubuh kucing. Karena warna ini tergolong warna yang unik pada kucing, maka pola ini juga termasuk pola yang populer pada kucing. Beberapa jenis pola tabby yang ada pada kucing antara lain adalah tabby klasik, tabby makarel, tabby ticked dan tabby totol.

Tortoiseshell (Tortoishell/Tortie)

Pola Tortoiseshell pada kucing atau yang lebih sering disebut dengan tortie adalah pola warna yang didominasi oleh dua warna yaitu warna hitam dan juga orange. Sebenarnya warma ini hampir mirip dengan calico karena terkadang ada juga tambahan warna lain seperti krem (cream) meski tidak semua ada pada warna tortie ini.

Tortie termasuk warna yang unik pada kucing, karena warna ini hanya ada pada kucing betina yang sama dengan warna calico atau telon. Kucing berkelamin jantan yang memiliki warna tortie atau telon sangat jarang ditemukan dan bahkan bisa dikatakan langka, karena hal ini maka jika ada kucing jantan memiliki warna tersebut banyak yang mengatakan kucing tersebut mandul.

Colourpoint (Colorpoint)

Berbeda dengan pola warna kucing yang lain, pola warna colorpoint tidak bisa ditemukan pada sembarangan kucing. Jika beberapa pola warna yang sudah disebutkan diatas bisa dengan mudah ditemukan pada kucing domestik atau kucing kampung maka untuk warna yang satu ini tidak demikian.

Pola warna colorpoint pada kucing adalah pola warna yang memiliki warna gelap pada bagian tubuh tertentu saja pada kucing, bagian ini biasanya ada pada wajah, telinga, kaki dan juga ekor. Sedangkan pada bagian tubuh kucing selain bagian tersebut warnanya akan lebih terang sehingga membuat penampilan kucing yang lebih khas.

Beberapa ras kucing ada yang sangat identik dengan warna ini, karena sangat identik dengan warna ini maka sebagian besar orang sering salah menyebutkan sebagian nama ras kucing yang ada. Ras kucing yang indentik dengan warna ini antara lain adalah kucing siam, himalaya, ragdoll dan juga beberapa ras kucing lainnya.

Jadi bagaimana pendapat catlovers mengenai jenis ras kucing, jenis bulu kucing dan juga pola warna pada kucing ini? Lalu jenis kucing dan pola warna apa yang menjadi favorit catlovers semuanya? Berikan komentar dibawah ya. Demikian untuk jenis ras kucing dan juga warna kucing, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Ras Kucing yang ada Didunia dan Informasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel