Kucing Nebelung

Kucing Nebelung termasuk dalam salah satu ras kucing langka yang ada didunia ini, kucing ini berasal dari Amerika Serikat dan memiliki ciri khas yaitu penampilannya yang mirip dengan kucing Russian Blue. Nebelung yang merupakan nama dari kucing ini diambil dari bahasa Jerman, yaitu Nebel yang memiliki arti Kabut.

Meski kucing ini memiliki kemiripan dengan ras kucing Russian Blue, namun kedua kucing ini adalah dua ras kucing yang berbeda. Hal yang membedakan dengan jelas antara kedua ras kucing ini adalah ukuran bulu mereka, dimana Russian Blue memiliki bulu pendek sedangkan Nebelung merupakan versi bulu panjang dari Russian Blue.

Jenis Ras Kucing Nebelung

Dengan bulu kucing ini yang berwarna blue atau biru ini, tidak sulit untuk mengenali kucing ini ketika pertama kali melihatnya. Meski penampilan kucing Nebelung mungkin banyak catlovers jumpai pada kucing lokal yang berbulu panjang namun kucing tersebut bukanlah termasuk dalam ras kucing ini.

Kucing ini dikenal dengan kepribadian mereka yang manis dan juga penuh kasih sayang, karena hal ini maka pemilik dari kucing ini harus memastikan memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama mereka. Dengan sifatnya tersebut, kucing Nebelung akan cocok dengan hampir semua keluarga yang suka dengan kucing, selain itu penampilan kucing ini yang elegan dan cantik akan memiliki daya pikat tersendiri bagi mereka yang melihatnya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Nebelung

Sejarah ras kucing Nebelung (NAY-bel-ung) dimulai pada awal tahun 1980an dimana pada tahun ini ada seekor kucing betina berwarna hitam dengan bulu yang pendek telah kawin dengan kucing jenis Angiora berbulu panjang berwarna hitam juga. Perkawinan tersebut menghasilkan tiga anak kucing yang salah satunya juga memiliki warna hitam.

Satu anak kucing betina dengan bulu pendek kemudian diberikan kepada putra programmer Cora Cobb dari Denver, Colorado yang kemudian anak kucing ini diberi nama Elsa. Pada bulan Agustus 1984, Elsa telah telah memiliki keturunannya sendiri dari hasil perkawinannya dengan kucing Russian Blue.

Sejarah Ras Kucing Nebelung

Baik Elsa atau pejantannya (Russian  Blue) yang berbulu biru pasti memiliki gen resesif untuk bulu panjang, hal ini dikarenakan salah satu anak kucing dari total ebam anak kucing memiliki bulu berukuran panjang dengan warna biru yang cantik. Cora yang tertarik dengan kucing ini kemudian memeliharanya dan memberikan nama Siegfried yang diambil dari nama pahlawan dalam opera Wagner favoritnya, The Ring of the Nibelung.

Seiring bertambahnya usia Siegfried, Cora semakin terpesona dengan kecantikan dan kepribadian yang dimiliki oleh kucing ini. Menurutnya, Siegfried adalah kucing yang paling setia dan penyayang dari semua kucing yang pernah dia kenal. Elsa kemudian dikawinkan lagi dengan tom tipe Russian Blue yang sama dan menghasilkan kembali anak kucing berbulu panjang cantik dengan karakteristik menyenangkan yang mirip dengan Siegfried.

Cora juga memelihara kucing ini dan memberikan nama Brunhilde yang dia ambil dari nama pahlawan wanita dari opera Wagner. Brunhilde memiliki bulu yang lebih halus dan lebih panjang dari Siegfried. Setelah Cora memiliki sepasang kucing biru yang cantik serta peuh kasih ini, dia memutuskan untuk melihat apakah dia bisa mempertahankan semua ciri khas ini jika melakukan perkawinan diantara keduanya.

Pada tahun 1985, Cora kemudian pindah ke El Paso, Texas dan tentu saja Siegfried dan juga Brunhilde juga ikut bersamanya. Pada tahun 1986, akhirnya kedua kucing tersebut telah dikawinkan dan sekitar dua bulan selanjutnya Brunhilde melahirkan tiga anak kucing dengan bulu yang panjang sama seperti kedua induknya.

Ketiga anak kucing tersebut mewarisi tipe tubuh Russian Blue milik Siegfried dan juga bulu biru mengkilap serta lebih panjang dari Brunhilde. Cora yang tidak terbiasa dengan genetika pembiakan kucing tidak mengetahui jika anak kucing biru berbulu panjang adalah satu-satunya kemungkinan hasil dari perkawinan kedua kucing tersebut.

Bulu panjang dan juga warna biru pada kucing ini diatur oleh gen resesif dan untuk mengekspresikan sifat tersebut pada penampilan fisik mereka masing-masing harus memiliki dua salinan dari setiap gen. Karena Siegfried dan Brunhilde memiliki warna biru pekat dan juga bulu panjang maka semua keturunan dari mereka juga pasti memiliki kedua sifat tersebut.

Cora memberi nama pada ras kucing ini Nebelung, nama ini diambil dari bahasa Jerman dan memiliki arti Makhluk Kabut. Dia melihat apa yang diperlukan untuk pengembangan Nebelung dan atas saran dari ketua genetika TICA, yaitu Dr. Solveig Pflueger, dia akhirnya mendapatkan bimbingan dan mulai membangun keturunan selanjutnya dari Siegfried dan Brunhilde.

Cora menulis standar dari kucing Nebelung hampir kata demi kata dari Russian Blue kecuali untuk ukuran panjang bulu dan deskripsi pembukaan umum. TICA menerima Nebelung sebagai ras kucing pendaftaram (Registered) pada bulan September 1987.

Nebelung telah muncul dua kali pada sampul majalah kucing Jepang dan juga pada sebuah show kucing TICA yang diadakan di Paris, Prancis pada tahun 1989. Pada tanggal 1 Mei 1997 Nebelung mendapatkan status Championship di TICA dan setelahnya Nebelung juga diakui oleh beberapa organisasi kucing lain seperti ACFA, CFF, World Cat Federation (WCF), dan Livre Officiel des Origines FĂ©lines (LOOF). 



Karakteristik Kucing Nebelung

Nebelung adalah u=kucing yang dicirikan oleh leher dan juga tubuh yang panjang serta anggun. Kakinya agak panjang, bulunya dalam ukuran panjang dan juga sedang dengan ekor yang juga panjang. Mata kucing ini agak lonjong dengan warna hijau cerah atau terkadang juga bisa kuning kehijauan.

Telinganya besar dan runcing yang berada diatas kepala yang berbentuk lebih runcing daripada membulat. Secara keseluruhan kucing Nebelung adalah kucing yang panjang, kokoh dan juga berotot. Lapisan bulu ganda yang lembut dan juga halus memiliki warna biru (abu-abu) dan pada ujungnya berwarna perak.

Karakter Ras Kucing Nebelung

Pada kucing Nebelung betina terkadang memiliki ruff pada bagian lehernya. Bulu pada ekor akan lebih panjang daripada bulu tubuh dengan jumbai yang bisa ditemukan pada belakang telinga dan diantara jari kaki. Rata-rata berat kucing Nebelung 3.5kg untuk betina dan untuk jantan bisa mencapai 6.5kg jika dilakukan sterilisasi.

Nebelung adalah kucing yang lincah, suka bermain, penyayang, baik hati dan juga cerdas. Meski kucing ini termasuk cerdas, namun mereka juga termasuk kucing yang santun. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka kucing yang aktif (biasanya suka bermain kesana kemari) namun kucing ini bisa hidup dengan baik didalam sebuah ruangan.

Dikatakan kucing ini akan memilih orang yang mereka sayangi dalam sebuah keluarga, dan akan menjauh jika ada orang asing yang belum dikenalnya. Nebelung bisa berteman dengan siapa saja, kucing lain atau hewan peliharaan lain seperti anjing. Kebanyakan dari mereka adalah komunikator yang baik, mereka akan selalu mengingatkan mengenai kebersihan sampah, makanan yang diberikan dan beberapa hal lainnya.

Banyak pemilik kucing Nebelung mengatakan bahwa terkadang kucing ini bisa bertingkah seperti anjing yang sangat setiap kepada pemiliknya dan juga keluarganya. Nebelung juga terkenal mudah untuk dilatih, beberapa permainan tali, lempar tangkap sering dilakukan oleh kucing ini.

Nebelung adalah kucing yang sangat menyukai rutinitas dan kemungkinan kucing ini akan memerlukan sedikit waktu menyesuaikan diri dengan perubahan dalam rumahnya atau lingkungan tempat tinggalnya. Jadi jika ada orang yang suka bepergian atau memberikan sentuhan pada rumahnya maka sosialisasi awal sangatlah dibutuhkan. 



Perawatan Kucing Nebelung

Nebelung sangat mirip dengan kucing Russian Blue yang elegan namun juga berotot. Bulu tebalnya yang panjang dan juga padat harus diberikan penyisiran atau penyikatan mingguan untuk membuatnya tetap sehat dan tidak kusut. Penyisiran bulu kucing berguna untuk mengurangi jumlah bulu mati dan juga mendistribusikan minyak kulit pada tubuh kucing.

Nebelung memang terkenal sebagai kucing yang senang menerima pelukan dan kasih sayang ketika sedang menghabiskan waktu. Meski terkenal begitu namun kucing ini bukannya tidak bisa ditinggal untuk bepergian, mereka umumnya adalah kucing yang bisa ditinggal sendirian, karena itu jenis ini sangat cocok untuk tinggal di apartemen.

Cara Merawat Ras Kucing Nebelung

Penyakit periodontal (infeksi gusi) bisa terjadi pada semua jenis ras kucing, karenanya kebersihan gigi kucing haruslah dijaga. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus sekali dibandingkan tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Periksa selalu kebersihan badan kucing secara menyeluruh, hal ini bisa dimulai dari bagian sela mata kucing. Periksa bagian sela mata kucing yang biasanya ada kotorannya sama seperti kucing Persia. Jika ada kotoran yang terlihat maka segera bersihkan, pada saat membersihkan gunakan kain atau tisu yang berbeda untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, lakukan hal ini dua minggu sekali atau melihat panjang cakarnya. Hal ini mungkin akan lumayan sulit pada awalnya, namun ketika kucing sudah terbiasa maka pemotongan kuku atau cakar ini bisa dilakukan dengan mudah.

Pemeriksaan kebersihan telinga juga perlu dilakukan setiap minggu, telinga kucing yang kotor akan bisa menyebabkan infeksi karena pnumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing dengan teliti dan hati-hati, lakukan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Jagalah selalu kebersihan litter box dan juga beberapa perlengkapan makan minum kucing untuk selalu bersih, dengan melakukan hal ini maka kemungkinan bulu kucing terkena kotoran juga menjadi sedikit. Jangan lupa untuk memberikan obat kutu pada kucing supaya kucing terbebas dari kutu atau penyakit kulit lainnya.

Sebaiknya pemeliharaan kucing Nebelung dilakukan didalam ruangan saja, hal ini dilakukan untuk melindungi kucing dari serangan kucing lain, penularan penyakit dari kucing lainnya, beberapa kecelakaan yang bia terjadi dan bahkan resiko kucing ini akan dicuri oleh orang asing yang tidak dikenal.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya dan bahkan bisa mematikan. Vaksinasi sangatlah penting, jadi berikan vaksin dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulang pemberian vaksin setahun sekali.



Kesehatan Kucing Nebelung

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing hasil dari persilangan ataupun ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Nebelung adalah ras kucing yang lumayan baru, karena itu kucing ini tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan banyak kondisi yang diwariskan. Dalam hal tersebut bisa diartikan kucing ini dianggap sehat secara keseluruhan. Kucing ini pun dikenal memiliki umur yang panjang, jadi bukan hal yang aneh jika ras kucing ini bisa mencapai masa hidup 18 tahun.

Meski dianggap sebagai kucing yang sehat dan kebanyakan dari mereka selalu memiliki umur yang panjang, namun bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit sama sekali. Perawatan yang diberikan dan juga perhatian dari pemilik kucing tetaplah menjadi faktor utama dalam kesehatan seekor kucing peliharaan.



Harga Kucing Nebelung

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Nebelung Import 17.000.000
Harga Kucing Nebelung Lokal 10.000.000
Harga Kitten Nebelung 6.500.000
Harga Kucing Nebelung Dewasa 8.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini, biaya adopsi kucing Nebelung berkisar antara $600 sampai dengan $1.200. Dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing Nebelung akan mirip seperti harga diatas. Harga diatas adalah harga yang langsung dikalikan dengan kurs per hari ini, dan untuk kucing import biaya yang ada belum termasuk biaya lain-lain seperti pengiriman dan lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena selain itu hanya merupakan perkiraan harga, mungkin harga kucing Nebelung masih bisa lebih mahal atau lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Nebelung kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Nebelung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel