Hal Lain tentang Kucing yang Perlu Diketahui

Sebagai catlovers tentunya kita harus mengetahui semua hal tentang kucing mulai dari jenis ras kucing, perawatan pada kucing, penyakit kucing dan juga beberapa hal lain tentang dunia kucing. Hal lain yang dimaksudkan ini memang terkadang tidak terlalu diperhatikan oleh beberapa catlovers karena memang bukan hal wajib untuk diketahui.

Sebagian besar catlovers mungkin hanya menyukai kucing saja dan mengerti cara merawat kucing dengan benar, namun ada juga beberapa catlovers yang memiliki pemikiran lain dan membuatnya untuk belajar semua hal tentang kucing yang belum diketahui.

Hal Tentang Kucing

Dalam dunia kucing sendiri terkadang juga ada beberapa istilah yang sering digunakan seperti adopsi kucing, proven, sire, dam dan juga beberapa istilah lainnya. Adopsi termasuk dalam istilah dunia kucing, jika orang yang belum mengetahui istilah ini maka mereka pasti akan menggunakan istilah jual beli kucing dalam penulisannya.

Sebagai langkah awal untuk memahami kucing tentu kita juga harus memahami beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia kucing itu sendiri, karena jika tidak kita pasti akan kebingungan dan tidak mengerti dengan beberapa istilah yang akan muncul. Berikut adalah beberapa hal lain mengenai kucing termasuk istilah dalam dunia kucing.

Daftar Isi



Istilah Dalam Dunia Kucing

Adopsi : Mengambil hak asuh kucing dari pemilik kucing dengan memberikan mahar yang sesuai dengan keinginan pemilik (Membeli Kucing)

Adopter : Orang yang mengadopsi kucing

Available : Kucing tersedia untuk diadopsi

Agresif : Sifat kucing yang berani pada hewan atau kucing lain atau bahkan dengan pemiliknya

Aktif : Sifat kucing yang tidak bisa diam terlalu lama

Bicolor : Kucing dua warna

Blue : Abu abu

Birahi : Kondisi dimana kucing minta untuk dikawinkan

BSH : Kucing british shorthair

Blacan : Kucing hutan

Breeder : Peternak Kucing

Calico : Kucing yang tubuhnya memiliki 3 warna, biasanya disebut telon

COD : Cash On Delivery

Cattery : Breeder kucing yang sudah terdaftar dalam organisasi kucing

Coat : Lapisan bulu pada kucing

DOB : Date of Birth atau tanggal kelahiran kucing

Domestik : Kucing kampong atau kucing local

Diskualifikasi : Pengeluaran kucing dalam sebuah show karena suatu hal

Fee Adop : Mahar (Harga) untuk adopsi kucing

Flat Nose : Kucing dengan hidung lumayan pesek

Flip Flop : Sebutan untuk kucing Odd Eye

GA : Ganti Adop

Gloves : Warna pada sekitar kaki kucing

Golden : Warna emas pada kucing, biasanya ada pada ras British Shorthair

Hairless : Kucing dengan bulu tipis atau lembut dan bahkan disebut dengan kucing gundul atau tanpa bulu

Heat : Masa birahi kucing

Long Hair : Berbulu panjang

Mahar : Harga

Mix : Campuran atau silangan

Odd Eye : Warna mata kucing yang berbeda antara kiri dan kanan

Paw : Bagian telapak kaki kucing

Peaknose : Kucing pesek

Pemacakan atau Pacak : Jasa kawin kucing

Ras : Keturunan atau jenis kucing

Solid : Satu Warna pada kucing

Itulah beberapa istilah dalam dunia kucing yang sering digunakan oleh para catlovers, apakah masih ada istilah lain? Tentu saja masih banyak istilah lainnya, mulai dari istilah warna kucing, istilah tubuh kucing, istilah pola kucing dan sebagainya. Selanjutnya mari kita mengetahui tentang hal yang berkaitan dengan organisasi kucing, selengkapnya silahkan catlovers simak dibawah ini.



Organisasi Kucing

Organisasi Kucing adalah organisasi yang menangani penelitian dalam bidang kucing, pencatatan serta pembinaan mengenai kucing terhadap klub atau anggota yang terdaftar pada organisasi kucing tersebut. Setiap organisasi kucing memiliki peraturan, kebijakan dan juga administrasi yang berbeda, beberapa organisasi kucing berskala internasional antara lain adalah FIFe, CFA, TICA, dan WCF.

Organisasi Kucing

Dinegara kita Indonesia ada beberapa organisasi kucing yang merupakan cabang atau sub klub dari organisasi kucing berskala internasional tersebut, antara lain adalah: Diantaranya adalah :

ICC (Indonesian Cat Council)

ICC atau Indonesian Cat Council atau disebut dalam Bahasa Indonesia Konsil Kucing Indonesia adalah perkumpulan pecinta kucing yang ada di Indonesia yang telah berafiliasi dengan WCF (World Cat Federation) sebagai Patronage Member di Indonesia. ICC mempunyai tujuan yaitu melestarikan, melindungi dan memelihara kucing ras yang dibudidayakan di Indonesia dan negara diluar Indonesia dengan standart dari World Cat Federation (WCF).

ICA (Indonesian Cat Association)

ICA atau Indonesian Cat Association atau disebut dalam Bahasa Indonesia Asosiasi Kucing Indonesia adalah organisasi kucing yang ada di Indonesia yang telah menjadi Patronage Member dari Federation Internationale Feline (FIFe) pada tahun 2005 dan menjadi Full Member pada tahun 2007 setelah menjalani masa percobaan.

CFI (Cat Fancy Indonesia)

CFI atau Cat Fancy Indonesia atau disebut dalam Bahasa Indonesia Perhimpunan Kucing Ras Indonesia adalah organisasi kucing yang ada di Indonesia yang menjadi badan registrasi dan control pembiakan kucing di Indonesia dengan tanggung jawab dari National Breeding Committee – CFI.

CFSI (Cat Fanciers' Society of Indonesia)

CFSI atau Cat Fanciers' Society Indonesia atau disebut dalam Bahasa Indonesia Perkumpulan Penyayang Kucing Indonesia yang telah berafiliasi dengan CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 2006. Tjuan yang dimiliki oleh CFSI adalah untuk meningkatkan kesejahteraan kucing, mengikuti standar perkembangan kucing mulai dari Breed sampai dengan Show Kucing dari CFA, Menjunjung tinggi persahabatan antara pecinta kucing tanpa diskriminasi terhadap sesama pecinta kucing atau organisasi lain.

Jadi disini mari kita perjelas mengenai breeder atau peternak kucing yang sudah terdaftar dan belum terdaftar, cattery dan juga non cattery dan juga kucing PED atau Pedigree dan kucing Non PED atau kucing non Pedigree.



Breeder Kucing

Breeder atau peternak kucing adalah orang yang mengembangkan ras kucing atau jenis kucing dengan tujuan pelestarian kucing tersebut yang bisa juga untuk disilangkan dengan kucing lainnya. Hal yang perlu diketahui adalah setiap kucing memiliki standar masing masing, jadi sebenarnya untuk mengembangkan ras kucing tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Peternak Ras Kucing

Setiap organisasi kucing yang disebutkan diatas memiliki standar kucing yang berbeda, meski ada beberapa yang sama namun juga ada yang mencantumkan kucing dalam kategori yang disetujui atau juga masih dalam kucing eksperimen. Kucing yang masih dalam tahap eksperimen belum memiliki standar yang jelas, jadi masih dalam proses pengembangan untuk mendapatkan standar dari ras kucing tersebut.

Peternak kucing atau breeder kucing yang tidak ikut dalam sebuah organisasi tidak perlu mengikuti standar yang diberikan oleh sebuah organisasi dan bisa menyilangkan jenis kucing tanpa memikirkan standar ras yang ada. Meski hal ini terdengar lebih bebas namun karena ini juga banyak ras kucing yang tidak segera menuju standar dan bahkan beberapa ras kucing melenceng jauh dari standar kucing yang ada.

Berbeda dengan breeder kucing yang terdaftar atau yang mendaftarkan diri pada organisasi tertentu, breeder kucing ini harus mengikuti peraturan yang diberikan oleh organisasi kucing yang diikuti. Dalam hal persilangan harus sesuai dengan standar breed dari sebuah ras kucing dan tidak boleh sembarangan supaya semua ras kucing yang ada menjadi sesuai standar yang ditentukan.

Jadi jika catlovers sudah pernah atau bahkan sering mengawinkan kucing, menyilangkan kucing serta melepas adopsikan kucing pada orang luar maka sebaiknya segera untuk belajar standar ras dari setiap kucing yang ada. Jika catlovers ingin berkembang dan mendapatkan ilmu tambahan tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri pada organisasi kucing untuk mendapatkan arahan atau petunjuk dari senior dari organisasi tersebut.



Cattery Kucing

Cattery adalah tempat dimana breeder kucing yang sudah terdaftar mengembangkan sebuah ras kucing tertentu, hal ini bisa didasari dari hobi atau juga bisa bersifat komersil untuk mendapatkan keuntungan dari melepas adopsikan kucing guna membantu pengembangan kucing yang dilakukan untuk perawatan, pemberian makan dan hal lainnya.

Komersil dalam hal ini maksudnya kucing yang dilepas adopsikan oleh cattery tidak gratis, melainkan jika ada adopter yang ingin mengadopsi kucing maka adopter harus menyiapkan mahar atau dana untuk menebus kucing tersebut. Fee adop atau mahar yang diberikan bisa bervariasi, dari mahal hingga murah tergantung jenis kucing yang dilepas adopsi dan juga kebijakan dari cattery itu sendiri.

Cattery Kucing Terkenal

Fee adopsi yang diberikan oleh cattery belum tentu bisa membuat cattery untung, atau mudah untuk menghasilkan uang namun terkadang bisa rugi atau hanya sekedar mengganti makanan yang diberikan. Beberapa cattery mungkin bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari lepas adopsi kucing jika memang kucing milik cattery tersebut memang bagus dan berkualitas.

Cattery adalah nama yang digunakan breeder kucing yang sudah terdaftar pada sebuah organisasi kucing, misalkan seperti Lima Sembilan Cattery seperti yang saya gunakan dengan teman. Sangat jarang sekali breeder kucing yang belum terdaftar menggunakan nama cattery, sebagian besar breeder kucing yang belum terdaftar sering menggunakan nama Cat House dibelakang namanya.

Menjadi sebuah cattery adalah hal yang mudah, cukup memenuhi persyaratan yang diperlukan dari organisasi kucing yang diinginkan, memenuhi admistrasi maka catlovers sudah bisa menjadi breeder kucing yang terdaftar dan menjadi cattery. Hal yang perlu diperhatikan adalah, persyaratan pada setiap organisasi itu tidak sama, mungkin ada yang mudah dan juga ada yang sulit.

Dibalik mudahnya untuk menjadi cattery tentunya catlovers harus memahami terlebih dahulu mengenai standar dari ras kucing, cara breeding ras kucing, cara merawat kucing, cara menyilangkan kucing dan berbagai hal lain tentang kucing. Lalu apalagi keuntungan menjadi sebuah cattery?

Harga adopsi kucing dari cattery terkadang lebih tinggi daripada breeder kucing biasa, kenapa begini? Karena kucing dari cattery memiliki PED (Pedigree), jadi kucing tersebut memiliki silsilah yang jelas dan berbeda dengan kucing dari breeder biasa yang tidak jelas asal usulnya karena tidak memiliki bukti yang jelas. Inilah salah satu keuntungan menjadi cattery, dengan memiliki kucing PED maka cattery bisa mengeluarkan PED untuk keturunan dari kucing tersebut.



Pedigree Kucing

Pedigree atau sering juga disebut dengan PED adalah sebuah sertifikat kucing yang merupakan bukti silsilah garis keturunan dari ras kucing dan diakui dan dikeluarkan oleh organisasi kucing, jadi kucing tersebut memiliki asal usul yang jelas berdasarkan catatan dari organisasi kucing yang mengeluarkan Pedigree tersebut.

Pada umumnya di PED kucing akan tertulis semua detail kucing yang ada mulai dari nama kucing, nama pemilik kucing (cattery yang mengeluarkan PED), tanggal, bulan dan tahun kelahiran kucing, warna kucing, jenis kucing, serta silsilah dari kucing dari ayah, ibu, nenek, kakek bahkan dari nenek moyang dari kucing tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, harga adopsi kucing berpedigree akan lebih mahal dari pada kucing tidak berpedigree karena alasan jelas dan tidaknya kucing tersebut. Misalkan harga adopsi kucing A adalah 10 juta, maka jika kucing A memiliki pedigree harga tersebut bisa mencapai 2 kali lipat atau bahkan juga bisa lebih.

PED atau Pedigree hanya bisa dikeluarkan oleh cattery, tentunya dengan melakukan pengajuan terlebih dahulu pada organisasi yang ada. Jika kucing yang diajukan sesuai maka PED bisa keluar, sedangkan jika kucing yang diajukan tidak sesuai dengan peraturan maka PED tidak bisa dikeluarkan.

Tidak semua kucing yang dimiliki cattery memiliki PED, namun karena sebagian besar organisasi kucing memiliki persyaratan harus memiliki kucing PED bagi breeder yang ingin mendaftar maka salah satu dari kucing yang dimiliki pasti memiliki PED. Selain memiliki PED dari awal ada juga cara lain untuk beberapa ras tertentu memiliki PED atau syarat, yaitu melalui show kucing dan mendapatkan status serta diakui oleh juri kucing.

Jadi apakah diantara catlovers semua ada yang berminat atau siap menjadi cattery? Jika sudah maka silahkan menentukan untuk daftar di organisasi mana terlebih dahulu, setelah itu cukup memenuhi persyaratan yang diberikan maka catlovers sudah bisa menjadi cattery atau breeder yang terdaftar. Demikian untuk hal lain tentang kucing yang perlu diketahui, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Hal Lain tentang Kucing yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel