Mengenal Kucing Munchkin Non Standar Lebih Jauh

Kucing munchkin adalah kucing yang dikenal karena memiliki keunikan pada bentuk kakinya yang pendek dan berbeda dengan kebanyakan kucing lain pada umumnya. Ukuran kaku kucing munchkin yang pendek ini disebabkan karena mutasi genetik alami yang terjadi pada kucing ini, karena mutasi tersebut maka kucing munchkin bisa mewariskan ukuran kakinya yang pendek kepada keturunannya.

Munchkin merupakan salah satu ras kucing yang populer di Indonesia, meski pada awalnya kucing ini belum begitu terkenal karena belum begitu banyak yang mempopulerkannya. Kepopuleran kucing munchkin di Indonesia dimulai sekitar tahun 2012, pada tahun tersebut para breeder kucing munchkin sudah mulai bermunculan dan mulai mengembangkan kucing tersebut.

Munchkin Non Standar

Biaya adopsi kucing munchkin masih tinggi pada awal kemunculannya, dan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Namun meski begitu peminat kucing ini masih tetap mengadopsinya karena memang kucing ini sangat menarik untuk dipelihara dan dalam pemeliharaannya tidak begitu membutuhkan lahan luas karena postur tubuhnya yang kecil.

Anak kucing munchkin yang berkaki pendek tidak selalu akan memiliki kaki yang pendek, ada juga anak kucing yang memiliki kaki panjang mirip dengan kucing lain pada umumnya, dan kucing ini disebut dengan kucing munchkin non standar. Kucing inilah yang akan dibahas pada artikel kali ini. Lalu apakah kucing munckin non standar ini? Simak selengkapnya dibawah ini.

Apakah Kucing Munchkin Non Standar itu?

Kucing Munchkin Non Standar adalah kucing munchkin yang memiliki kaki panjang seperti kucing lain pada umumnya. Dengan penampilannya yang mirip kucing biasa ini maka banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan kucing munchkin non standar dengan kucing biasa jika tidak bertanya atau diberitahu oleh breeder kucing itu sendiri.

Munchkin non standar sering disebut juga dengan munchkin ns, ns munchkin, non standar munchkin dan beberapa sebutan lain dengan varian yang berbeda. Meski memiliki kaki yang berukuran panjang, munchkin ns tetap memiliki gen dari munchkin yang berkaki pendek, jadi jika kucing ini dikawinkan dengan kucing munchkin yang memiliki kaki pendek maka kemungkinan untuk menghasilkan anak berkaki pendek akan lebih besar jika dibandingkan dengan persilangan dengan ras  murni lain.

Jika memiliki munchkin ns betina maka dikawinkan dengan munchkin standar jantan dan jika memiliki munchkin ns jantan maka dikawinkan dengan munchkin standar betina. Perkawinan antara munchkin ns dengan munchkin ns menurut pengalaman saya pribadi tidak akan bisa untuk menghasilkan munchkin standar, akan tetapi untuk breeder lain saya kurang mengetahuinya.

Jenis Munchkin Non Standar

Karena kemungkinan akan melahirkan munchkin standar lebih besar dengan menggunakan indukan dari munchkin ns maka para breeder pun juga banyak yang mencari munchkin ns untuk dijadikan indukan. Tentu saja munchkin ns yang digunakan pun harus yang sesuai dengan kriteria kucing yang ada karena varian dari munchkin pun sudah banyak sekali.

Dengan membandingkan harga indukan munchkin standar yang masih memiliki tinggi dan harga munchkin ns yang lebih murah entah itu jantan atau betina maka menggunakan munchkin ns sebagai indukan merupakan pilihan yang bagus karena selain murah, kemungkinan keluar anak berkaki pendek juga tergolong tinggi.

Indukan munchkin standar juga masih memiliki kemungkinan untuk melahirkan munchkin ns, dan bahkan untuk yang apes bisa melahirkan ns semuanya. Karena memiliki peluang yang sama namun dengan harga yang lebih murah maka hal ini membuat beberapa breeder kucing munchkin yang baru lebih memilih menggunakan munchkin ns daripada munchkin standar.

Baca Juga : Semua Hal Tentang Kucing Munchkin

Dibalik kelebihan yang ditawarkan dari munchkin ns ini, menggunakan munchkin standar dalam perkawinan akan lebih cepat untuk menyempurnakan keturunan munchkin yang ada. Dikatakan jika munchkin sudah mencapai keturunan keempat maka kemungkina keluar ns akan semakin sedikit, meski begitu dalam hal ini saya belum membuktikannya sendiri.

Banyaknya persilangan yang menggunakan kucing munchkin membuat beberapa ras kucing menjadi lebih banyak tentunya dengan ciri khas kaki pendek yang dimiliki kucing munchkin itu sendiri. Karena hal ini juga maka ns munchkin juga memiliki beberapa jenis tergantung dari varian persilangan yang dilalukan pada munchkin, beberapa jenis non standar menurut variannya bisa catlovers lihat dibawah ini.

Jenis Jenis Munchkin Non Standar dari Varian Kucing Munchkin

Munchkin Non Standar

Non standar munchkin merupakan kucing dapat dihasilkan dari persilangan munchkin x munchkin atau juga bisa munchkin x non standar munchkin. Jika standar munchkin memiliki kaki yang pendek maka kucing munchkin non standar akan memiliki kaki yang panjang dan mirip dengan ukuran kaki kucing lain pada umumnya.

Muchkin non standar biasa disebut dengan beberapa sebutan dibawah ini:

  • Ns munchkin
  • Munchkin ns
  • Non standar munchkin
  • Munchkin berkaki panjang
  • Munchkin kaki panjang 

Meski memikiki ukuran kaki yang panjang namun kucing ini masih memiliki gen kaki pendek yang didapat dari induknya, jadi dengan mengawinkan ulang kucing ini dengan kucing munchkin standar akan membuat kemungkinan keluar anak kucing berkaki pendek menjadi semakin besar jika dibandingkan dengan menggunakan ras kucing murni lainnya.

Kinkalow Non Standar

Non standar kinkalow merupakan kucing yang dapat dihasilkan dari persilangan antara kucing munchkin x  kucing american curl atau juga bisa kucing munchkin x kucing kinkalow. Jika standar kucing kinkalow adalah berkaki pendek dan memiliki telinga keriting (melipat kebelakang) maka non standar kinkalow bisa mirip dengan kucing munchkin ns biasa atau berkaki panjang namun memiliki telinga melengkung yang mirip dengan kucing american curl.

Kinkalow non standar biasa disebut dengan beberapa sebutan dibawah ini:

  • Ns kinkalow
  • Kinkalow ns
  • Non standar kinkalow

Kinkalow ns memiliki dua versi telinga, yang satu memiliki telinga biasa dan satunya lagi memiliki telinga keriting mirip seperti american curl. Ns dengan telinga biasa tidak akan bisa melahirkan anak dengan telinga keriting jika dikawinkan dengan munchkin, jadi untuk mendapatkan kinkalow harus dikawinkan dengan kinkalow standar.

Sedangkan ns yang memiliki telinga keriting cukup dikawinkan ulang dengan kucing munchkin maka akan ada kemungkinan menghasilkan anak kucing kinkalow. Menurut pengalaman pribadi, kucing dengan telinga keriting memiliki kemungkinan menurun yang besar, jadi sangat jarang menghasilkan anak kucing dengan telinga biasa jika dikawinkan dengan sesama curl.

Minuet Non Standar

Non standar minuet merupakan kucing yang dapat dihasilkan dari persilangan antara kucing munchkin x kucing persia. Jika standar kucing minuet adalah berkaki pendek dan juga memiliki wajah yang agak bulat daripada kucing munchkin maka non standar minuet akan mirip dengan kucing persia (tidak pesek) dengan kaki panjang dan bisa berbulu pendek atau panjang.

Minuet non standar biasa disebut dengan beberapa sebutan dibawah ini:

  • Ns minuet
  • Minuet ns
  • Non standar minuet

Karena breeder kucing munchkin sudah mulai mengembangkan kucing minuet dalam waktu yang lama, maka kucing munchkin pesek atau yang wajahnya mirip dengan kucing persia peaknose pun sudah mulai banyak yang dilepas adopsikan. Dengan adanya hal ini maka ns untuk kucing minuet pun juga semakin bagus dan bahkan beberapa sangat mirip dengan kucing persia flat, kucing persia medium dan juga kucing persia peaknose.

Gaelic Non Standar

Non standar gaelic merupakan kucing yang bisa dihasilkan dari persilangan antara kucing munchkin x kucing scottish fold. Standar kucing gaelic adalah memiliki telinga melipat kedepan dan  berkaki pendek untuk gaelic fold, dan telinga straight berkaki pendek untuk gaelic straight.

Karena standar kucing ini memiliki dua jenis telinga, maka ns nya pun juga demikian. Ns gaelic fold akan memiliki kaki panjang namun telinganya masih melipat kedepan mirip dengan kucing scottish fold, sedangkan ns gaelic straight akan memiliki kaki yang panjang dengan bentuk telinga straight atau akan mirip dengan telinga kucing biasa pada umumnya.

Kucing Gaelic Non Standar

Gaelic non standar biasa disebut dengan beberapa sebutan dibawah ini:

  • Ns gaelic
  • Gaelic ns
  • Non standar gaelic
  • Gaelic 71 (kaki sudah pendek tapi telinga straight)
  • Gaelic 97 (kaki panjang tapi telinga fold)

Kepopuleran kucing gaelic di indonesia berawal dari video kucing gaelic bernama lulu yang ada di youtube. Dengan adanya video tersebut banyak orang yang menjadi tertarik dengan kucing ini, meski harga kucing gaelic masih tergolong mahal namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi orang yang tertarik dengan kucing ini.

Pada awalnya kucing ini disebut dengan kucing Scottish Kilt, yang merupakan sebutan untuk kucing scottish yang berkaki pendek. Seiring berkembangnya kucing ini maka beberapa organisasi kucing mulai menetapkan namanya menjadi kucing gaelic yang dikenal hingga sekarang ini. Meski nama kucing ini sudah menjadi gaelic namun beberapa orang terkadang masih menyebutnya dengan sebutan scottish killts juga.

Bambino Non Standar

Non standar bambino merupakan kucing yang bisa dihasilkan dari persilangan antara kucing munchkin x kucing sphynx. Jika standar untuk kucing bambino adalah berkaki pendek dan tidak memiliki bulu seperti kucing sphynx, maka non standar untuk kucing ini juga tidak berbeda jauh dengan kucing lainnya.

Non standar pertama adalah kucing yang tidak memiliki bulu dengan kaki panjang yang secara fisik menyerupai kucing sphynx namun sudah membawa gen kaki pendek karena persilangan yang dilakukan dengan kucing munchkin. Tidak ada perbedaan yang jelas terlihat pada kucing ns bambino ini dengan kucing sphynx biasa, jadi jika ingin mencarinya harus bertanya dulu kepada breeder kucing ini.

Non standar kedua adalah kucing yang masih memiliki bulu namun ukuran kakinya sudah pendek, ns kucing ini sering disebut juga dengan bambino brush, yang artinya bambino yang masih memiliki bulu. Perbedaan yang jelas terlihat antara ns ini dengan kucing berbulu lain adalah tekstur bulunya yang sedikit agak kasar atau agak keriting.

Bambino non standar sering disebut dengan beberapa sebutan dibawah ini:

  • Ns bambino
  • Bambino ns
  • Non standar bambino
  • Bambino brush
  • Brush
  • Sphynx ns

Catatan yang perlu catlovers ketahui adalah, perkawinan antara bambino brush x bambino brush masih bisa menghasilkan bambino standar meski kedua induknya masih memiliki bulu. Hal ini saya pribadi pernah mengalaminya sendiri, meski anaknya ada yang bambino standar namun saudaranya juga masih memiliki bulu atau brush sama seperti induknya.

Dwelf Non Standar

Non standar dwelf atau biasa juga disebut dengan dwerf adalah kucing yang bisa dihasilkan dari persilangan antara kucing munchkin x kucing sphynx x kucing amerian curl atau kucing bambino x kucing american curl atau kucing kinkalow x kucing sphynx atau juga bisa kucing dwelf x kucing sphynx.

Karena ras kucing dwelf adalah kucing persilangan antara persilangan 3 kucing sekaligus maka untuk menuju ke standarnya bisa menggunakan banyak jalan untuk digunakan. Standar kucing dwelf adalah kucing berkaki pendek yang tidak memiliki bulu dengan bentuk telinga keriting yang mirip dengan kucing american curl.

Baca juga : Semua Hal Tentang Kucing Dwelf

Non standar pertama adalah kucing yang mirip dengan kucing bambino. Kucing ini sudah memiliki kaki yang pendek dan juga tidak memiliki bulu, namun bentuk telinganya masih belum melengkung kebelakang atau keriiting dan bentuknya mirip dengan telinga kucing sphynx pada umumnya.

Non standar kedua adalah kucing yang mirip dengan kucing elf, dimana kucing ini masih memiliki kaki yang berukuran panjang namun telinganya sudah melengkung kebelakang atau keriting. Bagi catlovers yang belum meengetahui tentang kucing elf, maka silahkan membacanya dibawah ini dengan klik link.

Baca juga : Semua Hal Tentang Kucing Elf

Non standar selanjutnya akan memasuki varian brush dimana kucing ini masih memiliki bulu namun sudah membawa gen hairless. Pertama ns dwelf yang mirip dengan kucing american curl, ns ini biasanya disebut dengan elf brush karena mirip dengan kucing elf namun masih memiliki bulu.

Selanjutnya adalah ns yang mirip dengan kucing kinkalow namun sudah memiliki gen hairless. Jadi penampilan ns ini akan berkaki pendek dan bertelinga melengkung atau keriting, ns ini sering disebut juga dengan dwelf brush karena secara fisik sudah mirip dengan dwelf namun hanya saja masih memiliki bulu pada tubuhnya.

Dwelf non standar sering disebut juga dengan beberapa sebutan dibawah ini:

  • Ns dwelf
  • Dwelf ns
  • Dwerf ns
  • Non standar dwelf
  • Dwelf brush
  • Elf brush

Dwelf adalah kucing yang masih tergolong langka karena masih jarang orang yang memilikinya. Selain faktor biaya adopsi kucing dwelf yang mahal untuk saat ini, faktor lainnya mungkin juga karena proses pendewasaan kucing ini juga termasuk sulit. Beberapa breeder kucing munchkin juga sudah mulai banyak yang mengembangkan kucing ini, jadi untuk kedepannya kemungkinan kucing dwelf akan lebih mudah untuk didapatkan.

Itulah beberapa non standar dari varian kucing munchkin yang saya ingat pada saat menulis artikel ini. Mungkin ada beberapa non standar lain karena kucing munchkin sendiri juga banyak sekali disilangkan dengan kucing ras lain untuk membuat sebuah ras baru yang tentu saja dengan kaki pendeknya.

Hal yang perlu diingat adalah, semua ras kucing memiliki standar masing masing dari setiap organisasi kucing yang ada, jadi jika ingin mengembangkan sebuah ras kucing dengan benar maka disarankan untuk mengikuti organisasi kucing yang sesuai dengan kebutuhan catlovers.

Perkembangan kucing munchkin yang menarik perhatian sebagian besar breeder kucing membuat beberapa varian baru lainnya seperti munchkin BSH, munchkin Foldex dan juga lainnya. Dengan perkembangan tersebut tentu saja untuk kedepannya varian ns pun juga akan semakin banyak, jadi kita tunggu saja dengan perkembangan tersebut.

Bagi catlovers yang ingin memulai mengembangkan kucing munchkin tidak ada salahnya mengawalinya dengan menggunakan ns yang sesuai dengan kebutuhan, selain biaya adopsinya lebih murah, anak yang dihasilkan pun juga bisa bersaing asalkan memilihnya dengan benar. Demikian untuk kucing munchkin non standar kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kucing Munchkin Non Standar Lebih Jauh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel