Kucing Dwelf

Kucing Dwelf atau yang biasanya disebut dengan kucing Dwerf merupakan ras kucing yang baru dan memiliki penampilan sangat unik. Nama Dwelf dari kucing ini merupakan gabungan kata dari bahasa Inggris yaitu kata Dwarf yang memiliki arti kerdil dan juga Elf yang dimaksudkan untuk peri atau makhluk mitologi kuno yang memiliki telinga keriting.

Hal pertama yang catlovers lihat ketika melihat kucing ini adalah kenyataan bahwa kucing ini termasuk varian kucing hairless atau tidak memiliki bulu. Selain tidak memiliki bulu, kucing ini juga memiliki kaki yang pendek dan juga telinga yang berbentuk keriting atau melipat kebelakang.

Kucing Dwerf

Dwelf adalah sebuah ras kucing yang menggabungkan tiga ekor ras kucing menjadi satu sekaligus. Kucing ini memiliki telinga keriting mirip dengan kucing American Curl, memiliki kaki yang pendek seperti kucing munchkin, dan juga tidak berbulu seperti kucing Sphynx. Kucing ini akan terlihat kecil sepanjang hidupnya, namun sebagian juga bisa tumbuh besar.

Bagi catlovers yang merupakan penggemar harry potter pasti mengetahui seorang karakter yang mirip dengan kucing ini, karakter tersebut adalah Dobby. Kucing Dwelf memiliki banyak ciri yang tidak biasa, namun meski memiliki penampilan yang unik dan menarik, kucing ini memiliki kepribadian yang bagus dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Dwelf

Seperti yang sudah disebutkan diatas, nama kucing ini adalah Dwelf. Nama tersebut merupakan gabungan dari kata bahasa inggris yaitu Dwarf yang berarti kerdil (biasanya nama dwarf sering terlihat pada tokoh didalam game) dan juga Elf yang berarti peri yang memiliki telinga unik (dalam beberapa film dan game telinganya berbentuk runcing).

Sejarah Kucing Dwerf

Kucing ini merupakan ras kucing yang tergolong baru yang merupakan kucing hasil persilangan dari 3 ekor kucing yang berbeda. Dwelf adalah hasil persilangan dari kucing munchkin, kucing american curl dan juga kucing sphynx, dalam hal ini ciri dari kucing sphynx lah yang paling mudah dilihat karena ada pada bagian tubuhnya.

Karena merupakan gabungan dari 3 ras kucing sekaligus kucing ini termasuk kucing yang istimewa, karena kebanyakan kucing lainhanya gabungan dari 2 ras kucing namun berbeda dengan Dwelf. Karena merupakan gabungan dari 3 kucing yang berbeda kucing ini juga mendapat julukan sebagai kucing Desainer.

Ras yang digunakan untuk mengembangkan kucing ini adalah tas kucing yang memiliki banyak mutasi, karena hal ini maka pada awal pengembangannya kucing ini menuai banyak kontroversi. Beberapa ahli berpendapat bahwa tidak etis mengembangkan kucing ini lebih lanjut karena bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti masalah tulang, kulit dan juga telinga.

Ketika beberapa kucing dwelf sudah muncul, beberapa organisasi kucing mengakui ras kucing ini sebagai ras kucing eksperimental. Hal tersebut tidak berarti ras ini sudah diakui, namun hanya dipantau bagaimana perkembangan pada kucing ini kedepannya sampai menemukan standar yang sesuai dengan ras ini sendiri.

Tidak disebutkan secara pasti siapa yang mengembangkan kucing ini pertama kali, hal ini mungkin terjadi karena banyaknya hal kontroversi yang disebabkan olehnya. Ras ini juga menimbulkan banyak pertanyaan yang belum terjawab, antara lain adalah mengenai masalah kesehatan dan juga masa hidup yang dimiliki kucing ini. 



Karakteristik Kucing Dwelf

Dwelf memiliki penampilan yang tidak biasa dari semua jenis kucing yang ada, seperti yang catlovers ketahui, kucing ini merupakan hasil persilangan dari 3 kucing sekaligus jadi wajar saja jika penampilan yang dimilikinya juga sangat unik dan menarik. Keunikan yang dimiliki kucing inilah yang membuatnya menjadi menonjol.

Sesuai dengan namanya, ras kucing ini cukup kecil. Kucing ini dikenal memiliki tubuh padat dan juga berotot, penampilan yang cukup bulat dan tubuh serta ekornya tergolong panjang. Kepala kucing ini memiliki ciri yang unik pada semua bagian, tulang pipi mereka menonjol dan matanya besar dan bulat.

Karakter Kucing Dwerf

Pada bagian telinga, kucing ini memiliki telinga yang mirip dengan kucing american curl yang melengkung kebelakang atau keriting. Tidak ada warna mata khusus untuk ras ini, mata kucing ini bisa hadir dalam semua warna termasuk cokelat dan juga biru. Karena mendapatkan warisan bentuk kaki dari kucing munchkin, maka kucing ini memiliki ukuran kaki yang pendek.

Kaki kucing ini terlihat kekar dan berotot, pada kaki bagian belakang ukuran kakinya akan lebih panjang dari kaki bagian depan. Dengan postur kaki ini maka kucing ini akan terlihat rendah atau ceper. Kucing ini memiliki cakar yang besar dan juga lonjong disertai dengan ruas jari yang memiliki selaput.

Dwelf termasuk dalam varian kucing hairless, yang berarti kucing ini tidak memiliki bulu. Meski dikatakan tidak memiliki bulu namun kucing ini masih memiliki bulu yang halus dan lembut, bahkan di beberapa area tubuh tertentu bulu kucing ini akan terlihat tebal seperti pada bagian wajah, telinga, badan, dan juga ekor.

Kebanyakan dari kucing Dwelf tidak memiliki kumis dan juga bulu mata, jika ada maka bulu tersebut akan pendek atau bahkan bengkok. Kebanyakan kucing ini memiliki warna polos seperti cream dan hitam, namun karena pengembangan yang sering dilakukan terkadang kucing ini juga memiliki warna bicolor dan juga calico.

Menuju ke kepribadian, kucing ini merupakan kucing yang ramah dan bersahabat. Kucing ini suka diberikan perhatian dan tidak keberatan untuk dipeluk ataupun diangkat. Meski tergolong kucing yang tidak menuntut, namun kucing ini bukanlah jenis kucing yang bisa ditinggal dalam waktu yang lama untuk bepergian atau bekerja.

Kucing ini sangat suka berinteraksi dengan anggota keluarganya, kucing ini akan berkembang dengan keakraban dan senang berada disekitar anggora keluarga yang dimiliknya. Dalam beberapa waktu kucing ini akan terbiasa dengan rutinitas seperti kapan waktunya makan, mandi, pulang kerja dan bahkan ketika akan tidur.

Kucing ini memang termasuk kucing yang ramah dan penuh kasih sayang serta manja, namun kucing ini termasuk kucing yang sulit menerima suasana baru. Ketika kucing ini dihadapkan dengan lingkungan baru, orang baru, hewan peliharaan lainnya maka kucing ini mungkin akan kesulitan untuk beradaptasi, namun ketika mereka sudah mengenal anggota keluarganya maka kasih sayang dan sifat manjanya akan keluar begitu saja.

Kucing ini memang gampang sekali gemuk, dengan kakinya yang pendek kucing ini tidak kesulitan sama sekali dalam bergerak. Mereka bisa berlarian kesana kemari untuk bermain dan mengikuti anggota keluarga yang ada. Sebagian besar kucing ini sangat suka menjelajah, jadi jangan kaget ketika menemukan kucing ini dibeberapa tempat aneh seperti didalam lemari, rak buku dan beberapa tempat yang bisa mengejutkan orang.



Perawatan Kucing Dwelf

Kucing Dwelf yang termasuk varian dari kucing hairless harus diberikan perawatan dengan baik supaya tubuhnya tetap bersih dan terhindar dari beberapa penyakit kulit yang biasa terjadi pada kucing ini. Kulit kucing ini akan terlihat halus dan lembut, karenanya kucing ini harus dipelihara didalam ruangan untuk menjaganya terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Terlalu banyak terkena sinar matahari tidak baik untuk kulit kucing ini karena bisa menyebabkan kulitnya terbakar, selain rentan terhadap panas kucing ini juga rentan dengan suhu dingin, jadi dalam pemeliharaannya memberikan suhu yang stabil sangat disarankan supaya kesehatan kulitnya tetap terjaga.

Perawatan Kucing Dwerf

Jika ingin memelihara kucing ini maka catlovers harus memandikan kucing ini setiap minggu. Tidak adanya bulu pada kucing ini menyebabkan tubuhnya tidak bisa menyerap minyak dengan sempurna, hal ini akan menyebabkan tubuh dwelf akan lebih cepat kotor akibat debu dan kotoran yang menempel pada tubuhnya.

Selain mandi, perawatan harian yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulitnya adalah dengan menyeka kulitnya supaya tetap bersih. Dalam hal ini biasanya yang digunakan adalah kain yang lembut dan dibasahi menggunakan air atau bisa juga menggunakan shampo kucing yang anti bakteri atau khusus kesehatan kulit. Lakukan hal ini secara teratur, karakter kucing ini yang manja akan sangat membantu dalam membersihkan tubuhnya setiap hari.

Memberikan penghangat berupa baju juga bisa diberikan jika kucing tidak merasa keberatan. Selalu perhatikan kebersihan telinga kucing ini karena kotoran pada telinga kucing ini lebih mudah kotor daripada kucing lain pada umumnya.  Bersihkan telinga kucing dengan hati hati, lakukan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Jaga kuku atau cakar kucing untuk selalu pendek, lakukan pemotongan secara teratur. Mungkin akan sulit pada awalnya, namun ketika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan. Jangan lupa untuk membersihkan area muka kucing ini ketika melakukan penyekaan terhadap kulitnya.

Bersihkan juga gigi kucing ketika ada waktu, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal atau infeksi gusi. Melakukan hal ini dengan secukupnya sudah sangat bagus, karena lebih baik daripada tidak membersihkan gigi kucing sama sekali.

Untuk mencegah kucing terkena penyakit yang berasal dari virus berbahaya, maka sebaiknya berikan vaksin untuk kucing. Berikan vaksin dengan lengkap dan lakukan sejak dini. Memberikan vaksin untuk kucing akan memberi kucing jaminan kesehatan yang lebih baik, selain kucing menjadi tahan terhadap virus tertentu kucing juga memiliki daya tahan tubuh yang baik.



Kesehatan Kucing Dwelf

Karena ras kucing ini masih tergolong baru, maka masalah mengenai masa hidup kucing ini juga belum terlalu diketahui. Jika melihat beberapa kucing hasil persilangan untuk membentuk kucing ini seperti kucing munchkin, mungkin masa hidup dwelf bisa mencapai 12 tahun hingga 15 tahun. Hal tersebut masih perkiraan saja, jadi masa hiduonya mungkin bisa lebih dari yang disebutkan diatas.

Dalam masalah kesehatan yang dimiliki kucing ini, tidak ada pembahasan yang khas tentang kucing ini. Hal yang perlu diingat adalah, semua kucing pasti memiliki potensi masalah kesehatan yang bersifat genetik atau keturunan dari induknya. Melihat dari 3 ekor kucing yang digunakan dalam persilangan kucing dwelf, maka beberapa masalah kesehatan yang mirip mungkin bisa terjadi, beberapa masalah tersebut antara lain adalah:

  • Lordosis yang merupakan penyakit munchkin dimana tulang belakang melengkung dan bisa mengakibatkan kerusakan organ lain, bahkan bisa menyebabkan kematian seiring berjalannya waktu
  • Pectus Excavatum merupakan penyakit tulang dada kucing yang masuk kedalam, membuat dada kucing tampak cekung dan hal ini membutuhkan pembedahan
  • Infeksi Telinga dimana bentuk telinga kucing ini yang unik bisa menyebabkan telinga sulit untuk dibersihkan (bentuk telinga tertentu), jadi kebersihan telinga kucing ini sangatlah penting untuk dijaga
  • Penyakit Sendi Degeneratif juga sering terjadi pada kucing dengan telinga melengkung
  • Penyakit Jantung pada kucing terutama HCM (Hypertrophic Cardiomyopathy) dimana otot pada jantung mengalami penebalan yang sering terlihat pada kucing Sphynx
  • Beberapa masalah kulit sering terjadi pada kucing yang tidak berbulu seperti kulit kering, iritasi, koreng dan terbakar akibat terkena sengatan matahari yang berlebihan

Dwelf memiliki metabolisme tubuh yang tinggi, jadi pemberian makan akan lebih banyak daripada kucing lain pada umumnya. Suhu tubuh kucing ini termasuk tinggi, jika catlovers memegangnya maka tubuhnya akan terasa hangat. Karena hal tersebut kucing ini menjadi lebih rentan terhadap suhu dingin yang berlebihan.

Beberapa penyakit umum lain bisa terjadi pada kucing ini, jadi selalu berikan perawatan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi kucing. Jika sesuatu hal yang tidak diketahui terjadi jangan berfikir dua kali untuk membawa kucing kedokter, hal ini dilakukan untuk mencegah sesuatu hal yang tidak diinginkan.



Harga Kucing Dwelf

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Dwelf Import 47.000.000
Harga Kucing Dwelf Lokal 35.000.000
Harga Kitten Dwelf 30.000.000
Harga Kucing Dwelf Dewasa 32.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini harga adopsi kucing dwelf berkisar antara $2.000 hingga $3.000, dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing dwelf akan seperti harga diatas. Harga Dwelf bisa sangat bervariasi dan juga tergantung breeder kucing itu sendiri, yang jelas untuk kucing import akan lebih mahal karena ada biaya tambahan pengiriman dan juga karantina.

Harga kucing dwelf di indonesia mungkin masih tinggi, karena kebetulan kemarin ada teman melepas adopsikan kucing ini di angka 35 juta. Untuk saat ini belum begitu banyak orang yang mengembangkannya karena itu biaya adopsinya juga mahal. Meski berhasil melahirkan anak kucing ini belum tentu hidup sampai menginjak usia 3 bulan, jadi bagi adopter yang ingin mengadopsi dwelf harap maklum jika harga kucing ini masih tinggi.

Bagi catlovers yang ingin mengadopsi kucing ini maka silahkan mencari di beberapa grup adopsi kucing yang ada di sosial media atau mencari informasi mengenai breeder kucing dwelf yang terpercaya. Demikian mengenai kucing dwelf, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Dwelf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel