Kucing Kashmir

Kucing Kashmir adalah kucing yang sangat mirip dengan kucing himalaya, kemiripan ini bukanlah tanpa sebab, namun karena memang kucing ini merupakan kucing himalaya berwarna solid. Kucing ini sempat banyak menimbulkan perselisihan karena kucing ini dilahirkan dari kucing Himalaya yang telah dikembangkan untuk membuat warna bulu lilac hingga cokelat tua yang solid.

Beberapa organisasi kucing merasa bahwa semua kucing himalaya harus memiliki warna poin, karena hal ini maka banyak dari organisasi yang ada mendiskualifikasi kucing ini. Di Inggris kucing Himalaya dianggap sebagai varian dari kucing Persia, jadi kucing Kashmir disana juga dianggap sebagai kucing Persia.

Jenis Ras Kucing Kashmir

Bertentangan dengan nama kucing ini yaitu Kashmir, ras kucing ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan wilayah barat laut pada benua India. Faktanya kucing ini dikembangkan di Amerika Utara, dan nama kucing ini Kashmir kemungkinan diambil dari jenis kucing Himalaya karena memang Kashmir terletak dekat dengan Himalaya yang megah.

Kucing  Kashmir adalah salah satu jenis ras kucing termanis yang terkenal, dia digambarkan sebagai kucing Himalaya atau kucing Persia berwarna solid, bahkan karakteristiknya juga sama dengan kedua kucing tersebut. Karena kucing ini adalah jenis yang santai, maka kucing ini akan sangat cocok untuk dipelihara di apartemen atau tempat lahan kecil lainnya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Kashmir

Sejarah kucing Kasmir dimulai pada tahun 1930an, dimana pada saat itu para peternak kucing di Amerika Utara sedang melakukan upaya pengembangan terhadap kucing Persia untuk menghasilkan keturunan dengan warna dari kucing Siam. Dari upaya yang dilakukan ini maka muncullah kucing Himalaya yang memang pada dasarnya merupakan hasil persilangan antara kucing Persia dengan kucing Siam.

Setelah kucing Himalaya berhasil diperoleh, para peternak kemudian mengembangkan kucing ini untuk mendapatkan warna poin yang berbeda yaitu cokelat, lilac pada ras kucing Himalaya. Meski tujuannya jelas, namun hasil yang didapatkan ternyata berbeda dan pengembangan tersebut menghasilkan hasil diluar dugaan para peternak.

Sejarah Ras Kucing Kashmir

Hasil keturunan dari pengembangan tersebut menghasilkan kucing dengan warna cokelat pekat dan lilac, karena ini diluar dari hasil yang diharapkan, maka para peternak pun menganggap kucing tersebut merupakan jenis kucing ras baru dan memberikan nama Kashmir pada kucing itu.

Upaya para peternak ini mendapatkan pertentangan yang kuat dari berbagai orang, seorang penulis menggambarkan Kashmir sebagai sebuah lamunan taksonomis (kelompok organisme) dan divisi breed yang berlebihan. Karena kucing ini bisa dianggap sebagai hasil dari kucing Persia atau Himalaya, maka pemisahan yang dilakukan ini dianggap tidak perlu.

Beberapa orang menganggap menjadikan kucing Kashmir sebagai varian dari kucing Persia atau Himalaya sudah cukup dan tidak perlu untuk menghasilkan jenis ras kucing baru. Hal ini menjadikan kucing ini membuahkan kontroversi yang besar, namun meski begitu sebagian orang masih tetap mengakui kucing ini sebagai ras kucing yang berbeda.

Karena kontroversi ini, meskipun kucing ini digemari oleh sebagian besar orang namun kucing ini juga diabaikan oleh sebagian besar orang lainnya. Dikatakan organisasi kucing dari Kanada merupakan salah satu dari organisasi yang sebelumnya mengakui kucing ini, dan kucing ini juga masih menunggu pengakuan dari organisasi kucing lainnya pada masa tersebut. 



Karakteristik Kucing Kashmir

Kucing Kashmir adalah kucing yang berukuran sedang, bulunya berukuran panjang dan juga semi panjang. Teksturnya lembut dan halus dengan warna lilac solid dengan lapisan bawah bulu berwarna cokelat. Kucing ini memiliki tubuh yang pendek, montok dengan kaki yang berukuran pendek pula.

Wajahnya bulat besar dan datar, moncongnya pendek, tapi matanya besar yang memberikan ekspresi manis pada kucing ini. Telinganya berukuran kecil dan ekornya berukuran sedang. Sorotan utama untuk kucing ini adalah bulunya yang panjang, tebal dan juga berkilau, serta sangat lembut ketika dipegang.

Sifat Ras Kucing Kashmir

Kashmir sering digambarkan sebagai kucing yang seperti boneka ataupun bayi kucing karena ekspresi yang dimilikinya. Ukuran atau berat kucing ini sangat bervariasi, rata rata ras ini memiliki berat yang berkisar antara 3kg sampai dengan 10kg dan berat ini pun masih bisa ditambah jika kucing ini diberikan makan yang benar dan berkualitas.

Karakter dari kucing ini yang paling khas adalah sifatnya yang tenang, jika kucing ini diberikan perhatian yang intens umumnya kucing ini cocok pada lingkungan rumah atau lingkungan yang tenang. Meski ras ini tergolong kucing sosial, namun disarankan untuk meninggalkannya beberapa waktu untuk memberikan waktu istirahat untuknya.

Kucing Kashmir sangat mudah terbiasa dengan manusia, dan akan memiliki rasa loyal yang tinggi ketika mereka mengenali siapa orang yang merawatnya (pemiliknya). Kucing ini akan selalu ingin bersama dengan pemiliknya dan bisa berada di pangkuan, menemani pada saat tidur, dan selalu mengikuti kemanapun.

Hal yang menarik adalah, kucing ini akan lebih aktif pada malam hari, dikatakan mereka memiliki penglihatan yang bagus dalam kegelapan dan ingin bepergian dengan bebas didaerah lingkungan tempat tinggalnya pada waktu malam untuk menjelajah. Meski kucing yang suka menjelajah termasuk normal, namun jika pada malam hari mungkin hanya ada beberapa saja.

Ras ini mungkin akan sedikit lemah dalam hal mobilitas, karena itu kucing ini juga lebih sering untuk duduk untuk menonton kegiatan anggota keluarganya, tidak begitu terlihat suka bermain dengan anak anak, lebih cenderung terlihat malas. Kebiasaan ini kemungkinan adalah bawaan dari kucing Persia yang memiliki kesamaan dalam hal tersebut. 



Perawatan Kucing Kashmir

Kashmir yang memiliki bulu berukuran panjang dan halus membutuhkan perawatan rutin. Mulailah membiasakan perawatan yang diberikan pada kucing ini sejak dini mulai dari berbagai hal. Biasakan untuk membersihkan bagian sela mata kucing (bagian mata kucing) dan juga seluruh anggota tubuh lain.

Berikan penyisiran secara menyeluruh dengan sisir setiap hari pada tubuh kucing ini, berikan perhatian khusus pada kaki dan juga ekornya. Karena ukuran bulunya yang panjang maka beberapa benda asing seperti semak, rumput, ataupun benda lainnya bisa ikut masuk dan bercampur dengan bulunya, jadi perhatikan selalu hal ini.

Cara Merawat Ras Kucing Kashmir

Bulu yang panjang akan mudah untuk kusut, ketika hal ini terjadi maka uraikan bulu kucing dengan hati hati menggunakan tangan. Bila catlovers ingin memandikan kucing, uraikan bulu kusut terlebih dahulu, setelah itu baru catlovers bisa memandikan kucing seperti biasa. Setelah mandi, keringkan bulu kucing terlebih dahulu, bersihkan arena yang diperlukan dan rapikan bulu kucing setelahnya.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing secara teratur, jika hal ini sudah dilakukan sejak dini maka kucing tentu sudah terbiasa dan mudah untuk dilakukan. Jika catlovers kesulitan, lakukan pemotongan dengan bantuan orang lain, potong kuku atau cakar kucing dengan hati hati dan jangan sampai menimbulkan luka.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena earmites (kutu telinga) dan juga mencegah infeksi akibat penumpukan kotoran didalam telinga kucing. Pemeriksaan telinga kucing harus dilakukan dengan rutin, jika ada kotoran yang terlihat maka segera bersihkan, lakukan dengan hati hati pada saat membersihkan karena telinga kucing rentan terluka.

Untuk membuat kucing terbebas dari kutu maka memberikan obat anti kutu kucing sangatlah diperlukan. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi telur kutu pada tubuh kucing.

Untuk membantu kucing mendapatkan kesehatan bulu yang baik, maka berikan makanan kucing yang bagus dan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi kucing. Selain membantu kesehatan bulu kucing, makanan yang bagus juga bisa menjaga berat badan kucing supaya tidak berlebihan, menjaga pencernaan kucing dan masih banyak lagi lainnya.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi, dengan memberikan vaksinasi pada kucing maka kucing akan memiliki daya tahan terhadap beberapa virus yang berbahaya serta memiliki daya tahan tubuh yang baik. Berikan vaksinasi pada kucing sejak dini, lakukan pemberian vaksin dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Kashmir

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah penyakit yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Pada umumnya kucing ini adalah kucing yang sehat, bahkan juga dapat hidup selama 20 tahun. Meski begitu kucing ini terlihat rentan dengan infeksi mata dan juga iritasi, selain itu karena kucing ini memiliki moncong yang pendek maka dia juga akan rentan mengalami masalah pernapasan.

Penyakit ginjal polikistik adalah masalah lain yang sering terlihat pada sekian banyak kucing Kashmir yang ada, jadi konsultaso dengan dokter perlu dilakukan untuk mewaspadai hal ini. Penyakit lain yang bisa terjadi adalah beberapa penyakit umum lainnya, karena itu berikan perawatan dan juga makanan yang berkualitas untuk menjaga kucing tetap sehat dan tidak mengalami kelebihan berat badan. 



Harga Kucing Kashmir

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Kashmir Import -
Harga Kucing Kashmir Lokal -
Harga Kitten Kashmir -
Harga Kucing Kashmir Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai harga adopsi kucing kashmir, beberapa situs yang membahas kucing ini juga tidak mencantumkan harganya jadi saya pribadi tidak berani untuk memberikan perkiraan harga untuk kucing ini. Karena kucing kashmir merupakan salah satu dari varian kucing persia atau himalaya maka kemungkinan harga kucing ini tidak akan jauh berbeda dengan harga kucing tersebut.

Seperti yang atlovers ketahui, di Indonesia sudah banyak sekali kucing yang menyerupai kucing kashmir dan semua kucing tersebut dilepas adopsikan dengan harga yang relatif murah. Meski kucing tersebut dihasilkan dari persilangan dan keturunannya tidak jelas (tidak ada PED), namun sangat mirip dengan kucing ini. Demikian mengenai kucing kashmir kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Kashmir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel