Kucing Khao manee

Kucing Khao manee atau Khao Mani (dalam bahasa Thailand ขาว มณี ) disebut juga dengan sebutan Khao Plort adalah salah satu jenis ras kucing langka dari Thailand atau tepatnya dari Bangkok. Nama dari kucing ini memiliki arti permata putih dan juga kucing ini dikenal sebagai kucing bermata berlian

Di negara asalnya, kucing ini termasuk jenis kucing yang langka, dan dikatakan memiliki nenek moyang kuno sejak ratusan tahun yang lalu. Kucing Khao manee adalah kucing berwarna putih bersih dengan bulu halus yang pendek, mereka bisa memiliki warna mata biru, kuning ataupun odd eye (warna mata yang berbeda).

Jenis Ras Kucing Khao Manee

Khao manee dianggap sebagai kucing yang beruntung, karena dikatakan kucing ini dulunya pernah dipelihara oleh keluarga kerajaan di Thailand pada abad ke 14. Nama Khao manee diberikan karena warna bulu kucing ini yang putih bersih, sedangkan julukan Mata Berlian diberikan karena mata kucing ini terlihat berkilauan.

Kucing ini memiliki reputasi sebagai kucing yang ramah namun juga atletis, mereka suka mengambil sesi bermain yang panjang. Ras kucing ini akan sangat cocok untuk sebuah keluarga dengan anak anak ataupun hewan peliharaan lainnya, karena kucing ini sangat suka mencari teman bermain dan berbagai kegiatan lainnya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Khao manee

Sejarah Khao Manee pertama kali tentu saja berawal dari negara asal kucing ini yaitu Thailand. Kucing ini adalah kucing alami yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Pada masa tersebut kucing ini dikatakan hanya dipelihara oleh para bangsawan kerajaan saja, hal ini dibuktikan dengan disebutnya kucing ini dalam sebuah buku puisi kucing Tamra Maew.

Sejarah Ras Kucing Khao Manee

Dalam buku tersebut, kucing Khao Manne disebut dengan sebutan Khao Port yang berarti Semua Putih, sedangkan untuk nama Khao Manee sendiri memiliki arti Permata Putih. Kucing ini dianggap sebagai ras kucing yang beruntung di negara asalnya, mereka merupakan kucing favorit dari Raja Siam Chulalongkorn Rama V yang memerintah Thailand dari tahun 1968 sampai dengan 1910.

Legenda yang ada mengatakan bahwa pada masa itu selama kedatangan Inggris dan Prancis, raja menyembunyikan seluruh kucing Khao Manee dari istana karena takut mereka akan dicuri. Kemudian raja menawarkan kucing Siam kepada orang asing dengan menghadirkan mereka sebagai ras kucing kerajaan, untuk melindungi ras kerajaan yang sebenarnya yaitu, Khao Manee.

Dulunya kucing ini sangat dilindungi dengan kegiatan ekspor, namun pada tahun 1999 seorang bernama Colleen Freymuth, berhasil mengekspor Khao Manee ke Amerika Serikat. Ekspor yang dilakukan itu bertujuan untuk melakukan pengembangan pada kucing ini karena jumlah kucing yang ada menjadi semakin sedikit.

Setelah hal tersebut terjadi, kucing ini pun juga diadopsi oleh peternak kucing yang berasal dari Eropa untuk tujuan yang sama. Dikatakan program awal ini menggunakan dua belas kucing yang telah diekspor untuk pertama kali, kemudian pengembangan yang dilakukan ini pun berhasil dan telah menyebarkan keturunan Khao Manee diberbagai tempat.

Selang beberapa waktu kemudian setelah pengembangan berhasil dilakukan, seorang peternak kucing dari Prancis yang bernama Frédéric Goedert mengambil alih bisnis peternakan tersebut (tidak ada informasi waktu yang jelas kapan hal ini terjadi). Dalam waktu yang lama, Frédéric Goedert telah menjadi satu satunya peternak kucing Khao Manee didaerah Barat.

Pada tahun 2009 tepatnya di bulan Mei, Khao Mane baru mendapatkan pengakuan dari TICA (The International Cat Association) sebagai ras kucing percobaan, status ini kemudian berubah menjadi Preliminary New Breed pada 3 September 2011 dan dilanjutkan menjadi Advanced New Breed pada 30 Agustus 2013. 



Karakteristik Kucing Khao manee

Khao Manee memiliki gambaran yang halus dan juga ramping, dia memiliki ciri khas dari kucing oriental yang elegan dan juga anggun. Kucing ini memiliki struktur tukang yang cukup tipis, kaki depan sedikit lebih pendek dari aki belakang dan tubuh bagian belakang kucing ini terlihat seperti agak melengkung.

Pada bagian kepala bentuknya seperti segitiga dengan garis yang agak membulat dan tulang pipi yang menonjol. Hidung kucing ini terlihat jelas yang memberikan gambaran leonine (menyerupai singa). Telinga berukuran rata rata dan sanbat terbuka terutama pada kucing berkelamin betina.

Karakter Ras Kucing Khao Manee

Moncong Khao Manee memiliki warna merah mudah yang seperti anak kucing ini ketika baru lahir. Ketika baru lahir anak kucing Khao Manee sepenuhnya berwarna merah muda dan kemudian seiring berjalannya waktu berubah menjadi warna putih. Secara umum kucing ini merupakan kucing yang anggun dan akan selalu mengingatkan dengan kucing para bangsawan.

Hal yang paling membuat kucing ini istimewa dan paling menjadi fokus standar breed untuk kucing ini adalah warna mata mereka. Mata Khao Manee terlihat seperti permata dengan warna yang sangat bervariasi mulai dari biru mudah, biru safir, bisa juga hijau zamrud, dan juga kuning safir.

Selain warna umum tersebut, kucing ini juga bisa memiliki warna mata yang berbeda. Warna mata kiri dan kanan berbeda yang biasa disebut dengan odd eye atau flip flop, meski mata seperti ini sudah sangat sering ditemui pada ras kucing lainnya, namun hal ini tetap menjadi ciri khas tersendiri bagi kucing Khao Manee.

Bulu kucing Khao Manee berwarna putih, ukuran bulunya pendek dan sangat halus serta padat. Menurut beberapa catatan yang ada, bulu kucing ini bisa memiliki muetan listrik statis serta bisa berpendar (memancar) pada saat malam hari dibawah sinar bulan purnama.

Khao Manee atau anak kucing Khao Manee sangat lembut dan juga baik hati, terkadang mereka pemalu, namun tetap sangat berbakti kepada pemiliknya. Jika kucing ini sudah mengenali pemiliknya maka mereka akan memiliki kasih sayang tak terbatas, hal ini pun akan terjadi bahkan jika ada hewan lain. Meski kucing ini sudah berteman dan beradaptasi, namun dia hanya akan memperhatikan pemiliknya.

Ras kucing ini juga sangat lucu serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dia akan selalu senang hati memainkan permainan, serta berkeliling untuk menjelajahi setiap sudut dan celah dari lingkungan tempat tinggalnya. Memberikan setidaknya satu pohon kucing akan membuat mereka senang dan tentu saja mengamankan perabitan rumah dari cakaran mereka.

Ras ini juga sangat baik dengan anak anak serta hewan peliharaan lain, karena kucing ini mudah beradaptasi dengan mudah maka dia akan bisa menjadi teman terbaik untuk anak kecil. Khao Manee adalah kucing ramah yang selalu ingin menjadi pusat perhatian, jadi jika rumah sedang kosong maka kucing ini mungkin akan sangat kesepian.



Perawatan Kucing Khao manee

Khao Manee adalah kucing berwarna putih dengan bulu yang pendek, dari hal tersebut tentu saja catlovers sudah tahu jika perawatan kucing ini pada masalah bulu sangat rendah. Dalam perawaa=tan bulunya, catlovers cuma perlu untuk memberikan sisiran atau penyikatan mingguan untuk membantu bulu kucing tetap sehat.

Menyisir bulu kucing dengan teratur akan membantu kucing untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Karena bulu kucing ini berwarna putih maka kebersihan lingkungan kucing juga perlu dijaga supaya bulu kucing ini tidak mudah kotor.

Perawatan Ras Kucing Khao Manee

Selain membuat bulu kucing tetap bersih, membersihkan lingkungan kucing juga berpengaruh pada kesehatan kucing terkait masalah bakteri serta kotoran pada lingkungannya. Bersihkan litter box serta perlengkapan makan minum kucing setiap hari, dengan begitu resiko kucing terkena penyakit karena bakteri atau kotoran akan berkurang.

Potong kuku atau cakar kucing secara teratur, jaga untuk selalu tetap pendek. Hal ini mungkin akan sulit pada awalnya, jadi biasakan kucing untuk terbiasa dalam hal ini. Alangkah baiknya kebiasaan memotong kuku kucing dilakukan sejak dini, jadi seiring bertambahnya usia kucing maka kucing akan terbiasa.

Periksa selalu bagian sela mata kucing, jika terlihat ada kotoran segera bersihkan. Gunakan kain atau tisu yang berbeda pada saat membersihkan, hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko infeksi pada kucing. Selain kebersihan sela mata, jangan lupa untuk selalu memantau kebersihan telinga kucing.

Kebersihan telinga kucing merupakan hal yang penting, jika telinga kucing kotor maka akan ada kemungkinan kucing bisa mengalami infeksi. Selain itu, telinga kotor pada kucing bisa juga karena earmites (kutu telinga kucing). Bersihkan telinga kucing dengan teratur, lakukan dengan hati hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Untuk menghindari kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka sebaiknya bersihkan gigi kucing dengan baik. Kebersihan harian untuk gigi kucing adalah yang terbaik, namun memberihkannya sesekali juga hal yang bagus daripada tidak dibersihkan sama sekali.

Supaya kucing terbebas dari kutu, maka sebaiknya berikan obat anti kutu untuk kucing. Obat anti kutu yang bagus pada kucing biasanya merupakan obat tetes kutu yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membasmi kutu pada tubuh kucing juga membasmi telur kutu yang ada.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi. Kucing yang sudah divaksinasi akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus berbahaya dan sering menyerang kucing, selain itu dengan memberikan vaksin daya tahan tubuh kucing juga akan menjadi lebih baik. Berikan vaksinasi pada kucing dengan lengkap, lakukan sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Khao manee

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Pada umumnya Khao manee dianggap sebagai kucing yang sehat, namun ada hubungan kucing berwarna putih dengan telinga tuli yang sering terjadi pada beberapa kucing. Terlepas dari warna yang dimiliki kucing ini, Khao manee terhindar dari hal tersebut.

Tampaknya usia ras serta metode pengembangan yang dilakukan pada kucing ini dilakukan secara ketat dan menyebabkan kucing ini tahan dan lolos dari penyakit genetik yang sering terlihat pada ras kucing lainnya. Meski dikatakan demikian, namun masih banyak yang berpendapat kucing ini masih memiliki potensi mengalami ketulian. 



Harga Kucing Khao manee

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Khao manee Import 20.000.000
Harga Kucing Khao manee Lokal 10.000.000
Harga Kitten Khao manee 7.500.000
Harga Kucing Khao manee Dewasa 9.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing ini biaya adopsinya berkisar antara $1.500, dengan biaya tersebut maka kemungkinan harga kucing khao manee akan seperti harga diatas. Kucing ini dikatakan sangat langka, dan bahkan beberapa situs lain menyebutkan bahwa biaya import untuk kucing ini bisa mencapai $5.000.

Harga diatas hanya perkiraan harga saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga karena harga kucing khao manee asli bisa lebih mahal ataupun bisa lebih murah. Demikian mengenai kucing khao manee kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Khao manee"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel