Kucing Kinkalow

Kucing Kinkalow adalah kucing yang memiliki penampilan unik dan merupakan salah satu varian dari kucing munchkin. Karena kucing ini termasuk varian munchkin maka tentu saja kucing ini juga memiliki kaki yang berukuran pendek. Hal yang membedakan kucing kinkalo dengan munchkin adalah bentuk telinganya yang melengkung kebelakang atau keriting.

Kinkalow merupakan kucing hasil persilangan antara kucing munchkin dengan kucing american curl, dari hasil persilangan ini maka kinkalow memiliki ciri khas yang didapatkan dari kedua kucing tersebut, yaitu berkaki pendek seperti kucing munchkin dan memiliki telinga keriting seperti miliki kucing american curl.

Jenis Ras Kucing Kinkalow

Di Indonesia sendiri kucing ini termasuk jenis kucing yang populer, banyak sekali para pecinta kucing yang berminat untuk mengadopsi kucing ini. Meski harga kucing kinkalow tidak bisa dikatakan murah, namun hal ini tidak menjadikan para orang yang suka dengan kucing ini untuk tidak mengadopsinya.

Beberapa breeder kucing munchkin sebagian besar juga ikut mengembangkan kucing ini, karena selain satu jalur menggunakan kaki yang pendek, keturunannya pun juga termasuk mudah untuk mendapatkan telinga keriting. Istilah Ora Keriting Ora Keri adalah kata kata yang akan selalu diketahui oleh breeder kucing kinkalow yang diambil dari bentuk telinga kucing ini.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Kinkalow

Sejarah Kinkalow  dimulai pada pertengahan tahun 90-an dimana pada saat itu ada seorang peternak kucing yang berasal dari Amerika Serikat yang bernama Terri Harris mulai melakukan persilangan antara dua ras kucing yang berbeda. Harris menyilangkan kucing munchkin dengan kucing american curl dan ingin mengetahui hasil dari persilangan tersebut.

Sejarah Ras Kucing Kinkalow

Program pengembangan atau persilangan yang dilakukan tersebut sebenarnya tidak ada tujuan yang diharapkan, Harris hanya ingin mengetahui keturunan apa yang akan dia dapat dengan menyilangkan kedua kucing tersebut. Setelah persilangan dilakukan, hasil dari persilangan tersebut ternyata menghasilkan kucing baru yang mengagumkan.

Anak kucing yang dihasilkan dari persilangan itu memiliki kaki yang pendek seperti kucing munchkin dan juga memiliki telinga keriting atau melengkung seperti kucing american curl. Ciri ini merupakan ciri dari kedua kucing yang digunakan sebagai induk, dan karenanya persilangan ini pun bisa dikatakan berhasil.

Kinkalow dianggap sebagai ras kucing eksotis dan langka pada awal kemunculannya, tentu saja sebagian besar penggemar kucing berkaki pendek juga ikut mengaguminya. Secara keseluruhan kucing ini hampir sama dengan kucing munchkin, ciri yang membedakan kedua kucing ini adalah bentuk telinganya yang unik seperti kucing american curl.

Kinkalow menerima status sebagai ras kucing percobaan (Breed Eksperimental) dari TICA (The International Cat Association) setelah melalui proses yang ada, kemudian dia juga diakui oleh TDCA (The Dwarf Cat Association) diikuti oleh organisasi kucing lainnya setelah beberapa pengembangan yang dilakukan dan mendapatkan standar breed kucing ini. 



Karakteristik Kucing Kinkalow

Kinkalow adalah kucing hasil persilangan dari kucing munchkin dan juga kucing american curl, karena itu kucing ini memiliki ciri dari kedua kucing tersebut, yaitu berkaki pendek seperti kucing munchkin dan juga bertelilnga keriting seperti kucing american curl.

Kaki pendek pada kucing kinkalow diperoleh dari kucing munchkin yang akhirnya kucig kinkalow dianggap sebagai kucing kerdil dan varian dari kucing munchkin. Secara keseluruhan ukuran kucing kinkalow termasuk kecil dan bahkan panjang ekor kucing ini bisa melebihi panjang badannya.

Karakter Ras Kucing Kinkalow

Pada bagian kepala, moncongnya termasuk agak panjang yang sesuai dengan ukuran kepalanya yang sedang. Berkat kucing american curl, kinkalow memiliki telinga unik yang melengkung dan membuatnya terlihat lebih menggemaskan. Lengkungan ini pun juga sangat bervariasi, jadi hampir semua kucing memiliki lengkungan yang berbeda antara kucing satu dengan lainnya.

Meski memiliki telinga yang melengkung atau keriting, telinga dari anak kucing kinkalow belum tentu akan melengkung juga. Sebagian anak kucing ini masih bisa memiliki telinga normal seperti kucing lain pada umumnya, apalagi jika masih pada tahap awal persilangan dengan kucing munchkin.

Anak kucing kinkalow yang memiliki telinga melengkung pada waktu awal kelahiran, telinganya juga akan terlihat seperti telinga normal, namun seiring bertambahnya usia kucing telinga ini akan semakin melengkung dan jelas. Hal ini biasanya terjadi pada usia 20 hari anak kucing, namun jika breeder kucing sudah jeli akan bisa langsung mengetahuinya pada minggu pertama kelahiran.

Dalam masalah warna, kucing ini bisa menampilkan warna dan juga pola apapun. Jadi kemungkinan catlovers akan melihat kucing kinkalow dengan warna putih, dan juga beberapa warna lainnya seperti warna cokelat, hitam, abu abu, dan berbagai pola seperti tabby, tortie, dan lainnya.

Kinkalow adalah kucing yang cerdas dan juga penyayang. Mereka akan suka bermain dimanapun dan kapanpun mereka berada, dia bisa meringkuk di sofa, tempat tidur, berjalan jalan di lingkungan rumah, berlarian kesana kemari dan juga berada pada tepat yang mungkin tidak catlovers ketahui.

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, kucing ini tidak akan membiarkan apapun menghalangi jalan mereka. Kucing ini bisa memanjat dengan mudah meski ada rintangan dan berlari dengan kecepatan tinggi pada lingkungan tempat tinggalnya, intinya keaktifan kucing ini tidak sama dengan ukuran tubuhnya.

Kinkalow senang menjadi bagian dari sebuah keluarga, mereka suka bergaul dengan baik dengan semua orang pada keluarga tersebut dan bahkan juga dengan hewan peliharaan lainnya. Karena kucing ini tergolong cerdas, mareka harus memiliki permainan yang teratur untuk membuatnya sibuk dan terstimulasi secara mental.



Perawatan Kucing Kinkalow

Dalam masalah perawatan kucing kinkalow yang bisa memiliki dua tipe bulu, maka mudah atau sulitnya akan berdasarkan panjang dari bulu tersebut. Kucing kinkalow yang berbulu pendek akan lebih mudah untuk diberikan perawatan untuk bulunya, cukup berikan penyisiran atau penyikatan mingguan untuk membantu bulu kucing tetap sehat.

Untuk kucing kinkalow berbulu panjang, penyisiran atau penyikatan harus dilakukan lebih sering. Jika kucing kinkalow berbulu pendek seminggu satu kali maka untuk yang berbulu panjang lakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Menyisir bulu kucing dengan teratur akan membantu mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Cara Merawat Ras Kucing Kinkalow

Keunikan kucing kinkalow selain kakinya yang pendek adalah bentuk telinganya yang unik, meski hal ini termasuk kelebihan kucing ini namun disamping itu juga menjadi kekurangan tersendiri. Tentu saja catlovers mengetahui jika memeriksa kebersihan telinga kucing harus dilakukan secara teratur, dan hal inipun juga berlaku untuk kucing kinkalow.

Telinga kucing yang kotor bisa menimbulkan infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu juga ada kemungkinan telinga kucing terkena earmites. Jika bentuk telinga kucing normal mudah untuk dibersihkan, maka untuk telinga kinkalow tidak demikian.

Beberapa bentuk telinga kucing kinkalow terkadang membuat telinga kucing ini sulit untuk dibersihkan, beberapa bentuk dalam telinga sulit untuk dijangkau dan kotoran pada telinga kucing ini juga mudah menumpuk. Hal ini tidak terjadi pada semua bentuk telinga, namun hanya beberapa yang demikian, karena itu pada saat membersihkan telinga kucing ini catlovers harus melakukannya dengan sangat hati hati.

Selain masalah telinga, untuk perawatan lain mungkin akan sama dengan kebanyakan kucing lain. Selalu periksa bagian sela mata kucing, jika ada kotoran yang terlihat segera bersihkan. Untuk menghindari terjadinya infeksi, gunakan kain atau tisu yang berbeda pada saat membersihkan sela mata kucing.

Selalu jaga cakar atau kuku kucing untuk selalu pendek, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing mencakar benda yang ada dirumah. Biasakan kucing untuk dipotong kukunya, meski hal ini sulit pada awalnya namun ketika kucing terbiasa hal ini akan menjadi mudah untuk dilakukan.

Untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka bersihkan gigi kucing secara teratur. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada gigi kucing yang tidak pernah dibersihkan.

Supaya kucing kinkalow terbebas dari kutu dan juga masalah kulit lainnya maka pemberian obat kutu kucing sangat dianjurkan. Obat anti kutu kucing yang bagus biasa adalah obat tetes kutu yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi kutu pada tubuh juga bisa membasmi telur kutu tersebut.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi. Kucing yang sudah diberikan vaksin akan memiliki ketahanan terhadap beberapa jenis virus kucing yang berbahaya dan mematikan, jadi memberikan vaksin pada kucing sangat penting. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Kinkalow

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dalam perkembanganya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secaca umum kucing kinkalow dianggap sebagai kucing yang sehat, namun karena kucing ini termasuk kucing persilangan dari dua ras yang berbeda maka penyakit bawaan tentu saja sangat dekar dengan ras ini. Kucing ini memiliki potensi menderita beberapa penyakit yang terlihat pada kucing munchkin dan juga kucing american curl yang sudah banyak diketahui.

Kinkalow adalah kucing kerdil yang memiliki kaki pendek, karena hal tersebut maka kesehatan tulang belakang kucing ini selalu menjadi pusat perhatian. Kaki pendek, tubuh panjang dan kesehariannya yang suka berlarian serta bermain membuat kucing ini rentan terhadap kemungkinan cidera tulang belakang.

Bentuk unik telinga kucing ini pun juga demikian, karena bentuk ini terkadang membuat telinga kucing ini menjadi sulit untuk dibersihkan (bentuk telinga tertentu). Dengan adanya kotoran pada telinga kucing ini yang menumpuk, maka resiko terjadinya infeksi atau earmites pada kucing ini juga semakin besar.

Pada umumnya kucing kinkalow adalah kucing yang berumur panjang dan umur kucing ini bahkan lebih panjang daripada umur kucing kebanyakan. Penting untuk memperhatikan tanda tanda rasa sakit pada kucing ini, dengan begitu jika kucing mengalami sesuatu pemilik kucing segera mengetahuinya dan bisa membawanya kedokter untuk diberikan perawatan.



Harga Kucing Kinkalow

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Kinkalow Import 28.000.000
Harga Kucing Kinkalow Lokal 18.000.000
Harga Kitten Kinkalow 12.500.000
Harga Kucing Kinkalow Dewasa 15.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing kinkalow, biaya adopsi kucing kinkalow berkisar antara $2.000. Dengan rata rata ini maka kemungkinan harga kucing kinkalow akan mirip seperti harga diatas. Harga kucing kinkalow sangat bervariasi, hal tersebut tergantung dari kualitas kucing, kebijakan breeder kucing itu sendiri dan beberapa faktor lain.

Harga kucing kinkalow di Indonesia kebanyakan ada di angka 10 juta keatas, namun beberapa breeder kucing kinkalow ada yang melepas adopsikan dibawah harga tersebut. Harga diatas hanya perkiraan harga saja, jadi jangan menjadikan harga diatas sebagai harga paten karena harga kucing kinkalow asli bisa lebih mahal atau lebih murah.

Jika catlovers berminat untuk mengadopsi kucing kinkalow, maka silahkan catlovers mencari breeder kucing kinkalow yang terpercaya di beberapa forum adopsi kucing pada sosial media atau forum kucing lainnya. Demikian mengenai kucing kinkalow kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Kinkalow"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel