Kucing Kohana

Kucing Kohana atau dikenal juga dengan sebutan Hawaiian Hairless adalah kucing yang berasal dari Amerika Serikat. Kohana adalah jenis kucing yang tidak berbulu atau hairless, hal ini terjadi karena mutasi genetik yang terjadi pada tubuhnya, dan dari sinilah dia mendapatkan tubuhnya yang kenyal dan juga keriput.

Kohana adalah salah satu dari sekian banyak jenis kucing yang tidak memiliki bulu. Mungkin catlovers semuanya masih belum mengetahui jenis kucing yang satu ini dan hanya mengetahui ras kucing lainnya seperti kucing sphynx, bambino, elf yang sama tidak memiliki bulu, namun jika dibandingkan dengan ras kucing tersebut kohana tidak akan kalah bersaing.

Jenis Ras Kucing Kohana

Seperti julukan yang ada pada kucing ini yaitu Hawaian Hairless, kucing ini memiliki habitat di kepulauan hawaii. Dikatakan perawatan mata sangat penting dengan jenis ini karena mereka tidak memiliki bulu mata, tentunya hal yang sama juga akan terjadi pada ras kucing varian hairless lainnya.

Kohana yang merupakan ras kucing tidak berbulu dikatakan tidak memiliki folikel bulu dan dikabarkan memiliki gen dari kucing Don Sphynx (Donskoy) dan juga Canadian Sphynx. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa itu adalah bentuk dari Canadian Sphynx dan karena masalah keseburan maka pengembangan dihentikan.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Kohana

Sejarah Kohana dimulai ketika pertama kali kucing ini didokumentasikan pada tahun 2002. Meskipun banyak teori yang bertele tele tentang asal usul kucing ini namun teori awal menyebutkan bahwa kucing ini berasal dari kucing liar yang ada dipulau Hawaii yang beberapa diantaranya telah mengalami mutasi genetik.

Sejarah Ras Kucing Kohana

Kebanyakan kucing berbulu pada pulau hawaii telah mengubah folikel bulu pada tubuhnya dan ras kucing Kohana tidak memiliki folikel sama sekali. Selain teori ini ada hipotesis lain yang mengatakan bahwa Kohana adalah persilangan antara kucing Don Sphynx dan juga Canadian Sphynx.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa Kohana merupakan cabang dari kucing Sphynx, dan pada akhirnya tes DNA menunjukkan bahwa kucing Kohana memiliki mutasi genetik yang sama dengan kucing Sphynx akan tetapi ada juga gen lain yang terlihat pada kucing ini.

Jenis kucing Kohana terlihat sangat kecil, hal ini karena kucing ini kesulitan bereproduksi. Ada beberapa klub kucing dan pakar taksonomi, genetika serta zoologi yang bahkan tidak menganggap kucing ini sebagai ras baru. Menurut mereka ada mutasi yang menciptakan kucing baru dengan tidak berbulu setiap lima belas tahun.



Karakteristik Kucing Kohana

Kucing Kohana merupakan kucing yang memiliki tubuh lebar dan juga berotot, berkat kurangnya bulu pada tubuhnya sangat mudah untuk melihat hal tersebut dengan disertai kerutan yang ada pada tubuhnya. Jika catlovers mengetahui penampilan dari kucing Sphynx, maka penampilan kucing ini mungkin kurang lebih akan sama dengan kucing tersebut.

Karakter Ras Kucing Kohana

Secara umum berat kucing Kohana berkisar antara 3kg sampai dengan 6kg, yang dimana berat ini masih bisa bertambah atau kurang melihat kucing itu sendiri. Kaki bagian belakang akan lebih panjang daripada kaki bagian depan, yang memberi kucing ini cara berjalan yang sangat aneh dan unik.

Kucing Kohana pada umumnya sering berwarna krem (cream) atau biasa disebut dengan merah mudah karena tubuhnya yang terlihat agak pink saat dilihat, dan selain warna tesebut ada juga yang berwarna hitam putih. Warna warna ini sangat mirip dengan kucing Sphyxn dan varian kucing hairless lainnya.

Kohana adalah jenis kucing yang cerdas, penuh kasih sayang dan energik, karena hal tersebut maka kucing ini sangat membutuhkan banyak perhatian. Hal terbaik untuk kucing ini adalah pemiliknya tidak perlu melakukan penyisiran bulu, dan kucing ini juga tidak rentan terkena hairball karena tidak memiliki bulu, namun memandikannya sangat diperlukan. 



Perawatan Kucing Kohana

Cara merawat kucing Kohana tergolong mudah, namun bagi beberapa orang yang tidak terbiasa dengan kucing tanpa bulu mungkin akan sedikit merepotkan. Karena kucing ini tidak memiliki bulu pada tubuhnya maka tubuh kucing ini akan sering mengeluarkan minyak yang membuatnya menjadi lebih cepat kotor dan banyak kotoran akan mudah menempel pada tubuhnya.

Karena resiko terkena kotoran lebih mudah maka menjaga kebersihan tubuh kucing ini merupakan hal yang sangat penting. JIka memungkinkan, mandikan kucing ini ketika tubuhnya terlihat kotor atau berminyak (lengket) namun jika kurang ada waktu cukup lakukan pengelapan menggunakan kain supaya tubuhnya menjadi bersih.

Cara Merawat Ras Kucing Kohana

Selain resiko untuk lebih mudah kotor ini, tubuh kucing Kohana juga rentan dengan luka luka yang bisa dia dapatkan ketika bermain atau melakukan sesuatu. Jadi untuk pemeliharaan kucing ini lebih baik dilakukan didalam ruangan untuk menghindari tubuh kucing ini menerima luka akibat benda, hewan, atau serangan dari kucing lain.

Supaya kucing terhindar dari penyakit periodontal (infeksi gusi) maka sebaiknya selalu jaga kebersihan kucing ini. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus daripada tidak dibersihkan sama sekali.

Jaga selalu kuku atau cakar kucing untuk selalu pendek, lakukan pemotongan kuku atau cakar dengan teratur. Karena kucing ini termasuk kucing yang manja maka seharusnya hal ini tidak akan sulit untuk dilakukan, namun jika kucing belum terbiasa maka pemilik kucing harus membiasakannya.

Hal terakhir yang perlu diberikan untuk menjaga kesehatan kucing adalah dengan memberikan kucing vaksinasi. Kucing yang telah divaksin akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus berbahaya dan juga memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Berikan vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan vaksinasi lengkap pada kucing dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Kohana

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing kohana adalah kucing yang sehat, namun karena kucing ini termasuk jenis kucing yang tidak memiliki bulu maka kulit kucing kohana akan sangat rentan terhadap cuaca panas dan juga dingin, jadi pemeliharaan didalam ruangan sangat disarankan.

Selain rentan terhadap cuaca dingin dan panas, kulitnya juga akan rentan terluka oleh semua benda, jadi pengawasan pada waktu bermain juga dibutuhkan. Kebersihan tubuhnya juga perlu dijaga karena resiko menempelnya kotoran dan bakteri juga besar dengan adanya minyak pada tubuhnya.

Beberapa penyakit umum juga bisa menyerang kucing ini, jadi perawatan yang maksimal dan kebutuhan nutrisinya harus dijaga. Selain beberapa penyakit tersebut kemungkinan penyakit lainnya juga akan sama dengan varian ras kucing hairless lainnya, akan tetapi karena minimnya informasi saya pribadi tidak berani untuk menjelaskan lebih jauh.



Harga Kucing Kohana

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Kohana Import -
Harga Kucing Kohana Lokal -
Harga Kitten Kohana -
Harga Kucing Kohana Dewasa -

Pada setiap situs yang membahas tentang kucing kohana tidak ada yang menyebutkan berapa biaya adopsi untuk kucing ini, jadi saya juga tidak berani untuk menyebutkan perkiraan harga kucing kohana. Jika salah satu catlovers mengetahuinya maka tolong untuk memberikan informasi pada kolom komentar dibawah. Demikian untuk kucing kohana kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Kohana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel