Kucing Korat

Kucing Korat atau dalam bahasa Thailand โคราช (khorat), มาเลศ (malet), สีสวาด (sisawat) adalah kucing yang berasal dari Thailand atau tepatnya dari Provinsi Nakhon Ratchasima. Pengucapan nama untuk kucing ini adalah ko-RAHT dan bukan KO-rat, dan kucing ini juga dikenal dengan sebutan Si-Sawat.

Kucing ini dikenal dengan bulunya yang khas berwarna biru keabu abuan dan wajahnya yang berbentuk hati, karena ciri uniknya dan juga kepribadiannya maka kucing inipun juga memiliki banyak penggemar. Di negara asalnya, kucing ini sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu dan dihormati oleh penduduk lokal yang ada disana.

Jenis Ras Kucing Korat

Korat dikenal sebagai simbol keberuntungan di Thailand, mata hijaunya yang cerah melambangkan kemakmuran dan wajahnya yang berbentuk hati dikatakan membawa kebahagian bagi pengantin wanita. Karena uniknya kucing ini, maka kucing ini tidak pernah disilangkan dengan ras kucing lainnya (meski saya sudah pernah melihat versi kaki pendeknya dari Murmulet Cattery).

Dikatakan kucing ini sangat lambat untuk mencapai kedewasaan, dan mungkin tidak akan mencapai perkembangan fisik serta emosionalnya secara penuh sampai kucing ini berusia 5 tahun. Karena karakter uniknya, kucing ini akan sangat cocok dengan rumah manapun dengan orang orang yang akan mencintainya dan memberikan perhatian padanya.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Korat

Deskripsi serta ilustrasi paling awal untuk kucing ini paling awal dapat ditemukan pada The Cat-Book Poems yang merupakan sebuah naskah syair dan lukisan yang ditulis di kota Ayutthaya, Siam sekitar tahun 1350 M ketika kerajaan didirikan dan 1767 M ketika kota tersebut dihancukan oleh penjajah dari Burma.

Pada buku yang ditulis tersebut detail tentang apa yang dituliskan tidak bisa diperlihatkan secara akurat karena penulisannya masih menggunakan tangan diatas daun lontar atau perkamen kulit kayu. Manuskrip ini juga sangat tua dan dengan susah payah direproduksi dengan tangan ke bahan yang baru.

Sejarah Ras Kucing Korat

Hal tersebut mempersulit penanggalan dokumen asli, namun kemungkinan yang ada adalah dokumen ini merupapakan dokumen tentang kucing tertua yang pernah ada. Didalam naskah tersebut digambarkan dan juga dijelaskan dalam ayat tujuh belas mengenai jenis kucing yang beruntung, termasuk kucing Siam, Burma, Havana Brown, dan juga tentu saja Korat.

Para seniman serta penulis dokumen yang namanya sudah lama dilupakan ini menggambarkan Korat sebagai kucing keberuntungan dengan warna mata yang bersinar seperti setitik embun didaun teratai, dan tubuh warna awan ditambah dengan warna perak.

Tidak seperti kucing Siam yang dimiliki oleh keluarga kerajaan, Korat pada awalnya merupakan kucing rakyat biasa yang dihargai sebagai jimat keberuntungan. Kucing ini disebut juga dengan sebutan Si-Sawat yang artinya biji berwarna biru keperakan dari tanaman buah dengan nama yang sama.

Korat tidak pernah dijual, namun kucing ini hanya diberikan sebagai ungkapan khusus seperti penghormatan, penghargaan dan semacamnya. Seperti ceritanya, pengantin baru diberikan kucing ini untuk memastikan pernikahan pasangan tersebut menjadi bahagia dan juga beruntung.

Kisah lainnya juga menyebutkan adalah, untuk membawa hujan kritis ke tanaman padi maka kucing ini pun akan diarak melalui desa desa di Thailand timur laut dan disiram air untuk memastikan hujan akan turun dan akan mengisi sawah dengan air hujan yang dibutuhkan oleh paa penduduk desa.

Apakah cerita tersebut benar atau tidak, hal ini tidak diketahui. Korat dianggap sebagai salah satu ras kucing domestik tertua bersama dengan beberapa rekannya seperti kucing Siam, Burma dan Havana Brown yang juga dijelaskan dalam manuskrip tersebut, yaitu The Cat-Book Poems.

Selain beberapa cerita tersebut, dikatakan perkembangan kucing Korat dimulai pada tahun 1959 dimana pada masa tersebut ada seorang warna negara Amerika Serikat bernama Jean Jhonson yang sedang tinggal sementara di Thailand. Pada waktu John akan pulang ke negara asalnya, dia membawa ras Korat bersamanya dan mulai dari sinilah perkembangan kucing ini dimulai.

Perkembangan ras Korat di negara Barat dimulai disebuah peternakan kucing sistematis pada tahun 1960an, lalu pada tahun 1966 sebuah organisasi kucing dari Amerika Utara yaitu ACA (American Cat Association) mengakui kucing Korat yang diikuti oleh CFA pada tahun yang sama.

Perkembangan Korat di Eropa dimulai pada tahun 1970 di Norwegia dan kemudian disusul di Finlandia pada sekitar tahun 1987. Meski masih sangat jarang, kucing ini juga telah dipromosikan oleh sekelompok orang yang berkomitmen dan bersemangat karena menghargai sejarah, keindahan serta keanggunan ras kucing ini. 



Karakteristik Kucing Korat

Korat adalah ras kucing bertubuh sedang dengan badan yang kuat, berotot, ramping dan juga panjang. Kucing ini memiliki telinga yang runcing keatas, warna bulunya hanya polos dan tidak memiliki pola. Warna yang dimiliki kucing ini jarang dimiliki oleh kucing lainnya karena kucing ini memiliki warna yang unik yaitu biru keabu abuan.

Warna pada bulu kucing korat juga memiliki alur yang berawal dari bagian perut dengan warna keabu abuan dan kemudian naik keatas bagian punggung dengan warna yang lebih pekat atau gelap. Dikatakan juga ada kucing Korat yang berwarna putih, namun kucing ini tidak diizinkan mengikuti kontes kucing karena hanya yang memiliki warna standar saja yang diperbolehkan.

Karakter Ras Kucing Korat

Korat adalah kucing yang cerdas dan berpendirian serta posesif terhadap anggota keluarganya. Kucing ini akan suka tinggal dekat dengan pemiliknya dan tidak akan membiarkan orang asing mendekatinya. Kucing ini umumnya hanya akan memberikan hatinya untuk satu atau dua orang dari keluarganya, namun dia juga menerima kasih sayang dari anggota lainnya.

Bagi orang yang ingin memelihara kucing ini harus waspada karena kucing ini akan mengikuti kemanapun kalian pergi. Korat bukanlah kucing penyendiri, dia akan melakukan yang terbaik untuk persahabatan, entah itu dengan anggota dari keluarganya atau bahkan hewan peliharaan lainnya.

Korat yang sering ditinggalkan dirumah sendirian dan diabaikan dapat mengembangkan masalah perilaku kecemasan pada perpisahan. Kucing ini juga mudah untuk adaptasi pada lingkungan baru, jika ditempatkan pada lingkungan rumah baru, dia akan cepat beradaptasi dan terikat erat dengan keluaga barunya.

Selain energik, kucing ini juga bisa mempelajari beberapa trik seperti bermain lempar tangkap dan bahkan berjalan pada tali.  Kucing ini sangat mudah untuk diajarkan sesuatu, namun dengan syarat, perhatian, kasih sayang serta beberapa pujian harus diberikan supaya kucing ini menjadi senang dan mudah untuk diberikan arahan.

Menyediakan banyak mainan untuk kucing ini sangatlah diperlukan untuk menjaga mood mereka. Kucing ini memang tidak dikenal sebagai kucing yang cerewet, namun dia bisa mengeluarkan beberapa suara yang berbeda pada saat berkomunikasi. Pilihlah kucing ini jika ingin memiliki kucing pangkuan dan dia akan senang hati memenuhi keinginan ini kapanpun kalian mau.



Perawatan Kucing Korat

Korat adalah kucing sosial yang berarti kucing ini akan sangat senang dengan orang yang dia sayangi seperti anggota keluarga yang merawatnya dan juga membutuhkan sosialisasi, karena hal tersebut jika kucing ini sering ditinggal diuamh sendirian dalam waktu yang lama maka akan membuatnya menjadi tidak bahagia.

Beberapa pelatihan sangat penting untuk semua jenis kucing dan tentu saja termasuk korat. Kucing ini sangat menyukai permainan apapun yang bisa dimainkan dengan keluarganya. Jadi gunakanlah hal ini untuk menjadi lebih dekat dengan kucing, menjalin ikatan dengannya dan tentu saja untuk membuat kucing menjadi senang dan juga nyaman.

Cara Merawat Ras Kucing Korat

Pada masalah bulu, korat adalah kucing yang memiliki bulu tunggal dengan ukuran yang pendek, berkilau dan juga halus. Bulu kucing ini mudah untuk dirawat, cukup lakukan penyisiran dua atau satu kali seminggu untuk membantu bulunya tetap sehat. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi jumlah bulu mati pada kucing dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Bersihkan gigi kucing ini untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi). Menyikat gigi kucing memanglah hal yang sulit jika kucing belum terbiasa, namun jika hal ini sering dilakukan maka untuk kedepannya akan menjadi lebih mudah.

Jaga selalu ukuran cakar atau kuku kucing untuk selalu pendek, lakukan pemotongan dengan teratur. Menjaga kuku atau cakar kucing tetap pendek akan mengurangi resiko kucing mencakar perabotan yang ada dirumah ataupun mengurangi kebiasaan ini. Perisak selalu kebersihan sela mata kucing setiap hari dan bersihkan secepatnya jika ada kotoran yang terlihat.

Periksa dengan teratur kebersihan telinga kucing ketika ada waktu. Telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan kucing terkena earmites (kutu telinga) ataupun infeksi karena penumpukan kotoran pada telinganya, jadi membersihkan telinga kucing adalah hal yang wajib. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati, lakukan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Pemberian obat anti kutu untuk kucing sudah sangat jelas juga diperlukan, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terserang kutu atau terkena penyakit kulit lainnya. Obat anti kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat tube yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membasmi kutu juga bisa membasmi telur kutu tersebut secara menyeluruh.

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memberikan vaksinasi untuk kucing. Kucing yang telah divaksin akan mendapatkan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya, selain itu daya tahan tubuh kucing juga akan menjadi lebih bagus. Berikan vaksin pada kucing sejak dini, lakukan pemberian dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Korat

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni yang perkembangannya tidak ada capur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum Korat dianggap kucing yang sehat, namun ras ini sangat rentan dengan gangliosidosis GM1 dan GM2 yang dimana penyakit ini merupakan kondisi genetik yang mengakibatkan kekurangan enzim dan mempengaruhi sistem saraf. Hal ini sangat fatal, namun dapat ditemukan dengan pengujian genetik.

Menyediakan kucing ini makanan yang berkualitas tinggi akan membantu memastikan kucing ini memiliki umur panjang dan kesehatan yang bagus. Setiap kucing memiliki kesukaan, tidak suka dan kebutuhan tersendiri, karena itu pilihlah makanan yang cocok dan baik untuk kucing ini.



Harga Kucing Korat

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Korat Import 11.000.000
Harga Kucing Korat Lokal 5.000.000
Harga Kitten Korat 3.500.000
Harga Kucing Korat Dewasa 4.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing korat ini, disebutkan bahwa biaya adopsinya berkisar antara $500 sampai dengan $800. Dari rata rata tersebut maka perkiraan harga kucing korat akan seperti tabel diatas. Mulai artikel ini harga kucing yang disebutkan tidak termasuk biaya import (kirim dan biaya lain) karena biaya tersebut sangat bervariasi dan bisa membuat harga kucing menjadi sangat mahal.

Harga kucing korat diatas adalah herga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga yang paten karena harga kucing korat asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian untuk artikel kucing korat kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Korat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel