Kucing Karelian Bobtail

Kucing Karelian Bobtail atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Bobtail Karelia merupakan kucing yang memiliki ekor berbentuk bobtail. Ekor bobtail pada kucing ini terbentuk secara alami dan tidak ada campur tangan dari manusia, jadi ras kucing ini bukanlah kucing dari hasil persilangan dengan ras kucing lainnya.

Hampir sama dengan kebanyakan ras kucing lainnya, Karelian Bobtail memiliki dua versi bulu yang berbeda. Kucing ini bisa memiliki bulu pendek dan juga bulu panjang pada tubuhnya, jadi kucing ini bisa menjadi pilihan peliharaan bagi catlovers yang suka kucing berbulu pendek ataupun berbulu panjang.

Jenis Ras Kucing Karelian Bobtail

Karelian Bobtail termasuk jenis kucing yang langka dan juga unik. Karena kelangkaan tersebut maka kucing ini pun menjadi kurang dikenal daripada kucing jenis bobtail lainnya seperti japanese bobtail yang terkenal dengan berbagai cerita dan juga legenda dari negara asalnya.

Kucing ini termasuk kucing peliharaan keluarga yang sangat baik, mereka sangat ramah dan juga benar benar menikmati kebersamaan dengan anggota keluarganya dan juga hewan peliharaan lain. Secara keseluruhan Karelian Bobtail adalah kucing yang santai, mudah beradaptasi, namun juga pendiam. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Karelian Bobtail

Karelian bobtail adalah jenis ras kucing alami yang berarti dalam perkembangannya kucing ini tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Nama Karelian dari kucing ini kemungkinan diambil dari tempat asal dari kucing ini, yaitu di wilayah Karelia atau tepatnya di pulau danau Ladoga.

Penampilan aneh kucig ini merupakan hasil dari mutasi dominan yang diyakini berbeda dari ras kucing serupa, Kurilian. Ada kemungkinan bahwa kucing Karelian Bobtail dan kucing Norwegian Forest memiliki nenek moyang yang sama, yaitu kucing jalanan yang nyasar dari Skandinavia.

Sejarah Ras Kucing Karelian Bobtail

Terlepas dari kenyatan bahwa ras kucing ini baru diterima pada awal tahun 90an, banyak penduduk setempat yang banyak mengetahui tentang ras kucing berekor pendek ini sejak jaman dahulu kala. Dikatakan para masyarakat juga sangat mencintai serta menghargai kucing ini.

Hal tersebut dikarenakan adanya legenda yang mengatakan bahwa kucing yang memiliki ekor pendek akan membawa kebahagiaan bagi pemiliknya. Legenda inilah mungkin yang membuat kucing ini bisa bertahan dari jaman dulu. Selain itu pada jaman tersebut kucing ini juga sering digunakan untuk membasmi tikus, jadi kehidupan kucing dan masyarakat setempat bisa dikatakan saling menguntungkan.

Orang pertama yang menemukan dan mendeskripsikan spesimen ras ini adalah seorang ahli felinologi Saint Petersburgh (tidak ada informasi nama yang didapatkan). Ras Karelian Bobtail terdaftar dan diberikan standar di Rusia pada tahun 1992, kemudian kucing ini juga diakui oleh WCF pada tahun 1994.



Karakteristik Kucing Karelian Bobtail

Karelian Bobtail termasuk kucing berukuran sedang, tubuh kucing ini tidak memanjang ataupun kekar. Kaki kucing ini juga berukuran sedang dan cukup padat, dengan ukuran kaki bagian belakang yang lebih panjang daripada kaki depan yang dimiliki oleh kucing ini. Seperti yang catlovers ketahui, kucing ini memiliki keunikan pada bentuk ekornya yang bobtail.

Ekor Karelian Bobtail seperti ditekuk atau dipelintir dengan panjang berkisar antara 4cm sampai dengan 13cm, yang berarti ekor kucing ini sangatlah pendek. Setiap kucing dalam ras ini pasti memiliki bentuk ekor yang unik seperti sidik jari yang bisa didapatkan pada manusia.

Karakter Ras Kucing Karelian Bobtail

Bulu pada bagian ekor kucing ini juga lebih panjang dari bulu pada tubuhnya yang membuat ekor kucing ini bentuknya seperti pom pom yang membuatnya menjadi lebih lucu dan enak untuk dipandang. Pada bagian telinga, kucing ini memiliki bentuk telinga yang tegak dan besar, agak tinggi pada bagian atas kepala dengan ujung telinga yang membulat.

Matanya berbentuk almond dan warna matanya sesuai dengan warna bulu pada tubuhnya. Seperti yang sudah dikatakan diatas, kucing ini bisa hadis dalam dua versi bulu, yaitu berbulu pendek dan juga berbulu panjang. Bulu kucing ini sangat padar dan memiliki lapisan bawah yang berkembang dengan baik serta lembut.

Karelian Bobtail adalah jenis kucing yang langka, cantik, serta unik, kebanyakan dari mereka berwarna cokelat dengan warna turunannya seperti cokelat muda, kekuningan. Warna lain seperti bicolor, tricolor, tabby, poin tidak dikenali pada jenis kucing ini, namun pola warna lain dikenali bersama dengan warna putih jumlah apapun (sedikit atau banyak mungkin yang dimaksudkan).

Mereka adalah kucing yang sangat ramah, berhati lembut serta tentu saja baik hati melihat bagaimana kondisi lingkungan tempatnya tinggal. Karena kucing ini termasuk mudah untuk beradaptasi dengan berbagai keadaan, maka mereka juga bisa cepat beradaptasi dengan rumah baru dan juga anggota keluarga barunya.

Kucing ini bisa berinteraksi dengan baik entah itu dengan anak anak, hewan peliharaan lain tanpa keributan. Mereka memiliki suara yang tenang dan juga manis, bahkan beberapa orang menyebutkan bahwa suara kucing ini mirip dengan kicauan burung jika dibandingkan dengan beberapa ras lainnya.

Karelian Bobtail termasuk jenis yang pendiam, jika ingin menarik perhatian seseorang, maka dia akan menyentuh orang tersebut menggunakan cakarnya. Keunikan lainnya adalah, kucing ini dikatakan bisa melompat dengan semua kakinya secara bersamaan dan hal inipun juga sering mereka lakukan. 



Perawatan Kucing Karelian Bobtail

Karelian Bobtail termasuk jenis ras kucing yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan. Secara alami bulu kucing ini selalu indah, lembut dan juga berkilau, karena itu perawatan yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu banyak. Karelian Bobtail dengan bulu pendek cukup diberikan penyisiran sesekali untuk membantu perawatan bulunya.

Karelian Bobtail yang memiliki bulu panjang lah yang harus diberikan penyisiran atau penyikatan lebih sering terutama ketika bulu mereka sedang mengalami kerontokan. Menyisir bulu kucing berguna untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya, memantau kesehatan bulu dan kulit kucing, serta membantu merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Cara Merawat Ras Kucing Karelian Bobtail

Selain masalah bulu, catlovers juga perlu menjaga beberapa kebersihan pada anggota tubuh lainnya. Jaga selalu cakar atau kuku kucing untuk selalu pendek, lakukan pemotongan dengan rutin. Lakukan kebiasaan ini sejak kucing kecil, karena dengan begitu kucing akan menjadi terbiasa dan selanjutnya akan mudah untuk memotong kukunya.

Bersihkan gigi kucing dengan teratur, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi). Kebersihan harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah dibersihkan sama sekali.

Selalu perhatikan kebersihan sela mata kucing, jika terlihat ada kotoran maka segera bersihkan. Pada saat membersihkan gunakan kain atau tisu yang berbeda, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi. Jangan lupa juga untuk memeriksa kebersihan telinga kucing dengan rutin.

Telinga kucing yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan kucing terkena earmites ataupun infeksi pada telinga karena penumpukan kotoran didalamnya. Memantau kebersihan kucing adalah hal yang penting, bersihkan telinga kucing jika terlihat ada kotoran, lakukan pembersihan dengan hati hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Untuk membuat kucing terbebas dari kutu dan penyakit kulit lainnya, maka memberikan obat anti kutu pada kucing merupakan hal yang wajib. Obat kutu kucing yang bagus biasanya berupa obat tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing. Obat ini selain bisa membasmi kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi semua telur kutu yang ada pada tubuh kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi. Kucing yang telah diberikan vaksinasi akan mendapatkan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang bisa membahayakan nyawa kucing, jadi selain kucing menjadi lebih sehat, kucing juga memiliki daya tahan tubuh yang baik. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberinan sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Karelian Bobtail

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi masalah penyakit yang bersifat genetik, entah itu kucing ras murni yang berkembang tanpa campur tangan dari manusia, ataupun juga ras kucing hasil persilangan antara dua kucing yang berbeda, Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Sama seperti kebanyakan ras kucing lainnya, kucing Karelian Bobtail umumnya adalah kucing yang sehat, namun tentu saja bukan berarti kucing ini tidak bisa mengalami sakit. Beberapa penyakit ringan tentu akan bisa terjadi pada kucing ini, apalagi jika lingkungan tempat tinggal kucing kurang bersih dan juga efek dari musim lingkungan tersebut.

Minimnya informasi mengenai kucing ini membuat tidak diketahuinya permasalahan kesehatan khusus yang biasa terjadi, namun beberapa masalah kesehatan dengan bentuk ekornya yang bobtail pasti bisa terjadi seperti kelainan tulang belakang dan juga beberapa masalah lain terkait bentuk ekor dari kucing ini.



Harga Kucing Karelian Bobtail

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Karelian Bobtail Import -
Harga Kucing Karelian Bobtail Lokal -
Harga Kitten Karelian Bobtail -
Harga Kucing Karelian Bobtail Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai harga adopsi kucing karelian bobtail, karena beberapa situs yang ada hanya menyebutkan harga dari kucing kurilian bobtail jadi saya tidak berani mencantumkan perkiraan harga untuk kucing ini. Demikian untuk kucing karelian bobtail kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Karelian Bobtail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel