Kucing Elf

Kucing Elf adalah ras kucing yang termasuk baru, kucing ini merupakan kucing hasil persilangan dari dua ras kucing yang berbeda yaitu kucing Sphynx dan juga kucing American Curl. Dari hasil persilangan tersebut maka Elf memiliki ciri tidak berbulu seperti kucing Sphynx dan memiliki telinga melipat (keriting) seperti kucing American Curl.

Sama seperti kucing sphynx, kucing ini termasuk dalam varian kucing hairless atau kucing tak berbulu. Meski kucing ini dikatakan tidak berbulu namun sebenarnya kucing ini bukan tidak memiliki bulu sama sekali, Elf memiliki bulu lembut diseluruh tubuhnya yang samar sehingga jika dilihat dari kejauhan seperti tidak memiliki bulu sama sekali.

Jenis Kucing Elf

Beberapa bagian tubuh kucing ini akan memiliki bulu yang terlihat lumayan jelas, antara lain adalah bagian ekor, wajah, telinga dan juga punggung. Lengkungan telinga untuk kucing Elf setidaknya yang diinginkan 90 derajat dan tidak lebih dari 180 derajat. Telinganya harus lebar pada pangkal dengan bentuk lengkungan halus yang bisa dilihat dari segala arah.

Selain dari bentuk fisik yang diwarisi dari kucing sphynx dan american curl, tentu saja Elf juga mewarisi sifat dari kedua kucing tersebut. Dengan gabungan kepribadian ini maka kucing elf menjadi sangat cocok sebagai kucing peliharaan sebuah keluarga karena kucing ini memiliki sifat yang ramah, bersahabat dan juga manja. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Elf

Kucing Elf adalah ras kucing yang masih tergolong baru, karena hal tersebut maka informasi sejarah elf masih sangat terbatas. Menurut informasi yang ada sejarah elf dimulai pada tahun 2004 dimana pada tahun tersebut ada dua orang peternak kucing yang dianggap telah menciptakan ras ini, kedua orang ini adalah Karen Nelson dan Kristen Leedom.

Nelson dan Leedom merupakan pecinta kucing sphynx, jadi mereka berdua sangat memahami dan menyukai kepribadian dari kucing tersebut. Rasa ketertarikan mereka berdua dengan telinga kucing american curl membuatnya memiliki satu visi yang sama, yaitu mereka ingin membuat kucing yang mirip dengan kucing sphynx dalam kepribadian dan atribut fisiknya, namun dengan telinga melengkung seperti yang dimiliki kucing american curl.

Sejarah Elf

Berawal dari keinginan tersebut mereka berdua akhirnya menyilangkan kucing sphynx dan kucing american curl, setelah beberapa pengembangan yang dilakukan maka lahirlah sebuah kucing baru yang diberi nama Elf. Masing masing dari kedua kucing yang digunakan memiliki ciri khas tersendiri, dan kucing elf dirancang untuk mendapatkan kedua ciri tersebut.

Elf adalah kucing yang memiliki telinga melengkung dari kucing american curl dan juga tidak berbulu seperti kucing sphynx. Meski dikatakan tidak berbulu namun kucing ini sebenarnya masih memiliki bulu lembut halus pada tubuhnya, jika dilihat dari dekat maka bulu tersebut seperti bulu keriting yang halus, dan jika dilihat dari kejauhan maka bulu itu tidak akan terlihat sehingga membuat kesan seluruh tubuh kucing elf tidak memiliki bulu sama sekali.

Pada proses pengembangannya banyak keturunan dari kucing Elf yang menunjukka sifat seperti yang dibayangkan, setelah itu kucing ini pun mulai diperkenalkan pada acara show kucing yang diadakan oleh TICA. Berawal dari sinilah kucing elf ini mulai dikenal dan membangun kepopuleran mereka.

Setelah jumlah kucing elf yang dibutuhkan terpenuhi dan pencipta asli kucing ini serta pata peternak menyambutnya dengan baik sebagai ciri baru dari kucing sphynx maka TICA membuka pendaftaran kucing ini sebagai ras tersendiri. Mulai dari sini kucing elf sudah mulai ikut dalam setiap show kucing yang diadakan organisasi kucing sebagai kucing sphynx dengan ciri yang baru.



Karakteristik Kucing Elf

Jika kucing sphynx pada umumnya hanya hadir dengan warna polos seperti cream dan juga hitam (walau sekarang warna kucing sphynx sangat bervariasi) kucing elf tidak demikian. Karena kucing ini merupakan kucing hasil persilangan dengan kucing american curl yang memiliki banyak warna maka kucing elf pun juga hadir dalam berbagai warna dan pola.

Beberapa kucing eksperimen dari kucing elf masih bisa memiliki bulu, meski dalam tujuan pengembangannya harusnya tidak berbulu namun proses ini tetap harus dilalui. Kucing elf yang masih berbulu ini disebut dengan elf non standar atau elf brush, jadi meski memiliki bulu namun kucing ini sudah membawa gen tidak berbulu dan memiliki kemungkinan memiliki anak tidak berbulu.

Karakter Elf

Kucing elf standar memiliki bulu yang lembut dan halus, terkadang bulu tersebut seperti keriting namun masi halus seperti rambut bayi. Kucing ini boleh memiliki bulu pada bagian kaki, telinga, hidung, ekor dan punggung, bulu halus pun masih diterima selama tidak mengurangi penampilan dari varian hairless yang dimilikinya.

Elf adalah kucing berukuran sedang hingga besar, kucing ini memiliki otot dan tulang yang kokoh. Apabila kucing ini memiliki tubuh yang padat maka kucing ini akan lebih terlihat menarik, namun jika kucing ini dalam posisi kurus maka akan lebih terlihat sangat kurus karena tubuhnya yang tidak berbulu.

Elf adalah kucing yang sangat ramah, suka bermain, dan juga cerdas. Kucing ini sangat suka jika dikelilingi oleh anggota keluarganya dan akan merasa sedih atau cerewet jika ditinggal sendirian dalam waktu yang lama. Kucing ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru jika rumah tersebut memiliki anggota keluarga yang perhatian dan juga memiliki banyak teman peliharaan lainnya.

Kegembiraan kucing ini membutuhkan banyak rangsangan pada awalnya, namun ketika sudah terbiasa kucing ini bisa melakukan semuanya sendiri dengan tetap diberikan perhatian tentunya. Supaya kucing ini tetap aktif dan puas maka pemilik harus selalu mengajaknya bermain, beberapa game seperti petak umpet, balapan naik turun tangga termasuk game yang disukai kucing ini.

Elf adalah kucing yang suka dengan anak anak, membiarkan anak anak bermain kucing ini bisa dilakukan asal anak tersebut mengerti cara mengajak bermain kucing dan memanjakannya. Karena kucing ini memiliki kulit yang mudah terluka, maka pengawasan pun tetap harus dilakukan supaya tidak ada hal yang diinginkan terjadi.



Perawatan Kucing Elf

Pada umumnya kucing ini sering dianggap memiliki pemeliharaan tingkat rendah karena tubuhnya yang tidak memiliki bulu, karena hal tersebut maka pemilik kucing tidak perlu takut akan adanya kerontokan bulu yang dialami oleh kucing ini. Pemikiran orang yang memandangnya kebanyakan memang begitu, namun kenyataannya tidak demikian.

Karena tidak memiliki bulu maka minyak yang muncul pada kulit tidak akan bisa terserap dengan sempurna, jadi tubuh kucing ini akan cenderung berminyak dan juga memiliki suhu yang agak tinggi. Tubuh berminyak pada kucing akan membuat tubuh kucing menjadi mudah kotor karena debu dan juga kotoran akan lebih mudah menempel.

Perawatan Elf

Memiliki tubuh yang mudah kotor maka pembersihan harian perlu dilakukan. Secara umum pemilik kucing harus menyeka tubuh kucing ini setiap hari, biasanya menggunakan kain basah atau juga bisa dicampur dengan shampo anti bakteri untuk kesehatan kulitnya. Jangan melupakan kebersihan badan elf karena bisa menyebabkan masalah pada kulit atau lengket saat disentuh.

Mandi sangat diperlukan untuk kucing ini, namun jika penyekaan dilakukan setiap hari mandi jarang diperlukan. Mandikan kucing ini ketika tubuhnya terlihat kotor, karena kulitnya yang mudah terluka maka saat memandikan kucing ini lakukan dengan hati hati. Gunakan shampo untuk perawatan kulit kucing supaya kesehatan kulitnya tetap terjaga.

Elf adalah kucing yang aktif dan juga lembut, jadi kucing ini membutuhkan banyak ruang gerak serta mainan untuk memuaskan sifat yang dimiliki oleh kucing ini. Berikan ruangan yang cukup, sediakan beberapa mainan seperti mainan kecil atau cat condo (tower kucing). Kucing ini tergolong suka memanjat, jadi memberikannya cat condo adalah pilihan yang tepat.

Kebanyakan kucing tak berbulu cenderung memiliki pencernaan yang sensitif, jadi sebaiknya berikan makanan yang cocok untuk mereka. Selain itu kucing ini juga memiliki nafsu makan yang tinggi (untuk mengatur suhu tubuh, dll), jadi atur pola makan yang diberikan supaya kucing ini memiliki berat badan yang stabil dan tidak mengalami kelebihan berat badan.

Jaga kuku atau cakar kucing ini selalu pendek, lakukan pemotongan kuku atau cakar secara teratur untuk hal tersebut. Periksa kebersihan telinga kucing ini dengan teliti, telinga kucing elf akan lebih mudah kotor daripada kucing lain jadi pemeriksaan kebersihan sangat diperlukan. Bentuk telinga kucing elf yang unik terkadang membuatnya menjadi sulit dibersihkan (bentuk telinga tertentu), jadi berhati hatilah saat membersihkan dan jangan sampai membuatnya terluka.

Beberapa permasalahan pada gigi kucing bisa berbahaya, jadi jangan lupa untuk menjaga kebersihan gigi kucing ini. Menjaga kebersihan gigi berguna untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi), membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Selain kebersihan kucing, kebersihan lingkungan kucing juga perlu dijaga. Bersihkan lingkungan kandang kucing dan juga perlengkapan yang digunakan seperti litter box dan tempat makan minumnya, ganti air minum kucing ketika mulai kotor, serta perhatikan selalu kondisi kucing saat membersihkannya.

Hal yang tidak boleh lupa untuk diberikan adalah vaksinasi, memberikan vaksinasi akan membuat kucing tahan terhadap virus yang berbahaya dan juga meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Oleh karena itu, berikan vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk melakukan pengulangan setiap tahun.



Kesehatan Kucing Elf

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu kucing alami atau ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama halnya dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit keturunan dari kedua orang tuanya. Kucing Elf merupakan jenis ras kucing yang tergolong baru, jadi beberapa masalah kesehatan kucing ini masih belum terlihat dengan jelas.

Hal yang bisa dikatakan adalah, kemungkinan penyakit yang sering terlihat pada kucing sphynx dan kucing american curl juga bisa dilihat pada Elf. Kucing elf yang termasuk varian dari kucing hairless akan sangat sensitif terhadap suhu panas dan juga dingin, selain itu masalah kulit lain juga bisa terjadi.

Kulit elf yang halus dan juga lembut akan lebih mudah terluka, hal ini bisa terjadi dimanapun bahkan ketika kucing ini sedang bermain dengan temannya. Selain masalah tersebut ada beberapa penyakit yang sering terlihat pada kucing ini seperti penyakit pada bagian gigi dan gusi dan juga permasalahan pada jantung (biasanya HCM).

Ras kucing elf juga rentan terkena obesitas atau kelebihan berat badan, jadi pola makan dan makanan yang diberikan juga harus diatur. Berikan makanan yang bernutrisi pada kucing ini, atur porsi makan yang diberikan dan jangan lupa untuk memberikan kegiatan seperti bermain, berolahraga atau apapun untuk membuatnya bergerak.



Harga Kucing Elf

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Elf Import 30.000.000
Harga Kucing Elf Lokal 18.000.000
Harga Kitten Elf 12.500.000
Harga Kucing Elf Dewasa 15.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing elf, biaya adopsi kucing ini berkisar antara $1.300 hingga $2.000. Dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing elf akan mirip seperti harga diatas. Di Indonesia sendiri sudah lumayan banyak yang mengembangkan kucing ini, jadi jika catlovers berminat mengadopsi elf maka bisa mengadopsi pada breeder lokal.

Harga kucing elf ini merupakan harga rata rata saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai paten, cukup jadikan sebagai acuan harga kucing ini karena harga kucing elf asli bisa lebih mahal atapun lebih murah. Demikian mengenai kucing elf ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Elf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel