Kucing European Shorthair

Kucing European Shorthair atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing bulu pendek Eropa adalah kucing yang berasal dari Mesir dan diklasifikasikan untuk pertama kali di Swedia. Kucing ini merupakan ras kucing alami, artinya dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali.

Sesuai dengan nama dari kucing ini yaitu European Shorthair, kucing ini memiliki bulu pendek yang mudah diatur dan perawatan yang ringan. Meski tergolong dalam perawatan ringan, namun pada musim pergantian bulu perawatan tambahan tetap harus diberikan untuk membantu bulunya tetap sehat.

Jenis Kucing European Shorthair

European Shorthair adalah kucing yang suka berkeliaran dengan bebas didalam wilayahnya sendiri, jadi kemungkinan jika kucing ini disuruh memilih rumahnya sendiri mungkin kucing ini akan cenderung memilih rumah yang bebas dan bisa membuatnya menjelajah setiap detail dari lingkungan yang dimilikinya.

Beberapa orang mengatakan bahwa kucing ini memiliki akar yang berasal dari kekaisaran Romawi, meski hal ini belum tentu benar. Jika dilihat secara sekilas kucing ini memang terlihat seperti kucing domestik biasa, namun pada kenyataannya kucing ini telah berkembang biak dengan standarnya sendiri sejak tahun 1982. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing European Shorthair

Membahas sejarah European Shorthair maka semuanya harus kembali ke masa Roma kuno dimana kucing ini menjadi ras yang didambakan karena memiliki keterampilan berburu yang hebat. Pada awalnya kucing ini dibawa berkeliling Eropa karena kemampuan berburu hama (tikus, ular, dll) mereka yang terkenal sebelum menjadi kucing rumahan seperti sekarang ini.

European Shorthair juga dikenal sebagai kucing Celtic Shorthair. Kucing ini merupakan ras kucing alami yang dianggap sebagai nenek moyang dari model kucing umum di Eropa. Dalam sejarahnya pernah disebutkan bahwa kerangka kucing European Shorthair pernah ditemukan di Toulouse, Lutetia, dan Inggris.

Sejarah European Shorthair

Kucing ini sangat populer di kalangan orang Romawi dan penaklukan Julius Cesar lah yang menyebarkan kucing ini ke seluruh Eropa. Kucing ini berkembang secara alami dan karena merupakan ras asli maka kucing ini menjadi begitu populer terutama di negara negara Skandinavia. 

Beberapa ras kucing yang menjadi rekan untuk kucing ini adalah kucing British Shorthair dan juga kucing American Shorthair, meski kucing European Shorthair dikembangkna lebih lama namun kucing ini kalah populer dengan kucing BSH karena dianggap terlalu biasa.

Pada awalnya peternak kucing Skandinavia sempat bingung karena pada masa tersebut kucing British Shorthair juga disebut sebagai kucing European Shorthair meski kedua kucing ini terlihat berbeda. Asosiasi felinologis mengakui kedua jenis ini sebagai ras tunggal yang berarti kucing ini memiliki standar yang sama pada waktu itu.

Pada tahun 1982 FIFE mendaftarkan jenis Skandinavia dari European Shorthair sebagai ras kucing terpisah dengan standar sendiri. Setelah kejadian ini show atau kontes kucing pun mulai diadakan dan kucing European Shorthair diperkenalkan ke publik dan menjadi salah satu ras kucing tertua didunia.

Kemunculan kucing kucing jenis baru mengurangi kepopuleran ras European Shorthair karena kucing ini dianggap terlalu biasa. Di Amerika dan Inggris kucing ini tersaingi oleh kucing American Shorthair dan British Shorthair. Setelah didaftarkan menjadi ras kucing terpisah akhirnya pada tahun 2007 kucing ini resmi berganti nama menjadi kucing European Shorthair.



Karakteristik Kucing European Shorthair

European Shorthair adalah kucing berukuran sedang dan seperti biasa standar ukuran bisa berbeda. Kebanyakan kucing ini memiliki berat berkisar antara 4kg hingga 7kg, kucing ini memiliki penampilan yang serasi dan juga luwes jika dibandingkan dengan kucing domestik berbulu pendek lainnya.

Pada bagian kepala kucing ini memiliki bentuk yang cukup lebar, bentuknya membulat namun sedikit panjang dari lebarnya. Pipi kucing ini berkembang dengan baik apalagi pada kucing jantan, hidungnya lurus dengan moncong yang agak panjang dan juga lebar. Pada bagian kedua matanya ada sebuah lekukan lembut.

Karakter European Shorthair

European Shorthair memiliki telinga berukuran sedang yang sedikit membulat dibagian ujungnya, tinggi telinga kucing ini selalu sesuai dengan lebar dari pangkal terlinganya. Matanya besar, bulat dan agak miring dengan warna yang jernih sesuai dengan wana bulu kucing ini.

Leher dan tubuh kucing ini cukup panjang dan berotot, dadanya lebar dan berkembang dengan baik. Ekor kucing ini cukup panjang, tebal dibagoan pangkal dan meruncing secara bertahap hingga keujung. Kucing ini memiliki bulu berukuran pendek dan terlihat berkilau serta warna bulu yang tidak diperbolehkan adalah cokelat, lilac, ticked tabby dan verietas dari warna colorpoin.

European Shorthair terkenal memiliki sifat yang seimbang, mereka adalah jenis kucing independen yang tidak begitu banyak membutuhkan perhatian namun juga masih bisa untuk berbagai kasih sayang, berpelukan serta berbagi momen dengan anggota keluarga yang memelihara kucing ini.

Kucing ini memiliki rasa petualangan yang tinggi, yang berarti kucing ini membutuhkan tempat atau lingkungan yang cukup luas dan terbuka untuk mengeluarkan tenaga seperti berburu, memanjat pohon dan bermain dengan keluarganya. Dalam hal inilah kucing European Shorthair akan merasa sangat bahagia.

Kucing ini memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa pada lingkungan baru dan berbeda, Kucing ini juga sangat cerdas namun juga memiliki sifat posesif dan teritorial dimana kucing ini tidak akan ragu untuk membela diri jika situasi yang buruk terjadi kepada mereka.



Perawatan Kucing European Shorthair

Dalam masalah perawatan kucing European Shorthair yang memiliki bulu berukuran pendek maka hal ini tergolong mudah. Untuk merawat bulu kucing ini supaya tetap sehat maka cukup lakukan penyisiran atau penyikatan bulu mingguan, hal ini dilakukan untuk mengurangi bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

European Shorthair termasuk kucing dengan energi yang tinggi,yang berarti kucing ini perlu diberikan cukup ruang untuk berlarian dan juga menjelajah. Pemeliharaan dalam ruangan akan membutuhkan beberapa mainan untuk kucing ini, disarankan untuk memberi pohon kucing, cat condo, garukan supaya kucing bisa memanjat dan melakukan beberapa permainan yang bisa semangat serta kepuasan mental kucing ini.

Perawatan European Shorthair

Kucing ini pada umumnya termasuk kucing yang bisa beradaptasi dengan iklim tertentu, dalam hal ini yang perlu dilakukan pemiliknya adalah memberikan tempat yang teduh dan juga air minum yang bersih melihat kondisi iklim yang ada. Selain hal tersebut maka perawatan lain untuk kucing ini mungkin akan sama dengan perawatan kucing umum lainnya.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing European Shorthair untuk mencari tanda adanya penumpukan kotoran atau kemungkinan infeksi. Telinga kucing yang kotor dan kemungkinan kucing terkena earmites (kutu telinga kucing), jadi membersihkan telinga kucing adalah suatu keharusan. Bersihkan telinga kucing secara teratur, lakukan dengan hati hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Jaga selalu kuku atau cakar kucing untuk tetap pendek, lakukan pemotongan kuku atau cakar secara rutin sampai kucing terbiasa dengan hal tersebut. Seka bagian sudut mata kucing ketika ada kotoran yang terlihat, gunakan kain yang berbeda pada saat membersihkan guna mengurangi resiko infeksi yang bisa terjadi.

Menjaga kebersihan gigi kucing juga merupakan hal yang penting, gigi kucing yang kotor bisa menyebabkan penyakit periodontal (infeksi gusi) jadi kebersihan gigi kucing tetap harus dijaga. Bersihkan gigi kucing ketika ada waktu, lakukan walaupun jarang, hal tersebut sudah sangat bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Selain menjaga kebersihan kucing, kebersihan lingkungan kucing tinggal juga perlu dijaga. Bersihkan kandang kucing, sekitar lokasi kucing bermain dan juga perlengkapan kucing seperti litter box, tempat makan dan minum kucing dan beberapa perlengkapan lainnya. Lakukan hal ini setiap hari untuk mencegah adanya bakteri yang bisa menempel pada kucing.

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memberikan obat kutu kucing dan juga vaksinasi untuk kucing. Obat kutu kucing diberikan supaya kucing terbebas dari kutu yang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada kulit kucing. Obat kutu kucing yang sering digunakan biasanya berupa obat tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, lakukan pengulangan setiap beberapa bulan sekali untuk hasil maksimal.

Vaksinasi merupakan hal yang penting untuk kucing, dengan memberikan vaksinasi maka kucing akan lebih tahan terhadap beberapa virus mematikan dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Berikan vaksinasi pada kucing secara lengkap, lakukan sejak dini dan jangan lupa untuk melakukan pengulangan setiap tahun.



Kesehatan Kucing European Shorthair

Setiap jenis kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni ataupun kucing hasil persilangan antara 2 kucing yang berbeda, hal ini sama dengan manusia yang berpotensi untuk mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

European Shorthair umumnya adalah kucing yang sehat dan juga kuat, tidak ada masalah kesehatan khusus yang terkait dengan ras kucing ini. Meski kucing ini termasuk sehat dan tidak memiliki catatan masalah kesehatan namun bukan berarti kucing ini bebas dari penyakit, beberapa penyakit umum masih bisa terjadi pada kucing ini.

Dalam urusan masa hidup kucing ini bisa ditentukan dengan melihat dari kehidupan yang dijalani kucing ini sendiri. Kucing yang tinggal diluar ruangan pada umumnya memiliki masa hidup 5 hingga 12 tahun sedangkan kucing yang hidup dalam ruangan masa hidupnya bisa mencapai 22 tahun. 



Harga Kucing European Shorthair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing European Shorthair Import 15.000.000
Harga Kucing European Shorthair Lokal 3.000.000
Harga Kitten European Shorthair 1.500.000
Harga Kucing European Shorthair Dewasa 2.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing European Shorthair biaya adopsi kucing ini berkisar antara $100 hingga $500. Dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing European Shorthair akan mirip seperti harga diatas. Biaya kucing import akan lebih mahal karena dikenakan beberapa biaya tambahan seperti biaya pengiriman dan juga karantina.

Harga kucing European Shorthair tersebut merupakan harga rata rata atau perkiraan, jadi jangan dijadikan sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga karena harga European Shorthair bisa lebih mahal ataupun murah. Demikian mengenai kucing European Shorthair, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan untuk catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing European Shorthair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel