Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair atau dalam bahasa indonesia disebut sebagai kucing Eksotis atau kucing Bulu Pendek Eksotis adalah kucing hasil persilangan dari kucing Persia dengan kucing American Shorthair. Karena persilangan tersebut maka penampilan kucing ini mirip dengan kucing Persia namun bulunya pendek seperti kucing ASH.

Dalam hal karakteristik dan ciri fisik serta gangguan kesehatan yang sering terlihat, ras kucing ini masih persis seperti kucing Persia. Hal yang membedakannya dari kucing Persia adalah ukuran bulunya yang lebih pendek dari kucing Persia pada umumnya dan juga beberapa sifat yang dimiliki kucing ini.

Kucing Exotic

Exotic Shorthair yang ideal harus memiliki kesan kucing yang bertulang, seimbang dengan ekspresi manis dan garis bulat yang lembut. Mata bulat besar yang terpisah lebar dan kepala yang bulat berkontribusi pada tampilan dan juga ekspresi kucing ini secara keseluruhan.

Di Indonesia kucing ini temasuk salah satu ras kucing yang paling populer, meski sebagian besar penggemarnya adalah pecinta kucing persia namun masih banyak penggemar kucing lain yang juga menyukai kucing ini. Karena kucing ini memililiki bulu yang lebih pendek maka perawatannya pun juga berbeda dengan kucing persia, atau dalam bahasa mudahnya "lebih gampang".

Daftar Isi



Sejarah Kucing Exotic Shorthair

Pada tahun 1950 kucing American Shorthair merupakan ras kucing yang sangat populer, namun pada masa itu kemunculan kucing Persia membuat kepopuleran kucing ASH menjadi berkurang. Karena hal tersebut maka pada akhir tahun 1950an para peternak kucing ASH diam diam melakukan persilangan dengan kucing Persia karena termotivasi dari kucing ini.

Dengan mencampurkan garis keturunan kucing Persia kedalam kucing ASH para peternak berharap mendapatkan peningkatan tipe tubuh dan juga warna silver yang indah dan disukai oleh warga Amerika pada masa tersebut (pada masa ini hingga tahun 1965 kucing American Shorthair dikenal sebagai kucing Domestic Shorthair).

Sejarah Kucing Exotic

Karena Hibridisasi (proses persilangan) yang dilakukan ini tulang kucing ASH menjadi lebih berat, bulunya lebih padat dan lebih panjang, kepala lebih bulat dan hidungnya menjadi lebih pendek. Para peternak kucing ASH terkejut dengan perubahan ini dan memutuskan untuk menghentikan tanda perubahan ini.

Kucing Exotic Shorthairs mungkin sudah menjadi cerita atau sejarah saja jika hakim CFA yang bernama Jane Martinke tidak mengusahakan ras ini. Pada tahun 1967 kucing Exotic diakui dan diberikan status championship oleh CFA, setelah hari ini para peternak CFA telah diberikan ijin untuk melanjutkan pengembangan pada klasifikasi Exotic Shorthair yang baru dibentuk.

Pada awalnya peternak kucing Exotic Shorthair menggunakan kucing Burma dan Russian Blue selain menggunakan kucing ASH untuk memperkenalkan gen shorthair baru. Setelah kucing ini menjadi lebih populer dan kumpulan gen tumbuh lebih besar akhirnya CFA mulai membatasi persilangan yang boleh dilakukan untuk kucing ini.

Pada tahun 1971 kucing ini mendapatkan status Grand Champion di Cfa dan pada tahun 1987  CFA secara resmi menutup persilangan untuk kucing Exotic Shorthair dengan ras lain dan hanya boleh menggunakan kucing Persia. Sampai pada masa tersebut dan hingga sekarang ini, kucing Exotic Shorthair telah menjadi kucing berbulu pendek yang populer dan memiliki banyak penggemar. 



Karakteristik Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair memiliki tubuh bertipe cobby dengan ukuran sedang hingga besar. Pada kucing ini kualitas lebih dipentingkan daripada ukuran tubuh kucing, kepala kucing Exotic bulat dan besar. Jika dilihat secara seksama dan membahas masalah profil maka penonjolan mata akan terlihat jelas dan dahi, hidung dan dagu akan tampak sejajar secara vertikal.

Kucing ini memiliki hidung yang pesek dan juga lebar dengan jeda (break) di tengah antara mata. Pipi dan dagunya penuh, tidak begitu memiliki moncong, dan tentu saja wajahnya terlihat bulat. Kucing ini memiliki telinga yang kecil dan berujung bulat, miring kedepan dan tidak terlalu terbuka pada bagian pangkalnya. Jarak telinga agak berjauhan, agak rendah dan tidak mengganggu kontur (garis) kepala yang bulat.

Karakter Exotic

Mata kucing ini besar, bulat dan penuh. Dengan jarak yang agak berjauhan memberikan ekspresi manus pada wajahnya. Mata kucing ini memiliki warna yang sangat indah dan warna matanya tergantung dari warna bulu yang dimiliki kucing ini. Ekor kucing Exotic pendek, namun ukurannya masih sebanding dengan ukuran tubuhnya.

Pada bagian kaki kucing ini memiliki kaki yang pendek, tebal dan juga kuat. Kaki depannya lurus dan kaki belakangnya juga demikian jika dilihat dari bagian belakang. Cakakrnya besar, bulat dan kokoh, jika jari jari didekatkan maka ada lima jari didepan dan empat jari dibelakang. 

Exotic Shorthair bisa hadir dalam berbagai pola dan juga warna termasuk warna poin seperti kucing siam. Kucing Exotic berbulu panjang memiliki bulu yang panjang, tebal dan berdiri di tubuhnya, sedangkan kucing Exotic berbulu pendek memiliki bulu yang padat, mewah, lembut dengan lapisan bawah bulu yang tebal.

Jika kucing persia memiliki kepribadian yang santai dan juga lembut maka kurang lebih kucing Exotic juga demikian. Kucing ini sangat mirip dengan kucing Persia, santai, setia, manis, dan juga penyayang, namun karena pengaruh dari kucing American Shorthair maka kucing Exotic menjadi sedikit lebih hidup dari kucing Persia.

Kucing ini selalu ingin terlibat dengan kehidupan orang yang disayanginya, beberapa kucing sering diam diam mengikuti kemanapun orang tersebut pergi dari kamar ke kamar untuk memperhatikan kegiatan yang dilakukan. Kucing ini juga menikmati pelukan dan sentuhan dari anggota keluarganya, dengan perhatian yang cukup maka kucing ini akan memanjakan pemiliknya dengan dengkuran, dan beberapa jilatan kasih sayang.

Meski kucing Exotic termasuk kucing yang jinak dan pendiam namun kucing ini akan sangat suka bermain ketika tidak sedang duduk dipangkuan atau dibelai. Kucing ini memiliki reputasi yang lebih aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar daripada kucing Persia dan tentunya kucing ini juga lebih cocok untuk keluarga yang aktif.

Exotic Shorthair jantan dikatakan lebih manis dan juga penyayang dari pada kucing Exotic Shorthair betina yang terkesan lebih menyendiri, namun hal ini hanya pendapat saja karena tidak semua kucing Exotic seperti ini. Kucing ini bisa menghibur diri mereka sendiri ketika sedang ditinggal bepergian oleh pemiliknya dan setia menunggu kepulangan mereka.

Exotic termasuk kucing yang sedikit mendengarkan, namun ketika kucing ini mulai bicara maka mereka akan mengeluarkan suara yang dalam dan lembut. Kebutuhan kucing Exotic Shorthair sangatlah sederhana, cukup berikan makanan yang sesuai untuknya, sedikit waktu bermain dengan beberapa mainan atau anggota keluarga dan juga banyak cinta dan kasih sayang.



Perawatan Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic memiliki sebuah julukan sebagai kucing Persia yang malas, hal ini terjadi karena memang kucing ini termasuk kucing yang malas dan terkadang malas untuk membersihkan dirinya sendiri. Karena hal tersebut maka perawatan pada bulu kucing ini harus dilakukan secara teratur untuk membuatnya tetap sehat.

Lakukan penyisiran atau penyikatan bulu seminggu dua kali atau seminggu sekali, hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing ini dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Menyisir merupakan perawatan bulu paling dasar yang perlu dilakukan, jadi jangan sampai tidak melakukannya.

Perawatan Exotic Shorthair

Memandikan kucing ini merupakan hal yang bagus, mandi untuk kucing selain membersihkan bulu dan menjaga kesehatan bulu juga untuk merawat kulit pada kucing. Gunakan shampo khusus untuk kucing jika memandikan kucing ini, bila ada kemungkinan kucing kutuan maka catlovers bisa juga menggunakan shampo kutu kucing. Pilihlah shampo yang sekiranya cocok untuk kucing Exotic ini supaya bulunya menjadi lembut, halus dan selalu sehat.

Kucing ini cenderung mengeluarkan air mata yang berlebihan, jadi selalu bersihkan bagian sela mata jika ada kotoran yang terlihat. Noda pada sela mata kucing Exotic akan susah untuk dibersihkan jika tidak dibersihkan secara teratur, gunakan kain yang berbeda pada saat membersihkan untuk mencegah kemungkinan infeksi terjadi.

Jaga kuku atau cakar kucing untuk selalu pendek, lakukan pemotongan kuku atau cakar dengan teratur. Selalu periksa kebersihan telinga kucing untuk mencegah penumpukan kotoran pada telinga dan juga kemungkinan earmites. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Kebersihan gigi juga perlu dijaga, hal ini untuk mencegah kucing terkena panyakit periodontal atau infeksi gusi. Pada saat membersihkan gigi kucing mungkin akan sulit pada awalnya, hal ini karena kucing belum terbiasa. Selalu lakukan hal ini ketika ada waktu, jika kucing sudah terbiasa maka membersihkan gigi kucing akan menjadi lebih mudah.

Selain membersihkan tubuh kucing, kebersihan lingkungan kucing juga termasuk hal yang penting. Bersihkan litter box, tempat makan dan minum kucing dan daerah yang digunakan kucing setiap hari, hal ini dilakukan untuk mecegah bakteri atau kotoran menempel pada perlengkapan tersebut dan bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing.

Pemeliharaan kucing ini lebih disarankan untuk berada didalam ruangan, selain kebersihan lebih terjaga, kucing juga aman dari serangan hewan, penularan penyakit, atau bahkan dicuri oleh orang. Hal yang terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi untuk jaminan kesehatan kucing yang lebih baik.

Memberikan vaksinasi pada kucing akan membuat kucing lebih tahan terhadap beberapa virus yang mematikan. Beberapa virus bisa membahayakan nyawa kucing, jadi hal ini termasuk hal yang fatal. Berikan vaksinasi pada kucing secara lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Exotic Shorthair

Semua ras kucing memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang berifat genetik entah itu ras kucing hasil persilangan atau bahkan ras kucing alami yang perkembangannya tidak ada bantuan dari manusia. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Kucing Exotic Shorthair adalah kucing yang cantik dan juga manis, namun meski begitu kecantikan kucing ini yang berasal dari wajahnya membuat kucing ini rentan terhadap beberapa masalah kesehatan yang diantara lain adalah:

  • Kesulitan bernapas (pernapasan yang berisik) karena disebabkan lubang hidung yang menyempit
  • Maloklusi gigi yang berarti giginya tidak menyatu dengan baik
  • Air mata dari kucing ini yang berlebihan
  • Kondisi mata seperti mata ceri atau entropion
  • Kesensitifan terhadap panas
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Predisposisi kurap, infeksi jamur
  • Seborrhea oleosa dimana kondisi kulit yang menyebabkan gatal, kemerahan dan bulu rontok

Selain masalah kesehatan yang sudah disebutkan diatas, kucing ini juga masih bisa menderita beberapa panyakit umum lainnya. Jadi perawatan yang bagus dalam segala hal sangat diperlukan. Berikan makanan yang berkualitas untuk kucing ini, selalu jaga kebersihan wajah dan kandang setiap hari, dan lakukan kunjungan kedokter jika diperlukan.



Harga Kucing Exotic Shorthair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Exotic Shorthair Import 30.000.000
Harga Kucing Exotic Shorthair Lokal 18.000.000
Harga Kitten Exotic Shorthair 12.500.000
Harga Kucing Exotic Shorthair Dewasa 15.000.000
Harga Kucing Exotic Peaknose 10.000.000
Harga Kucing Exotic Mix 3.000.000
Harga Kucing Exotic Umum 4.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing Exotic, biaya adopsi kucing ini berkisar antara $1.200 hingga $2.200. Harga ini merupakan harga kucing Exotic berkualitas dan biasanya digunakan untuk Show atau juga Breed untuk membuat kucing Exotic keturunan bagus lainnya. Di Indonesia sudah banyak yang mengembangkan kucing ini, jadi harga kucing ini juga sangat bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Harga kucing Exotic diatas merupakan harga kucing rata rata, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing Exotic yang asli bisa lebih murah atau bisa juga bisa lebih mahal. Demikian mengenai kucing Exotic, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Exotic Shorthair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel