Kucing Foldex

Kucing Foldex dikenal juga sebagai Fold Exotic atau dalam bahasa indonesia disebut dengan Kucing Lipat Exotis adalah ras kucing domestik yang berasal dari Kanada. Pada saat ini kucing ini termasuk kucing yang langka dan masih baru (bahkan beberapa orang mungkin masih ada yang belum mengetahuinya), Foldex dikembangkan di Kanada atau lebih tepatnya di Quebec.

Foldex merupakan kucing hasil persilangan dari kucing Scottish Fold dan kucing Exotic Shorthair serta Longhair, dari hasil persilangan tersebut maka kucing ini memiliki ciri dari kedua ras yang berbeda ini. Kucing ini terkenal memiliki bentuk wajah yang bulat dan juga telinga melipat yang mirip telinga Scottish Fold.

Jenis Kucing Foldex

Persilangan selektif yang dilakukan ini memang dimotivasi untuk menghasilkan kucing dengan tampilan yang mirip dengan boneka beruang. Dengan penampilannya yang berwajah bulat, kaki pendek dan tubuhnya yang kekar serta bulu yang pendek dan panjang maka kucing ini bisa membuat beberapa penggemar kucing menjadi terpesona.

Karena memiliki bentuk yang lucu dan unik kucing ini menjadi impian bagi para peternak kucing untuk dikembangkan. Beberapa pertenak kucing mulai ikut mengembangkan kucing ini termasuk peternak kucing dari Indonesia yang juga terlihat tertarik pada ras kucing yang satu ini. Apakah kucing ini akan menjadi populer di Indonesia? Mari kita pantau saja perkembangannya.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Foldex

Sejarah Foldex dimulai pada tahun 1992 dimana kucing ini mulai muncul untuk pertama kalinya di Quebec, Kanada. Sejak kemunculan kucing ini, Foldex sering menimbulkan kontroversi yang berkaitan dengan cacat kerangkan yang bisa terjadi pada kucing ini. Ini merupakan cacat genetik yang secara langsung diwariskan oleh kucing Scottish Fold.

Kucing Foldex menjadi sebuah ras kucing eksperimental dengan menyilangkan kucing Scottish Fold dan juga kucing Exotic Longhair dan juga Exotic Shorthair. Pada tahun selanjutnya atau pada tahun 1993 kucing ini mulai diperkenalkan dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Betty Ann Yaxley.

Sejarah Foldex

Setelah perkenalan dilakukan dan kucing ini diketahui oleh publik, kucing Foldex langsung menarik banyak perhatian para penggemar kucing dan juga peternak untuk ikut melakukan promosi serta mengembangkan ras kucing Foldex. Lambat laun Foldex mulai muncul di berbagai acara, karena hal ini kucing ini mendapatkan popularitas yang tinggi dan banyak penggemar dan salah satunya adalah Jeanne Barrette.

Barrette yang merupakan peternak kucing sangat menyukai Foldex yang merupakan jenis kucing baru dan aneh ini, karena rasa ketertarikan tersebut dia mulai bekerja dengan penuh dedikasi untuk mengembangkannya. Pada bulan November 1998 berkat usaha dan ketekunannya kucing oldex berhasil diterima sebagai kucing Eksperimental.

Setelah beberapa waktu menjadi ras kucing eksperimental, pada bulan agustus 2008 akhirnya kucing ini diakui sebagai ras kucing baru dan melanjutkan perkembangannya untuk mendapatkan status championship pada bulan maret 2010 hingga kucing ini mendapatkannya.

Kucing Foldex membutuhkan proses pengembangan yang cukup memakan waktu dan bisa dikatakan lama. Pada masa sejarah ini kucing ini hanya diakui oleh organisasi kucing dari Kanada yaitu CCA (Canadian Cat Association), namun meski begitu kucing ini juga ada di Inggris dan Amerika Serikat.

Dalam proses pengembangannya kucing Foldex hanya diperbolehkan untuk disilangkan dengan beberapa kucing tertentu, dan berikut adalah kombinasi yang diperbolehkan tersebut dan bisa menghasilkan kucing Foldex. Foldex X Scottish Fold, Foldex X Exotic Shorthair, Foldex X Exotic Longhair, dan juga Scottish Fold X Exotic Shorthair/Longhair. 



Karakteristik Kucing Foldex

Kucing Foldex dikenal sebagai kucing yang memiliki telinga melipat dengan ujung yang bulat, meski tidak semuanya memiliki telinga seperti itu. Beberapa keturunan kucing ini bisa memiliki telinga lurus seperti kebanyakan kucing lainnya, kucing dengan telinga melipat disebut sebagai Folded sedangkan kucing dengan telinga lurus disebut sebagai Straight sama seperti kucing Scottish.

Pada anak kucing yang baru lahir, telinga melipat kucing ini akan terlihat ketika usia anak kucing menginjak 21 hari hingga 28 hari. Hal tersebut bisa lebih singkat jika peternak kucing sudah jeli atau hafal mengenai telinga kucing ini. Untuk anak kucing yang bertelinga lurus, telinganya akan sama ketika kucing masih kecil hingga dewasa.

Karakter Foldex

Foldex memiliki tubuh yang berukuran sedang dan otot yang kuat disertai dengan kaki dan leher kucing yang pendek. Telinga kucing ini mungkin menyerupai kucing scottish fold tetapi Foldex hanya memiliki satu lipatan kedepan dan kebawah sementara SCF memiliki banyak lipatan yang menyebabkan terkadang telinganya terlihat rata.

Bulu Foldex sangat bervariasi mulai dari berukuran pendek hingga panjang, secara alami bulu yang mereka miliki bertekstur padat dan lembut dan bisa hadir dalam berbagai warna dan juga pola. Kucing ini memiliki wajah yang bulat dan mata terbuka lebar. Hidungnya menonjol diantara kedua matanya, ukurannya lebih panjang dari kucing Exotic dan lebih pendek dari kucing Scottish Fold.

Foldex memiliki kepribadian yang penuh kasih sayang dan tidak begitu menuntut untuk diberikan perhatian, karena hal ini maka kucing ini bisa menjadi teman yang baik untuk setiap orang. Kucing ini sangat setia kepada pemiliknya dan sangat menikmati belaian serta pelukan dari orang yang mereka sayangi.

Foldex adalah kucing yang sangat menawan, bahkan kucing ini juga dianggap sebagai kcing pangkuan (bisa duduk tenang di pangkuan). Rasa ingin tahu dari kucing ini sangatlah tinggi yang membuatnya menjadi suka menjelajah dilingkungan tempat tinggalnya.

Jika kebanyakan kucing ras termasuk pemalu maka foldex tidak demikian, kucing ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap orang asing dan bisa mendekat tanpa ragu. Sifat kucing ini yang santai bisa membuat kucing ini menjadi sahabat anak anak dan juga hewan peliharaan lain bahkan selain kucing.

Kucing ini adalah kucing yang tepat untuk orang yang tinggal di lahan sempit seperti apartemen karena kucing ini bukanlah jenis vokal (suka berteriak meminta perhatian), dengan kepribadian yang manis dan pendiam kucing ini bisa dengan mudah hidup diberbagai lingkungan dan bisa bermain apapun karena mereka juga termasuk kucing yang cerdas. 



Perawatan Kucing Foldex

Perawatan bulu kucing Foldex akan tergantung dari ukuran bulu yang dimiliki kucing ini, kucing Foldex dengan bulu pendek cenderung memiliki tingkat perawatan yang mudah sedangkan Foldex berbulu panjang akan sedikit membutuhkan perhatian karena ukuran bulu yang dimilikinya.

Foldex berbulu pendek cukup diberikan penyisiran atau penyikatan mingguan sedangkan folder berbulu panjang harus diberikan penyikatan atau penyisiran bulu setidaknya seminggu 2 kali. Menyikat dan menyisir bulu kucing berguna untuk mengurangi jumlah rambut mati dan juga merangsang bulu kucing untuk tumbuh kembali.

Perawatan Foldex

Memandikan kucing ini bisa dilakukan sesekali, mandikan kucing ketika sudah mulai terlihat kotor atau bulunya terlihat kusut. Dengan memandikan kucing sesekali akan membantu menjaga kesehatan bulunya dan juga kulitnya untuk terjaga dari berbagai masalah keseatan seperti jamur, kutu dan bahkan infeksi kulit.

Jagalah ukuran kuku atau cakar kucing untuk selalu pendek, lakukan pemotongan kuku atau cakar dengan rutin dan dengan hati hati. Seka bagian mata kucing jika terlihat ada kotoran, gunakan kain yang berbeda saat membersihkan guna mencegah kemungkinan infeksi pada mata kucing.

Pencegahan periodontal (infeksi gusi) bisa dilakukan dengan membersihkan gigi kucing secara teratur. Bersihkan gigi kucing secara tuntas sesekali, meski hal ini akan sulit dilakukan namun ini merupakan hal yang penting. Kucing yang terbiasa akan lebih mudah dibersihkan giginya, meski jarang tetaplah bersihkan gigi kucing karena hal tersebut sudah bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Semua kucing dengan telinga melipat membutuhkan perhatian khusus untuk telinganya, selalu periksa kebersihan telinga kucing ini untuk menghindari kemungkinan kucing terkena earmites dan juga penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan infeksi. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati dan perlahan serta jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Selain kebersihan tubuh kucing, perhatikan juga kebersihan lingkungan kandang kucing atau lingkungan kucing. Bersihkan kandang kucing, alas kandang, litter box dan juga tempat makan dan minum setiap hari. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya bakteri atau kotoran yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing.

Supaya kucing terbebas dari kutu dan beberapa parasit lainnya maka pemberian obat anti kutu harus dilakukan. Obat anti kutu biasanya berupa obat tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membunuh kucing juga bisa membasmi telur dari kutu tersebut. Lakukan pengulangan pemberian untuk hasil yang lebih maksimal.

Hal terakhir yang harus diberikan pada kucing adalah vaksinasi. Kucing yang diberikan vaksinasi akan memiliki daya tahan terhadap beberapa virus yang berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Berikan vaksinasi pada kucing secara lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Foldex

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu kucing hasil persilangan dan juga kucing ras murni yang perkembangannya tidak dibantu manusia. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Foldex umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat meski mereka dapat cenderung memiliki beberapa kondis masalah seperti yang dimiliki dari kucing Scottish Fold dan juga kucing Exotic. Dikatakan gen yang dimiliki kucing ini memiliki resiko penyakit ginjal polikistik kucing (PKD), kucing ini mungkin mengembangkan kista pada ginjal pada tahao yang lebih tua.

Foldex tidak mewarisi penyakit genetik yang menonjol tetapi secara genetik cenderung memiliki kondisi yang mirip seperti kucing Scottish Fold yaitu osteodistrofi bawaan, kelainan tulang, dan gangguan pernapasan. Beberapa masalah kesehatan lain bisa terjadi pada kucing ini seperti obesitas atau kelebihan berat badan, jadi selalu berikan perawatan yang baik dan jangan lupa untuk mengatur pola makan yang diberikan.



Harga Kucing Foldex

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Foldex Import 35.000.000
Harga Kucing Foldex Lokal 15.000.000
Harga Kitten Foldex 8.500.000
Harga Kucing Foldex Dewasa 10.000.000

Karena ras ini masih tergolong baru dan belum banyak yang mengembangkannya, maka informasi harga kucing foldex juga terbatas. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada beberapa orang yang mulai mengembangkannya, namun untuk masalah biaya adopsi foldex belum begitu banyak yang mengetahuinya. Mengigat kedua kucing yang digunakan memiliki biaya adopsi yang lumayan tinggi maka perkiraan harga kucing foldex akan seperti harga diatas.

Harga tersebut merupakan harga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten dan cukup menjadikannya sebagai acuan harga untuk kucing ini karena harga foldex asli bisa lebih murah ataupun bisa lebih mahal. Demikian mengenai kucing Foldex, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Foldex"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel