Cara Menggemukkan Kucing Peliharaan yang Ideal

Bagi para catlovers yang memelihara kucing dan suka dengan kucing tentu saja akan merasa bahagia jika kucing peliharaannya terlihat gemuk. Kucing yang gemuk akan terlihat lebih lucu dan menggemaskan, selain itu juga orang lain yang melihat kucing tersebut juga pasti memiliki kesan yang baik karena kucing terlihat terawat dan gemuk.

Beberapa catlovers terkadang sering menanyakan pertanyaan yang sama setiap saat seperti cara membuat kucing gemuk dengan cepat, cara menambah berat badan kucing, tips membuat kucing cepat gemuk dan juga beberapa pertanyaan lain mengenai penggemukan kucing dan juga caranya.

Cara Menambah Berat Badan Kucing

Kucing yang gemuk memang akan terlihat lebih menarik, namun dibalik hal tersebut juga ada beberapa masalah yang bisa terjadi. Seperti yang catlovers ketahui, memiliki berat badan yang berlebih (obesitas) tidak bagus untuk kesehatan manusia, hal inipun juga sama dengan kucing peliharaan atau kucing ras lainnya.

Membuat kucing gemuk tidak bisa dilakukan secara asal asalan, karena hal ini belum tentu baik untuk kucing. Ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum membuat kucing gemuk, jika ada yang berkata kucing tidak bisa gemuk maka kemungkinan orang tersebut kurang paham dengan kucing. Dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memulai proses penggemukan pada kucing.

Langkah Awal Membuat Kucing Gemuk

Sebelum melakukan penggemukan pada kucing atau membuat kucing gemuk, ada beberapa hal yang catlovers harus ketahui terlebih dahulu. Meskipun hal ini sebenarnya sepele, namun ini juga menjadi faktor yang menentukan dalam menambah berat badan kucing kesayangan catlovers, berikut adalah beberapa hal tersebut.

Kenali Jenis Ras Kucing yang  Dipelihara

Langkah pertama yang perlu catlovers ketahui adalah mengenali jenis ras kucing yang catlovers pelihara. Beberapa ras kucing akan memiliki karakter dan juga kondisi fisik yang berbeda. Misalnya saja ras kucing persia yang banyak sekali dipelihara oleh orang, ras ini tergolong ras kucing yang malas dan jarang melakukan aktivitas, jadi dengan sedikit pemberian tambahan makanan akan membuatnya cepat gemuk karena kucing ini jarang bergerak.

Kalau kucing persia termasuk ras kucing yang bisa gemuk dengan mudah ada juga ras kucing yang memiliki tubuh langsing dan berukuran lebih panjang. Misalnya saja ras Cornish Rex, kucing ini memiliki tipe tubuh yang panjang dan langsing jadi dalam penggemukannya tidak akan terlihat gemuk namun hanya tubuhnya saja yang padat dan berisi.

Pemahaman ras kucing yang dipelihara ini adalah hal yang penting, dengan memahami ras kucing yang dipelihara maka proses menambah berat badan kucing akan lebih mudah karena setiap kucing memiliki ciri fisik, kondisi kesehatan, sifat dan juga karakteristik yang berbeda jadi penanganan yang diberikan juga akan berbeda untuk setiap ras kucing.

Ketahui Berat Badan Ideal untuk Kucing

Mengetahui berat badan kucing yang ideal termasuk langkah awal sebelum melakukan penggemukan pada kucing. Berbeda kucing berbeda juga berat ideal untuk kucing, karena setiap kucing memiliki fisik dan juga berbagai hal lain yang berbeda seperti pemahaman ras sebelumnya.

Misalkan saja ras kucing persia yang termasuk kucing medium dan berat idealnya berkisar antara 5kg hingga 7kg. Jenis kucing besar seperti maine coon dan BSH berat idealnya bisa mencapai 9kg atau bahkan lebih. Menambah berat badan kucing harus memiliki standar yang tepat untuk setiap kucing yang ada, karena jika tidak kucing bisa mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Jika jenis kucing yang catlovers pelihara bukanlah jenis kucing yang bisa menjadi gembul seperti beberapa ras kucing yang memiliki tubuh langsing maka sebaiknya jangan memaksakan kucing untuk menjadi gemuk. Hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan kucing dan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Pahami Porsi Makanan Kucing

Memahami porsi makan harian kucing termasuk hal yang penting untuk dilakukan. Banyak sekali catlovers yang mengira jika kucing itu termasuk hewan yang rakus karena selalu menghabiskan makanan yang diberikan. Kucing cenderung makan sedikit namun secara terus menerus, tentunya catlovers yang sering mengamati kucingnya akan mengetahui hal ini.

Tips Kucing Gemuk

Beberapa kucing terkadang memang suka cerewet ketika makanan mereka habis, namun hal ini belum tentu juga kucing minta makan lagi. Mengetahui porsi makan kucing harus menggunakan eksperimen pada awalnya, pada awalnya berikan sedikit porsi makan yang diberikan, setelah itu amati berat badan kucing. Jika berat badan kucing mengalami penurunan maka tambahkan porsi makan yang diberikan, namun jika berat badan kucing stabil, maka itu termasuk porsi makan yang ideal atau pas untuk kucing.

Selain porsi makan, aturlah jadwal pemberian makan yang teratur. Jika jadwal makan yang diberikan untuk kucing tidak teratur maka akan sulit menentukan porsi yang sesuai. Dalam hal ini makanan yang diberikan pada kucing juga sangat berpengaruh, setiap makanan kucing memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, jadi hasil yang didapatkan juga akan berbeda.

Perhatikan Kondisi Kesehatan Kucing

Sebelum memulai program penambahan berat badan kucing, catlovers harus memperhatikan kondisi kucing yang akan diberikan perhatian. Kesehatan yang dimaksudkan disini bersifat global, jadi perhatikan semua masalah kesehatan yang sering dialami oleh kucing.

Seperti yang catlovers ketahui, kucing yang sedang sakit cenderung mengalami penurunan berat badan yang signifikan, karena itu pahami dulu beberapa masalah kesehatan kucing sebelum memulai program penggemukan kucing. Beberapa masalah kesehatan kucing yang perlu diperhatikan untuk pertama kali adalah masalah pencernaan kucing.

Pencernaan kucing sangat berpengaruh pada program penggemukan yang akan dilakukan, hal ini dilakukan supaya sistem pencernaan kucing tidak terbebani pada saat penambahan berat badan. Karena pencernaan kucing sangat sensitif, maka kucing tidak akan mampu untuk menerima makanan yang bervariasi (ganti ganti makanan).

Jika kucing mengalami pergantian makanan yang mendadak maka kucing pasti akan mengalami masalah pencernaan yang bisa menyebabkan penurunan berat badan. Karena hal ini maka makanan yang digunakan harus dipilih dengan baik selama proses penggemukan yang tentunya cocok dengan kucing dan harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Selain pencernaan, beberapa masalah kesehatan ringan lainnya juga perlu diperhatikan seperti flu, demam dan lainnya. Cari tahu penanganan yang tepat dan jaga selalu kondisi kucing untuk selalu sehat. Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memberikan obat cacing pada kucing supaya kucing tidak mengalami cacingan.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui atau dipahami sebelum memulai proses menambah berat badan pada kucing. Setelah catlovers paham mengenai hal tersebut maka proses penggemukan kucing akan menjadi lebih mudah. Lalu selanjutnya apa yang perlu dilakukan supaya kucing gemuk dengan cepat?

Tips Membuat Kucing  Gemuk

Kata gemuk pada kucing tentu saja akan selalu berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi oleh kucing, namun meski begitu dalam hal membuat kucing gemuk tidak hanya masalah makanan dan ada beberapa hal juga yang perlu untuk dilakukan. Berikut adalah tahap penggemukan pada kucing yang baik.

Menambah Nafsu Makan Kucing

Pada dasarnya cara agak kucing cepat gemuk semuanya selalu berkaitan dengan makanan, jika makanan yang diberikan pada kucing sudah sangat bagus dan berkualitas namun kucing kurang begitu memiliki nafsu makan maka hal tersebut akan percuma. Karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menambah nafsu makan kucing terlebih dahulu.

Cara membuat nafsu makan kucing menjadi lebih besar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada beberapa kucing yang terkadang sering pilih pilih soal makanan yang diberikan, ada juga yang membutuhkan pancingan makanan yang disukai untuk menumbuhkan nafsu makan mereka dan juga terkadang ada yang membutuhkan suplemen tambahan.

Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan memberikan makanan basah dahulu untuk kucing. Kebanyakan kucing selalu suka dengan makanan basah, karena itu berikan dulu makanan tersebut dalam jumlah kecil, jika kucing suka maka mulai campurlah makanan yang digunakan untuk menambah berat badan kucing.

Lakukan transisi ini sampai kucing terbiasa, jika kucing sudah terbiasa jangan berikan campuran makanan basah pada kucing. Perhatikan nafsu makan kucing selanjutnya, jika ada penurunan berikan sedikit tambahan makanan basah, lakukan hal ini sampai memiliki nafsu makan yang baik dan jangan lupa untuk selalu mengontrolnya setiap hari.

Berikan Makanan yang Sesuai untuk Kucing

Ada dua jenis makanan kucing yang umumnya selalu digunakan catlovers dalam memberikan makan pada kucingnya, yaitu dry food (makanan kering) dan juga wet food (makanan basah). Kedua jenis makanan ini akan sangat mudah untuk didapatkan pada setiap petshop yang ada sekitar catlovers, namun tentunya dengan berbagai macam merk dan kandungan yang berbeda.

Secara umum, kebanyakan kucing akan lebih suka dengan wet food daripada dry food, hal ini dikarenakan wet food memiliki tekstur yang lembut dan juga memiliki aroma yang sangat menggoda kucing. Karena itu, wet food sering digunakan untuk memancing nafsu makan kucing atau diberikan pada kucing yang sedang sakit karena mudah untuk memakannya.

Makanan yang Bagus untuk Kucing

Mengkonsumsi wet food terlalu sering juga akan menyebabkan permasalahan gigi pada kucing, karena itu sebaiknya wet food hanya diberikan untuk makanan selingan untuk kucing. Kebanyakan catlovers yang memelihara kucing juga menggunakan dry food sebagai makanan utama kucing mereka, namun karena merk untuk dry food sangat banyak sekali maka pilihlah yang sesuai dengan kucing yang ada dirumah.

Varian dan merk makanan kucing sangat banyak sekali, dan tentunya setiap merk makanan tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Pilihlah makanan kucing yang sesuai, untuk makanan kucing yang sudah direview kunucats adalah meo persian, bagi catlovers yang belum membacanya silahkan membacanya dengan klik link dibawah.

Review Makanan Kucing Meo Persian

Makanan yang baik untuk kucing setidaknya harus memiliki e unsur, yaitu protein, serat dan tentu saja aroma yang disukai kucing. Protein berguna untuk pertumbuhan kucing, serat untuk membuat pencernaan kucing menjadi lebih baik dan aroma tentu saja untuk memancing nafsu makan kucing. Semua kandungan tersebut umumnya ada pada makanan kucing pasaran, yang membedakan adalah jumlah kandungan tersebut, jadi bijaklah dalam menentukan makanan yang diberikan. 

Tambah Porsi Makan Kucing

Setelah mengetahui jumlah porsi standar makanan kucing catlovers yang telah dilakukan pada langkah awal, maka saatnya untuk menambahkan porsi makanan yang diberikan pada kucing. Dengan nafsu makan kucing yang sudah baik dan pemilihan makanan kucing yang telah dilakukan tentu saja tidak akan sulit dalam penambahan porsi ini.

Beberapa kucing seringkali menghabiskan makanannya tidak dalam sekali makan, namun ada juga yang suka menghabiskannya sesaat setelah diberikan. Pahami kondisi tersebut, jika kucing suka menghabiskan dalam waktu lama tambahkan porsi yang setidaknya tidak bentrok dengan jadwal pemberian berikutnya.

Jika kucing suka menghabiskan setelah disiapkan maka tambahkan porsi makanan kucing sekiranya sampai kucing tidak bisa menghabiskannya. Lakukan percobaan beberapa kali dengan menambahkan jumlah bertahap, dengan begitu catlovers akan mengetahui jumlah pasti penambahan porsi yang akan diberikan.

Batasi Ruang Gerak Kucing

Kebanyakan ras kucing peliharaan terkadang memiliki sifat yang aktif, apalagi jika pemeliharaannya tidak dimasukkan kedalam kandang dan dilepaskan dilingkungan rumah. Makanan yang dikonsumsi oleh kucing digunakan untuk menunjang hal tersebut, jadi supaya proses menambah berat badan kucing menjadi cepat maka mulailah membatasi pergerakan kucing pada saat proses ini dilakukan.

Buatlah kucing senyaman mungkin pada saat didalam kandang, jika biasanya kucing dilepaskan untuk bermain dalam waktu 2 jam (misal) maka kurangi jam tersebut menjadi setengahnya. Dengan melakukan hal ini makanan yang diberikan pada kucing akan semakin besar diserap oleh tubuh karena kucing dikurangi aktivitasnya.

Jaga Mood Kucing Tetap Bagus

Dalam proses menambah berat badan kucing, menjaga mood kucing merupakan hal yang perlu dilakukan. Jika dalam proses ini kucing mengalami stress atau merasa tertekan maka kucing malah akan mengalami penurunan berat badan. Jangan biarkan hal ini terjadi, karena jika terjadi proses penggemukan yang dilakukan akan percuma.

Sama halnya dengan manusia, kucing juga membutuhkan refreshing atau bermain untuk membuatnya tidak stress. Bermain merupakan hal yang wajib dilakukan oleh kucing, memang pada proses ini membatasi pergerakan kucing adalah pilihan yang baik supaya proses penggemukan menjadi lebih cepat, namun untuk kesehariannya bermain tetap dibutuhkan oleh kucing.

Menjaga Mood Kucing

Buatlah kondisi senyaman mungkin untuk kucing, lepaskan kucing keluar dan jangan melulu dimasukkan didalam kandang. Seperti yang sudah dikatakan diatas, pengurangan jam bermain tetap harus dilakukan, namun bukan berarti kucing tidak diperbolehkan main sama sekali.

Ajaklah kucing bermain ringan, seperti lempar tangkap dalam jarak yang dekat supaya kucing tidak begitu banyak bergerak. Berikan mainan seperti garukan atau tower supaya kucing bermain dengan senang, karena ini proses menambah berat badan maka alangkah baiknya berikan reward berupa snack ketika kucing berhasil melakukan sesuatu.

Dengan memberikan snack pada waktu bermain, maka kucing akan menjadi lebih senang dan mendapatkan tambahan asupan untuk tubuhnya. Berikan sentuhan pada kucing, jika memungkinkan gendong kucing atau biarkan dia duduk dipangkuan dengan nyaman. Jaga selalu mood kucing supaya tetap baik, dengan begitu kucing akan selalu senang dan terhindar dari stress.

Pastikan Kucing Selalu Sehat

Selain menjaga mood kucing untuk terhindar dari stress, kesehatan kucing juga perlu diperhatikan. Kucing yang sedang sakit akan mengalami penurunan nafsu makan dan bahkan bisa mengalami penurunan berat badan, karena hal ini maka catlovers menjaga kucing untuk tetap sehat selama proses penggemukan pada kucing.

Langkah awal untuk menjaga kucing selalu sehat adalah dengan memberikan vaksinasi pada kucing. Dengan memberikan kucing vaksinasi maka kucing akan terhindar dari serangan virus yang berbahaya yang bisa menimbulkan panyakit atau bahkan membahayakan nyawa kucing. Kucing yang telah divaksinasi akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, jadi selain terhindar dari virus maka kucing akan menjadi lebih sehat dan kebal terhadap penyakit.

Selain vaksinasi beberapa perawatan yang bisa membantu kucing tetap sehat adalah menjaga lingkungan kucing untuk selalu bersih, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya bakteri atau kotoran yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing. Jaga selalu kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kucing, bersihkan setiap hari dan jangan lupa untuk memberikan desinfektan.

Jemurlah kucing pada waktu matahari mulai muncul. Menjemur kucing merupakan hal sepele, namun penting untuk dilakukan. Selain bisa membunuh bakteri pada tubuh kucing, sinar matahari juga memberikan vitamin D alami pada kucing tersebut, jadi ini merupakan hal yang berguna untuk menjaga kucing tetap sehat.

Berikan Vitamin untuk Kucing

Jika semua hal diatas sudah dilakukan, maka proses menambah berat badan kucing seharusnya sudah berjalan dengan baik. Beberapa dukungan yang mungkin dilakukan salah satunya adalah memberikan vitamin atau suplemen tambahan untuk kucing. Dengan memberikan kucing vitamin maka tubuh kucing akan menyerap makan dengan lebih baik, dengan begitu kucing akan menjadi gemuk lebih cepat.

Dalam pemberian vitamin tidak perlu menggunakan vitamin yang mahal. Beberapa vitamin kucing dengan harga yang murah sudah sangat baik untuk diberikan pada kucing, salah satu vitamin murah yang bagus untuk kucing adalah minyak ikan kucing. Minyak ikan memiliki harga yang murah dan mudah untuk didapatkan, selain itu pemberian pada kucing juga mudah untuk dilakukan.

Pemberian minyak ikan bisa dilakukan dengan memberikan langsung pada mulut kucing atau juga bisa dicampurkan kedalam makanannya. Kandungan didalamnya pun juga sangat berguna untuk kucing, jadi selain kucing menjadi lebih cepat gemuk, kucing juga akan memiliki kulit serta bulu yang sehat karena kandungan yang ada pada minyak ikan.

Berikan Nutrisi Tambahan pada Kucing

Selain dry food, wet food dan juga pemberian vitamin ada satu lagi makanan yang bisa diberikan pada kucing sebagai selingan. Makanan tersebut adalah raw food, makanan ini merupakan makanan buatan sendiri yang nutrisinya terjamin untuk kucing karena pengolahan dan pemberian pada kucing dilakukan langsung oleh kita.

Bahan yang digunakan pun bisa bervariasi, jadi kucing tidak akan mudah bosan dengan makanan yang diberikan. Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat raw food antara lain adalah, daging ayam, daging sapi atau ikan laut yang disukai oleh kucing. Raw food sangat membantu dalam penggemukan kucing, dengan memberikan raw food dengan rutin maka berat badan kucing akan bertambah dengan cepat.

Pada saat pembuatan makanan ini disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu, meski kandungan yang ada menjadi berkurang, hal ini sangat penting untuk membunuh potensi bakteri yang ada pada bahan makanan yang digunakan. Variasikan resep yang digunakan, berikan beberapa tambahan bahan yang bisa menambahkan nutrisi pada kucing kesayangan.

Banyak catlovers yang seringkali terburu buru melihat kucing peliharaannya gemuk, sehingga terkadang memaksa kucing untuk selalu makan. Jangan melakukan hal tersebut, itu malah akan membuat kucing menjadi tidak nyaman dan beresiko membuat kucing menjadi stress.

Semua usaha yang dilakukan tidak bisa didapatkan dengan instant dan membutuhkan proses serta waktu. Jadi, usahakan saja dengan memberikan yang terbaik untuk kucing supaya kucing tetap sehat dan menjadi gemuk dengan baik. Demikian mengenai cara membuat kucing gemuk, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggemukkan Kucing Peliharaan yang Ideal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel