Kucing Gaelic atau Kucing Scottish Kilt

Kucing Gaelic dulunya dikenal dengan sebutan kucing Scottish Kilt yang dimana kucing ini merupakan salah satu varian dari kucing munchkin yang memiliki ukuran kaki pendek. Kaki pendek yang dimiliki kucing gaelic merupakan warisan dari kucing munchkin yang digunakan untuk persilangan dalam menghasilkan kucing ini.

Gaelic adalah kucing hasil persilangan dari kucing munchkin dan juga kucing scottish fold, dari hasil persilangan ini maka kucing gaelic memiliki tampilan yang menggabungkan penampilan kedua kucing tersebut. Gaelic memiliki kaki yang pendek seperti kucing munchkin dan juga memiliki telinga fold (melipat kedepan) seperti yang dimiliki kucing scottish.

Ras Kucing Gaelic

Sama seperti kucing scottish fold, kucing gaelic memiliki 2 versi telinga yang berbeda. Kucing gaelic yang memiliki telinga fold disebut dengan kucing Gaelic Fold dan kucing gaelic yang memiliki telinga straight (mirip telinga kucing pada umumnya) disebut dengan kucing Gaelic Straight.

Meski tergolong ras kucing yang masih baru, kucing gaelic sangatlah populer di kalangan catlovers yang suka dengan kucing munchkin. Kepopuleran kucing gaelic di Indonesia diawali dengan video kucing gaelic bernama Lulu yang sempat viral dan menyebabkan kucing ini menjadi lebih dikenal oleh para catlovers penggemar kucing berkaki pendek.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Gaelic

Informasi mengenai sejarah Gaelic sangatlah terbatas dan bahkan tidak ada yang membahas secara jelas mengenai kucing ini. Tidak ada yang menyebutkan dimana kucing gaelic pertama kali dikembangkan, berasal dari mana kucing gaelic dan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan kucing ini.

Biasanya beberapa kucing akan berbeda tempat asalnya dan dimana pengembangan kucing ini dilakukan. Jika berdasarkan pemberian nama untuk kucing ini maka seharusnya kucing ini berasal dari Skotlandia (Scottish) namun karena minimnya informasi maka hal tersebut tidak bisa dibenarkan dan saya pribadi juga cuma memperkirakannya.

Sejarah Scottish Kilt

Nama Gaelic sendiri merupakan nama sebuah bahasa yang digunakan orang Skotlandia (tidak semuanya menggunakan bahasa ini). Bahasa Gaelic (dibaca Geilik) juga mirip dengan bahasa Irlandia "Gaeilge" dan bahasa Manx "Gaelg). Meski sering disebut dengan bahasa Gaelic Skotlandia namun bahasa ini berbeda dengan bahasa Skotlandia.

Bahasa Gaelic dulunya dikenal dengan bahasa Scottish (Skonlandia), namun pada akhir abad ke 15 bahasa ini menjadi umum disebut sebagai Erse (Irlandia) dan bahasa daerah dataran rendah sebagai Scottish. Bahasa ini dianggap sebagai bahasa yang terpisah dari bahasa Irlandia mulai dari masa tersebut.

Jika gaelic merupakan nama bahasa maka Kilts merupakan nama pakaian tradisional dari Skotlandia. Scottish Kilt atau Kilt Skotlandia adalah pakaian tradisional Skotlandia dan bangsa Keltik yang digunakan di bagian pinggang, mengelilingi tubuh pemakainya hingga bagian atas kaki diatas lutut (Mirip dengan Rok).

Pada umumnya Kilt terbuat dari wol dan mempunyai corak tartan dan biasanya digunakan bersama dengan jaket, tali pinggang, sporran (sejenis kantong) dan sepatu khusus. Meski terkesan mirip dengan pakaian perempuan, pakaian ini umumnya lebih sering digunakan oleh laki laki.

Berasarkan nama tersebut maka ada kemungkinan besar kucing gaelic berasal dari Skotlandia, meski hal ini belum pasti namun mungkin asal usul nama kucing ini diambil dari kedua hal tersebut. Jika diantara catlovers ada yang mengetahui informasi mengenai hal ini maka silahkan menambahkannya melalui komentar dibawah supaya catlovers lainnya juga bisa tahu.



Karakteristik Kucing Gaelic

Seperti yang sudah dikatakan diatas, kucing Gaelic merupakan kucing hasil persilangan dari kucing munchkin dengan kucing scottish fold. Dengan persilangan ini maka kucing memiliki kaki berukuran pendek dan juga dua jenis tipe telinga, yaitu fold dan juga straight sama seperti dua tipe telinga yang dimiliki kucing scottish.

Selain tipe bentuk telinga tersebut, telinga kucing gaelic juga memiliki sebutan untuk tingkat lipatan yang ada pada telinganya, yang dimana hal ini juga berlaku untuk kucing scottis. Seperti yang catlovers ketahui, ada beberapa kucing scottish fold yang memiliki telinga tidak begitu melipat dan ada juga yang terlihat melipat seperti tidak memiliki telinga.

Karakter Gaelic

Berdasarkan tingkat lipatan telinganya, tipe telinga kucing gaelic dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Single Fold (Hanya terlihat menekuk kedepan)
  • Double Fold (terlihat melipat kedepan namun tidak begitu tajam)
  • Triple Fold (paling melipat dan terkadang terlihat seperti tidak memiliki telinga)

Tingkatan tersebut hanya berlaku untuk teinga fold saja, sedangkan untuk telinga straight tidak ada tingkatan yang bisa disebutkan. Pada bagian wajahnya, kucing gaelic akan terlihat bulat mirip dengan kucing scottish. Dengan kakinya yang pendek maka kucing ini menjadi terlihat lebih menggemaskan dengan ditambahkan teinga melipatnya yang unik.

Karena ras kucing ini masih tergolong baru dan banyak yang mengembangkannya, beberapa ras gaelic yang ada diforum lepas adopsi kucing kebanyakan belum memenuhi standar. Pada awal persilangannya, terkadang moncong yang dimiliki kucing ini masih panjang, karena hal ini sisi scotishnya belum begitu terlihat jelas.

Beberapa orang yang sudah mengetahui kucing ini mungkin juga menyadari, jika ukuran ekor yang dimiliki kucing gaelic sedikit berbeda dengan kucing munchkin dan kucing scottish. Memasuki keturunan ketiga dari persilangan yang dilakukan, ekor kucing gaelic menjadi sedikit lebih pendek dan ukurannya menjadi sedikit lebih besar.

Ini merupakan pengamatan pribadi, jadi jika ada kesalahan silahkan berikan komentar dibawah. Pada persilangan pertama, bentuk ekornya masih normal, memasuki persilangan kedua (diulang dari hasil kucing pertama) bentuk ekornya masih acak (ada yang panjang dan sebagian sudah pendek) dan pada persilangan ketiga bentuk ekornya menjadi lebih dominan pendek.

Karena minimnya informasi yang ada maka tidak ada penjelasan khusus terkait bentuk ekor kucing gaelic, namun bagi catlovers yang sudah pernah melihat video kucing gaelic bernama lulu tentu saja sudah tahu bahwa ukuran ekor dari kucing bernama lulu tersebut juga sedikit lebih pendek dan ukurannya juga lebih besar.

Menurut beberapa organisasi kucing, kucing gaelic yang memenuhi standar (berkaki pendek dan telinga fold) baru bisa disebut sebagai Gaelic. Sedangkan beberapa variannya memerlukan sebutan yang mengaitkan kode tentang petunjuk fisik dari kucing gaelic.

  • Gaelic standar (kaki pendek telinga fold)
  • Gaelic 71 (kaki pendek telinga straight)
  • Gaelic 97 (kaki panjang telinga fold)

Dengan adanya kode tersebut, maka penyebutan kucing gaelic juga menjadi lebih mudah. Selain penggolongan, hal tersebut juga digunakan untuk mempermudah breeder yang melepas adopsikan kucing gaelic kepada adopternya untuk memberikan informasi yang jelas sehingga adopter tahu bagaimana pengembangan selanjutnya yang dilakukan untuk kucing tersebut, serta mempercepat kucing ini mencapai standar karena kucing ini masih dalam tahap eksperimen.

Gaelic adalah kucing yang lemah lembut, penyayang, namun juga memiliki sisi aktif yang didapat dari kucing munchkin. Jika pemeliharaan kucing ini dilakukan didalam ruangan maka kucing ini akan cenderung lebih suka bermain dan berlarian kesana kemari untuk memuaskan hasrat bermainnya.

Sama seperti kebanyakan ras kucing lainnya, gaelic lebih cenderung dekat dengan orang yang selalu dia lihat (biasanya yang memberikan makanan). Meski beberapa kucing ini ada yang mudah akrab dengan orang lain, namun beberapa juga sangat pemalu dan takut ketika melihat orang baru.

Secara keseluruhan kucing ini memiliki sifat gabungan dari kedua kucing yang digunakan untuk membuat kucing ini. Memiliki sifat yang aktif dan suka bermain seperti kucing munchkin, dan juga memiliki sifat yang kalem seperti kucing scottish. Gabungan sifat tersebut sangat cocok untuk kucing gaelic dan membuatnya menjadi kucing peliharaan yang ideal pada saat ini.



Perawatan Kucing Gaelic

Cara merawat kucing Gaelic tidak berbeda jauh dengan merawat kucing lain pada umumnya. Untuk masalah perawatan bulu, penyisiran atau penyikatan bulu mingguan akan diperlukan untuk membantu kucing mengurangi bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Karena mendapatkan sifat aktif dari kucing munchkin dan setiap kucing juga suka bermain, maka mengajak kucing gaelic bermain merupakan suatu keharusan untuk menjaga mood kucing ini dan juga menghindarkan kucing dari stress. Berikan beberapa mainan atau tower kucing untuknya bermain, sesekali ajaklah kucing bermain dengan menggunakan teaser atau lempar tangkap menggunakan bola kecil atau mainan lainnya.

Perawatan Gaelic

Jaga selalu kebersihan perlengkapan kucing seperti litter box dan tempat makan minum kucing ini. Bersihkan perlengkapan tersebut setiap hari untuk mencegah adanya bakteri atau kotoran yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Karena kucing gaelic memiliki kaki yang pendek, maka sesuaikan tinggi litter box dan tempat makan minum agar nyaman digunakan oleh kucing.

Jaga selalu cakar atau kuku kucing untuk selalu pendek, lakukan pemotongan kuku secara teratur supaya kucing menjadi terbiasa. Pada awalnya hal ini mungkin akan sedikit sulit, namun seiring berjalannya waktu kucing akan menjadi terbiasa dan pemotongan kuku atau cakar menjadi mudah untuk dilakukan.

Guna mencegah kucing terhindar dari penyakit periodontal (infeksi gusi) maka kebersihan gigi kucing juga perlu dijaga. Pembersihan gigi kucing bisa dilakukan sesekali saja, hal tersebut sudah sangat bagus daripada tidak dilakukan sama sekali. Bersihkan bagian sela mata kucing jika ada kotoran yang terlihat. Pada saat membersihkan bagian ini gunakan kain atau tisu yang berbeda untuk mencegah terjadinya kemungkinan infeksi.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing secara rutin, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena earmites atau infeksi akibat penumpukan kotoran yang ada ditelinga. Karena kucing gaelic memiliki beberapa jenis telinga, maka terkadang telinga kucing ini menjadi lebih sulit dibersihkan daripada kucing dengan telinga umum lainnya.

Gaelic straight akan lebih mudah untuk dibersihkan telinganya, karena selain bentuknya yang mirip telinga kucing pada umumnya, rongga (ruanga) pada telinga kucing ini agak lebih besar yang mempermudah pembersihan. Selain catlovers bisa melihat kotoran dengan lebih jelas, membersihkannya pun juga lebih gampang karena sangat mudah dijangkau.

Berbeda dengan gaelic fold yang memiliki telinga melipat kedepan, untuk single fold dan double fold mungkin akan sedikit lebih mudah, namun berbeda halnya dengan gaelic triple fold. Daun telinga kucing yang melipat ini sangatlah kecil, selain itu ruang pada telinga juga demikian, karena itu membersihkan telinga jenis ini lumayan sulit.

Pada bagian luar telinga mungkin akan mudah untuk dibersihkan, namun bagian dalam telinga yang kecil akan sulit dijangkau karena bentuk telinga yang kecil. Meski sulit telinga kucing ini bukannya tidak bisa dibersihkan, namun kesulitannya lebih besar sama dengan telinga milik american curl. Pada saat membersihkan telinga kucing ini lakukan dengan hati hati dan perlahan, dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Menjaga kucing gaelic dari serangan kutu atau parasit lain adalah hal yang penting, karena itu pemberian obat anti kutu juga harus dilakukan. Obat kutu kucing yang biasa digunakan adalah obat kutu tetes yang biasa diteteskan ditengkuk kucing. Meski ada beberapa obat lainnya, namun obat inilah yang terkenal ampuh mengusir kutu kucing dengan sempurna.

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memberikan vaksin untuk kucing gaelic. Dengan memberikan vaksinasi maka kucing gaelic akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya dan juga memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Berikan vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Gaelic

Semua kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni yang perkembangannya tidak ada campur tangan manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing gaelic adalah kucing yang sehat, namun karena ras ini masih tergolong baru maka beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh kucing ini belum bisa dipastikan dengan jelas. Beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi adalah, masalah kesehatan yang dimiliki kucing munchkin dan kucing scottish pasti bisa terjadi pada kucing gaelic.

Dengan ukuran kaki kucing gaelic yang pendek maka penting untuk menjaga berat badan kucing ini untuk tetap ideal. Jika pemberian pola makan pada kucing ini buruk maka kemungkinan kucing ini bisa mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dan bisa mempengaruhi masalah kesehatan lainnya.

Beberapa masalah yang biasa dialami oleh kucing berkaki pendek adalah masalah pada tulang punggungnya, selain itu ada juga kasus bagian dada yang terlalu masuk kedalam sehingga menyebabkan kucing menjadi kesulitan bernapas. Meski hal ini tidak terjadi pada semua kucing berkaki pendek, namun beberapa ras kucing berkaki pendek pernah mengalaminya.

Sedangkan kemungkinan masalah kesehatan yang bisa didapatkan dari kucing scottish fold adalah masalah sendi tulang rawan dan perkembangan tulang karena gen lipatan. Selain masalah tersebut beberapa masalah lain yang terlihat pada kucing scottish adalah masalah jantung (kardiomiopati) dan juga PKD atau penyakit ginjal polikistik.



Harga Kucing Gaelic

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Gaelic Import 60.000.000
Harga Kucing Gaelic Lokal 25.000.000
Harga Kitten Gaelic 12.500.000
Harga Kucing Gaelic Dewasa 18.000.000
Harga Kucing Gaelic Mix 10.000.000
Harga Kucing Gaelic Exp 8.000.000

Harga adopsi kucing gaelic di beberapa forum adopsi kucing munchkin sangatlah bervariasi, harga kucing gaelic biasanya dilihat dari kualitas kucing itu sendiri. Kucing gaelic yang masih exp tahap awal akan sedikit lebih murah karena mulai dari postur tubuh, muka dan telinganya belum begitu bagus sehingga kesannya mirip dengan kucing munchkin.

Untuk harga kucing gaelic import tentu saja akan lebih mahal karena dikenakan biaya pengiriman dan juga karantina. Gaelic di Indonesia yang sudah memiliki profil bagus akan memiliki biaya adopsi yang tinggi, selain itu beberapa warna seperti gaelic blue, gaelic blue white juga memiliki daya tarik tersendiri karena sangat mirip dengan kucing BSH.

Dari rata rata biaya adopsi kucing gaelic yang saya ketahui, maka harga kucing gaelic kemungkinan akan mirip seperti harga diatas. Namun harga tersebut bukan harga paten ya catlovers, jadi harganya masih bisa lebih murah atau lebih mahal. Demikian mengenai kucing gaelic kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Gaelic atau Kucing Scottish Kilt"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel