Kucing Neva Masquerade

Kucing Neva Masquerade adalah salah satu ras kucing yang berasal dari Rusia. Kucing ini merupakan kucing hasil persilangan antara kucing Siam dan juga kucing Siberia, karena hal inilah kucing ini disebut sebagai kucing varian warna poin dari kucing Siberia yang berbagi banyak karakteristik dengan kucing ini.

Nama Neva Masquerade dari kucing ini berasal dari fakta bahwa kucing ini telah dibesarkan di sepanjang sungai Neva dekat Sankt Peterburg, dimana pada daerah ini banyak diadakan topeng pesta. Warna hitam atau abu-abu pada wajah kucing Neva Masquerade mirip dengan sebuah topeng yang dikenakan oleh peserta dari pesta topeng yang sering diadakan tersebut.

Jenis Ras Kucing Neva Masquerade

Kucing ini adalah kucing yang cantik dan juga unik, karena banyaknya permintaan untuk kucing maka banyak sekali breeder kucing yang secara eksklusif mengembangkan kucing ini pada masa tersebut. Dikatakan, mantan presiden Rusia yaitu Dmitry Medvedev pernah memiliki Neva Masquerade yang terkenal dengan nama Dorofei yang dinobatkan sebagai First Pet pada tahun 2008.

Meski beberapa organisasi kucing menganggap kucing ini hanya sebagai variasi dari kucing Siberia namun ada juga yang menganggap kedua ras kucing ini adalah kucing yang berbeda.Karena kucing ini sangat mudah bergaul dengan kucing lain atau hewan peliharaan lain, maka kucing ini akan sangat cocok untuk hampir semua keluarga yang suka dengan kucing. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Neva Masquerade

Kucing Siberia adalah jenis kucing yang dikembangkan secara sistematis sejak tahun 1980an dan tentu saja kucing ini juga dicintai oleh pecinta kucing di Amerika sejak tahun 1990. Neva Masquerade dikatakan tidak jauh berbeda dari kucing Siberia kecuali untuk titik poinnya, dan kisahnya juga mirip dengan cerita kucing Siberia.

Kucing berbulu panjang selalu menjadi bagian dari populasi kucing domestik luar yang ditemukan di Rusia dan Siberia, hal ini terjadi karena adanya penelitian yang dilakukan. Sementara beberapa ilmuwan mengasumsikan mutasi independen yang lain mengandalkan persilangan dengan hewan berbulu panjang dari Timur dan kucing domestik liar yang dihasilkan dengan kucing berbulu panjang.

Sejarah Ras Kucing Neva Masquerade

Nama Sibirskaja koschka atau kucing Siberia mengacu pada kucing domestik berotot dengan bulu subur yang mewah. Kucing berbulu panjang jarang ditemukan di Eropa hingga abad ke-19, karena hal ini maka tak heran jika kucing berbulu panjang dari Siberia ini menarik perhatian para pedagang dan pelancong dan didatangkan ke Eropa.

Kucing Siberia dideskripsikan dalam edisi Brems Tierleben pada awal tahun 1864 dan setelah itu mereka muncul secara menjamur di Eropa. Kucing ini juga merupakan bagian dari acara show kucing pertama yang diadakan di Crystal Palace, London pada tahun 1871. Setelah show ini, kucing ini pun terlupakan dengan berbagai alasan yang tersebar.

Situasi politik di Rusia melakukan satu hal yang membuat Rusia menghilang dari sejarah peternakan kucing untuk sementara waktu. Pada tahun 80an, kucing Siberia dan Neva Masquarade mengalami awal yang baru. Pengembangan eksperimental dimulai di GDR pada tahun 1986 dan pada tahun ini juga kucing berbulu panjang juga dipamerkan. Pada tahun 1987 jenis ras kucing yang disebut sebagai kucing Hutan Siberia secara resmi diakui.

Masih pada tahun yang sama yaitu 1987, sepasang dari kucing ini datang k Republik Federal Jerman. Setelah litter pertama terdaftar pada tahun 1989, ras ini menemukan semakin banyak penggemar dari dalam negeri dan juga luar negeri. Pada saat yang sama, pemuliaan secara sistematis untuk kucing ini dimulai di Rusia.

Dari pemuliaan sistematis yang dilakukan tersebut, spesimen pertama telah dikespor ke Amerika pada tahun 1990. Namun karena pada masa tersebut biaya import sangatlah tinggi dari Rusia maka hal ini membuat populasi kucing berbulu panjang di Rusia dan juga Amerika Serikat tetap relatif kecil.

Nama kucing ini diubah pada tahun 1991 dari Kucing Hutan Siberian menjadi kucing Siberia untuk membedakannya dengan lebih baik dari Kucing Hutan Norwegia atau kucing Norwegian Forest. Pada tahun 1992 ras ini secara resmi diakui oleh WCF (World Cat Federation) dan pada tahun 1998 diakui oleh Fédération Internationale Féline (FIFe).

Tergantung dari organisasi, ada varian kucing dengan warna poin yang dikenal sebagai kucing Neva Masquerade selama beberapa tahun telah dikembangkan secara mandiri. Dalam bahasa sederhana ini berarti hanya Neva Masquerade yang boleh dikawinkan satu sama lain dengan kucing Siberia.

Idealnya Neva Masquerade disilangkan dengan kucing Siberia, karena gen poin diturunkan secara resesif dan dengan deimikian dapat tetap terdeteksi dalam kumpulan gen selama beberapa generasi. Pada saat ini telah ada tes gen untuk mutasi poin sehingga peternak dapat mencari khusus pembawa gen poin yang populer ini.



Karakteristik Kucing Neva Masquerade

Neva Masquerade adalah kucing yang menarik, sebagai varian poin dari kucing Siberia mereka memiliki penampilan berbulu panjang dan tebal dengan kerah disertai jumbai pada telinganya. Tubuhnya berotot dan ekor lebat memberi Neva Masquerade penampilan kucing liar kecil, jadi tidak heran jika kucing Siberia dan Neva Masquerade termasuk dalam kucing hutan.

Terlepas dari warnanya, Neva Masquerade seharusnya tidak berbeda jauh dari kucing Siberia. Sebagai varian warna poin dari kucing ini, mereka memiliki berat hingga 9kg. Perkembangan kucing ini dikatakan lambat karena mereka baru memasuki usia matang ketika mereka berusia 3 tahun.

Karakter Ras Kucing Neva Masquerade

Bulu setengah panjang terdiri dari lapisan luar anti air yang kuat dan lapisan bawah yang mewah. Kerah tebal di sekitar kepala dan juga leher adalah penampilan khusus dari kucing ini yang menarik perhatian. Pada musim panas, Neva Masquerade akan kehilangan bulu lapisan bawahnya yang membuatnya menjadi terlihat lebih pendek dan kurang subur.

Jumbai bulu ada di telinga dan antara jari kaki kucing ini, ekor yang panjang dan lebat juga harus dipertahankan selama bulan musim panas. Seperti kucing Siberia, Neva Masquerade memiliki tengkorak agak bulat denga dahi membulat, mata besar berukuran sedang. Warna mata kucing ini harus beragam dan sesuai warna bulunya dengan warna biru cerah yang sering terlihat.

Skema warna membuat Neva Masquerade menjadi sesuatu yang istimewa dan menjadikannya satu-satunya kucing hutan dengan warna poin yang diizinkan. Dari pola warna poin yang ada pada kucing Neva Masquerade ini, ada beberapa varian warna yag perlu catlovers ketahui, yaitu:

  • Seal Point, memiliki warna dasar hitam yang terlihat pada ujung bodi yang dingin (telinga, muka, ekor, ujung kaki)
  • Blue Point dimana pada warna ini warna dasar hitam diencerkan menjadi biru (abu-abu) dan muncul di ujung titik kucing
  • Cokelat Point adalah kucing Neva Masquerade yang memiliki warna dasar cokelat
  • Cinnamon Point adalah warna dasar merah dari kucing Neva Masquerade yang hanya terlihat pada titik poin kucing
  • Fawn Point adalah warna dasar Cinnamon tampak melemah atau diencerkan menjadi Fawn
  • Lilac Point adalah nama yang diberikan untuk penipisan cokelat dan tentu saja warna lilac ini hanya akan terlihat di ujung titik kucing
  • Creme Point adalah pengenceran warna merah yang disebut dengan Krem, Neva Masquerade yang memiliki warna ini memiliki tampilan yang sangat ringan
  • Race Point adalah warna yang biasanya terdapat pada kucing Burma dan juga kucing Siam. Warna poin yang ini akan terlihat cerah dan semakin gelap seiring bertambahnya usia kucing.

Hampir sama dengan miripnya penampilan kucing ini dengan kucing Siberia, karakter kucing Neva Masquerade pun juga hampir sama dengan kucing Siberia. Karakter kucing Neva Masquerade dianggap tidak rumit namun juga tidak biasa, seperti kucing Siberia mereka diberkati dengan naluri yang baik dan tentu saja kucing ini merupakan pemburu yang baik juga.

Neva Masquerade sangat suka melompat, suka dengan air dan ingin berolahraga secara mental da juga fisik. Karena sifatnya ini maka perumahan atau rumah dengan lahan kecil hampir tidak ideal untuk memelihara kucing ini. Mereka adalah kucing yang cerdas dan juga memiliki rasa ingin tahu yang besar, dengan memperhatikan hal ini maka catlovers tentu paham jika perawatan yang konsisten harus diberikan pada kucing ini.



Perawatan Kucing Neva Masquerade

Pada masalah perawatan kucing Neva Masquerade mungkin akan termasuk dalam kategori sedang, seperti biasa dalam hal perawatan bulu atau utuk menjaga kesehatan bulu kucing, penyisiran atau penyikatan mingguan perlu dilakukan untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, hal ini mungkin akan agak susah pada awalnya karena kucing berlum terbiasa, namun seiring bertambahnya perawatan ini kucing akan menjadi terbiasa dan mudah untuk dipotong kuku atau cakarnya. Usahakan melakukan hal ini sejak kucing masih kecil, karena dengan begitu begitu kucing dewasa tidak perlu membiasakan kucing kembali.

Perawatan Ras Kucing Neva Masquerade

Selalu periksa seluruh anggota tubuh kucing, awali dengan menjaga kebersihan gigi kucing yang memang terkenal jarang dibersihkan. Membersihkan gigi kucing dengan teratur akan mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi), jadi meskipun jarang usahakan untuk membersihkan gigi kucing sesekali.

Periksa kebersihan gigi kucing setiap minggu, telinga kucing yang kotor bisa mengekibatkan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing dengan hati-hati dan teliti, lakukan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat kutu pada kucing untuk membuat kucing terhindar dari kutu dan juga beberapa penyakit kulit lainnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing (ada berbagai macam merk untuk obat ini) selain bisa membasmi kutu, obat ini juga bisa membasmi telur kutu yang ada pada tubuh kucing.

Sesuai dengan spesiesnya, nutrisi adalah jaminan terbaik untuk kesehatan kucing dan membuat kucing memiliki umur yang panjang. Sebagai karnivora, kucing sangat bergantung pada makanan yang tinggi protein sehat, hal ini dikarenakan kucing hanya bisa memanfaatkan sebagian kecil karbohidrat. Jadi berikan makanan yang bagus dan sesuai dengan kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksin. Vaksin pada kucing berguna untuk memberikan daya tahan terhadap beberapa virus tertentu yang bisa membahayakan nyawa kucing, karena itu vaksinasi merupakan hal yang sangat penting. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Neva Masquerade

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing murni yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun ras kucing hasil dari persilangan pasti bisa memiliki potensi mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Kucing Neva Masquerade umumnya adalah kucing yang sehat dan kuat, selain itu kucing ini juga terkenal memiliki sedikit masalah terkait kesehatannya. Ini adalah jenis kucing berbulu panjang alami dengan tiga lapis bulu karena itu bulu kucing ini memiliki banyak masalah kerontokan. Meski bulunya tidak sering kusut, namun perawatan rutin diperlukan untuk ras ini.

Selain masalah lapisan bulu tersebut, dikatakan kucing ini juga menghasilkan lebih sedikit protein yang diketahui menyebabkan reaksi alergi dan telah ditemukan dari semua bulu kucing ini. Jadi mungkin bagi orang yang memiliki alergi terhadap bulu kucing, jenis kucing ini mungkin bisa menjadi latihan untuk meringankan alergi yang ada. 



Harga Kucing Neva Masquerade

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Neva Masquerade Import -
Harga Kucing Neva Masquerade Lokal -
Harga Kitten Neva Masquerade -
Harga Kucing Neva Masquerade Dewasa -

Pada beberapa situs yang ada, pembahasan mengenai harga hanya diberikan pada kucing Siberia dan tidak ada yang menyebutkan dengan jelas mengenai harga kucing Neva Masquerade. Karena hal ini maka saya tidak akan memberikan perkiraan harga untuk ras ini. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui informasi terkait hal ini maka silahkan menambahkannya pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Neva Masquerade, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Neva Masquerade"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel