Kucing Mokave Jag

Kucing Mokave Jag atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Jag Mokave merupakan ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat. Kucing ini adalah kucing yang memiliki penampilan seperti kucing liar pada umumnya, tentunya catlovers pasti pernah menjumpai kucing yang demikian, misalnya seperti kucing Bengal.

Mokave Jag adalah kucing pengganti yang aman untuk kucing liar seperti Caracal atau Serval yang dimana kucing tersebut masih bisa membahayakan dan tidak terduga. Meskipun kucing ini diciptakan dari persilangan hibrida Bobcat, Jungle Cat, Asian Leopard dan juga Serval, namun kucing ini dikembangkan untuk memiliki sifat lembut dan juga penyayang.

Jenis Ras Kucing Mokave Jag

Benyak sekali penggemar kucing dengan penampilan kucing liar dengan pola bintik atau totol seperti beberapa ras kucing yang sudah ada. Di Indonesia sendiri, kucing Bengal termasuk ras kucing paling favorit untuk kategori ini. Jag Cat yang masih sangat jarang dan langka mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya, jadi kurangnya informasi juga menjadi masalah tersendiri untuk hal ini.

Meski Jag Cat atau Rare & Exotic Feline Registry pada tahun 2005 memiliki penampilan yang liar, namun kucing ini datang dengan pelatihan untuk mencintai dan juga menyayangi sepanjang kehidupan mereka. Pada tahun 2005, Mokave Jag secara resmi telah diakui sebagai ras kucing baru oleh Rare & Exotic Feline Registry. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Mokave Jag

Mokave Jag dikembangkan pertama kali pada bulan Desember 2000 oleh Nora Scholin dari Mokave Cats Cattery. Mokave Jag merupakan gabungan sifat-sifat genetik yang tampak liar namun tidak agresif. Kucing ini adalah hasil persilangan dari Desert Lynx, Highland Lynx, Jungle Cat dan Asian Leopard Cat yang dikembangkan secara selektif dari generasi ke generasi sejak tahun 2001.

Kucing Mokave Jag adalah kucing hibrida eksotis yang mahal, dengan persilangan yang sudah dilakukan diatas dengan tambahan Serval sebagai persilangan terakhir. Kucing ini adalah kucing yang sangat besar dan indah, tentu saja untuk biaya adopsi kucing ini hampir bisa dipastikan akan mahal.

Para peternak yang mengembangkan kucing ini telah menghibridisasi kucing liar untuk menghasilkan kucing versi peliharaan yang lebih kecil dan hal ini seolah olah dilakukan untuk melindungi kucing liar dari penangkapan dan diubah menjadi hewan peliharaan yang bisa dipelihara dirumah dan memiliki sifat yang sesuai dengan hewan peliharaan pada umumnya.

Minimnya informasi dari kucing ini dan juga beberapa situs yang memhasanya membuat saya tidak bisa memberikan informasi tambahan lain seperti biasanya, naun yang jelas program pengembangan yang dilakukan ini dilakukan terhadap kucing liar tertentu dan tentu saja ini memiliki tujuan akhir yang baik. 



Karakteristik Kucing Mokave Jag

Mokave Jag adalah kucing yang sangat besar dan memiliki tampilan liar dengan kecerdasan yang tinggi dan juga isfat yang santai serta ramah. Karena memiliki ukuran yang besar maka kucing ini juga memiliki struktur tulang yang berat, dengan warnanya yang eksotis mengingatkan pada Jaguar dan meninggalkan nama Jag (mungkin kepanjangan dari Jaguar) pada kucing ini.

Beberapa fitur lain dari kucing ini adalah telinga Lynx yang memiliki jumbai bulu dengan bobtail alami yang menambah keunikan dari kucing ini. Pengambangan kucing Jag ini diawali dengan sifat sebagai hal utama karena kucing ini dimaksudkan untuk menjadi hewan peliharaan pendamping yang dapat ditempatkan dalam keluarga yang ada anak anak atau hewan peliharaan lain.

Karakter Ras Kucing Mokave Jag

Kepala Mokave besar, tampak berat sedikit panjang daripada lebar dengan tenggorokan berwarna putih. Telinganya berukuran sedang, meruncing dan menghadap kedepan (berjumbai). Matanya besar lebar, ada warna putih pada sekitar mata dengan warna mata biasanya hijau, hijau emas, dan ada yang berwarna biru pada kucing dengan warna Seal Lynx Point.

Mokave Jag memiliki hidung yang lebar dan rata, bisa berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Lehernya berotot dengan badan yang besar, terlihat kuat, proporsional, panjang dan tinggi dengan perut berwarna putih dengan bintik-bintik gelap. Kakinya kokoh dan berotot, dengan kaki belakang sedikit lebih panjang disertai bintik dan juga pembatas kaki.

Cakarnya besar dan lebar, kuku jari menonjol namun tidak ada polydactyl pada kucing ini. Ekornya panjang dan tebal namun bisa juga hadir dalam bentuk bobtail meski kucing Mokave Jag dengan ekor ini tidak begitu diinginkan. Berat rata-rata untuk Mokave Jag adalah 9kg namun juga ada yang bisa lebih berat lagi dan bisa mencapai 13kg keatas.

Mokave Jag memiliki bulu yang mewah, meski bisa hadir daam versi bulu panjang namun ukuran bulu yang panjang dikatakan tidak begitu diinginkan. Tekstur bulunya padat dan lembut yang terkesan seperti beludru dengan warna biru, cokelat keemasan, cokelat, red, snow dan polanya bisa rosetted gelap, marble dengan kontras warna tinggi antara pola dan warna bulunya.

Kucing ini adalah kucing yang cerdas, waspada, memiliki percaya diri tinggi, rasa ingin tahu yang besar, aktif namun juga menyenangkan, lembut dan juga sangat ramah. Dengan beberapa persilangan yang dilakukan secara selektif akhirnya kucing ini bisa memiliki penampilan seperti kucing liar dan memiliki kepribadian tersebut yang cocok sebagai kucing rumahan.



Perawatan Kucing Mokave Jag

Tidak disebutkan dengan jelas mengenai perawatan khusus yang harus diberikan pada kucing ini mulai dari perawatan normal dan sebagainya. Karena tidak ada informasi apakah perawatan kucing ini termasuk dalam ringan, sedang atau memerlukan perawatan khusus maka pada perawatan kali ini akan saya berikan cara merawat kucing normal seperti biasanya.

Untuk masalah perawatan bulu kucing, lakukan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Bersihkan bagian sela mata jika ada kotoran yang terlihat (seperti kucing Persia dan beberapa kucing lain).

Cara Merawat Ras Kucing Mokave Jag

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, pada awalnya hal ini mungkin akan sulit untuk dilakukan namun ketika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan menjadi mudah. Bersihkan gigi kucing jika memungkinkan, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kucing yang kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing jika ada kotoran yang terlihat, lakukan dengan teliti dan perlahan serta jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Pemberian obat anti kutu harus dilakukan supaya kucing menjadi bebas dari kutu dan juga beberapa masalah kulit lainnya. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing. Obat tersebut selain bisa membasmi seluruh kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi telur kutu yang ada.

Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk membuat kucing selalu terjaga kesehatannya adalah dengan memberikan vaksinasi pada kucing. Vaksin pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya, karena itu vaksin sangat dibutuhkan oleh kucing. Berikan vaksinasi dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Mokave Jag

Semua jenis ras kucing mulai dari ras kucing murni yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun ras kucing dari hasil persilangan pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Tidak ada informasi yang jelas tentang kesehatan kucing Mokave Jag ini, karena itu masalah kesehatan khusus yang bisa terjadi pada kucing ini juga tidak diketahui. Kebanyakan dari kucing yang memiliki keturunan liar selalu memiliki kesehatan yang baik, namun bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit sama sekali. Semua masalah kesehatan selalu bergantung pada perawatan dan juga pehatian yang diberikan, karena itu selalu berikan perawatan yang maksimal untuk kucing peliharaan catlovers sekalian.



Harga Kucing Mokave Jag

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Mokave Jag Import -
Harga Kucing Mokave Jag Lokal -
Harga Kitten Mokave Jag -
Harga Kucing Mokave Jag Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai harga kucing Mokave Jag ini, karena itu maka saya tidak akan memberikan perkiraan harga untuk ras kucing satu ini. Jika ada catlovers yang mengetahui informasi terkait hal ini maka silahkan menambahkan pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Mokave Jag, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Mokave Jag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel