Kucing Mojave Spotted

Kucing Mojave Spotted atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Bertutul Mojave merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat. Kucing ini diciptakan dengan tujuan melestarikan koloni kucing liar bertutul yang bertahan hidup di Gurun Mojave.

Kucing liar asli dari Gurun Mojave tersebut tidak bisa dijinakkan, bahkan kucing yang lahir di peternakan pun juga demikian. Banyak orang yang tertarik untuk melestarikan keindahan dari ras kucing ini. Upaya yang dilakukan adalah menyilangkan kucing ini dengan kucing Bengal, beberapa kucing dengan pola spotted, kucing polydactyl dan juga kucing domestik lainnya.

Jenis Ras Kucing Mojave Spotted

Persilangan yang dilakukan ini bertujuan untuk mempertahankan tanda liar dan untuk meningkatkan struktur tulang kucing. Ras ini mungkin memiliki ekor domestik penuh atau ekor pendek, selain itu mereka juga bisa memiliki kaki atau cakar polydactyl dan kode genetik dari kedua hal tersebut juga akan ditunjukkan jika kucing memiliki karakteristik ini.

Setiap generasi baru yang dihasilkan dari kucing Mojave Spotted dikatakan menjadi lebih eksotis dan juga lebih sayang kepada teman teman manusianya. Beberapa istilah yang bisa menggambarkan kucing ini adalah sangat cerdas, waspada, gesit, kuat, aktif, atletis, sibuk, sosial, mandiri dan juga beberapa istilah lain yang berkaitan dengan sifat kucing liar pada umumnya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Mojave Spotted

Mojave Spotted merupakan kucing yang dikembangkan dengan tujuan meletarikan kucing liar di Gurun Mojave. Pada awalnya kucing ini disebut dengan kucing gurun Mojave yang ditemukan pertama kali pada tahun 1980 oleh April Langford. Pada tahun tersebut, koloni kucing liar pertama ditemukan hidup dibawah semak gurun.

Semak yang ada pada gurun itu memiliki terowongan yang digunakan kucing untuk melindungi keturunannya dari iklim gurun yang keras. Tidak diketahui bagaimana cara terowongan tersebut digali, namun kemungkinan terowongan ini dibuat oleh hewan liar lain atau kucing tersebut sendiri.

Sejarah Ras Kucing Mojave Spotted

Kucing tersebut setidaknya memiliki enam kucing dewasa pada setiap koloninya yang ditemukan. Koloni pertama ditemukan disebuah kota kecil bernama Hesperia yang letaknya di California Selatan. Setiap kucing yang diamati memiliki pola bintik yang sangat spesifik termasuk struktur tubuhnya.

Warna warna pada kucing ini selalu memiliki variasi warna dari satu kucing ke kucing lainnya dan warna yang ada seperti warna perak, coklat, emas dan hitam agouti antara koloni kucing yang berbeda. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kucing-kucing ini bertahan hidup dengan memakan hewan kecil lain seperti burung, tikus gurun, kadal dan juga serangga.

Pada tahun 1984 ada anak kucing Mojave ditemukan ditinggalkan dibawah Juniper yang sedingin es pada musim dingin dan tentu saja kelaparan. Tampaknya pada musim dingin sumber makanan langkan dan induk kucing keslitan untuk menemukan makanan yang dibutuhkan.  Karena hal inilah induk menjadi tidak punya pilihan selain meninggalkan anak-anak mereka.

Litter pertama yang ditemukan ditempat tersebut diselamatkan dan dibesarkan dalam ruangan dengan menggunakan susu formula yang biasanya digunakan pada kucing karena tidak ada susu dari induknya. Setelah beberapa tahun kucing liar menjadi semakin langka, lalu pada tahun 1990 banyak orang berdatangan ke padang pasir tersebut dan membuat kucing ini menghilang secara perlahan.

Pada masa ini program penangkaran untuk melestarikan kucing Gurun Mojave sudah dimulai. Habitat kucing cantik ini telah menghilang tanpa jejak, jadi dengan mempertimbangkan hal ini, anak kucing yang diselamatkan dan dibesarkan sebagai hewan peliharaan ini telah membantu untuk melestarikan spesies tersebut.

Setiap generasi yang dilahirkan menjadi lebih eksoti dan lebih menyukai teman manusianya. Selama beberapa tahun terakhir, Mojave telah disilangkan dengan kucing Bengal, generasi Mojave lainnya dan juga kucing Polidactyl. Persilangan yang dilakukan ini mendapatkan kesuksesan besar dalam perkembangan kucing ini.

Bukan hanya karena pola bintik yang menjadi semakin menonjol, hasil persilangan dengan bengal memberikan Mojave kulit yang lebih lembut, cerah dan bercahaya. Bengal hanya menambahkan beberapa fitur untuk meningkatkan breed dalam masalah pola dan juga warna pada kucing ini.

Pada tahun 2007, Mojave menjadi kucing yang sesungguhnya dan tidak membutuhkan persilangan lagi dengan ras lain. Cattery kucing Chesire adalah satu-satunya yang menjadi pengembang ras kucing liar yang indah ini. Tidak ada breeder lain yang memiliki akses ke Mojave Spotted karena semua kucing yang menjadi program breeding telah disteril untuk mencegah pemula menggunakan kucing ini dengan cara yang bisa mengancam ras. 



Karakteristik Kucing Mojave Spotted

Mojave Spotted adalah kucing yang memiliki ukuran sedang hingga besar. Kaki belakang kucing ini lebih panjang daripada kaki depan, sangat berotot, kepala agak lonjong dan telinganya bundar dengan ukuran sedang hingga besar. Ekor kucing ini sangat bervariasi dari ukuran pendek sampai dengan sedang dan bentuk bobtal pun diijinkan untuk ras ini.

Kucing ini memiliki dagu yang membentuk garis lurus dengan bibir atas. Mata berbentuk oval besar, sedikit miring diujungnya dan berjauhan. Telinga berukuran sedang hingga besar, lebar pada pangkal dan ujungnya membulat dengan jumbai telinga juga diperbolehkan. 

Hidungnya lebar dan pendek, moncongnya persegi dengan bantalan kumis yang menonjol. Hidung Mojave memiliki warna solid seperti warna cokelat, hitam atau merah muda. Struktur tulang kuat, cakarnya lebar dan juga kokoh dan memiliki dua jari tambahan (biasanya ada dua jari tambahan) pada setiap cakarnya.

Bulu kucing Mojave berukuran pendek, kulitnya halus dan setiap helai bulunya memiliki tanda warna yang jelas pada warna dasar dan juga pada bintiknya. Ticked tidak bisa dhilangkan namun pola ini tidak begitu dominan, untuk warna dengan pola berbintik bisa hadir dalam pola rosetted, bintik, snow dengan warna kuning kecoklatan, silver, biru dan juga hitam.

Setiap generasi kucing yang dilahirkan menjadi lebih eksoti dan lebih sayang kepada teman manusianya. Beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan kucing ini meliputi sangat cerdas, waspada, gesit, kuat, aktif, licik, atletis, ingin tahu, sibuk, sosial, mencintai dan juga mandiri. Selain penggambaran tersebut Mojave juga suka dengan air dan berburu.



Perawatan Kucing Mojave Spotted

Tidak disebutkan dengan jelas bagaimana cara merawat Mojave Spotted atau tingkat perawatan untuk kucing ini termasuk rendah, sedang atau tinggi. Perawatan khusus yang diperlukan juga tidak ada informasi yang jelas, karena hal ini maka untuk masalah perawatan yang dibutuhkan akan dituliskan perawatan pada kucing normal pada umumnya.

Lakukan penyisiran atau penyikatan bulu mingguan untuk membantu kucing memelihara kesehatan bulunya. Penyikatan atau penyisiran digunakan untuk membantu kucing menghilangkan bulu mati pada tubuhnya dan juga merangsang pertumbuhan bulu baru supaya lebih cepat tumbuh kembali.

Cara Merawat Ras Kucing Mojave Spotted

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur jika memungkinkan, hal ini mungkin akan mudah jika kucing sudah dibiasakan sejak kucing masih kecil, namun ketika pemotongan baru dilakukan ketika kucing dewasa maka kemungkinan agak susah dilakukan.

Bersihkan gigi kucing jika memungkinkan, hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadi penyakit periodontal (infeksi gusi) pada kucing. Bersihkan gigi kucing setiap hari jika memiliki banyak waktu luang, jika tidak bisa maka bersihkan gigi kucing ketika ada waktu saja. Membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus sekali daripada tidak membersihkannya sama sekali.

Selalu periksa kebersiha telinga kucing, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing jika terlihat ada kotoran, lakukan dengan teliti, perlahan dan juga hati hati.

Pemberian obat kutu pada kucing sangatlah diperlukan untuk menjaga kucing untuk tidak terkena kutu atau penyakit kulit lain yang bisa mempengaruhi kesehatan bulu kucing. Obat kutu yang biasa digunakan untuk kucing biasanya adalah obat kutu tetes yang ditetekan pada tengkuk kucing, obat ini selain terkenal bisa membasmi kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi seluruh telur kutu yang ada.

Hal terakhir yang perlu diberikan untuk membuat kesehatan kucing lebih terjaga adalah vaksinasi. Vaksin pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus kucing yang berbahaya dan bahkan bisa membahayakan nyawa kucing, jadi berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap setahun sekali.



Kesehatan Kucing Mojave Spotted

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Tidak ada informasi yang jelas menyebutkan tentang kesehatan kucing ini, jadi masalah kesehatan khusus yang bisa terjadi pada kucing ini tidak diketahui secara pasti. Pada umumnya semua jenis kucing yang memiliki gen liar selalu memiliki kesehatan yang baik, namun bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit sama sekali. 



Harga Kucing Mojave Spotted

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Mojave Spotted Import -
Harga Kucing Mojave Spotted Lokal -
Harga Kitten Mojave Spotted -
Harga Kucing Mojave Spotted Dewasa -

Masih sama dengan beberapa jenis ras kucing lainnya, tidak ada informasi yang jelas mengenai harga Mojave Spotted ini, karena itu saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga untuk ras ini. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui informasi terkait hal ini maka silahkan menambahkan informasi yang ada pada kolom komentar supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi kucing Mojave Spotted kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Mojave Spotted"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel