Kucing Mohave Bobs

Kucing Mohave Bobs adalah ras kucing hasil persilangan antara kucing Desert Lynx dan juga kucing Selkirk Rex. Ras utama yang digunakan untuk menciptakan kucing ini adalah Desert Lynx dan persilangan yang dilakukan dengan menggunakan ras kucing Selkirk Rex dibuat khusus untuk menambahkan bulu keriting pada keturunannya.

Pada dasarnya Mohave Bobs adalah kucing Desert Lynx dengan bulu keriting, dengan tulangnya yang besar dan juga ekornya bobtail mirip seperti beberapa ras kucing lainnya. Mohave Bobs memiliki telinga yang berumbai, dengan pola tutul, ticked dan juga marble yang disukai oleh kebanyakan orang.

Jenis Ras Kucing Mohave Bobs

Kucing ini berasal dari Amerika Serikat. Dikatakan meski kucing ini memiliki pola yang mirip dengan kucing liar, namun gen kucing ini tidak berkaitan dengan gen kucing liar sama sekali. Beberapa tes DNA yang telah dilakukan membuktikan bahwa hal tersebut benar dan tidak ada bukti pasti kucing Mohave Bobs memiliki gen dari keturunan liar.

Ekor bobtail yang ada pada kucing Mohave Bobs dipercaya tidak mengandung gen dari Manx, namun kemungkinan gen tersebut berasal dari Pixie Bob.  Dikatakan gen bobtail yang dimiliki oleh kucing ini tidak berkaitan dengan kucing Manx, Japanese Bobtail dan juga beberapa jenis ras kucing lain yang memiliki ekor bobtail. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Mohave Bobs

Dikatakan persilangan antara kucing yang tidak terdaftar atau kucing ras murni dizinkan hingga 1 Januari 2013, namun persilangan yang dilakukan tersebut harus dipilih dengan cermat untuk melengkapi tipe keseluruhan dari kelompok breed Desert Lynx yang meliputi Desert Lynx, Highland Lynx, Mohave Bobs dan Alpine Lynx. Lalu setelah 1 Januari 2013 persilangan tidak diizinkan kecuali untuk kucing yang terdaftar di buku pejantan, buku dasar REFR atau registri lain.

Sejarah Ras Kucing Mohave Bobs

Mohave Bobs, Highland Lynx, Desert Lynx, dan Alpine Lynx adalah bagian dari kelompok breed Desert Lynx di Rare & Exotic Feline Registry. Dengan kata lain, Mohave Bobs, Highland Lynx, Desert Lynx, dan Alpine Lynx dapat dikawinkan bersama, dengan keturunan yang terdaftar sebagai berikut:

  • Semua anak kucing putih (termasuk bulu lurus dan keriting dan telinga lurus atau keriting) terdaftar sebagai Alpine Lynx.
  • Semua anak kucing non-putih dengan bulu keriting terdaftar sebagai Mohave Bobs.
  • Semua anak kucing non-putih dengan bulu lurus dan telinga lurus terdaftar sebagai Desert Lynx.
  • Semua anak kucing non-putih dengan bulu lurus dan telinga melengkung terdaftar sebagai Highland Lynx.

Telinga melengkung dari Highland Lynx disebabkan oleh gen dominan yang bisa melengkungkan telinga dan agak mengurangi ukuran telinga. Ketika persilangan dilakukan antara dua kucing ini, jika ada anak kucing dengan telinga yang lurus dihasilkan maka anak kucing tersebut tidak membawa gen apa pun untuk membuat telinganya menjadi melengkung.

Anak kucing non-putih tidak membawa gen untuk warna putih. Oleh karena itu jika ada peternak yang ingin mengembangkan Desert Lynx saja tidak perlu khawatir mendapatkan gen resesif bertelinga melengkung di Desert Lynx yang memiliki keturunan Highland Lynx.

Sedangkan peternak yang tidak mengembangkan kucing Alpine Lynx tidak perlu khawatir tentang anak kucing putih selama tidak ada orang tua atau induk yang merupakan Alpine Lynx. Bulu Keriting disebabkan oleh gen dominan, jadi peternak yang tidak mengembangkan Mohave Bobs juga tidak perlu khawatir dengan hal ini selama tidak ada indukan dengan bulu keriting.

Ada beberapa ras kucing yang diduga asal usulnya terkait dengan kucing hutan dan yang paling umum adalah kucing Pixie Bob serta breed dari keluarga Desert Lynx ini. Catatan yang ada menunjukkan bahwa tes DNA yang dilakukan pada kucing ini gagal menunjukkan DNA kucing hutan dan tidak ada bukti keturunan liar pada kucing ini.



Karakteristik Kucing Mohave Bobs

Mohave Bobs adalah kucing yang dikembangkan dengan menyilangkan dua ras kucing yang ada yaitu kucing Desert Lynx dan juga kucing Selkirk Rex. Ras utama yang digunakan untuk membuat kucing ini adalah Desert Lynx dan persilangan yang dilakukan dengan Selkirk Rex dibuat khusus untuk menambahkan bulu keriting unik pada kucing ini.

Pada dasarnya kucing Mohave Bobs adalah kucing Desert Lynx dengan bulu keriting yang bertulang besar, kuat, dan juga berotot. Kaki belakang kucing ini lebih panjang, telinga dan jari kaki mungkin berumbai (ada sisa bulu pada bagian tersebut) dengan ukuran kucing jantan yang lebih besar daripada kucing betina.

Mohave Bobs bisa memiliki dua versi ukuran bulu, yaitu panjang dan juga pendek. Kepalanya besar, lebar namun tidak bulat dengan telinga yang rendah dan moncong yang terlihat seperti hampir persegi. Bantalan kumis kucing ini terlihat menonjol, dagunya sejajar dengan kulit hidung yang lebar dan sejajar dengan sudut mata bagian dalam.

Telinga besar dan terpisah lebar dengan disertai bulu jumbai pada ujungnya (seperti kucing Maine Coon). Mata lebar dan besar serta ekspresif dengan bentuknya yang menjadikan kucing menjadi terkesan liar. Mereka memiliki ekor yang pendek atau mungkin bisa tidak memilikinya (seperti kucing Manx)

Secara resmi Mohave Bobs hadir dalam tiga pola bulu pada tubuhnya dan bisa hadir dalam berbagai warna seperti ebony, coklat kemerahan, coklat kekuningan, coklat, lilac, merah dan juga krem. Pola bulunya adalah kuning kecoklatan (ticked), tutul (spotted) dan juga seperti macan dahan (marble). Selain pola tersebut terkadang ada yang berwarna solid dan beberapa pola klasik seperti tabby, mackerel yang terkadang muncul.



Perawatan Kucing Mohave Bobs

Tidak ada informasi yang pasti dalam hal cara merawat kucing Mohave Bobs ini, namun jika perawatan yang diberikan sama dengan kucing pada umumnya maka saya akan menuliskan cara perawatan kucing umum seperti biasanya. Dalam informasi yang didapatkan, tidak ada perawatan khusus yang perlu diberikan, karena itu selebihnya mungkin akan lebih kedalam cara merawat kucing secara umum.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing untuk memastikan ada kotoran atau tidak, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan kemungkinan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites (kutu telinga kucing). Jika ada kotoran yang terlihat maka segera bersihkan, lakukan dengan teliti dan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Cara Merawat Ras Kucing Mohave Bobs

Untuk menjaga kucing dari penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing) maka kebersihan gigi kucing juga perlu diperhatikan. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, karena hal ini membutuhkan kebiasaan sejak dini maka jika dilakukan ketika kucing sudah dewasa maka mungkin akan sedikit susah. Biasakan kucing dengan hal ini, meski agak susah tetap usahakan meki hanya sebagian yang terpotong, lakukan dengan sering dan buatlah kucing menjadi terbiasa.

Supaya kucing tidak memiliki masalah tentang kutu pada tubuhnya maka pemberian obat anti kutu kucing juga perlu diberikan. Obat anti kutu pada kucing yang bagus biasanya adalah obat anti kutu kucing tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi kutu yang ada juga bisa membasmi seluruh telur kutu tersebut.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing supaya kucing memiliki kesehatan yang lebih terjamin adalah vaksin. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan kucing daya tahan terhadap beberapa virus tertentu yang bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Berikan vaksinasi sejak ini dan lengkap, setelahnya jangan lupa untuk memberikan vaksinasi ulang setiap tahunnya.



Kesehatan Kucing Mohave Bobs

Semua jenis ras kucing entah itu ras kucing murni yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun kucing hasil dari persilangan pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Tidak ada informasi yang jelas terkait masalah kesehatan pada kucing ini. Pada umumnya semua kucing pasti memiliki kesehatan yang baik, hal ini tergantung dari perawatan yang diberikan dan juga kondisi lingkungan yang ada. Banyak ras kucing yang dikatakan sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan, namun bukan berarti kucing tersebut tidak bisa sakit sama sekali.



Harga Kucing Mohave Bobs

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Mohave Bobs Import -
Harga Kucing Mohave Bobs Lokal -
Harga Kitten Mohave Bobs -
Harga Kucing Mohave Bobs Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai harga kucing Mohave Bobs, karena itu saya juga tidak akan memberikan perkiraan harga untuk jenis ras kucing ini. Jika ada catlovers yang mengetahui informasi terkait harga Mohave Bobs maka silahkan menambahkannya dikolom komentar supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Mohave Bobs, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Mohave Bobs"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel