Kucing Minuet

Kucing Minuet dulunya disebut dengan kucing Napoleon, namun karena nama tersebut menimbulkan kontroversi karena berhubungan dengan nama Pangeran maka nama tersebut kemudian diganti menjadi Minuet. Minuet adalah salah satu varian dari kucing munchkin yang berarti kucing ini juga memiliki kaki yang berukuran pendek.

Minuet merupakan kucing hasil persilangan antara kucing Munchkin dan juga kucing Persia, dari hasil persilangan ini maka Minuet memiliki kaki pendek yang didapat dari kucing munchkin dan juga wajah yang mirip seperti kucing Persia. Kucing ini berasal dari Amerika Serikat dan dikatakan pengembangannya dilakukan pada tahun 1990an.

Jenis Ras Kucing Minuet

Selain memiliki ukuran yang kecil dan kakinya yang pendek, kucing ini dikenal dengan bentuk tubuhnya yang bulat mulai dari bagian kepala, matanya yang besar, hingga bagian badan yang bulat. Semua hal tersebut didapatkan dari kucing Persia yang menjadi nenek moyang dari kucing ini.

Beberapa catlovers mungkin mengira dengan kaki pendek kucing ini maka kucing ini akan kesulitan dalam bergerak, namun hal ini salah besar. Minuet termaasuk kucing yang suka berlarian kesana kemari, bahkan kucing ini juga bisa melompat dengan baik meski berkaki pendek. Salah satu keunggulan kucing berkaki pendek adalah, dalam pemeliharaanya tidak membutuhkan tempat yang luas karena ukurannya yang kecil. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Minuet

Kucing Minuet dulunya dikenal juga dengan sebutan kucing Napoleon, namun karena nama ini menimbulkan beberapa kontroversi akhirnya nama kucing ini diubah menjadi minuet. Minuet adalah ras kucing hibrida yang dikembangkan dari kucing Munchkin dengan kucing tipe Persia seperti kucing Persia, Himalaya dan juga kucing Exotic.

Minuet berbagai sejarahnya dengan kucing Persia yang telah menjadi bagian dari kucing mewan ini sejak awal kemunculannya pada akhir abad ke-19 dan dengan kucing Munchkin modern yang berakar pada tahun 1983. Diawali dengan Sandra Hockendal yang menyelamatkan kucing berkaki pendek yang hamil dan diantara anak kucing tersebut juga memiliki kaki serupa.

Sejarah Ras Kucing Minuet

Perkebunan Sandra yang berada di Louisiana menjadi basis populasi kucing berkaki pendek yang dihasilkan dari gen Dwarfisme dominan. TICA mengakui kucing munchkin untuk status pendaftaran ras baru pada tahun 1994 dan status Chamionship pada tahun 2003 setelah melakukan pemantauan perkembangan dan juga kesehatan kucing ini dengan cermat.

Pada tahun 1966 seorang bernama Joe Smith dari Blueline Cattery mulai mengembangkan kucing Persia dengan kucing Munchkin. Joe adalah peternak kucing Basset Hound yang merupakan jenis anjing yang rendah, karena memiliki kesamaan maka Joe pun menjadi tertarik dengan kucing Munchkin dan juga genetikanya.

Dia ingin menciptakan jenis yang akan memiliki daya tarik universal dengan penampilan kaki yang pendek atau kaki yang lebih panjang. Joe memutuskan untuk menyebut ras yang akan dibuatnya Minuet setelah Minuet Bonaparte yang bertubuh pendek (dulunya Napoleon Bonaparte). 

Kucing Persia yang digunakan adalah kucing Persia yang mirip dengan boneka dengan hidung yang lebih panjang dari kucing Persia Modern dan memiliki ekspresi manis yang sangat terbuka. Pada tahun 2001 Joe menghubungi TICA dan breed baru ini ditambahkan kedalam daftar breed Eksperimental dan pada tahun 2002 Joe telah memenuhi kriteria untuk tahap pengembangan selanjutnya.

Breed ini kemudian masuk kedalam status Registered dan langkah ini adalah langkah penting untuk mengenali nama dan mulai berkembang untuk menuju stayus Championship. Dibutuhkan waktu yang lama dan juga kerja keras untuk mengembangkan jenis baru, dan tentu saja dalam prosesnya juga ada rasa frustasi dan sakit hati untuk mendapatkan jenis ras baru yag diterima.

Pada tahun 2008 Joe pindah ke proyek lain dan peternak kucing Minuet lainnya mengambil alih pengembangan untuk menuju pengakuan penuh tehadap ras ini. Sam Tate dari Wonderfulkitty Cattery dan juga Margie Gardner dari Creators terus mendorong breed ini depan dan melakukan pengembangan.

Mereka mempresentasikan breed ke dewan TICA pada September 2011 bahwa Minuet telah mencapai langkah selanjutnya yang didambakan dari Preliminary New Breed dan dapat atau bisa ditampilan pada sebuah show kucing dengan kelasnya sendiri yang efektif mulai Mei 2012.



Karakteristik Kucing Minuet

Dalam hal penampilan, hal pertama yang membuat kucing minuet menjadi kucing yang menarik adalah wajahnya yang manis dan juga kakinya yang berukuran pendek. Meski kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing Munchkin dan juga kucing Persia namun kucing ini adalah ras kucing yang berbeda dan memiliki tampilan khasnya sendiri.

Minuet memiliki kepala yang bulat degan mata yang besar. Berbeda dengan kucing Persia yang memiliki hidung yang pesek, kucing ini memiliki hidung yang lebih panjang seperti kucing Persia Sebelumnya. Sama seperti kucing Munchkin, Minuet memiliki versi standar (berkaki pendek) dan juga non standar (berkaki panjang seperti kucing pada umumnya).

Karakter Ras Kucing Minuet

Kata bulat adalah kata yang paling tepat untuk diasosiasikan dengan ras kucing ini. Kepalanya yang bulat seperti piring kue, mata besar seperti kelereng yang dipasang didalamnya, disertai dengan pipi dan juga moncong yang bulat juga. Telinga minuet berukuran sedang hingga kecil yang berkontribusi pada tampilan bulat yang dimiliki kucing ini.

Kucing ini memiliki tubuh bertipe semi cobby yang menambahkan kesan kebulatan dan otot-otot yang menutupi penekanan kebulatan ini. Minuet memiliki tulang yang kuat, kokoh dengan otot yang sangat baik dan tetap bugar karena sifatnya yang aktif menjaganya selalu beraktivitas sehingga menjaga kondisi tubuhnya tetap bagus.

Karena merupakan kucing hasil persilangan maka kucing ini pun juga memiliki sifat dari kedua indukan yang digunakan pada kucing ini. Dalam hal kepribadian kucing ini mirip dengan kucing Persia yang manis, jinak dan baik hati, mereka adalah kucing yang lembut, sangat penyayang dan berorientasi pada manusia.

Minuet memiliki kelembutan seorang Persia dan energi serta rasa ingin tahu yang besar dari Munchkin. Meski mata besar di wajahnya yang manis memberi mereka tampilan kepolosan total, namun rasa ingin tahunya ini membuatnya menjadi tergores. Jadi meski kucing ini lembut mereka juga memulai sendiri dalam hal aktivitas dengan berlarian kesana kemari dengan kecepatan yang sangat tinggi.



Perawatan Kucing Minuet

Dalam masalah perawatan, Minuet cenderung memiliki tingkat perawatan yang sedang namun hal ini juga tergantung dari panjang bulu yang dimiliki kucing ini. Minuet yang memiliki ukuran bulu pendek akan baik-baik saja dengan penyikatan atau penyisiran mingguan yang sama dengan kebanyakan kucing berbulu pendek lainnya.

Sedangkan untuk kucing Minuet yang memiliki bulu panjang perlu lebih sering untuk disisir atau disikat seperti dua kali seminggu untuk mencegah bulu kucing kusut ataupun kusam. Perawatan bulu ini dilakukan untuk mengurangi jumlah bulu mati pada tubuh kucing dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali dengan lebih cepat.

Cara Merawat Ras Kucing Minuet

Minuet termasuk kucing yang memiliki tingkat energi yang tinggi, karena itu kucing ini akan sering bermain dan melakukan berbagai macam aktivitas lainnya. Memberikan ruang yang cukup dan beberapa mainan seperti cat condo, cat tower sangatlah disarankan untuk membuat kucing ini bisa melakukan kegiatan hariannya dengan baik.

Pencegahan penyakit periodontal (infeksi gusi) pada kucing perlu dilakukan, karena itu kebersihan gigi kucing juga perlu dijaga. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah merupakan hal yang bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Selalu perhatikan bagian sela mata kucing, seperti yang catlovers ketahui bahwa kucing Persia selalu identik dengan kotoran pada sela matanya dan hal ini tentu saja bisa terjadi pada kucing Minuet. Bersihkan sela mata kucing ketika terlihat ada kotoran, ketika membersihkan usahakan menggunakan kain atau tisu yang berbeda untuk mencegah kemungkinan infeksi.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan kemungkinan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu kotoran pada telinga juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites. Jika telinga kucing kotor maka segera bersihkan, lakukan pembersihan dengan perkahan dan teliti dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Potong selalu cakar atau kuku kucing ketika terlihat mulai memanjang, hal ini seharusnya akan mudah jika sudah dibiasakan dari kecil, namun ketika hal ini baru dilakukan ketika kucing sudah dewasa maka beberapa usaha diperlukan untuk membuat kucing terbiasa.

Minuet yang memiliki dua versi bulu tentu saja masih bisa untuk terkena kutu dan beberapa penyakit kulit yang disebabkan kutu. Karena hal tersebut maka pemberian obat kutu pada kucing harus dilakukan supaya kucing terbebas dari hal ini. Obat anti kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi seluruh telur kutu yang ada.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaganya tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing akan memberikan ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang bisa membahayakan nyawa kucing, karena itu vaksinasi sangatlah penting untuk kucing. Berikan vaksinasi pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Minuet

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Minuet umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat, namun karena termasuk keturunan dari kucing munchkin dan kucing Persia maka beberapa masalah kesehatan terkait kedua kucing tersebut bisa terjadi pada kucing ini. Beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi atau terlihat pada kucing ini diantara lain adalah:

  • Katarak
  • Lordosis
  • Penyakit ginjal polikistik

Beberapa penyakit diatas adalah penyakit atau masalah kesehatan yang umum terlihat pada kucing ini, dan tentunya selain penyakit tersebut kucing ini masih bisa menderita penyakit umum lainnya seperti flu, jamur, dan lainnya. Oleh karena itu supaya kucing terjaga kesehatannya dan selalu dalam kondisi terbaik perawatan yang maksimal harus selalu diberikan.



Harga Kucing Minuet

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Minuet Import 42.000.000
Harga Kucing Minuet Lokal 20.000.000
Harga Kitten Minuet 14.500.000
Harga Kucing Minuet Dewasa 18.000.000

Dari beberapa situs yang membahas kucing minuet, biaya adopsi untuk kucing ini bisa mencapai $3.000 dan dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing minuet akan seperti harga diatas. Di Indonesia sendiri sudah lumayan banyak breeder kucing yang mengembangkan kucing ini, karena iu untuk masalah harga kucing ini sudah ada juga beberapa informasi.

Meski disini harga kucing ini sudah lumayan murah namun harga tersebut juga tergantung dari kualitas kucing itu sendiri, jika kucing minuet memiliki prodil dan juga warna yang bagus maka hampir bisa dipastikan biaya adopsi kucing tersebut pasti akan mahal. Demikian informasi mengenai kucing minuet kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Minuet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel