Kucing Minskin

Kucing Minskin adalah salah satu jenis ras kucing yang termasuk dalam varian kucing munchkin. Dari namanya tentu saja beberapa catlovers sudah bisa memperkirakannya bukan?  Kucing ini dihasilkan dari persilangan antara kucing munchkin dengan kucing Burma namun ditambahkan dengan kucing Sphynx dan Devon Rex dalam pengembangannya.

Dari hasil persilangan yang dilakukan tersebut maka muncullah kucing minskin yang memiliki kaki pendek dan juga tidak berbulu (termasuk varian dari kucing hairless). Tidak semua kucing minskin memiliki penampilan mirip kucing Sphynx, sebagian dari mereka memiliki bulu yang sama dengan Devon Rex yang masuk kedalam jenis kucing Rex.

Jenis Ras Kucing Minskin

Minskin sering digambarkan sebagai kucing yang eksotis dan mirip dengan alien karena memang kucing ini memiliki penampilan yang unik jika dibandingkan dengan kebanyakan kucing jenis lainnya. Jika catlovers merupakan penggemar dari kucing munchkin tentu saja akan tertarik dengan kucing ini karena kucing ini juga memiliki ukuran kaki yang pendek.

Meski ras kucing ini tergolong baru, namun kucing ini dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan para penggemar kucing. Belum banyak informasi yang bisa dikonfirmasi tentang kucing ini mulai dari masa hidup, kesehatan dan juga beberapa hal lainnya. Hal yang pasti adalah kucing ini sangatlah cerdas dan juga menggemaskan serta sangat cocok untuk kucing keluarga. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Minskin

Sejarah kucing Minskin dimulai pada tahun 1998 dimana pada tahun tersebut ada seorang yang bernama Paul Richard McSorley mulai melakukan pengembangan ras kucing Minskin di Boston, Massachusetts. Sama seperti kucing Siam yang memiliki warna terbatas, Paul membayangkan seekor kucing dengan kaki pendek dengan bulu yang lebih padat namun terbatas juga.

Dari gambarannya dia menginginkan kucing dengan bulu terbatas pada titik-titik tertentu seperti pada bagian wajah, telinga, kaki, ekor dengan tubuh yang dilapisi bulu lebih jarang daripada biasanya di leher dan juga perut. Dari gambaran tersebut Paul kemudian menyilangkan kucing Munchkin, Kucing Sphynx, kucing Burma dan kucing Devon Rex.

Sejarah Ras Kucing Minskin

Kucing Munchkin yang Paul gunakan adalah kucing Munchkin yang sudah mapan dengan kaki pendek dengan bulu normal. Karakteristik yang tidak berbulu diambil dari kucing Sphynx dengan gen resesif yang sehat dan terjadi secara alami. Pada daya tarik struktur, sifat, dan kualitas lain yang diinginkan, Paul juga menggunakan kucing Burma yang merupakan pemenang Penghargaan Internasional dan Devon Rex dalam pengembangan kucing yang dia inginkan.

Kucing Minskin pertama yang memenuhi tujuan dari Paul bernama Rory yang lahir pada bulan Juli tahun 2000. Rory yang merupakan hasil Minskin pertama juga disebut dengan TRT I Am Minskin Hear Me Roar. Setelah lahirnya Rory, pengembangan pada Minskin pun tetap dilanjutkan untuk mendapatkan persyaratan pendaftaran pada organisasi kucing.

Pada awal tahun 2005, ada sekitar 50 ekor kucing yang memebuhi visi dari kucing Minskin dan didaftarkan pada TICA atau The International Cat Association. Di tahun 2008 Minskin mendapatkan status PNB atau Preliminary New Breed dan tetap dilakukan pemantauan untuk mendapatkan status ANB atau Advanced New Breed. Ketika semua persyaratan terpenuhi dan dengan persetujuan dari BOD maka kucing Minskin akan mendapatkan pengakuan penuh dengan status Championship. 



Karakteristik Kucing Minskin

Minskin adalah kucing yang berukuran kecil hingga sedang, dengan tubuh semi cobby yang berotot, kepala yang bulat disertai moncong pendek lebar dengan bantalan kumis menonjol. Telinga kucing ini tergolong besar dan lebar pada bagian dasarnya, matanya bulat berjarak cukup jauh yang memberikan ekspresi waspada pada kucing ini.

Bulunya yang berjenis Rex dan jarang memberikan lapisan unik seperti titik-titik bulu pada bagian wajah, kaki, ekor dengan batang tubuh seperti kucing Kashmir yang lebih jarang dilapisi bulu. Karena memiliki penampilan yang unik dan berbeda dari kucing kebanyakan maka kucing Minskin pun sering mendapatkan sebutan sebagai kucing eksotis yang mirip dengan alien.

Karakter Ras Kucing Minskin

Kaki pendek yang dimiliki kucing ini pun menjadikan kucing ini menjadi sangat dekat dengan tanah, namun meski memiliki kaki yang pendek namun hal ini sama sekali tidak mengganggu pergerakan kucing ini untuk menjadi seekor kucing yang lincah, melompat ke tempat yang lebih tinggi dan beberapa gerakan lain yang bisa dilakukan kucing normal pada umumnya.

Jika catlovers adalah penggemar kucing Minskin maka catlovers pasti tahun defisini dari menggemaskan. Ras kucing yang langka ini memiliki bulu, bentuk kaki dan juga bentuk tubuh yang sangat identik dengan hal tersebut. Banyak orang yang suka dengan kucing selalu memilih kucing dengan penampilan yang eksotis dan hal inilah yang akan didapatkan dari Minskin.

Ras kucing Minskin akan sangat ideal sebagai kucing dalam ruangan, namun karena membawa karakter dari kucing Munckin dan juga kucing Sphynx maka kucing ini juga termasuk kucing yang suka bermain. Kucing ini sangat bersemangat dalam mempelajari hal-hal baru, selain itu karena kucing ini termasuk dalam kucing yang pintar maka kucing ini pun juga mudah untuk diajari.

Minskin adalah kucing yang ramah untuk dimiliki sebuah keluarga yang suka dengan kucing, karena ukurannya yang kecil maka kucing ini pun tidak memakan banyak tempat untuk dipelihara. Minskin juga mudah beradaptasi sangat baik dengan perubahan ukuran keluarga dan lingkungan, selain itu mereka juga tidak keberatan untuk berbagai ruang dengan hewan peliharaan lainnya.

Kucing ini adalah kucing yang berorientasi pada orang, mereka suka dibelai atau juga bisa menjadi kucing pangkuan. Karena hal ini maka Minskin pun dianggap sebagai jenis kucing yang ideal untuk orang tua yang membutuhkan persahabatan. Ukurannya yang kecil tidak mengganggu untuk mereka bersenang-senang.

Mereka adalah kucing yang ramah dan juga berani serta tidak akan menghindar jika ada orang asing (baik manusia ataupun hewan lainnya). Mereka akan suka dipeluk meski oleh anak anak, meski dalam hal ini pengawasan tetap dibutuhkan karena terkadang kucing ini juga bisa menjadi agresif ketika mereka merasa terancam atau bahaya.



Perawatan Kucing Minskin

Jika kebanyakan kucing memiliki tingkat perawatan yang rendah maka hal tersebut akan berbeda dengan kucing ini. Kucing Minskin memiliki tingkat perawatan diatas rata-rata, hal ini dikarenakan kulitnya dan kurangnya bulu pada bagian tertentu pada tubuhnya. Meski kucing ini membutuhkan latihan diluar ruangan namun paparan cahaya matahari bisa membuat kulitnya terbakar.

Sebaliknya, ketika cuaca sedang dingin kucing ini perlu dijaga untuk tetap hangat pada sebuah ruangan. Perawatan yang tepat pada bagian tubuhnya yang tidak berbulu juga perlu dilakukan karena kucing Minskin memiliki poteni untuk terkena jamur yang juga bisa terjadi pada kebanyakan kucing lainnya.

Cara Merawat Ras Kucing Minskin

Karena penyisiran tidak bisa dilakukan dengan sering maka memandikan kucing ini akan sangat membantu menjaga kesehatan kulitnya untuk tetap bersih dan lembut. Jenis shampo atau sabun yang digunakan bisa menggunakan untuk yang kulit sensitif atau juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter supaya mendapatkan merk yang cocok dan lebih tepat.

Mandikan kucing Minskin setidaknya dua hingga tiga kali seminggu, setelah selesai mandi hindari penggunaan pengering bulu yang panas untuk mengeringkan bulunya karena bisa membuat kulitnya terbakar. Cukup keringkan bulu kucing yang jarang ini menggunakan handuk atau lap bersih supaya tubuh kucing menjadi bersih.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi kebiasaan kucing mencakar perabotan rumah. Lakukan kebiasaan ini sejak kucing masih kecil, dengan begitu hal ini akan menjadi mudah untuk dilakukan karena kucing sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan kemungkinan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kucing yang kotor juga menjadi salah satu tanda kucing terkena earmites (kutu telinga kucing). Jika terlhat ada kotoran maka segera bersihkan telinga kucing, lakukan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Supaya kucing terhindar dari penyakit periodontal (infeksi gusi) maka kebersihan gigi kucing perlu untuk dijaga. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Sama seperti karnivora lainnya, kucing ini juga membutuhkan makanan yang kaya protein. Berikan makanan untuk kucing dengan kualitas yang bagus, jadwalkan pemberian makan dengan baik untuk menjaga berat badan kucing, sesekali berikan juga snack atau makanan kecil pada kucing untuk membuatnya tetap senang.

Meski minskin memiliki sedikit bulu pada tubuhnya bukan berarti kucing ini tidak bisa terkena kutu, jadi supaya kucing terbebas dari kutu berikan obat kutu pada kucing ini. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah berupa obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi kutu pada tubuh kucing juga akan membasmi seluruh telur kutu tersebut.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing supaya kucing lebih terjaga kesehatannya adalah vaksinasi. Vaksin pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan, selain itu vaksin juga akan membuat kucing memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan pemberian sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Minskin

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan beberapa penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing murni yang dalam pekembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Minskin umumnya adalah kucing yang sehat, pada tahun awal pengembangan kucing ini muncul beberapa laporan yang mengklaim dapat memiliki penyakit yang berkaitan dengan genetika berdasarkan anggota badan yang pendek dan kombinasi ukuran kepala yang normal.

Selang beberapa tahun setelahnya laporan tersebut, faktanya tidak ada satupun dari laporan tersebut yang terbukti. Namun hal yang berkaitan dengan kucing Sphynx dan juga Munchkin seperti penyakit Lordosis dan juga Pectusexcavatum tetap harus diperhatikan karena Minskin termasuk keturunannya. 



Harga Kucing Minskin

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Minskin Import 70.000.000
Harga Kucing Minskin Lokal 40.000.000
Harga Kitten Minskin 30.000.000
Harga Kucing Minskin Dewasa 35.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, harga perkiraan yang ada berkisar antara $1.500 sampai dengan $5.000, dari harga tersebut maka perkiraan harga kucing minskin akan mirip seperti harga diatas. Harga yang ada hanya perkalian dengan kurs sekarang, dan untuk kucing import belum ada penambahan biaya lain seperti biaya kirim dan juga karantina.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten karena harga tersebut hanyalah perkiraan saja dan harga kucing minskin asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing minskin kali ini, semoga informasi yang diberikan ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Minskin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel