Kucing Mekong Bobtail

Kucing Mekong Bobtail atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Ekor Bundel Mekong merupakan jenis ras kucing yang berasal dari Rusia. Mekong Bobtail termasuk jenis kucing yang alami yang artinya perkembangan kucing ini tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali.

Dulunya kucing Bobtail ini disebut atau dikenal sebagai kucing Thai Bobtail yang nama ini diambil dari Negara nenek moyang kucing ini berasal. Untuk saat ini ras kucing ini diberi nama Mekong Bobtail (Sungai Mekong) untuk secara alami didistribusikan ke seluruh Asia yang setelahnya kucing ini dikembangkan sebagai salah satu Breed kucing di Rusia.

Jenis Ras Kucing Mekong Bobtail

Ras kucing ini telah dianggap dan dikembangkan di Rusia dan setelahnya kucing ini masih terus dikembangkan disana pada masa tersebut. Pengambangan yang dilakukan juga menggunakan beberapa kucing Bobtail lainnya, dan kemungkinan ada kucing Siam yang ikut dalam proses pengembangan kucing ini (perkiraan saja).

Dulunya Mekong Bobtail termasuk diantara kucing kerajaan yang diberikan kepada Kaisar Rusia pada Abad ke-19. Dikatakan kucing Mekong Bobtail secara resmi diakui oleh Federasin kucing Dunia pada tahun 2004 yang berarti ras kucing ini tergolong masih baru karena diakui diatas tahun 2000. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Mekong Bobtail

Ras kucing Mekong Bobtail memiliki akar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan jika catlovers semua mencari tahu maka catlovers pasti menemukan bahwa kucing ini juga berkembang di negara-negara termasuk Cina, Irak, Laos, dan juga Vietnam. Mekong Bobtail adalah jenis ras kucing yang berasal dari Thailand.

Sejarah Ras Kucing Mekong Bobtail

Karena berasal dari Thailand maka tentu saja perkembangannya juga tersebar di wilayah Asia Tenggara. Di Thailand ada legenda dari Siam kuno yang berisi cerita tentang kucing cantik ini tentang kucing yang memiliki warna poin seperti siam yang dipadukan dengan ekor Manx yang unik.

Kucing ini memiliki kepopuleran yang bagus pada masanya, lalu dilanjutkan pada akhir abad ke 19 yang dimana pada masa tersebut ada 200 ekor kucing yang dianggap kerajaan diberikan kepada Nicholas II yang merupakan Tsar Rusia. Kucing tersebut diberikan kepadanya oleh Raja Siam, Chulalongkom dan banyak dari kucing-kucing ini memiliki ekor tertekuk yang lebih pendek dari kucing aslinya.

Kucing bobtail lainnya juga dibawa ke Rusia dari Asia Tenggara dan mereka adalah nenek moyang dari kucing Mekong Bobtail ini. Sampai tahun 1980an jenis ras kucing ini tidak terlalu dikenal oleh sebagian besar orang, akan tetapi seiring berjalannya waktu kepopuleran kucing ini menjadi lebih baik daripada masa kepopuleran sebelumnya.



Karakteristik Kucing Mekong Bobtail

Mekong bobtail adalah kucing yang berukuran sedang, seperti biasa, ukuran standar dari seekor kucing yang tepat mungkin akan berbeda. Kebanyakan dari kucing ini memiliki ukuran 4kg sampai dengan 5kg dan tentu saja ada ukuran yang bisa lebih besar dan juga lebih kecil dari rata-rata.

Kucing ini memiliki tubuh yang berbentuk seperti persegi panjang, berotot, elegan dan juga ramping. Kakinya memiliki ukuran panjang menengah dengan cakar yang berbentuk oval. Kepalanya tergolong bulat, dagu kuat dan moncong yang halus berbentuk oval. Mekong bobtail memiliki telinga yang besar, luas dan juga tinggi disertai mata yang besar dan berbentuk oval.

Sifat Ras Kucing Mekong Bobtail

Mekong bobtail memiliki ukuran bulu yang pendek, meski bulunya pendek namun bulu kucing ini relatif kuat. Bulunya mengkilap, dengan adanya lapisan bagian bawah pada bulu kucing ini yang cerah dan juga tipis maka perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga bulunya tetap sehat harus dilakukan lebih sering.

Sama seperti dengan ras kucing Siam, kucing Mekong Bobtail ini memiliki pola warna poin. Hal yang membedakannya dengan kucing Siam adalah bentuk ekornya yang pendek atau bundel dikarenakan mutasi genetik yang bisa dilihat dari namanya. Berat badan ras kucing ini bisa mencapai 2.5 sampai dengan 5.5kg dan tentu saja ada yang lebih berat dan juga ringan dari berat tersebut.

Mekong bobtail adalah makhluk sosial yang ramah dan juga suka menunjukkan kasih sayangnya pada pemiliknya. Meski pada umumnya kucing ini termasuk kucing yang pendiam, namun kucing ini memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka adalah kucing yang setia dan sangat suka berada dekat dengan sahabat manusianya.

Karena kucing ini memiliki kecerdasan yang bagus, setia dan juga bisa dilatih maka kucing ini pun juga sering dibandingkan dengan anjing. Mekong bobtail memiliki kepribadian yang baik, dia bisa rukun dengan anak anak, kucing lain dan bahkan juga hewan peliharaan lain seperti anjing.

Meski memiliki ekor yang pendek namun hal ini sama sekali tidak berpengaruh pada pergerakannya, Mekong bobtail adalah kucing yang lincah, atletis dan suka memanjat serta melompat. Karena hal ini maka dalam pemeliharaannya, kucing ini harus diberikan ruang dan juga mainan yang cukup untuk melepaskan energinya setiap hari.



Perawatan Kucing Mekong Bobtail

Dalam hal perawatan bulu kucing Mekong Bobtail bisa dianggap sebagai kucing yang memiliki tingkat perawatan yang rendah. Kucing berbulu pendek ini cukup disisir atau disikat bulunya seminggu sekali untuk membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati dan juga merasang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Ketika melakukan perawatan pada kucing, alangkah baiknya hal ini juga digunakan untuk menjadi lebih dekat dengannya. Dengan begitu maka ikatan antara kucing dan juga pemiliknya akan semakin terbentuk. Dalam hal iklim kucing ini dikatakan akan mudah beradaptasi, cukup berikan tempat teduh dan juga air yang bersih untuk kesehariannya.

Cara Merawat Ras Kucing Mekong Bobtail

Untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka kebersihan gigi kucing juga perlu diperhatikan. Kebersihan harian gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkan gigi kucing sama sekali.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing ketika ada waktu, telinga kucing yang kotor akan memiliki resiko adanya infeksi akibat penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kucing kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites (kutu telinga kucing). Jika terlihat ada kotoran maka segera bersihkan, lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Lakukan pemangkasan kuku atau cakar dengan teratur, hal ini mungkin akan sulit pada awalnya, namun ketika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan menjadi mudah. Kebiasaan ini perlu dilakukan sejak dini, jika hal ini sudah dilakukan ketika kucing masih kecil maka hal ini bukanlah masalah besar, namun jika dilakukan pada kucing yang sudah dewasa maka tunggulah sampai kucing terbiasa.

Kucing Mekong Bobtail adalah kucing yang memiliki tingkat energi yang tinggi, karena itu dia akan lebih suka bermain, berkeliaran dilingkungan rumah dan melakukan apapun. Dengan tingkat energinya yang tinggi maka sebaiknya kucing ini diberikan ruang bermain yang cukup dan juga beberapa mainan yang bisa membuatnya sibuk, dengan begitu kucing ini bisa melakukan aktivitas harinnya dengan seharusnya.

Supaya kucing terbebas dari kutu dan juga beberapa masalah kulit lainnya maka pemberian obat anti kutu pada kucing perlu dilakukan. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi seluruh kutu yang ada juga bisa membasmi telur kutu tersebut.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaganya supaya tetap sehat adalah dengan memberikan vaksinasi. Vaksin pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan pada kucing terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya. Karena itu dengan memberikan vaksin pada kucing maka kucing akan memiliki ketahanan tubuh yang bagus dan memiliki umur lebih panjang daripada biasanya.



Kesehatan Kucing Mekong Bobtail

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetic entah itu ras kucing hasil persilangan ataupun ras kucing murni yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Pada umumnya kucing Mekong Bobtail dianggap sebagai kucing yang sehat, akan tetapi kucing ini beberapa masalah kesehatan umum dan sering terlihat, yaitu masalah pada bagian mata dan juga masalah pencernaan. Selain masalah tersebut tentu saja beberapa penyakit umum lain masih bisa terjadi pada kucing ini, jadi perawatan yang maksimal sangat diperlukan.

Hal yang dikhawatirkan selanjutnya adalah mengenai pemendekan ekor yang disebabkan kelainan bentuk pada ujung tulang belakang (mutasi). Gen yang bertanggung jawab atas pendeknya ekor ini memiliki kemungkinan untuk menjadikan masalah pada tulang belakang atau syaraf yang ringan sampai parah. Masalah ini memang hanya kemungkinan dan tidak sering terlihat pada kucing berekor pendek. 



Harga Kucing Mekong Bobtail

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Mekong Bobtail Import 15.000.000
Harga Kucing Mekong Bobtail Lokal 10.000.000
Harga Kitten Mekong Bobtail 6.500.000
Harga Kucing Mekong Bobtail Dewasa 8.000.000

Dari informasi yang didapat dari situs yang membahas kucing Mekong Bobtail ini, harga kucing ini berkisar antara $1.000 dan dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing Mekong Bobtail akan seperti harga diatas. Harga tersebut hanyalah herga perkiraan saja, jadi jangan menjadikannya sebagai harga paten karena harga kucing Mekong Bobtail asli bisa lebih mahal atau lebih murah.

Harga yang tertera hanya harga dengan kurs 14.000, jadi untuk kucing import tidak ada penambahan biaya lain-lain seperti biaya pengiriman, biaya karantina dan biaya lain yang tidak diketahui. Demikian untuk informasi kucing Mekong Bobtail kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Mekong Bobtail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel