Review Makanan Kucing Cleo Adult Tuna

Halo catlovers semuanya :), pada artikel kali ini kunucats kembali akan memberikan review untuk salah satu merk makanan kucing kembali. Jika pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan review pada Cleo Kitten dan juga Cleo Persian maka pada artikel ini yang akan diberikan review adalah Cleo Adult Tuna atau Cleo Tuna yang dikhususkan untuk kucing dewasa.

Makanan kucing adult atau dewasa adalah makanan kucing yang dikhususkan untuk kucing dengan usia diatas 1 tahun, sedangkan kucing yang usianya masih dibawah 1 tahun digolongkan kedalam kategori kitten. Meski makanan ini dikhususkan untuk kucing dewasa namun bukan berarti makanan ini tidak bisa diberikan pada kitten ya catlovers.

Nutrisi kebutuhan antara kucing dewasa dan kucing kecil tentu saja berbeda, dan tentunya kebutuhan nutrisi kitten lebih besar. Inilah sebabnya kenapa makanan kucing yang dikhususkan untuk kitten atau kucing yang masih kecil selalu memiliki harga yang lebih mahal daripada makanan kucing dewasa. Pemberian makanan dewasa bisa dilakukan untuk kitten, namun kemungkinan besar nutrisi yang ada akan kurang untuk pertumbuhannya.

Secara penampilan, warna kibble dan beberapa hal kecil lain makanan Cleo Tuna ini terlihat sangat mirip dengan Meo Tuna yang sama sama dikhususkan untuk kucing dewasa. Jika salah satu dari catlovers pernah menggunakan Meo Tuna maka catlovers pun juga pasti memiliki pendapat demikian. Lalu bagaimana efek setelah diberikan pada kucing dan apa yang terjadi? Silahkan simak review lengkapnya dibawah ini.

Kemasan Makanan Kucing Cleo Tuna

Kemasan Makanan Kucing Cleo Tuna 7kg

Makanan Kucing Cleo Tuna 7kg

Makanan Kucing Khusus untuk Kucing Dewasa

Pada review makanan kucing kali ini kemasan yang digunakan masih tetap sama menggunakan kemasan 7kg untuk Cleo Tuna ini. Seperti biasa, kenapa harus menggunakan ukuran besar dan tidak menggunakan kemasan kecil atau kemasan repack dari cleo cat food ini? Supaya informasi yang didapatkan jelas, efek pada kucing juga terlihat dan sekalian untuk digunakan pada kucing yang ada.

Jika review menggunakan kemasan kecil maka hasil yang didapatkan akan terbatas dan kurang maksimal menurut saya pribadi, jadi jika harus memilih maka untuk review makanan kucing kemasan yang digunakan minim adalah 2 kg untuk 1 ekor kucing dalam sebuah review. Hal ini bisa dilakukan untuk makanan kucing umum, jadi berbeda dengan makanan kucing untuk suatu keluhan tertentu seperti masalah pencernaan, urinari dan lainnya.

Bentuk Makanan Kucing Cleo Tuna

Kibble atau Biskuit Cleo Tuna

Bentuk kibble atau biskuit dari Cleo Tuna ini tergolong besar karena memang makanan ini dikhususkan untuk kucing dewasa. Berbeda dengan bentuk makanan untuk kitten yang cenderung memiliki ukuran kecil, ukuran ini besar namun pipih atau gepeng. Untuk bentuk makanan kucing khusus kitten catlovers bisa lihat pada artikel review sebelumnya yang bisa catlovers baca dengan klik link dibawah ini.

Review Meo Kitten Ocean Fish untuk Kucing Kecil

Berbeda dengan kebanyakan kibble yang dimiliki merk lain, kibble dari Cleo Tuna ini berwarna mewah. Kebanyakan merk lain selalu cokelat muda sampai dengan gelap atau merupakan warna umum dari sebuah kibble makanan kucing, namun yang ini berwarna lain (kemungkinan besar menggunakan pewarna) yang saya pribadi kurang menyukainya.

Kandungan dan Bahan Makanan Kucing Cleo Tuna

Kandungan dan juga bahan yang saya tuliskan disini merupakan kandungan dan bahan yang tertera pada kemasan makanan kucing ini. Supaya informasi yang diberikan jelas selalu perhatikan gambar yang ada karena keterangan pada setiap gambar akan diberikan pada bawahnya.

Review Cleo Adult Tuna Cat Food

Cleo Adult Tuna adalah makanan kucing yang dikhususkan untuk kucing dewasa yang memberikan kombinasi dari rasa dari bahan baku yang terbaik dan diperkaya dengan nutrisi lengkap juga seimbang. Aroma dan rasa dari ikan tuna yang lezat tentunya akan membuat kucing menjadi senang. Diformulasikan dengan omega 3 dan 6 serta protein pendukung untuk pertumbuhan otot dan nutrisi esensial untuk kesehatan kulit dan kilau dari bulu. Rasanya yang menggugah selera dan juga lezat pasti akan membuat kucing suka dan enggan untuk beralih ke produk lainnya.

Harga Cleo Adult Tuna Cat Food

  • Taurine dan Vitamin A yang ditambahkan pada makanan kucing ini berguna untuk kesehatan mata dan jantung.

Kelebihan Cleo Adult Tuna Cat Food

  • Cleo Tuna juga mengandung Vitamin dan Mineral esensial untuk kebutuhan dari kucing itu sendiri.

Varian Cleo Adult Tuna Cat Food

  • Kandungan Omega 3 dan 6 pada makanan ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan juga kilau dari bulu
  • Serat yang ada memiliki berbagai jenis dan berguna untuk mendukung kesehatan pencernaan dari kucing

Komposisi Cleo Adult Tuna Cat Food

Petunjuk Pemberian Makan pada Kucing
  • Untuk kucing dengan berat 2 sampai dengan 3kg, aktivitas normal diberikan 35-40gr sedangkan untuk aktivitas tinggi diberikan 45-50gr
  • Untuk kucing dengan berat 3 sampai dengan 4kg, aktivitas normal diberikan 44-45gr sedangkan untuk aktivitas tinggi diberikan 55-65gr
  • Untuk kucing dengan berat 4 sampai dengan 5kg, aktivitas normal diberikan 60-70gr sedangkan untuk aktivitas tinggi diberikan 70-80gr
  • Untuk kucing dengan berat 5 sampai dengan 6kg, aktivitas normal diberikan 75-85gr sedangkan untuk aktivitas tinggi diberikan 85-95gr
  • Untuk kucing dengan berat diatas 6kg, aktivitas normal diberikan 90-100gr sedangkan untuk aktivitas tinggi diberikan 100-110gr

Aturan pemberian makan atau porsi yang diberikan ini hanyalah sebagai referensi, untuk pemberian catlovers pada kucing dirumah silahkan memperhatikan kondisi kucing dan aktivitas kucing yang ada.


Kandungan Cleo Adult Tuna Cat Food

Komposisi Cleo Adult Tuna
  • Tepung ikan tuna
  • Tepung ayam
  • Jagung
  • Beras
  • Tepung kedelai
  • Tepung jagung
  • Minyak ikan
  • Minyak ayam
  • Ragi
  • Prebiotik
  • Taurin
  • Vitamin dan mineral
  • Antioksidan
  • Pewarna Makanan

Nutrisi Cleo Adult Tuna Cat Food

Nilai Gizi Terjamin Cleo Tuna

  • Protein 30%
  • Lemak 9%
  • Serat 5%
  • Abu 10%
  • Kalsium 1%
  • Fosfor 0.5%
  • Kadar Air 10%
  • Kandungan Kalori (ME terhitung) 4101 kcal/kg

Semua kandungan yang tertera diatas bersifat kurang lebih dan sudah diformulasikan untuk memenuhi standar pada kucing serta sudah disahkan oleh AAFCO.

Karena pada kemasan sudah dalam bahasa Indonesia maka penulisan yang ada menjadi lebih mudah, beberapa kata yang ada agak sedikit dirubah untuk mempermudah semua catlovers untuk membacanya.

Harga Makanan Kucing Cleo Tuna

Keterangan Harga
Harga Cleo Tuna 7kg 195.000
Harga Cleo Tuna Freshpack 1.2kg 42.000
Harga Cleo Tuna Repack 1kg 32.000
Harga Cleo Tuna Repack 500gr 16.000

Harga Cleo Tuna diatas bisa berbeda antara daerah satu dengan yang lain, jadi jangan menjadikan harga tertera diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja. Supaya catlovers semuanya lebih jelas mengenai harga makanan kucing ini silahkan catlovers bertanya pada petshop yang ada di sekitar catlovers semua. Pembelian untuk Cleo Adult Tuna ini sama dengan petshop yang menjual Cleo Persian pada review sebelumnya, jadi kemasannya tidak dipotong untuk mendapatkan potongan harga. 

Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Cleo Tuna

Kelebihan

  • Ada kandungan taurine yang bagus untuk kesehatan mata kucing
  • Mengandung banyak vitamin yang berguna untuk kucing
  • Kandungan omega 3 dan 6 sangat baik untuk bulu dan kulit kucing
  • Serat yang ada pada makanan ini sangat baik untuk pencernaan kucing
  • Mudah didapatkan karena banyak yang menjual makanan kucing ini
  • Harganya sangatlah murah dibandingkan makanan kucing sekelasnya
  • dan juga beberapa kelebihan lain seperti yang tertera pada kemasan

Kekurangan

  • Ada kandungan pewarna
  • Tidak ada kandungan Yucca Esktrak yang terkenal bisa mengurangi bau kotoran kucing

Kesimpulan

Pada review makanan kucing kali ini kucing yang digunakan adalah Sunnie yang merupakan kucing indukan yang baru saja melahirkan. Bagi semua catlovers yang ingin melihat kucingnya seperti apa dan juga parent stock juga perlengkapan yang saya gunakan dalam merawat kucing maka silahkan berkunjung ke video dibawah ini.

Karena kedepannya review makanan kucing akan dijadikan 2 versi yaitu dalam artikel pada blog dan juga video pada channel youtube maka bagi catlovers semuanya yang belum SUBSCRIBE silahkan subscribe terlebih dahulu supaya tidak ketinggalan informasi, selain itu jangan lupa juga untuk LIKE, SHARE  dan memberikan komentar.

Sunnie yang digunakan dalam review makanan Cleo Tuna ini merupakan kucing NS Gaelic yang baru saja melahirkan beberapa anak. Beberapa orang ada yang berpendapat bahwa kucing yang sedang menyusui sebaiknya diberikan makanan untuk kitten supaya perkembangan anak kucing menjadi lebih baik, namun karena pada review sebelumnya penggunaannya bersamaan akhirnya Sunnie lah yang digunakan untuk Cleo Tuna ini.

Baca Juga : Review Makanan Kucing Cleo Persian

Pada saat membuka kemasan pertama kali rasanya seperti nostalgia ketika membuka kemasan dari Meo Tuna, selain baunya yang hampir sama, warnanya pun juga demikian. Hal yang membedakan kedua makanan ini adalah bentuknya, bentuk dari Cleo Tuna ini mirip dengan bunga yang bisa catlovers lihat penampakannya pada gambar di bagian atas.

Menurut pengalaman saya pribadi, ketika menggunakan makanan kucing khusus dewasa, kebanyakan pup kucing yang diberikan makanan ini akan menjadi bagus dan ini sudah saya buktikan pada beberapa kucing pada penggunaan sebelumnya dengan merk yang berbeda. Sebelum penggunaan makanan ini pup dari Sunnie bisa dikatakan normal, tidak lembek namun juga tidak padat sekali.

Catatan untuk catlovers semuanya, sebelum melakukan pergantian makanan kucing alangkah baiknya catlovers melakukan transisi makanan kucing terlebih dahulu supaya pencernaan kucing bisa dengan mudah terbiasa dengan makanan baru. Meski dalam setiap pergantian makanan kucing selalu diare, namun dengan transisi yang diberikan akan bisa mengurangi beban pada pencernaannya.

Baca Juga : Cara Mengganti Makanan Kucing dengan Transisi

Hal yang tidak bisa saya pastikan dengan pasti adalah masalah kesukaan kucing terhadap makanan ini. Karena posisi kucing sedang hamil maka tentu saja nafsu makan kucing menjadi lebih besar dari biasanya, karena itu setiap makanan yang diberikan pun langsung dihabiskan. Bahkan terkadang saya juga memberikan porsi tambahan yang juga langsung dihabiskan.

Pada awal pemberian kucing mengalami sedikit diare yang hanya berlangsung selama dua hari saja, dan setelah penggunaan selama seminggu maka seperti yang sudah saya bahas diatas. Pup kucing menjadi lebih baik, padat dan tentu saja mudah untuk dibersihkan. Untuk penampakan pup kucing setelah satu minggu penggunaan bisa catlovers lihat pada gambar dibawah ini.

Review Makanan Kucing Cleo Cat Food

Warna pup kucing tidak berubah meski makanan berwarna merah, jumlahnya juga tidak banyak, namun satu hal yang agak berbeda adalah jumlah pip kucing yang saya rasa menjadi semakin banyak (mungkin juga efek sedang menyusui). Selain hal tersebut tidak ada perubahan yang bisa dilihat dengan jelas, kerontokan bulu juga terjadi namun jumlahnya sangat sedikit dan masih dalam tahap wajar menurut saya.

Sampai saya menulis artikel ini, kucing masih mengkonsumsi makanan ini juga dan sampai saat ini tidak ada masalah yang terjadi. Hal positif yang bisa diambil pada review ini sangatlah terbatas karena proses menyusui dari kucing sendiri. Kondisi berat badan kucing tentu saja berkurang dan kucing menjadi sangat suka makan pasti karena sedang menyusui.

Karena hal inilah efek dari makanan ini pada kucing tidak begitu terlihat mulai dari efek penambahan berat badan, efek pada bulu, kesukaan kucing terhadap makanan dan beberapa hal lainnya. Hal yang jelas, anak kucing yang disusui semuanya dalam kondisi sehat, semuanya tumbuh dengan normal dan beberapa anak kucing juga sangat gemuk.

Dengan harganya yang sangat miring sekali jika dibandingkan dengan makanan  kucing sekelasnya, mudahnya mendapatkan makanan ini karena hampir semua petshop menjualnya dan tentu saja banyak yang sudah menggunakan makanan ini maka saya secara pribadi merekomendasikan makanan ini untuk catlovers yang memiliki kucing dewasa. Hasil review ini tidak ada penambahan apapun dan apa adanya, hasil akhir mau menggunakan atau tidak, semuanya tergantung keputusan catlovers sendiri.

Review Cleo Adult Tuna dari Catlovers

Jadilah catlovers pertama yang memberikan review tambahan tentang makanan kucing cleo tuna atau cleo adult tuna dengan berkomentar tentang pengalaman menggunakan makanan kucing ini dikolom komentar dibawah

Hal yang selalu catlovers harus perhatikan adalah, semua kucing pasti memiliki perbedaan mulai dari selera makan, pencernaan dan lainnya. Karena itu, hasil dari review ini bisa menjadi tidak sama dengan penggunaan catlovers pada kucing yang ada dirumah. Jadi, cukup jadikan kesimpulan dari review ini sebagai referensi saja untuk pemilihan merk makanan kucing yang akan digunakan.

Untuk kedepannya mungkin review akan dibuat dalam 2 versi yaitu dalam blog ini dan juga channel youtube dari Kunucats. Jadi supaya tidak ketinggalan update terbaru silahkan SUBSCRIBE channel Youtube KUNUCATS. Demikian untuk review makanan kucing Cleo Adult Tuna kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Review Makanan Kucing Cleo Adult Tuna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel