Kucing Manx

Kucing Manx adalah jenis ras kucing yang berasal dari Isle of Man dimana kucing ini telah mengalami mutasi alami yang membuatnya memiliki bentuk ekor pendek yang berbeda dari kucing kebanyakan. Meski beberapa kucing juga memiliki ekor yang pendek, namun kucing Manx paling dikenal sebagai kucing yang tidak memiliki ekor.

Bentuk ekor yang dimiliki oleh Manx ini menjadikan karakteristik unik dari kucing ini yang menjadikan kucing ini dikenal oleh banyak orang. Sebenarnya kucing ini memiliki dua versi bulu yaitu panjang dan juga pendek, namun untuk yang berbulu panjang telah diakui sebagai ras kucing yang terpisah yaitu kucing Cymric.

Jenis Ras Kucing Manx

Pada masanya, kucing ini dihargai karena keterampilan berburu yang mereka miliki. Karena kemampuannya ini maka kucing ini pun menjadi sering dicari oleh para petani yang memiliki masalah dengan hewan pengerat. Manx (m æ ŋ k s) pada jaman dahulu sering dieja dengan Manks.

Ada istilah lama yang menyebutkan bahwa kucing dari pulau asal Manx selalu memiliki sifat keras kepala atau Rumpy, karena hal ini maka Manx juga dikenal sebagai kucing Rumpy. Kucing ini telah dipamerkan pada sebuah show kucing sejak tahun 1800an dengan standar breed pertama yang diketahui terbit pada tahun 1903. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Manx

Kucing Manx dikenal pada awal abad ke 19 sebagai ras kucing yang berasal dari Isle of Man yang dimana kucing pada pulau tersebut dikenal telah mengalami mutasi genetik alami yang menyebabkan minimnya ekor pada kucing atau terkadang juga disebut dengan kucing yang tidak memiliki ekor.

Beberapa cerita rakyat mengatakan bahwa kucing domestik tak berekor ini dibawa ke pulau tersebut melalui laut. Ras kucing ini merupakan ras kucing dari daratan yang asalnya tidak jelas, semua kucing ini diperkirakan adalah kucing rumahan atau kucing dari daerah terdekat seperti Inggris dan juga Irlandia.

Sejarah Ras Kucing Manx

Sifat dominan dari gen tak berekor kucing ini muncul dari mutasi spontan (dikenal dengan gen manx) yang kemudian mejadi umum pada pulau karena keragaman genetik kucing yang ada. Ada banyak sekali cerota rakyat tentang kucing Manx yang semuanya relatif baru.

Semua cerita yang ada tentang kucing ini selalu berfokus pada kurangnya ekor yang dimiliki kucing Manx dan tanpa memiliki aspek atau membahas tentang agama, mitos dan berbagai hal lainnya. Nama Tanjung Kepala Spanyol sering dianggap muncul dari kisah lokal tentang kapal Armada Spanyol yang tenggelam didaerah tersebut, meski tidak ada bukti yang jelas terkait hal ini.

Cerita lebih lanjut mengatakan bahwa ada seekor kucing berekor berenang ke darat dari kapal karam tersebut yang akhirnya membawa sifat yang dimiliki kucing ini ke pulau tersebut. Hal ini dipatahkan dengan kucing yang tidak memiliki ekor tidak umum dikenal di Spanyol bahkan jika kapal karam ini terbukti hal ini bukan berarti juga benar terkait masalah kucing tersebut.

Terlepas dari realita genetik dan juga sejarahnya, ada cerita dari rakyat Lamarck yang aneh dan berusaha menjelaskan mengapa Manx memiliki ekor yang terpotong. Dikatakan Nuh alkitabiah ingin menutup pintu bahtera ketika hujan mulai turun, dan disaat inilah ada seekor kucing Manx yang tertinggal dan ingin masuk namun ekornya terpotong oleh pintu yang ditutup tersebut.

Informasi lain yang tidak mungkin secara genetik adalah kucing Manx adalah keturunan hibrida dari kucing dan kelinci, dari perkawinan inilah dijelaskan kenapa kucing ini menjadi memiliki ekor yang pendek atau menyerupai ekor yang dimiliki oleh kelinci, kaki belakang yang panjang dan gaya berjalan mereka yang terkadang juga melompat.

Kucing Manx telah ikut dalam sebuah show kucing sebagai ras dengan nama yang berbeda (dengan ejaan modern Manx) sejak akhir 1800an. Pada masa ini beberapa show kucing yang diadakan menyediakan kelas untuk kucing Manx dan jenis kucing yang ikut dalam kategori ini biasanya juga berupa ras lain.

Orang yang dikenal sebagai pengembang pertama dan juga ahli dalam sebuah show kucing yaitu Charles Henry Lane memiliki kucing Manx rumpy putih yang langka dan memenangkan julukan Lord Luke menerbitkan standard breed pertama yang diketahui untuk Manx pada tahun 1903.

Dalam penulisannya tersebut dikatakan, jika seorang juri memahami kucing ini maka juri tersebut akan dapat membedakan dengan jelas antara kucing Manx ataupun kucing yang mirip dengan Manx karena memang semua kucing ini memiliki penampilan ekor pendek yang sama namun gerakan dan juga karakternya pasti berbeda.

Pada masa itu tidak semua ahli kucing menyukai ras kucing ini. Pada tahun 1908 Frank Townend Barton menulis dalam The Cat: Its Points and Management in Health and Disease bahwa tidak ada apa pun untuk merekomendasikan breed Manx dan hilangnya ekor sama sekali tidak meningkatkan keindahan dari kucing tersebut.

Ras kucing Manx adalah salah satu ras kucing yang ada didunia ini yang diakui pertama kali oleh  oleh Cat Fanciers' Association atau CFA. CFA sendiri merupakan organisasi kucing yang mencatat kucing dengan silsilah yang ada dan berbasis di Amerika Utara sejak tahun 1908 dan memiliki catatan tentang kucing Manx sejak tahun 1920an.



Karakteristik Kucing Manx

Variasi dari panjang ekor yang dimiliki oleh kucing Manx bukan satu-satunya ciri khas dari ras kucing ini. Manx bisa memiliki ekor yang pendek dan juga panjang seperti kucing lain pada umumnya. Dikatakan hal ini merupakan hal alami yang bisa terjadi pada kucing yang mengalami mutasi tulang belakang karena gen dominan.

Mencoba memaksa bentuk tidak berekor pada kucing dan melakukan pengembangan dengan perkawinan yang dilakukan telah menyebabkan peningkatan kelainan genetik negatif yang bahkan mungkin bisa fatal. Anak kucing yang dihasilkan akan memiliki panjang ekor yang acak dan biasanya akan menghasilkan beberapa varian ekor pada anak kucing tersebut.

Karakter Ras Kucing Manx

Anak kucing dengan ekor yang lebih pendek akan digolongkan menjadi kucing Manx sampai standarnya terlihat pada masa berkembang biak. Ekor kucing Manx inipun diklasifikasikan menurut panjang ekor yang proporsional dan pembedaanya seperti dibawah ini:

  • Rumpy atau Rumpie adalah kucing Manx yang tidak memiliki ekor sama sekali, meski dikatakan tidak memilikinya sama sekali namun terkadang ada bulu yang tumbuh pada daerah ekor atau tepatnya tumbuh dari pantat kucing ini.
  • Riser atau Rumpy Riser adalah kucing Manx yang memiliki tonjolan tulang rawan dibawah bulu dan hal ini paling terlihat ketika kucing sedang mengangkat ujung ekornya.
  • Stumpy atau Stumpie adalah kucing Manx yang memiliki sebagian ekor vestigial dengan panjang sekitar 3cm.
  • Stubby atau Stubbie adalah kucing Manx yang memiliki ekor pendek dengan ukuran umum biasanya setengah dari ekor kucing pada umumnya.
  • Longy atau Longie adalah kucing Manx yang memiliki ekor setengah panjang normal.

Panjang ekor dengan ukuran yang lebih panjang dianggap sebagai kesalahan breed meskipun hal ini terjadi secara alami pada kucing ini. Meski ada kucing dengan ekor agak panjang merupakan keturunan Manx murni namu kucing ini tidak memiliki gen dominan sehingga kucing ini tidak akan bisa mewariskannya jika disilangkan dengan kucing normal.

Gen mutasi dari ekor kucing Manx ini bersifat dominan, yang berarti kucing Manx dengan ekor yang panjang ini masih bisa digunakan dalam breeding kucing Manx dan bahkan dapat digunakan untuk membatu menghindari kelainan tulang belakang yang fatal (biasanya terjadi pada kucing Manx).

Secara genetik kucing Manx berbeda dengan ras kucing Japanese Bobtail dan juga beberapa ras kucing lain dengan ekor bobtail. Japanese bobtail umumnya selalu memiliki setidaknya beberapa ekor mulai dari Pom kecil hingga ekor yang gemuk tetapi berbeda seperti tertekuk atau melengkung dan biasanya memiliki penampilan agak bulat sedangkan pada kucing Manx selalu memiliki ekor lurus.

Manx adalah kucing yang memiliki ukuran sedang, memiliki dada lebar dengan bahu miring dengan sisi rata. Tubuhnya berotot dan ramping, tidak besar atau gemuk. Kaki belakang kucing ini lebih panjang dari pada kaki bagian depan, hal ini menyebabkan pantat kucing lebih tinggi dari bahu dan memberikan kesan bulat pada kucing ini.

Kucing ini kepalanya berbentuk bulat dengan disertai ukuran leher yang panjang. Telinganya tegak, menghadap kedepan dan berujung membulat dengan ukuran yang besar. Matanya besar, membulat dan juga menonjol dan varian warna mata yang sering terlihat adalah emas atau sesuai dengan warna bulu yang mereka miliki.

Kucing Manx sendiri memiliki dua versi ukuran bulu, yaitu Manx yang termasuk dalam berbulu pendek dan yang berbulu panjang yang sudah masuk kedalam ras kucing tersendiri yaitu Cymric. Untuk kucing Cymric bagi catlovers yang belum mengetahuinya silahkan dibaca pada link artikel dibawah ini.

Ras Kucing Cymric atau Kucing Manx Berbulu Panjang

Empat varian dari kucing Manx yang telah dikembangkan dari kucing Manx yang merupakan versi asli dari kucing ini adalah:

  • Kucing Manx atau kadang disebut dengan Manx Shorthair
  • Kucing Cymric atau kucing Manx berbulu panjang
  • Isle of Man Shorthair
  • Isle of Man Longhair
  • Tasman Manx

Dari semua jenis kucing diatas masih hanya Manx dan juga Cymric yang telah diterima secara luas di beberapa organisasi kucing yang ada.

Kepribadian dari Manx inilah mungkin yang menjadi salah satu alasan kenapa kucing ini memiliki banyak penggemar meskipun kucing ini memiliki ciri fisik yang unik. Manx adalah kucing yang cerdas dan suka bersenang-senang dan mengekspresikan diri dengan sangat baik dengan penampilannya yang tanpa ekor.

Kucing ini sangat terkenal dengan pengabdian dan kesetiannya yang kuat pada manusia yang memeliharanya, dengan perhatian dan perawatan yang diberikan, kucing ini bisa menikmati menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan pemiliknya entah itu duduk disamping pemiliknya dengan tenang, mengikuti ataupun bermain beberapa permainan seperti lempar tangkap dan lainnya.

Manx adalah pelompat yang luar biasa, dengan kaki belakangnya yang kuat mereka bisa menemukan jalan menuju keatas almari dengan sangat cepat. Tidak ada rak atau perabotan yang aman dari Manx untuk mereka terbang tinggi dengan melompat. Kucing ini bisa rukun dengan kucing lain atau bahkan hewan peliharaan lain seperti anjing juga. Sifatnya yang lembut ini membuat Manx bisa menjadi hewan peliharaan yang baik untuk sebuah keluarga dengan anak anak. 



Perawatan Kucing Manx

Manx yang hadir dalam bulu berukuran pendek akan sangat mudah dirawat dalam masalah bulunya. Dengan menyikat atau menyisir bulu kucing ini setiap minggu akan membantu kucing untuk menghilangkan bulu mati dan juga mendistribusikan minyak pada kulitnya serta merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Karena ukuran ekornya yang unik atau bahkan tidak berekor sama sekali, selalu periksa bagian belakang tubuh kucing ini dengan cermat untuk memastikan kotoran tidak menempel pada bulu disekitar anus atau pantatnya. Jika terlihat ada kotoran maka segera bersihkan, hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan dan juga mencegah kucing mengotori karpet atau perabotan lain didalam rumah.

Cara Merawat Ras Kucing Manx

Untuk mencegah kucing Manx terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka sebaiknya kebersihan gigi kucing harus dijaga. Kebersihan harian untuk gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat bagus daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Periksa juga bagian sela mata kucing, jika terlihat ada kotoran maka segera bersihkan. Pada saat membersihkan, usahakan untuk menggunakan kain atau tisu yang berbeda, hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi. Selain gigi, sela mata dan juga pantat, catlovers juga harus memperhatikan kebersihan telinga kucing.

Periksa dengan rutin kebersihan telinga kucing, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan kemungkinan terjadinya infeksi akibat penumpukan kotoran pada telinga, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing jika terlihat ada kotoran, bersihkan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Jaga selalu kebersihan litter box dan juga perlengkapan makan serta minumnya, jika air minum yang diberikan terlihat kotor maka segera ganti dengan yang baru. Pemeliharan kucing Manx sebaiknya dilakukan pada dalam ruangan, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing tertular penyakit dari kucing liar, serangan dari hewan lain, kecelakaan ataupun dicuri oleh orang asing.

Supaya kucing Manx terbebas dari kutu yang bisa hadir pada semua jenis ras kucing yang ada maka sebaiknya pemberian obat anti kutu kucing juga perlu dilakukan. Obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain bisa membasmi semua kutu yang ada pada tubuh kucing juga akan membasmi telur kutu tersebut.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kucing tetap sehat adalah pemberian vaksinasi. Vaksin untuk kucing berguna untuk memberikan daya tahan kucing terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya dan bahkan bisa mematikan. Berikan vaksin pada kucing dengan lengkap, lakukan sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Manx

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan mengembangkan beberapa masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil persilangan atau kucing ras murni yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Rata rata kucing Manx memiliki kesehatan yang baik dan tidak terlalu rentan dengan masalah kesehatan utama yang berdampak seperti ras kucing lain. Sebagai ras kucing yang memiliki ekor pendek, kucing ini rentan dengan masalah tulang belakang yang dapat gagal memberikan ujung syaraf dan otot yang tepat.

Dari sifat genetik tersebut, kucing Manx terkadang dapat menyebabkan beberapa masalah seperti Spina bifida atau cacat lahir tulang belakang terbuka dimana sumsum tulang belakang menjadi terbuka sejak lahir. Kurangnya kontrol usus atau kandung kemih dan juga bagian tubuh belakang yang lemah seperti satu kaki belakang menjadi lemah.



Harga Kucing Manx

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Manx Import 10.000.000
Harga Kucing Manx Lokal 7.000.000
Harga Kitten Manx 3.500.000
Harga Kucing Manx Dewasa 5.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing Manx, perkiraan biaya adopsi untuk kucing ini berkisar antara $400 sampai dengan $600 dilihat dari bentuk ekornya. Manx memang terkenal bukan kucing mahal dan rata rata biaya adopsi untuk kucing ini seperti yang sudah disebutkan. Dengan harga tersebut maka kemungkinan harga kucing Manx akan mirip seperti tabel diatas.

Harga kucing Manx yang ada diatas merupakan harga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten karena harga kucing Manx asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Manx, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Manx"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel