Kucing Cymric

Kucing Cymric (diucapkan kim-rick) dulunya bernama kucing Manx berbulu panjang adalah salah satu ras kucing tertua didunia dan mengalami mutasi genetik. Salah satu ciri khusus dari kucing cymric adalah kucing ini memiliki ekor yang pendek, keunikan ini sama seperti keunikan dari kucing Manx yang merupakan versi bulu pendek dari kucing ini.

Kucing ini sering disebut dengan kucing yang tidak berekor dan juga sering disebut dengan kucing rumpy. Hal ini disebabkan kucing ini memiliki hingga tiga ruas tulang belakang dan menyatu diujung tulang belakang (Rumpy Risers), beberapa kucing ini juga disebut dengan longys dimana kucing memiliki ekor lebih panjang dari tunggul (pangkal) dan lebih pendek dari ekor kucing pada umumnya.

Kucing tidak Berekor

Tubuh bagian belakang kucing ini sangatlah kuat, dia pandai dalam melompat meski tidak memiliki alat penyeimbang alami (biasanya ekor) untuk membantu keseimbangannya. Kucing ini sangat cocok dijadikan sebagai kucing peliharaan, dia bisa sangat dekat dengan pemiliknya dan senantiasa mencintai pemiliknya.

Beberapa fakta cepat kucing cymric adalah, kucing ini terkenal dengan kebulatannya, kepala, ekor, mata, hidung semua berbentuk bulat. Cymric memiliki bulu ganda yang memanjang secara bertahap, beberapa kucing ini memiliki bulu jambul dibagian telinga dan jari kaki yang sangat disukai oleh para peternak kucing. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Cymric

Kucing Cymric berasal dari The Isle (Pulau Man) yang terletak di Laut Irlandia antara Inggris dan Irlandia, kucing ini telah dianggap oleh para peneliti dan telah diperkenalkan juga oleh para pemukim dan penjelajah manusia, namun kucing ini telah ada dipulau ini selama berabad abad yang lalu.

Pulau Man tidak memiliki spesies asli, karena itu muncul beberapa teori tentang kucing ini. Salah satu spekulasi yang ada menyebutkan adanya kedatangan Armada Spanyol, Pedagang Fenisia atau pemukim Viking yang menjajah pulau Man. Catatan yang ditemukan menggambarkan adanya mutasi yang terjadi pada kucing domestik dipulau tersebut dan bukan kucing datang yang sudah dalam posisi tidak berekor.

Sejarah Cymric

Dalam hal ini pendeknya ekot diatur oleh gen dominan, tidak seperti kebanyakan ras lain yang memiliki ekor pendek. Karena adanya hal ini maka kucing manx dan cymric tidak terkait dengan ras kucing lain seperti Japanese Bobtail yang ekornya diatur oleh gen resesif.

Kucing Manx telah tercatat dalam catatan pendaftaran awal di Amerika, dan tentunya Cymric juga telah ada pada masa tersebut. Kucing Cymric muncul di ACA sejak tahun 1963, dan bertahan hingga pertengahan tahun 1970an. Pertama kali muncul nama kucing ini adalah Longhaired Manx, dan kemudian nama tersebut diubah menjadi Cymric pada periode tersebut.

Nama Cymric dipilih oleh Blair Wright dan Leslie Falteisek yang merupakan pelopor peternak Cymric. Pada tahun 1976 CCA adalah organisasi pertama yang menerima Cymric dengan status Championsip dan seiring berjalannya waktu beberapa organisasi lainpun juga mengakui kucing ini. 

Pada masa tersebut hanya CFF yang tidak mengakui Cymric, alasannya adalah tidak ada peternak yang memberikan pengajuan untuk kucing ini. Pada Mei 1994. CFA mengubah nama Cymric menjadi Longhair Manx karena menganggap hanya panjang bulu yang membedakan ras kucing cymric dengan kucing manx dan beberapa peternak CFA juga menganggap Cymric adalah bagian dari Manx.

Beberapa versi lain juga menyebutkan bahwa Cymric dan Manx berasal dari Pulau Man di Inggris, dan banyak yang mengira jika kucing Cymric merupakan persilangan dari kucing Manx dengan kucing Persia yang telah dilakukan secara sengaja. Selain hal ini ada juga beberapa mitos yang menyebutkan tentang kucing yang kehilangan ekornya.

Salah satu mitos tersebut menyebutkan bahwa para kucing yang tidak berekor ini terlambat memasuki bahtera (kapan nabi nuh) dan ketika pintu ditutup ekor kucing tersebut tersangkut sehingga ekor kucing tersebut menjadi pendek atau tidak memiliki ekor.

Ada juga mitos yang menyebutkan tentang adanya perampok Irlandia atau Viking yang akan mencuri anak kucing karena ekornya dianggap sebagai jimat keberuntungan. Karena mendengar hal ini maka induk kucing yang ada akhirnya menggigit ekor anaknya untuk menyelamatkan anak kucing tersebut.



Karakteristik Kucing Cymric

Secara fisik hal yang membedakan kucing Cymric dengan kucing Manx adalah ukuran panjang bulunya saja, namun secara karakter dan sifat kedua kucing ini hampir memiliki kesamaan. Cymric adalah kucing yang berukuran sedang dengan berat rata rata 3.5kg sampai dengan 6kg.

Dalam hal penampilan kucing ini memiliki badan yang kompak dan juga berotot, kepalanya bulat dengan moncong yang kokoh dan pipi yang menonjol. Kaki depan lebih pendek dan kaki belakang akan lebih tinggi, punggung kucing ini pendek dan membentuk lengkungan halus dari bahu hingga pantat.

Karakter Cymric

Cymric adalah kucing yang lembut dan juga menyenangkan, jadi bukan hal yang aneh jika kucing ini menikmati waktu bermain seperti bermain lempar tangkap dan beberapa mainan lain. Selain lembut, kucing ini juga cerdas dan cekatan, dia mampu menggunakan kakinya untuk membuka pintu dan juga masuk kedalam lemari.

Kucing ini sangat suka ditemani oleh manusia, mungkin jika catlovers bisa mengajaknya untuk bermain maka akan memakan waktu seharian. Cymric bisa memberikan semua anggota keluarganya sebuah kasih sayang, namun cymric cenderung hanya memberikan semuanya pada satu orang saja yang paling dekat dengannya.

Cymric bisa rukun dengan kucing lain dan juga hewan peliharaan lain termasuk anjing. Kucing ini juga terkenal karena kesetian yang mereka miliki pada pemiliknya dan juga suka menghabiskan waktu dengannya. Dengan sifatnya yang menyenangkan ini maka cymric sangat cocok dipelihara oleh keluarga yang suka dengan kucing dan juga bisa untuk anak anak sekalipun. 



Perawatan Kucing Cymric

Bulu kucing cymric termasuk bulu yang mudah untuk dirawat, dengan melakukan penyikatan atau penyisiran mingguan akan membantu menghilangkan bulu mati pada kucing dan juga membantu mendistribusikan minyak kulit. Periksa bagian belakang tubuh dengan cermat untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada bulu disekitar pantat kucing, jika ada maka segera bersihkan supaya kucing bersih dan terhindar dari resiko infeksi.

Cymric dikenal sebagai kucing yang tidak berekor, akan tetapi tidak semua cymric benar benar seperti hal tersebut. Cymric memiliki sebutan bedasarkan ukuran ekor mereka, Longies atau Stumpies untuk yang memiliki ekor panjang normal, Rumpy untuk yang berekor pendek dan Riser untuk yang hanya memiliki tulang diujung tulang belakang.

Perawatan Cymric

Untuk mencegah kucing ini terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) maka bersihkan gigi kucing dengan teratur, lakukan hal ini meski jarang karena hal tersebut sudah bagus daripada tidak dilakukan sama sekali. Seka bagian sudut mata jika ada kotoran yang terlihat, dan jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada kebersihan telinga kucing.

Kucing dengan telinga kotor akan ada resiko terkena earmites, selain itu penumpukan kotoran yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka, lakukan sampai kucing terbiasa sehingga untuk kedepannya telinga kucing akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Jaga agak kuku atau cakar kucing selalu pendek dengan melakukan pemotongan secara rutin. Jaga kebersihan lingkungan kandang kucing, selalu bersihkan litter box, tempat makan dan juga tempat minum. Supaya kucing terbebas dari kutu dan juga virus yang berbahaya berikan obat anti parasit dan juga vaksinasi kucing yang lengkap.

Obat anti parasit kucing berguna untuk mencegah kucing terkena kutu atau infeksi kulit lainnya. Vaksin kucing berguna untuk memberikan perlindungan kucing terhadap virus tertentu yang berbahaya dan membuat kucing memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Berikan obat kutu dengan teratur, berikan vaksinasi dengan lengkap dan jangan lupa untuk melakukan pengulangan setiap tahun supaya kucing tetap sehat dan berumur panjang.



Kesehatan Kucing Cymric

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik, seperti halnya pada manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis kucing, dan tentu saja kucing cymric juga termasuk dari sekian banyak kucing yang ada.

Cymric memiliki keunikan dengan tidak adanya ekor pada tubuhnya, hal ini memang unik namun tidak selalu baik untuk cymric sendiri. Beberapa kucing cymric memiliki cacat tulang belakang yang menyebabkan tanda tanda neurologis, seperti masalah buang air besar dan juga buang air kecil.

Kebanyakan masalah tersebut muncul pada anak kucing cymric dan bisa diidentifikasi waktu usia 6 bulan dan menurut informasinya anak kucing ini harus dimatikan. Jika catlovers ingin mengadopsi kucing cymric maka hindari mengadopsi kucing yang kesulitan berjalan dan kaku dalam berjalan atau melompat untuk memastikan kucing tersebut sehat.

Beberapa penyakit lain yang pernah terlihat pada kucing cymric antara lain adalah Distrofi kornea yang biasanya kekeruhan mulai berkembang saat anak kucing berusia bulan. Cacat lahir pada tulang belakang, cacat saluran kemih dan cacat dalam pencernaan, hal ini juga disebut dengan Sindrom Manx atau Manx Syndrom.



Harga Kucing Cymric

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Cymric Import 17.000.000
Harga Kucing Cymric Lokal 6.000.000
Harga Kitten Cymric 3.500.000
Harga Kucing Cymric Dewasa 5.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, biaya adopsi kucing cymric berkisar antara $150 menuju ke $300 dan mencapai $600. Dikatakan harga kucing cymric ini diliat berdasarkan gen yang dimiliki kucing, jika masih dalam garis keturunan murni dan juga sehat maka harga kucing tersebut akan semakin mahal.

Harga diatas merupakan harga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga yang tertera sebagai harga yang paten karena harga kucing cymric bisa lebih mahal atau bahkan bisa lebih murah. Jadikan harga tersebut hanya sebagai acuan untuk harga cymric. Demikian mengenai kucing cymric kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Cymric"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel