Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Rex Cornish adalah kucing domestik yang memiliki bulu pendek yang unik. Bulu kucing ini memiliki bentuk keriting, hal ini disebabkan adanya mutasi genetik pada nenek moyang kucing ini yang membuat bulunya menjadi keriting dan berbeda dengan kucing lainnya.

Cornish rex memiliki perbedaan yang jelas terlihat dari semua ras kucing lain pada umumnya, bulunya yang lembut dan bergelombang (keriting), dan juga sifatnya yang cenderung lebih bersemangat. Kucing ini terlihat ringan karena badannya ramping, namun ketika diangkat beratnya lebih dari penampilan yang terlihat.

Cornish Rex Cat

Mungkin beberapa dari catlovers pernah mendengar bahwa bulu kucing ini termasuk hipoalergenik (tidak menimbulkan alergi bulu pada seseorang), namun hal ini ternyata tidak benar. Alergi tidak disebabkan oleh jenis bulu, namun disebabkan oleh sel kulit mati yang dilepaskan kucing, jadi kucing ini mungkin bisa mengurangi reaksi alergi namun tidak sepenuhnya mengurangi alergi.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang kucing Cornish Rex, kucing ini terlihat memiliki tubuh yang ramping, namun diangkat kucing ini sangat berat. Karena memiliki bulu yang tipis maka badannya akan terasa hangat ketika dipegang. Cornish Rex memiliki kepala sepertiga lebih panjang dari lehernya.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Cornish Rex

Sejarah Cornish Rex dapat ditelusuri secara pasti hingga pertengahan abad ke-20, dimana pada waktu itu seirang anak kucing cornish rex yang pertama muncul dari anak kucing non silsilah dan lahir di sebuah peternakan kucing di desa kecil tepatnya di Bodmin Moor di Cornwall pada tanggal 21 juli 1950.

Pada waktu itu kucing milik Nyonya Nina Ennismore dan Nona Winifred Macalister yang merupakan kucing betina berwarna tortie dan kucing berbulu pendek berwarna putih bernama serena melahirkan lima ekor anak kucing. 4 ekor kucing yang lahir adalah kucing biasa berbulu pendek, namun anak yang ke 5 anak kucing jantan berwarna krem memiliki bulu halus, bergelombang dan tidak tampak seperti kucing biasa.

Sejarah Cornish Rex

Seiring bertambahnya usia, kucing ini mulai berkembang dan jelas terlihat sangat berbeda dari 4 saudaranya dan kucing lain mullai dari bentuk tubuhnya yang ramping, kakinya yang panjang, kepala sempit, telinga besar dan ekornya penjang. Kucing ini kemudian diberi nama Kallibunker yang merupakan kucing Cornish Rex asli.

Ayah dari Kallibunker dan 4 saudaranya ini tidak diketahui, namun kemungkinan besar adalah saudara jantan serena yang bernama Ginger (kucing merah dengan bulu yang pendek). Cornish Rex adalah kucing hasil mutasi alami yang spontan dan gen ini diwariskan secara resesif sehingga dua kucing yang memiliki hubungan genetik (keduanya memiliki gen keriting) bisa dikembangkan bersama.

Pada awalnya setekah dipamerkan Kallibunker berancana untuk dikebiri, namun dokter hewan nya menyadari keunikan yang dimiliki kucing ini dan menyarankannya untuk menghubungi ahli genetika bernama AC Jude. Atas saran yang diberikan Jude, Kallibunker dikawinkan kembali dengan induknya dan menghasilkan dua anak kucing dengan bulu yang keriting mirip dengan Kallibuner dan satu berbulu lurus.

Dari anak kucing tersebut terdapat anak kucing jantan bernama Poldhu yang memiliki bulu berwarna blue atau biru. Setelah besar Poldhu kemudian dikawinkan dengan seekor betina berwarna biru juga bernama Lamorna Cove, yang kemudian pada tahun 1957 kedua kucing ini dibawa ke Amerika Serikat untuk dilakukan pengembangan disana .

Dalam pengembangannya. Anak kucing berbulu keriting pertama kemudian dikawinkan dengan kucing Burma, Siam dan kucing domestik berbulu pendek lainnya untuk menghasilkan basis genetik yang luas untuk ras kucing ini. Nama Cornish Rex diberikan karena asal keturunan kucing Cornish dari Cornwall dan kemiripan dengan kucing Astrex.

Pada tahun 1964 CFA menerima kucing Cornish Rex dan memberikan status Championship diikuti oleh semua organisasi kucing di Amerika Utara yang kemudian pada tahun 1967 Cornish Rex juga diakui  oleh GCCF dan Fédération Internationale Féline (FIFe) di Eropa.



Karakteristik Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex bisa dibilang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan kucing Devon Rex, namun meski kedua kucing ini memiliki kemiripan dalam hal fisik, proses mutasi dari kedua kucing ini sangatlah berbeda. Karena perbedaan ini maka persilangan antara kedua kucing ini menjadi dilarang.

Cornish Rex termasuk kucing yang tidak begitu menyebabkan alergi pada seseorang yang memiliki alergi terhadap kucing, hal ini terjadi bukan karena keunikan bulu yang dimilikinya, melainkan karena tubuh kucing ini menghasilkan alergen yang lebih sedikit daripada kucing jenis lainnya.

Karakter Cornish Rex

Kucing ini memiliki warna dan juga pola yang sangat beraneka ragam. Cornish Rex bisa hadir dalam warna solid seperti putih, hitam, cokelat, biru dan juga krem serta semua jenis warna seperti tortie, bicolor (dua warna), tabby dan juga warna seperti yang dimiliki kucing siam.

Cornish Rex sangat cocok untuk keluarga yang suka dengan kucing yang aktif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga memiliki rasa humor yang tinggi. Dari kepribadian yang dimilikinya, semua hal yang dilakukannya adalah permainan. Jika kucing ini sedang dalam suasana hati yang baik maka mungkin akan sulit untuk mengabaikannya karena kucing ini akan selalu mengajak pemiliknya untuk bermain.

Kucing ini sangat suka bermain dengan orang yang dekat dengannya, jika catlovers salah satu orang yang suka bermain dengan kucing maka memiliki cornish rex mungkin bisa menjadi hiburan tersendiri. Mereka cerdas, waspada, namun juga mudah untuk ditangani.

Beberapa kucing cornish rex bisa dilatih untuk bermain lempar tangkap, dia senang mengambil suatu benda dan akan membawanya kembali untuk pemiliknya lempar lagi dan lagi. Selain hal tersebut, kucing ini juga mahir dalam melompat dan juga memanjat, hal ini menyebabkan tidak akan ada rak atau lemari yang akan dari kegigihan dari kucing ini.



Perawatan Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex memiliki bulu yang pendek dan lembut tanpa memiliki pelindung bulu yang kasar. Bulu pada kucing ini terletak pada gelombang bulunya yang rapat didekat kulit dan cenderung sangat pendek dan juga bergelombang dibagian perut dan juga dada kucing cornish rex ini.

Dalam permasalahan perawatan bulu cornish rex ini, semakin sedikit perawatan yang dilakukan akan semakin baik karena dengan terlalu banyak menyikat atau menyisirnya bisa menyebabkan kerusakan pada bulunya yang halus. Selain masalah perawatan bulu, beberapa perawatan lain mungkin akan mirip dengan cara merawat kucing ras lainnya.

Perawatan Cornish Rex

Memandikan kucing ini terkadang juga diperlukan, apalagi jika kucing cornish rex memiliki warna solid atau terang seperti puith atau didominasi warna putih pada tubuhnya. Karena kucing ini sering berminyak maka untuk mengatasi hal tersebut mandikan kucing jika tubuh kucing mulai terlihat kotor.

Lakukan penyikatan gigi atau membersihkan gigi sesekali, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal. Kebersihan gigi harian memang yang terbaik, namun menyikatnya sesekali juga cukup bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Seka pada bagian sudut mata jika terlihat ada kotoran. Periksa kebersihan telinga setiap minggu, selain mencegah penumpukan kotoran pada telinga kucing hal ini juga mencegah kucing terkena earmites atau kutu telinga. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati, lakukan sampai kucing terbiasa dengan begitu untuk kedepannya telinga kucing akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Jaga kebersihan lingkungan kandang kucing, bersihkan selalu litter box dan juga perlengkapan makan dan minumnya. Kucing ini memiliki suhu badan yang hangat ketika disentuh, namun kucing ini juga selalu mencari kehangatan. Jadi, belikan kucing ini beberapa baju atau sweater untuk membantu kucing ini menghangatkan tubuhnya.

Pemeliharaan kucing ini disarankan berada dalam ruangan, selain menghindari sengatan sinar matahari, hal ini juga dilakukan untuk mencegah luka atau penularan penyakit dari kucing diluar lingkungan. Supaya kucing terbebas dari kutu atau parasit serta virus yang berbahaya, berikan obat anti parasit yang biasanya diteteskan pada tengkuk kucing dan juga berikan vaksinasi kucing dengan lengkap.

Vaksinasi untuk kucing memiliki banyak kegunaan, selain membuat kucing memiliki daya tahan tubuh yang baik, vaksin kucing juga membuat kucing tahan terhadap beberapa virus mematikan yang sering menyerang kucing. Berikan vaksinasi pada kucing secara lengkap, lakukan sejak dini dan jangan lupa untuk mengulang vaksin yang diberikan setiap tahun.



Kesehatan Kucing Cornish Rex

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan masalah genetik seperti halnya semua orang berpotensi mewarisi penyakti dari kedua orang tuanya. Secara umum cornish rex adalah kucing yang sehat, tetapi karena perlindungan bulunya yang sedikit terkadang kucing ini sering mangalami masalah pada kulit jika terpapar sinar matahari yang berlebihan.

Kucing ini juga rentan terhadap kardiomiopati hipertrofik dan keseleo patela, dimana kondisi satu atau dua tempurung lutut mengalami pergeseran keluar dari tempatnya dan menyebabkan kucing menjadi kesulitan berjalan.

Sedangkan HCM atau kardiomiopati hipertrofik merupakan penyakit jantung paling umum pada kucing, penyakit ini menyebabkan terjadinya penebalan (hipertrofi) otot jantung dan bisa menyebabkan kelainan fungsi pada jantung kucing.

Selain kedua penyakit tersebut cornish rex tetap memiliki kemungkinan terkena penyakit umum yang sering terjadi, jadi berikan perawatan pada kucing semaksimal mungkin untuk membuat kucing tetap sehat dan tidak mudah untuk terserang penyakit. 



Harga Kucing Cornish Rex

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Cornish Rex Import 35.000.000
Harga Kucing Cornish Rex Lokal 15.000.000
Harga Kitten Cornish Rex 10.500.000
Harga Kucing Cornish Rex Dewasa 13.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, harga adopsi kucing cornish rex berkisar antara $800 sampai dengan $1.200 dan juga $1.000 sampai dengan $2.000. Dari informasi harga tersebut maka kemungkinan harga kucing cornish rex akan mirip dengan harga diatas. Kucing cornish rex import akan lebih mahal karena dikenakan biaya kirim dan juga karantina, namun harga kucing lokal akan lebih murah karena sudah dikembangkan di Indonesia.

Harga tersebut merupakan harga rata rata dari kucing cornish rex, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga yang paten namun cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga kucing cornish rex asli bisa lebih murah ataupun lebih mahal. Demikian mengenai kucing cornish rex ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Cornish Rex"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel