Kucing Colorpoint Shorthair

Kucing Colorpoint Shorthair atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing bulu pendek warna poin merupakan ras kucing domestik variasi dari kucing Siam. Karena kemiripannya dengan kucing Siam, kucing ini sering disebut dengan kembaran dari kucing Siam. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang pada dasarnya kucing ini adalah kucing Siam namun dengan warna yang berbeda.

Colorpoint Shorthair memiliki banyak kesamaan karakter fisik dengan kucing siam mulai dari bentuk kepala, tipe tubuh, panjang bulu dan tekstur bulu, karakteristik kucing dan beberapa kesamaan lainnya. Salah satu perbedaan yang jelas terlihat adalah warna tubuh kucing Colorpoint Shorthair akan lebih terang namun dengan warna poin yang lebih gelap dari kucing siam.

Kucing Colourpoint Shorthair

Sama seperti kucing siam, Colorpoint Shorthair memiliki tubuh yang elegan dan panjang, ramping dengan struktur tukang yang bagus dan otot yang kokoh. Kepa kucing ini memiliki bentuk yang khas mirip dengan kucing siam, telinganya besar dan memiliki mata berwarna biru cerah.

Colorpoint Shorthair sangat cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan dirumah, hal ini dikarenakan kucing ini memiliki kepribadian yang mendukung. Colorpoint Shorthair dikenal sebagai kucing yang ramah dan juga penuh kasih sayang, mereka akan cenderung mengikuti anggota keluarganya ketika melakukan aktivitas harian, suka dipeluk dan juga duduk dipangkuan pemiliknya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Colorpoint Shorthair

Kucing Colorpoint Shorthair sering disamakan dengan kucing siamese atau kucing siam, hal ini dikarenakan kucing siam memang lebih terkenal dari ras kucing ini. Selain itu, ada fakta yang menyebutkan bahwa kucing Colorpoint Shorthair kucing hasil persilangan dari kucing siam yang kebetulan menyerupainya.

Colorpoint Shorthair adalah kucig siam dengan warna yang berbeda dengan siam pada umumnya (warna tradisional). Ras ini dikembangkan menggunakan kucing siam sebagai dasar yang kemudian kucing siam ini disilangkan dengan beberapa ras kucing lainnya (salah satunya kucing American Shorthair berwarna Merah) untuk menghasilkan warna baru pada ras ini.

Sejarah Colourpoint Shorthair

Sejarah Colorpoint Shorthair dimulai sekitar tahun 1940an dimana ada peternak kucing yang ingin menciptakan kucing dengan membanggakan karakteristik kucing siam namun dengan variasi warna yang lebih banyak atau dengan berbagai warna selain dari 4 warna tradisional yang dimiliki oleh kucing siam.

Demi mencapai tujuan tersebut, para peternak melakukan persilangan kucing siam dengan beberapa ras lainnya seperti kucing Abyssinian dan kucing ASH atau American Shorthair (ASH berwarna merah seperti yang sudah disebutkan diatas). Proses pengembangan awal ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dan mengalami kegagalan beberapa kali.

Setelah bertahun tahun melakukan pengembangan dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, aknirnya kucing yang diinginkan pun berhasil didapatkan. Ras kucing ini kemudian disilangkan kembali dengan kucing siam untuk mempertahankan gaya tubuh dan juga kepribadian yang dimiliki kucing siam.

Karena kucing ini memiliki kemiripan dengan kucing siam, maka ada banyak peternak kucing siam yang memberikan protes. Akhirnya untuk meredam hal tersebut, kucing ini diberikan nama tersendiri yaitu Colorpoint Shorthair. Karena beberapa generasi telah berlalu, kucing ini memiliki sangat sedikit gen non siam, namun secara teknis kucing ini masih termasuk kucing hibrida.

Pada tahun 1964, organisasi kucing yang mengakui ras ini adalah CFA (Cat Fanciers 'Association) meski dalam hal standar kucing ini masih menggunakan standar dari ras kucing siam. Beberapa organisasi kucing mengakui kucing Colorpoint Shorthair sebagai ras kucing yang berbeda, namun ada juga beberapa yang mengakuinya sebagai variasi dari kucing siam.



Karakteristik Kucing Colorpoint Shorthair

Seperti yang sudah banyak disebutkan diatas, kucing Colorpoint Shorthair adalah ras kucing yang mirip dengan kucing siam. Kucing ini termasuk kucing berbadan sedang dengan badan yang panjang, ramping, berotot namun juga elegan. Berat umum yang dimiliki kucing ini berkisar antara 4kg, tentu saja berat tersebut bisa kurang dan bisa lebih dari berat aslinya.

Mata kucing Colorpoint Shorthair berbentuk almond, kakinya berbentuk ramping dan ekornya meruncing. Kucing ini memiliki bulu yang pendek, bulunya mengkilap, lembut dan juga halus. Colorpoint Shorthair bisa hadir dalam berbagai warna, diantara lain adalah warna biru, cokelat, krem, merah, tabby dan berbagai warna lainnya.

Karakter Colourpoint Shorthair

Colorpoint Shorthair adalah kucing peliharaan yang tepat untuk keluarga yang memiliki anak anak dan juga hean peliharaan lain entah itu kucing atau hewan lainnya. Dia sangat suka bersosialisasi dan juga aktif, dengan sikapnya ini maka kucing ini akan sangat mudah bersahabat dengan sebuah keluarga dan juga bisa untuk dialtih melakukan beberapa permainan seperti lempar tangkap.

Kucing Siam dan kucing Colorpoint Shorthair mungkin memiliki perbedaan dalam hal warna, tetapi dibalik perbedaan tersebut keduanya memiliki kemiripan sifat yang sangat identik. Kucing ini termasuk kucing yang cerewet, dia akan selalu mengeluarkan suara ketika ingin diberikan perhatian, mengikuti kemanapun pemiliknya pergi di sekitar rumah dan bahkan mudah duduk di pangkuan atau ikut tidur disebelah pemiliknya.

Jangan memelihara kucing ini jika catlovers benci dengan kucing yang cerewet, kucing ini akan cenderung mengeluarkan suara dan bahkan bisa diajak berbicara sepanjang hari. Meski suka bergaul, kucing ini termasuk kucing yang suka menuntut, jadi jika pemiliknya termasuk kucing yang sibuk, memberikan mainan atau ruangan khusus adalah pilihan yang tepat.

Colorpoint Shorthair adalah kucing yang cerdas, gesit, atletis serta suka bermain. Berikan mainan yang mirip dengan puzzle untuk membuat kucing ini sibuk selain puzzle tiang garukan atau cat tree juga bisa diberikan supaya kucing ini puas bermain dan menggaruk pada mainan tersebut.

Pilihlah kucing Colorpoint Shorthair sebagai kucing peliharaan jika catlovers ingin menghabiskan waktu bersama dan berinteraksi dengan kucing, karena kucing ini adalah kucing yang setia, penuh kasih sayang. Kucing ini bisa dengab ==n mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, namun jika tidak diberikan perhatian maka kucing ini cenderung akan cemberut dan juga merajuk. 



Perawatan Kucing Colorpoint Shorthair

Bulu kucing Colorpoint Shorthair sangatlah mudah untuk dirawat, lapisan bulu kucing ini sangat pendek dan halus, jadi cukup berikan perawatan mingguan untuk membantu bulu kucing tetap sehat. Lakukan penyikatan atau penyisiran bulu untuk membantu kucing menghilangkan bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali, lakukan hal ini secara teratur supaya bulu kucing sehat terawat.

Perawatan Colourpoint Shorthair

Secara alami kucing ini termasuk kucing yang sangat bersih, namun beberapa perawatan lain juga tetap perlu dilakukan karena kucing tidak akan bisa melakukan beberapa perawatan seperti menjaga kebersihan gigi, telinga, dan juga pemotongan kuku atau cakar.

Jagalah kuku atau cakar kucing dalam kondisi pendek, lakukan pemotongan pada cakar secara teratur. Selalu periksa kebersihan telinga kucing, jika ada kotoran segera bersihkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran pada telinga kucing dan juga mencegah infeksi ataupun earmites pada telinga kucing.

Membersihkan gigi kucing dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal atau infeksi gusi. Sikatlah gigi kucing ketika ada waktu luang, meski jarang hal tersebut tetaplah bagus karena lebih baik daripada tidak dibersihkan sama sekali. Sekalah sudit mata kucing jika ada kotoran, gunakan kain atau tisu yang berbeda supaya tidak terjadi infeksi.

Jaga kebersihan lingkungan kandang kucing dengan baik, bersihkan kandang, litter box, tempat makan dan juga minum untuk kucing. Jaga kucing untuk tetap dilingkungan rumah untuk mencegah penularan panyakit dari luar. Supaya kucing terbebas dari kutu dan juga virus berbahaya maka jangan lupa untuk memberikan obat anti parasit kucing dan juga vaksinasi secara lengkap.

Obat anti parasit kucing digunakan untuk mencegah kucing terkena kutu dan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu. Vaksinasi digunakan untuk menghindarkan kucing dari virus yang berbahaya seperti distemper dan beberapa virus lainnya. Lakukan vaksinasi sejak dini untuk menjaga kesehatan kucing dari awal, berikan vaksinasi lengkap dan lakukan pengulangan setiap tahun.



Kesehatan Kucing Colorpoint Shorthair

Semua kucing memiliki potensi dalam masalah kesehatan yang bersifat genetik atau keturunan dari induknya. Hal ini bisa terjadi pada semua kucing, termasuk kucing Colorpoint Shorthair. Secara umum kucing Colorpoint Shorthair sering memiliki beberapa masalah kesehatan yang diketahui, diantara lan adalah:

  • Mata juling
  • Gangguan hati atau amiloidosis
  • Masalah kesehatan gigi
  • Masalah pernapasan seperti asma (bronkial)
  • Cacat jantung bawaan seperti stenosis aorta
  • Kondisi gastrointestinal seperti megaesophagus
  • Sindrom hiperestesia, masalah neurologis yang dapat menyebabkan kucing terlalu banyak merawat diri, menyebabkan rambut rontok, dan bertindak panik, terutama saat disentuh atau dibelai.
  • Limfoma
  • Nistagmus, kelainan neurologis yang menyebabkan gerakan mata cepat tanpa disengaja
  • Atrofi retina progresif

Beberapa peternak kucing ini selalu menghindari pengembangan yang berkaitan dengan kucing pembawa penyakit, jadi masalah kesehatan ini dalam pengembangannya akan semakin berkurang. Kucing ini memiliki tubuh yang ramping, dan juga panjang, jadi untuk menjaga ciri ini maka pola makan yang diberikan harus dijaga.

Berikan makanan yang berkualitas dan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi kucing, hal ini dilakukan supaya kucing memiliki berat badan yang ideal dan terhindar dari beberapa panyakit seperti diabetes dan semacamnya. Hindari pemberian makan berlebihan, dan jika perlu mintalah saran dari dokter hewan terdekat terkait masalah kebutuhan nutrisi kucing ini. 



Harga Kucing Colorpoint Shorthair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Colorpoint Shorthair Import 23.000.000
Harga Kucing Colorpoint Shorthair Lokal 10.000.000
Harga Kitten Colorpoint Shorthair 4.500.000
Harga Kucing Colorpoint Shorthair Dewasa 8.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, harga adopsi kucing colorpoint shorthair berkisar antara $75 sampai dengan $150 dan juga $500 hingga $800. Dari harga tersebut maka kemungkinan harga kucing colorpoint shorthair jika ada di indonesia kurang lebih akan sama dengan harga diatas.

Harga tersebut merupakan perkiraan harga saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga yang paten karena harga asli kucing ini mungkin bisa lebih murah dan juga bisa lebih mahal. Demikian mengenai kucing colorpoint shorthair ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Colorpoint Shorthair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel