Kucing Cyprus atau Kucing Siprus

Kucing Cyprus atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Siprus adalah kucing domestik landrace (sudah dijinakkan) yang dipercaya merupakan keturunan dari kucing Mesir atau Palestina yang dibawa ke Cyprus oleh St. Helen untuk membersihkan pulau dari hama seperti tikus dan ular pada jaman dulu.

Cyprus adalah kucing ras alami, yang berarti kucing ini berkembang tanpa ada campur tangan dari manusia. Berbeda dengan ras kucing lain yang pengembangannya membutuhkan bantuan manusia (kucing ras hasil dari persilangan) kucing ini berkembang dengan mencari makan sendiri dan juga berkembang dengan sendirinya.

Kucing Siprus

Kucing ini memiliki reputasi sebagai kucing yang aktif dan suka bermain, karena hal ini maka kucing ini membutuhkan lahan pemeliharaan yang luas supaya kucing ini bisa memuaskan rasa ingin tahu bawaan mereka serta mencukupi kebutuhan gerak atau olahraga.

Meski tergolong kucing yang aktif, namun Cyprus sangat senang berada disekitar manusia. Jika catlovers mencari kucing untuk keluarga yang baik dan memiliki kepribadian yang sesuai maka Cyprus mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Dalam hal kepribadian setiap kucing Cyprus selalu berbeda, meski sulit ditebak namun kucing ini cenderung memiliki kepribadian yang baik. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Cyprus

Sejarah Cyprus tidak ada hal khusus yang bisa dibahas, selain informasi mengenai sejarah kucing ini sangat sedikit tidak banyak juga situs kucing yang membahas tentang kucing ini. Kucing Cyprus dipercaya termasuk salah satu ras kucing tertua didunia ini dan diyakini berasal dari daerah pegunungan di Siprus.

Sejarah Kucing Siprus

Kucing ini diperkirakan memiliki umur yang lebih tua dari kucing mesir hingga 4.000 tahun, dengan perkiraan tersebut maka umur dari kucing Cyprus bisa mencapai 5.000 hingga 6.000 tahun. Karena perkiraan inilah maka kucing ini dianggap sebagai salah satu ras kucing tertua didunia ini.

Tidak banyak hal yang diketahui tentang ras kucing ini, meski ras kucing ini sudah tua namun masih ada jenis DNA dari kucing lain yang tidak diketahui dari kucing ini. Cyprus juga pernah disebut sebagai ras purba karena umur yang dimilikinya, kucing ini tinggal di pegunungan pada pulau Mediterania sejak dulu.

Menurut beberapa informasi yang ada, pada abad ke-4 kucing ini telah diimpor ke biara Bizantium dalam upaya untuk mengatasi masalah hama seperti tikus dan juga serangan ular yang terjadi. Karena sejarah kucing ini berasal dari pegunungan maka sangat jarang kucing Cyprus terlihat tinggal daerah dekat air.



Karakteristik Kucing Cyprus

Kucing Cyprus adalah kucing yang memiliki ukuran sedang hingga besar, kucing ini memiliki tubuh yang ramping dan juga atletis serta cukup berotot dan tinggi. Kaki Cyprus memiliki ukuran yang cukup panjang dan juga ramping dengan ekornya yang juga memiliki ukuran cukup panjang jika dibandingkan dengan kucing lain pada umumnya.

Cyprus memiliki tampilan wajah yang terkesan berbentuk segitiga. Cyprus jantan bisa memiliki berat badan hingga 7.2kg dan berat rata ratanya sekitar 6.3kg. Pada kucing betina beratnya sedikit lebih ringan dengan berat bisa mencapai 6kg dengan berat rata rata sekitar 4.5kg atau 5kg.

Karakter Kucing Siprus

Secara umum kucing ini termasuk kucing yang sehat dan memiliki umur yang panjang, masa hidupnya bisa mecapai 15 tahun. Kucing ini tidak termasuk kucing hypoalergenic karena kucing ini memiliki lapisan bulu bagian bawah yang tebal dan bahkan sedikit sering mengalami kerontokan, jadi kucing ini bukanlah pilihan yang tepat untuk orang yang memiliki alergi pada bulu kucing.

Catatan pertama untuk kucing ini adalah, dia kucing yang sangat aktif dan sangat energik. Karena sifat ini maka bermain adalah suatu keharusan dan lingkungan pemeliharaan untuk kucing ini juga harus cukup luas untuk memuaskan naluri bermainnya. Memberikan waktu bermain teratur sangat dianjurkan, apalagi jika pemiliknya sangat sering berada dirumah.

Cyprus adalah kucing yang suka berlarian dan menjelajah, jadi memastikan kucing ini mendapatkan latihan harian juga diperlukan. Dengan memberikan kegiatan latihan dan juga bermain bisa membuat kucing ini tetap bahagia dan juga mencegah kucing menjadi stress atau frustasi.

Memberikan mainan berupa pohon kucing atau garukan mungkin adalah pilihan yang tepat bagi pemilik kucing yang jarang berada dirumah. Kucing ini juga memiliki rasa sosial yang tinggi, meski tidak semua kucing cyprus seperti ini namun memberikannya teman seperti kucing lain atau hewan peliharaan lain tetap bisa dicoba.

Meskipun terkadang kucing ini bisa sangat mandiri, namun sebagian besar kucing ini juga sangat ramah, mudah bergaul dan tentunya suka bermain. Cyprus cenderung bisa menjadi kucing peliharaan yang baik, meski sifat kucing ini sangat bervariasi namun hal ini tidak menjadi masalah karena tidak ada hal yang buruk mengenai sifat kucing ini. 



Perawatan Kucing Cyprus

Kucing Cyprus atau kucing Siprus memiliki bulu yang berukuran pendek, lebat dan juga licin. Karena berasal dari pegunungan yang lebih dingin kucing ini memiliki lapisan bawah bulu yang cukup dan akan menjatuhkan bulu lumayan banyak ketika suhu mulai naik seiring terjadinya pergantian musim.

Bulu kucing ini tidak mudah untuk kusut, jadi perawatan yang dibutuhkan cukup untuk membantu mengurani bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali. Lakukan penyikatan atau penyisiran dengan rutin untuk membantu perawatan tersebut, dan jangan lupa memandikan kucing jika diperlukan karena pada umumnya mandi jarang dibutuhkan untuk kucing ini.

Perawatan Kucing Siprus

Cyprus membutuhkan banyak ruang atau tempat untuk berlarian dan juga bermain, ditambah lagi kucing ini membutuhkan banyak interaksi sosial dengan anggota kelurga yang dimilikinya. Kucing ini tidak suka sendiri, meski beberapa kucing siprus terkadang sangat mandiri namun memberikan perhatian dan mengajaknya bermain merupakan salah satu perawatan untuk kucing ini.

Perawatan cakar atau kuku bisa dilakukan dengan melakukan pemotongan secara teratur, selain itu memberikan tiang garukan untuk kucing ini juga bisa dilakukan. Lakukan penyikatan gigi jika ada waktu, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal atau infeksi gusi.

Bersihkan atau seka bagian sudut mata jika ada kotoran yang terlihat. Selalu periksa kebersihan telinga kucing, jangan sampai telinga kucing kotor karena bisa menyebabkan kucing terkena earmites (kutu telinga kucing) atau penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan infeksi. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Pemberian obat anti parasit harus diberikan supaya kucing terhindar dari kutu yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit pada kulit kucing. Obat anti parasit atau obat kutu kucing biasanya berupa obat tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, berikan obat ini sebulan hingga dua bulan sekali untuk membantu kucing terbebas dari kutu dengan hasil yang maksimal.

Supaya kucing terbebas dari ancaman virus yang berbahaya, maka berikan vaksin untuk kucing. Vaksinasi untuk kucing lebih baik diberikan sejak dini, berikan vaksin kucing dengan lengkap dan lakukan pengulangan setiap tahun. Dengan memberikan kucing vaksin maka kucing akan memiliki jaminan kesehatan yang lebih baik dan kucing juga memiliki daya tahan tubuh yang bagus.



Kesehatan Kucing Cyprus

Secara umum semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik atau penyakit keturunan dari induk kucing itu sendiri. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis ras kucing entah itu kucing ras alami (berkembang sendiri) dan ras kucing hasil persilangan (berkembang dengan campur tangan dari manusia).

Kucing Cyprus dikenal sebagai ras kucing yang cukup sehat dan juga kuat. Kucing ini cukup langka dan tidak terlalu banyak penelitian yang dilakukan terhadap genetika yang dimiliki kucing ini. Hal ini dikarenakan kucing ini telah hidup selama lebih dari 4.000 tahun, jadi sebagian besar orang berasumsi kucing ini termasuk kucing kuat dan tangguh.

Meski kucing ini termasuk kucing yang sehat, kuat dan juga tangguh namun bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit. Beberapa penyakit normal bisa terjadi pada kucing ini seperti penyakit jantung ringan, periodontal (infeksi gusi), penyakit ginjal pada kucing dan juga beberapa penyakit umum yang sering terlihat pada kucing lainnya.



Harga Kucing Cyprus

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Cyprus Import 14.000.000
Harga Kucing Cyprus Lokal 5.000.000
Harga Kitten Cyprus 2.500.000
Harga Kucing Cyprus Dewasa 4.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing siprus, rata rata disana kucing ini dilepas adopsikan dengan biaya berkisar $300 hingga $600, jika pada tempat yang langka peternak kucing ini maka harganya bisa mencapai $1000. Dari harga tersebut maka mungkin biaya adopsi kucing cyprus akan seperti diatas.

Harga kucing cyprus ini hanyalah harga perkiraan saja, jadi cukup jadikan sebagai harga acuan dan jangan dijadikan sebagai harga paten karena harga kucing cyprus bisa lebih mahal atau bahkan bisa lebih murah daru harga diatas. Demikian mengenai kucing cyprus kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Cyprus atau Kucing Siprus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel