Kucing Don Sphynx atau Kucing Donskoy

Kucing Don Sphynx atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Sfinks Don merupakan kucing yang berasal dari negara Rusia. Kucing ini termasuk varian dari kucing Hairless atau kucing yang tidak berbulu, namun meski dikatakan tidak berbulu kucing ini sebenarnya masih memiliki bulu yang halus dan lembut pada tubuhnya.

Don Sphynx memiliki banyak sebutan untuknya, kucing ini sering disebut kucing Donskoy, Donskoy Rusia, Don Hairless dan juga Russian Hairless. Donskoy adalah kucing yang memiliki tubuh berukuran sedang dan dikenal dengan kucing yang memiliki sedikit bulu (atau tidak sama sekali), kulitnya yang keriput terkadang sangat mirip dengan kulit yang dimiliki manusia.

Kucing Donskoy

Kucing Donskoy sering mendapatkan pandangan aneh dari orang asing yang tidak begitu mengenalnya. Anak kucing Donskoy biasanya terlahir tanpa adanya bulu, namun beberapa juga lahir dengan bulu yang tipis namun bulu tersebut akan hilang seiring bertambahnya usia kucing. Kucing ini tidak disukai oleh semua kalangan, namun ada juga kalangan yang sangat menyukai kucing ini.

Mungkin beberapa dari catlovers ada yang tidak menyukai jenis kucing varian hairless, hal ini dikarenakan rasa takut, kurang tahu dan bahkan beberapa ada yang merasa jijik. Meski hal ini tidak bisa dihindari namun sebenarnya kucing hairless adalah kucing yang manja, dulunya saya pribadi juga kurang begitu suka dengan kucing jenis ini, namun seiring berjalannya waktu saya mulai suka karena mengetahui sifatnya yang manja.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Don Sphynx

Sejarah Donskoy dimulai pada tahun 1987 ketika kucing ini ditemukan pertama kali pada tahun tersebut. Kucing ini ditemukan oleh Elena Kovaleva yang merupakan Profesor dari State Pedagogical Institute, di Rostov-on-Don, Rusia. Pada saat itu Kovaleva melihat sekelompok anak yang menganiaya seekor kucing dan memutuskan untuk membawa pulang kucing tersebut untuk dirawat dan dipelihara.

Kucing tersebut kemudian diberi nama Varvara oleh Kovaleva, setelah berada ti rumahnya selama beberapa bulan ada hal aneh yang terjadi. Bulu pada tubuh Varvara mulai hilang, dalam hal ini Kovaleva mencoba memberikan berbagai perawatan untuk kulit kucingnya supaya bulu Varvara kembali normal,namun hal tersebut tidak ada yang berhasil.

Sejarah Donskoy

Selang beberapa waktu, Varvara kawin dengan kucing jantan lokal dan dari perkawinan tersebut Varvara melahirkan beberapa anak kucing yang sebagian tidak berbulu dan ada juga yang berbulu. Sama seperti yang terjadi pada Varvara, anak kucing yang memiliki bulu kemudian mulai kehilangan bulu mereka, karena hal inilah banyak yang percaya bahwa tidak adanya bulu pada kucing tersebut merupakan jenis suatu penyakit.

Beberapa orang yang percaya tentang kucing tidak berbulu tidak sehat mulai mendorong Kovaleva untuk membuangnya. Anak kucing ini merupakan bibit dari kucing Donskoy yang kemudian salah satunya diselamatkan oleh seorang peternak kucing profesional bernama Irina Nemikina. 

Irina yang telah membawa keturunan anak kucing tidak berbulu tersebut kemudian melakukan pengembangannya sendiri, dia mengawinkan kucing yang berbulu dengan tidak berbulu yang kemudian dilanjutkan dengan anak kucing berikutnya. Irina berspekulasi bahwa mungkin ini merupakan gen yang diperlukan untuk memproduksi bulu atau menutup kekurangan dari kucing tersebut.

Upaya pengembangan yang dilakukan oleh Irina akhirnya membuatnya menciptakan ras kucing baru yang dia beri nama Don Sphynx. Don untuk sungai Don dan Sphynx untuk jenis kucing yang menandakan kucing ini termasuk dalam varian kucing tidak berbulu yang diambil dari nama kucing Sphynx.

Pada tahun 1987 TICA mengakui ras ini, dan beberapa organisasi kucing Internasional lainnya mulai mengakui kucing ini pada tahun 2005. Selain merupakan ras kucing baru, Donskoy juga membantu terciptanya ras kucing baru, yaitu ras kucing Peterbald. Kucing ini adalah kucing hasil persilangan dari kucing Don Sphynx dan kucing Oriental Shorthair.



Karakteristik Kucing Don Sphynx

Donskoy adalah kucing yang berukuran sedang, secara umum penampilan ini memang mirip dengan kucing Sphynx dan jika orang yang tidak mengetahui jenis ras kucing pasti akan mengira jika kucing ini adalah kucing Sphynx. Dalam masalah berat badan, kucing ini biasanya memiliki berat 3kg hingga 7kg, ini merupakan berat rata rata untuk kucing ini dan tentu saja ada yang kurang atau bisa juga lebih berat.

Karakter Donskoy

Kucing ini memiliki kaki yang panjang, struktur tubuhnya berotot, kepalanya kecil, telinganya berukuran besar dan jari kakinya memiliki selaput yang khas. Meski dikatakan tidak berbulu, beberapa kucing ini sebenanrnya masih memiliki bulu lembut yang halus, namun karena bulu ini sangat tipis maka terlihat seperti tidak memiliki bulu sama sekali jika dilihat dari kejauhan.

Donskoy memiliki reputasi sebagai salah satu ras kucing yang paling lembut, kucing ini adalah kucing yang penyayang, mudah bergaul dan juga suka berada disekitar manusia dan juga kucing lainnya. Jika catlovers ingin menambahkan kucing kerumahnya untuk menemani kucing yang sudah ada maka kucing ini mungkin bisa menjadi pertimbangan yang bagus karena akan cocok dengan kucing yang sudah ada.

Donskoy sangat suka berinteraksi dengan manusia, dia akan selalu ingin menjadi pusat perhatian ketika ada dirumah. Kucing ini sangat membutuhkan pendamping, jadi pemilik kucing harus memahami hal tersebut. Jika kucing ini tidak ada teman bermain seperti anggota keluarga atau kucing lain, kebanyakan dari mereka akan cederung berteriak dengan cerewet untuk meminta diperhatikan atau bermain.

Jika pemilik kucing merupakan orang yang suka bepergian dan jarang dirumah, maka kucing ini bukanlah kucing yang tepat karena kucing ini sangat membutuhkan peran dari anggota keluarganya. Memberikan kucing ini mainan seperti cat tower, cat condo atau garukan adalah pilihan yang tepat untuk membantu kucing ini bisa bermain sepanjang waktu.

Kucing ini adalah kucing yang cerdas dan juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Jadi selain menyediakan mainan maka sediakan juga lingkungan yang lumayan besar supaya kucing ini bisa pergi menjelajah kemanapun yang dia suka. Karena permasalahan kulit sering terjadi, maka sebaiknya tempat untuk kucing ini sebaiknya adalah tempat yang teduh dan terhindar dari sorotan sinar matahari langsung.



Perawatan Kucing Don Sphynx

Karena termasuk kucing yang tidak berbulu (atau hampir tidak berbulu) maka kucing ini memiliki perawatan yang sedikit unik dibandingkan dengan kebanyakan kucing lainnya. Kucing ini tidak perlu disisir ataupun disikat, namun hanya perlu diseka menggunakan kain setiap hari untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran, debu yang menempel dan beberapa kotoran lainnya.

Tubuh kucing ini menghasilkan minyak yang berlebih, karena tidak adanya bulu maka minyak tersebut tidak bisa terserap kedalam tubuh dengan sempurna dan kotoran akan lebih mudah menempel pada tubuhnya. Memandikan kucing ini akan membantu kebersihan pada badannya, namun jika penyekaan dilakukan setiap hari maka mandi jarang diperlukan.

Perawatan Donskoy

Kombinasi menyeka atau mengelap tubuh dan juga mandi merupakan perawatan yang bagus untuk mencegah masalah kulit. Selain perawatan tersebut maka perawatan lain hampir sama dengan perawatan pada kucing lain secara umum. Lakukan pemotongan cakar atau kuku kucing ini secara teratur untuk mencegah kucing mencakar perabotan yang ada dirumah.

Bersihkan bagian sela mata kucing jika ada kotoran yang terlihat, gunakan kain atau tisu yang berbeda saat membersihkan untuk mencegah terjadinya infeksi. Selalu periksa kebersihan telinga kucing, lakukan pengecekan setiap minggu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran pada telinga dan kucing terkena earmites.

Kucing ini terkenal rentan mengalami masalah pada giginya, jadi membersihkan gigi kucing ini merupakan suatu keharusan. Lakukan pembersihan dengan hati hati, mungkin pada awalnya akan sedikit sulit karena kucing belum terbiasa. Ulangi hal ini secara terus menerus, jika kucing sudah terbiasa maka proses ini akan menjadi lebih mudah.

Supaya kucing terhindar dari virus yang bisa membahayakan nyawanya, maka berikan vaksinasi lengkap pada kucing ini. Lakukan vaksinasi sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun. Memberikan vaksinasi pada kucing akan memberikan jaminan kesehatan pada kucing, selain kucing tahan terhadap beberapa virus tertentu, kucing juga akan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Seperti yang catlovers ketahui, kucing ini memiliki bulu yang minim atau bahkan bisa dikatakan tidak memilikinya. Karena hal tersebut maka kucing ini tidak akan mampu untuk menyesuaikan diri dengan suhu yang ekstrim, jadi sangat disarankan untuk pemeliharaan dilakukan dalam ruangan supaya kucing ini terhindar dari beberapa masalah kulit, penularan penyakit dari kucing lain atau bahkan dicuri oleh seseorang.



Kesehatan Kucing Don Sphynx

Berbeda dengan kebanyakan kucing umum lainnya, karena kucing donskoy tidak memiliki bulu maka sengatan matahari, kepekaan terhadap cuaca panas dan dingin dan beberapa masalah kesehatan kulit lainnya merupakan masalah yang sering terjadi pada kucing ini.

Selain masalah kulit, kucing ini juga sering dikaitkan dengan masalah gigi tertentu, seperti kerusakan gigi dan juga penyakit gusi, jadi membersihkan gigi kucing ini adalah suatu keharusan untuk menjaga kesehatan kucing.

Secara historis ada banyak kekhawatiran mengenai kesehatan kucing ini terkait masalah genetik yang dimilikinya. Mutasi genetik dominan yang menyebabkan kucing menjadi tidak berbulu yang dimiliki kucing Donskoy berpotensi menyebabkan displasia ektodermal kucing dalam bentuk homozigotnya, dimana hal ini dapat menyebabkan masalah seperti kucing tidak mampu menyusui atau berkeringat.

Donskoy yang tidak berbulu akan memiliki porsi lebih banyak pada musim dingin, hal ini dilakukan kucing untuk menjaga tubuhnya tetap hangat. Porsi makan ini akan kembali normal setelah musim dingin berakhir, jadi pada masa suhu mulai dingin jangan lupa untuk memberikan porsi tambahan untuk membantu kucing ini mencukupi kebutuhan nutrisinya.



Harga Kucing Don Sphynx

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Don Sphynx Import 29.000.000
Harga Kucing Don Sphynx Lokal 12.000.000
Harga Kitten Don Sphynx 8.500.000
Harga Kucing Don Sphynx Dewasa 10.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, rata rata biaya adopsi untuk membawanya kerumah berkisar antara $1000 hingga $2000. Dari harga tersebut maka harga adopsi kucing donskoy mungkin akan mirip seperti harga diatas, dimana harga kucing impor akan cenderung lebih mahal karena ada biaya pengiriman dan juga karantina.

Harga yang tertera diatas hanyalah harga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga karena harga kucing donskoy bisa lebih murah atau lebih mahal dari harga tersebut. Demikian mengenai kucing donskoy atau don sphynx, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Don Sphynx atau Kucing Donskoy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel