Kucing Devon Rex

Kucing Devon Rex adalah ras kucing yang memiliki penampilan yang unik, bulu kucing ini memiliki tekstur yang khas yaitu bulunya sangat lembut dan juga bergelombang (keriting). Bulu bergelombang yang ada pada kucing ini disebabkan mutasi pada kucing ini, karena merupakan hasil mutasi maka kucing ini tidak disilangkan dengan ras kucing lainnya.

Kucing ini sering dikatakan menyerupai peri, seperti yang dibahas dalam beberapa cerita rakyat, peri adalah sosok kecil yang nakal dan juga suka membuat onar. Hal ini sangat mirip dengan Devon Rex yang sangat cerdas dan juga aktif, dia bisa tiba tiba duduk disamping pemiliknya, duduk di pangkuan, dan bahkan juga bisa bertengger di bahu layaknya seekor burung.

Kucing Devon Rex

Mungkin catlovers pernah mendengar bahwa bulu kucing dewon rex yang memiliki tekstur khusus termasuk hipoalergenik, ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Alergi tidak disebabkan oleh jenis bulu tertentu, tetapi oleh bulu sel kulit mati yang dilepaskan oleh kucing. Terkadang beberapa orang hanya bereaksi lebih ringan terhadap kucing tertentu, namun hal ini tidak terjadi pada semua orang dan tidak ada orang yang berani menjaminnya.

Berikut adalah beberapa fakta cepat untuk kucing Devon Rex ini, Devon Rex memiliki telinga yang besar dan juga lebar di pangkal dan rendah di kepala. Wajah kucing ini terlihat mirip seperti peri, dan beberapa memiliki bulu di telinga yang terkesan menyerupai penutupnya. Kucing ini bisa memiliki warna mata apapun, seperti biru yang sering terlihat pada kucing berwarna colorpoint.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Devon Rex

Alam dapat menghasilkan beberapa hal yang aneh dan kemunculan kucing Devon Rex ini mungkin adalah salah satunya. Menurut penelusuran yang ada, sejarah devon rex dimulai pada tahun 1959 atau tepatnya pada 15 Juli 1959 kucing Devon Rex pertama lahir dari induk yang tidak memiliki silsilah.

Kucing Devon Rex pertama ini memiliki warna black smoke dan merupakan anak kucing berbulu keriting satu satunya pada kelahiran ini. Ayah kucing ini digambarkan sebagai kucing berwarna hitam yang memiliki badan besar dan berbulu keriting yang tinggal di tambang timah yang ditinggalkan di didekat Buckfastleigh, sebuah kota kecil di daerah Devon di barat daya Inggris yang berbatasan dengan Cornwall (tempat kelahiran kucing Cornish Rex).

Sejarah Devon Rex

Anak kucing yang lahir dengan bulu keriting yang unik ini kemudian diadopsi oleh Nona Beryl Cox dan Nona Margaret Croll yang berasal dari daerah tersebut dan diberi nama Kirlee. Pada waktu itu ada seekor kucing yang berbulu keriting dipamerkan di acar Kensington Kitten and Neuter Cat Club di London.

Pada acara itu disebutkan bahwa anak kucing tersebut merupakan anak kucing berbulu keriting satu satunya di Inggris, jadi Miss Cox menulis pesan pada peternak kucing tersebut dan mengatakan bahwa dia juga memiliki seekor anak kucing dengan bulu keriting.  Karena Cornwall dan Devon berdampingan maka asumsi awal untuk kucing ini adalah kedua kucing ini memiliki mutasi yang sama.

Setelah kejadian tersebut, akhirnya Kirlee dibeli oleh hakim dan peternak kucing terkenal yaitu Brian Sterling Webb. Disana Kirlee dikawinkan dengan dua kucing Varian Cornish (Kucing dengan bulu normal namun membawa gen Cornish) dan menghasilkan anak kucing normal berbulu pendek dan bulu semi panjang, hal ini menyebabkan kecurigaan bahwa Kirlee memiliki gen yang berbeda.

Pada tahun 1961, Kirlee dikawinkan dengan kucing Cornish Rex yang bernama Broughton Purly Queen. Dari perkawinan ini anak yang dilahirkan adalah anak kucing berbulu normal, hal ini membuktikan bahwa Kirlee memang merupakan hasil mutasi yang terpisah dari Cornish Rex dan juga tidak sesuai.

Program pengembangan pun dilakukan untuk melestarikan kucing ini dan berkembang secara independen, pengembangan Cornish Rex dikenal sebagai Gene 1 dan untuk Devon Rex dikenal sebagai Gene 2. Dari pengembangan yang dilakukan ini maka semua kucing Devon Rex yang ada hingga saat ini sudah pasti memiliki silsilah keluarga dengan Kirlee.

Pada tahun 1967, Devon Rex diakui oleh Governing Council of the Cat Fancy (GCCF). Selanjutnya kucing ini diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1968 dan pada tahun 1972 American Cat Fanciers Association (ACFA) mengakui Devon Rex dengan status Championship, diikuti oleh TICA pada tahun 1979 (tahun terbentuknya TICA) dan Cat Fanciers 'Association (CFA) pada tahun 1983.



Karakteristik Kucing Devon Rex

Kucing Devon Rex memiliki penampilan yang mirip dengan peri, karena hal ini maka kucing inipun sering disebut sebagai kucing peri atau kucing alien. Kucing ini adalah kucing berukuran sedang dengan berat badan yang berkisar antara 3kg hingga 4kg dengan tinggi sekitar 25cm hingga 30cm.

Devon Rex memiliki telinga yang besar, mata besar, tulang pipi yang tinggi, leher panjang dan juga tubuh yang ramping. Ciri khas dari kucing ini adalah bulunya yang bergelombang dan juga lembut, halus serta lebat. Bulu kucing ini ada diseluruh tubuh, namun pada beberapa bagian tubuh bulu ini tidak terlalu tebal seperti pada bagian dekat kepala, telinga, leher, cakar, dada dan bagian perut.

Karakter Devon Rex

Bulu Devon Rex bisa hadir dalam berbagai warna yang ada termasuk hitam, biru, coklat, putih dan juga beberapa warna lainnya. Secara teknis ras kucing ini tidak termasuk dalam ras kucing hipoalergenik, namun bulunya yang bergelombang cenderung kurang memicu alergi pada orang tertentu.

Devon rex sering dibandingkan dengan kucing Cornish Rex, hal ini dikarenakan kedua kucing ini memiliki kesamaan dalam hal bulu yang bergelombang. Meski bulu kedua kucing ini memiliki kesamaan, namun penyebab terjadinya mutasi pada kucing ini berbeda. Selain itu, bulu bergelombang yang dimiliki kucing Cornish Rex juga agak lebih panjang.

Devon Rex memiliki sifat yang aktfi dan juga waspada, kucing ini selalu menaruh minat pada segala sesuatu yang terjadi disekitarnya. Dengan sifatnya yang ramah dan juga menyenangkan ini maka kucing ini adalah salah satu pilihan ras kucing yang tepat untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan.

Kucing ini tidak takut dengan orang baru, jadi jangan cemas jika ada tamu yang datang berkunjung. Kucing ini juga bisa mudah bersahabat dengan kucing lainnya, hewan peliharaan lain dan juga anak anak. Jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap bulu kucing, maka kucing ini juga bisa dijadikan sebagai kucing terapi untuk alergi tersebut.

Devon Rex adalah kucing yang cerdas, hal ini bisa dibuktikan dengan bagaimana kucing ini bisa mempelajari beberapa trik dan juga bermain permainan yang bersifat puzzle. Supaya latihan untuk kucing ini lebih maksimal, maka sebaiknya gunakan sistem reward pada waktu melatih kucing dalam melakukan suatu hal. 



Perawatan Kucing Devon Rex

Kucing Devon Rex memiliki bulu yang bergelombang, pada tubuhnya bulu yang paling tebal terletak pada bagian punggung, tubuh bagian samping, ekor, tungkai, wajah dan juga telinga. Dalam masalah perawatan bulu, semakin halus penanganan yang diberikan maka akan semakin bagus, karena jika dilakukan secara kasar dapat merusak bulu kucing ini.

Kucing ini membutuhkan sedikit lebih banyak perawatan yang diberikan daripada kucing lainnya, bulu pendek yang dimiliki kucing ini bisa dengan mudah untuk mengeluarkan minyak, jadi kucing ini perlu dimandikan secara teratur dengan shampo khusus kucing dengan air hangat.

Perawatan Devon Rex

Perawatan untuk bulu adalah dengan melakukan penyisiran atau penyikatan secara rutin dengan hati hati, hal ini dilakukan untuk menghilangkan bulu mati dan mendistribusikan minyak keseluruh tubuh secara merata. Seperti yang sudah disebutkan diatas, kucing ini tergolong kucing yang aktif dan juga dikenal lucu karena tingkah laku yang dimilikinya.

Untuk membantu Devon Rex yang aktif ini terus bergerak, maka berikan banyak kesempatan untuk mereka bermain dan memuaskan rasa kepribadiannya yang suka bersenang senang. Berikan ruangan yang cukup dan jangan lupa untuk menyediakan beberapa mainan seperti pohon kucing, garukan kucing dan beberapa mainan kecil lainnya.

Berikan makanan kucing dengan kualitas yang bagus supaya nutrisi kebutuhan tubuhnya terpenuhi.  Kucing ini tergoolong rentan terkena obesitas, jadi pola pemberian makan juga harus diatus supaya berat badan kucing ini tetap stabil. Lakukan pemotongan kuku atau cakar secara teratur dan sampai kucing terbiasa.

Jika ada kotoran pada sela bagian mata maka segera bersihkan, gunakan kain atau tisu yang berbeda untuk mencegah terjadinya infeksi. Periksa kebersihan telinga kucing setiap minggu, jika ada kotoran segera bersihkan, lakukan dengan lembut dan jangan sampai melukai telinga kucing.

Menjaga kebersihan telinga kucing berguna untuk mencegah kucing terkena earmites (kutu telinga kucing), selain itu penumpukan kotoran pada telinga kucing juga bisa menimbulkan infeksi. Selain telinga, kebersihan gigi kucing juga perlu dijaga, bersihkan gigi kucing secara teratur untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi).

Berikan obat kutu tetes kucing supaya kucing terbebas dari kutu yang bisa menyebabkan beberapa infeksi pada kulit kucing. Vaksinasi harus diberikan pada kucing untuk menghindari virus yang bisa membahayakan nyawa kucing, berikan vaksinasi dengan lengkap, lakukan sejak dini dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Devon Rex

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik seperti halnya semua orang berpotensi untuk mewarisi penyakit dari orang tuanya. Secara umum Devon Rex adalah kucing yang sehat, akan tetapi ada beberapa masalah kesehatan yang umum terlihat pada ras kucing ini seperti, kardiomiopati hipertrofik, keseleo patela, dan kondisi yang disebut miopati herediter yang mempengaruhi fungsi otot.

Kardiomiopati hipertrofik (HCM) adalh bentuk penyakit jantung yang paling umum terjadi pada kucing. Penyakit ini menyebabkan penebalan (hipertrofi) pada otot jantung kucing.

Keseleo patela adalah masalah keturunan dimana tempurung lutut kadang kadang keluar dari tempatnya, hal ini akan membuat kucing menjadi pincang dan kesulitan untuk melompat. Biasanya kasus ini bisa kembali dengan sendirinya, namun dalam kasus yang parah bisa menyebabkan kucing lebih sering terkilir atau bahkan bisa permanen.

Masa hidup untuk kucing ini berkisar antara 9tahun hingga 15tahun tergantung dengan perawatan dan pola hidup kucing ini sendiri. Meski kucing ini tergolong kucing yang sehat, namun membawa kucing ini ke dokter untuk pengecekan kesehatan juga diperlukan untuk mengetahui kondisinya secara menyeluruh.

Berikan perawatan yang maksimal untuk menjaga kesehatan kucing ini, berikan makanan bernutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan kucing, berikan pola makan yang sehat dan juga selalu jaga kebersihan badan, kandang, dan beberapa hal lain. Dengan melakukan hal tersebut maka kucing ini akan selalu sehat dan memiliki kemungkinan hidup lebih lama.



Harga Kucing Devon Rex

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Devon Rex Import 45.000.000
Harga Kucing Devon Rex Lokal 20.000.000
Harga Kitten Devon Rex 17.500.000
Harga Kucing Devon Rex Dewasa 18.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, biaya adopsi kucing ini berkisar antara $1200 hingga $1800 dan untuk kucing Devon Rex yang gen dan kualitas yang bagus harga bisa mencapai $2500. Menurut informasi ini maka harga kucing devon rex mungkin akan mirip seperti harga diatas.

Harga tersebut merupakan harga rata rata untuk kucing ini berdasarkan informasi yang ada, jadi jangan jadikan harga tersebut sebagai harga paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga devon rex bisa lebih mahal atau lebih murah dari harga tersebut. Demikian mengenai kucing devon rex kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan cat;overs semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Devon Rex"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel