Kucing Chinese Lop

Kucing Chinese Lop atau disebut juga dengan Sumxu adalah kucing yang memiliki telinga panjang terkulai dan berbulu panjang. Beberapa orang mengatakan kucing ini hanyalah kucing dalam mitos, namun ada juga yang berpendapat bahwa kucing ini dulunya ada namun telah punah, dikatakan kepunahan kucing ini terjadi pada tahun 1938.

Chinese Lop memiliki beberapa sebutan yang diberikan kepadanya, diantaranya adalah kucing bertelinga lop cina, kucing bertelinga drop eared, kucing bertelinga terkulai dan juga kucing telinga gantung. Sebutan yang diberikan tersebut memang berdasarkan dari penampilan yang dimiliki kucing ini, meski sebagian menyebutnya hanya sebuah mitos.

Chinese Lop Cat

Deskripsi yang ada pada kucing ini didasarkan dari laporan para turis yang berkunjung, ada yang mengatakan bahwa kucing ini dibawa ke Hamburg oleh seorang pelaut pada masa tersebut. Kucing ini lalu dipamerkan di Jerman, meski kucing ini dianggap sebagai hewan peliharaan namun dikatakan kucing ini juga dianggap sebagai hewan makanan.

Kucing ini diyakini merupakan kucing yang mengalami mutasi mirip dengan yang dialami oleh kucing Scottish Fold sehingga bentuk telinganya menjadi unik. Chinese lop dilaporkan terakhir kali ada di China pada tahun 1938, dan karena setelah itu tidak ada laporan mengenai kucing ini maka pada tahun tersebut kucing ini juga dianggap telah punah dan tidak ada lagi.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Chinese Lop

Seperti yang sudah dikatakan diatas, kucing ini telah dianggap sebagai jenis kucing yang sudah punah. Banyak yang menduga kucing ini pertama kali ditemukan didaerah Peking, China. Kucing ini digambarkan sebagai kucing yang berbulu panjang dengan bulu hitam yang mengkilap dan memiliki telinga yang terkulai.

Deskripsi yang ada pada kucing ini disebutkan oleh orang yang pernah berkunjung ke China. Pada tahun 1612-1659, Michael Boym menggambarkan Sumxu dalam buku bergambar Flora Sinensis. Sumxu yang dimaksudkan disini merupakan terjemahan dari bahasa Portugis dari Songshu yang berarti Tikus Pinus.

Sejarah Chinese Lop

Deskripsi dari Boym merupakan ilustasri dari seekor tupai (Martes flavigula) yang bisa ditemukan didaerah tersebut. Dia mengatakan Sumxu adalah hewan cantik berwarna kuning hitam dan berkerah perak yang biasa digunakan untuk berburu tikus serta biasa dijual dengan harga 9 koin perak pada masa tersebut.

Selain Boym beberapa gambaran yang mengatakan kucing Chinese Lop antara lain adalah:

  • Histoire Naturelle tahun 1781 ditulis oleh Georges Louis Leclerc, Comte de Buffon

Ada kucing yang memiliki rambut panjang dan telinga terkulai dan merupakan favorit dari para wanita

  • Variation of Animals and Plants Under Domestication ditulis oleh Charles Darwin

Disini tertulis sebuah singkat yang merujuk pada ras kucing bertelinga terkulai yang ada di China

  • The Cat tahun 1870 ditulis oleh Lady Cust

Diceritakan di provinsi Pe-chily, China ada kucing dengan rambut panjang dengan telinga terkulai yang disukai oleh para wanita. Meski beberapa orang berpendapat bahwa kucing yang dimaksudkan disini adalah binatang yang disebut Samxces.

  • Die Hauskatze, ihre Rassen und Variet├Ąten dan Illustriertes Katzenbuch tahun 1896 ditulis oleh Jean Bungartz

Kucing Cina atau Telinga Gantung adalah yang terbaik dan paling menarik. Disini dikatakan kucing ini selain menarik juga sangat dihargai dalam hal kuliner.

  • The Book of the Cat tahun 1903 ditulis oleh Frances Simpson

Dikatakan ada berbagai jenis kucing Cina yang luar biasa karena telinganya yang tidak bergantung

  • Majalah Cat Gossip tahun 1927

Dalam artikel berjudul "The Chinese Drop-Eared Mystery" yang ditulis oleh "Joan Conquest," yang mengatakan banyak pertanyaan tentang kucing Cina Drop Eared, dia berkata ingin sekali membantu namun dia sendiri belum pernah menemukan kucing seperti itu.

  • Dalam artikel berjudul  “More About Chinese Cats” oleh penulis yang sama

Demi mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kucing ini, saya telah berkunjung kepada Dr. Giles di British Museum, dan dia telah menemukan setiap buku referensi di Museum, tetapi tidak ada hasil.

Itu merupakan beberapa kutipan dari buku atau artikel yang membahas mengenai kucing Chinese Lop, sebenarnya kutipannya sangat panjang namun tidak ada hal yang begitu penting dan intinya hanya seperti yang tertulis diatas.

Nama Sumxu yang dikaitkan dengan berbagai jenis kucing berasal dari buku Jesuit Athanasius Kircher Jerman "China Monumentis, Qua Sacris qua Profanis" (1666). Pada buku tersebut Sumxu digambarkan sebagai seekor kucing yang ukirannya akan dibuat dari deskripsi dan sketsa kasar dari gambaran yang ada.

Kircher adalah orang yang pernah berkunjung ke China, dia mendeskripsikan Sumxu sebagai hewan peliharaan yang mirip dengan kucing dengan warna hitam dan warna kunyit serta memiliki bulu yang indah. Hewan ini telah dijinakkan oleh orang China dan diberi kerah perak pada lehernya, dia juga digunakan sebagai pemburu tikus yang rajin dan langka.

Seorang bernama Jesuit Italia Martino Martini telah mengunjungi China pada tahun 1650-an dan menerbitkan Novus Atlas Sinensis pada tahun 1655. Dalam tulisannya disebutkan bahwa di Provinsi Peking semua kucing yang ada berwarna putih dengan bulu panjang dan telinga panjang, kucing ini tidak digunakan untuk menangkap tikus melainkan kucing peliharaan yang biasa duduk dipangkuan pemiliknya.

Buku yang ditulis oleh Martini tersebut kemudian menjadi sumber dari buku buku selanjutnya yang membahas mengenai kucing ini. Selama awal dibuatnya show kucing ada banyak upaya yang dilakukan untuk menemukan ras kucing ini dan bahkan kucing ini telah dibuatkan kelas khusus dalam setiap show yang diadakan, namun hal tersebut tidak membuahkan hasil.



Karakteristik Kucing Chinese Lop

Tidak dijelaskan secara jelas mengenai karakter yang dimiliki oleh kucing ini, namun jika memang Sumxu adalah bagian dari kucing maka sifat dan karakter yang dimilikinya mungkin akan mirip dengan kucing Persia. Hal ini sama dengan beberapa kutipan yang ada bahwa kucing ini merupakan kucing peliharaan yang bisa duduk dipangkuan wanita.



Perawatan Kucing Chinese Lop

Tidak diketahui dengan pasti perawatan khusus apa yang dibutuhkan oleh kucing ini, jika boleh berpendapat mungkin perawatan yang dibutuhkan akan mirip dengan perawatan kucing yang memiliki bulu panjang seperti kucing persia, angora, Maine Coon dan beberapa jenis kucing berbulu panjang lainnya.



Kesehatan Kucing Chinese Lop

Tidak ada informasi yang mengatakan tentang kesehatan kucing ini, semua kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan suatu penyakit yang bersifat genetik atau keturunan dari induknya, dan mungkin Sumxu juga sama mengenai hal ini.



Harga Kucing Chinese Lop

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Chinese Lop Import -
Harga Kucing Chinese Lop Lokal -
Harga Kitten Chinese Lop -
Harga Kucing Chinese Lop Dewasa -

Tidak ada situs yang membahas mengenai harga kucing ini, selain kucing ini sudah tidak ada dan dikatakan punah dulunya juga tidak disebutkan kucing ini pernah dibeli atau diimport ke negara lain dengan harga yang disebutkan. Hanya ada satu kutipan yang membahas mengenai harga kucing ini yaitu 9 perak pada masa tersebut dan kucing ini digunakan untuk membasmi tikus. Demikian untuk informasi tentang kucing Chinese Lop kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Chinese Lop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel