Kucing Bramble

Kucing Bramble atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Brambel adalah ras kucing hasil persilangan dari kucing Bengal dan kucing Peterbald. Bramble berasal dari Amerika Serikat, karena merupakan hasil persilangan dari kucing Bengal maka beberapa pola yang ada pada kucing ini juga mirip dengan kucing Bengal.

Bramble bisa hadir dalam berbagai jenis bulu, namun jenis bulu yang paling umum adalah bulu berpola rosette. Jika catlovers sering melihat pola bulu pada kucing bengal maka sebagian besar pola tersebut juga bisa hadir dalam kucing ini. Seperti kebanyakan kucing lainnya, kucing ini akan lebih dekat dengan orang yang memberikannya makan setiap hari.

Kucing Bramble

Brambel adalah ras kucing yang unik dengan kepribadian yang diambil dari bengal dan campuran sifat penuh kasih dari kucing Peterbald. Dia sangat lincah dan atletis, namun juga sangat aktif dan bahkan bisa sedikit nakal. Karena penampilan kucing yang eksotis maka penggemar kucing ini juga banyak sekali dan sebagian adalah dari penggemar kucing bengal.

Jika catlovers berminat untuk memelihara kucing Bramble maka berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi sorotan dari kucing ini. Bramble adalah jenis kucing yang ramah dan bisa bersahabat dengan anggota keluarganya, kucing ini cenderung memiliki ikatan kuat dengan orang yang memberinya makan, Bramble harus dijauhkan dari hewan kecil, ketika berburu kucing ini mirip dengan harimau. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Bramble

Sejarah Bramble dimulai pada tahun 2007 dimana pada tahun tersebut kucing ini diperkenalkan oleh Gary Bramlett yang merupakan pemilik dari Magnoliachat Cattery. Bramble diperkenalkan sebagai ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat (AS), nama Bramble sendiri diambil dari nama pengembang kucing ini yaitu Bramlett yang dibuat di catterynya sendiri.

Sejarah Kucing Bramble

Dalam pengembangannya ada dua ras kucing utama yang digunakan, kedua kucing tersebut adalah kucing Bengal yang memiliki pola menarik dan juga kucing Peterbald yang memiliki telinga lebar seperti kelelawar. Dengan melakukan pengembangan yang cermat akhirnya Bramlett berhasil menghasilkan ras yang sesuai dengan keinginannya.

Pada awal keberhasilannya kucing ini adalah kucing besar dan eksotis yang memiliki kepribadian baik dan cocok dijadikan sebagai kucing peliharaan. Supaya bisa memiliki kumpulan genetik yang beragam program pengembangan yang dilakukan selanjutnya juga menggunakan beberapa ras kucing lain, karena hal ini maka Bramble bisa juga hadir dalam berbagai macam pola dan warna bulu.

Persilangan dengan ras kucing lain tersebut hanya bertahan beberapa tahun saja, karena karakteristik untuk kucing Bramble sudah ditetapkan. Bramble adalah ras kucing yang relatif baru karena masih hanya terdaftar pada Rare and Exotic Feline Registry dan juga masih dalam proses pendaftaran di beberapa organisasi kucing lainnya.



Karakteristik Kucing Bramble

Bramble memiliki tubuh besar dan berotot dan ukurannya lebih besar daripada kucing domestik biasa. Meski tidak terlalu kekar namun berat kucing ini lebih berat daripada kucing oriental, dengan bentuk ekor yang cukup panjang dan bulunya yang tebal di bagian pangkal terlihat seperti melengkapi struktur tubuhnya.

Bramble memiliki cakar yang besar dan kaki yang kokoh, matanya berbentuk almond namun sedikit bulat. Pada bagian telinga bentuknya besar dan bisa melebar disamping kepalanya, moncong kucing ini seperti berbentuk lingkaran dengan dagu yang jelas. Jika diperhatikan memang setiap ciri pada tubuhnya sangat proporsional dengan ukuran kucing ini.

Karakter Kucing Bramble

Kucing ini memiliki kemiripan dengan kucing bengal, namun perbedaan yang sangat jelas terlihat adalah pada bagian bulunya. Bulu Bramble terlihat seperti kabel yang berdekatan dan sedikit bergelombang mirip dengan bulu yang dimiliki oleh Anjing Wire Haired Fox dan hal inilah yang merupakan ciri unik dari kucing ini.

Pola bulu Bramble paling populer yang diwarisi dari kucing bengal adalah pola rosette, pada kucing ini tidak ada batasan warna yang ada seperti kucing bengal. Namun pola tersebut tetap terlihat jelas dibawah lapisan bulu atau biasanya hanya terlihat dalam cahaya.

Tujuan awal pengembangan kucing ini adalah memiliki sifat yang baik meski memiliki naluri liar. Hal tersebut juga sesuai dengan kepribadian Bramble saat ini, kucing ini bisa memiliki hubungan baik dengan orang orang yang didapat dari kucing Peterbald. Meski bisa dekat dengan semua anggota keluarga yang ada namun kucing ini selalu cenderung memiliki orang favorit dalam hidupnya.

Sifat yang jelas didapat dari bengal adalah naluri berburunya yang tinggi, selain mengejar mangsanya kucing ini juga suka bermain dengan menggunakan mainan yang ada dirumah. Bahkan beberapa mainan yang dia bawa kedekat tempat makannya dikatakan sebagai pernyataan kepemilikkan oleh kucing ini.

Naluri berburu tinggi yang dimiliki oleh kucing ini juga didukung oleh pergerakannya yang sangat cepat. Ketika Bramble berlari maka dia terkesan memiliki kecepatan luar biasa meski ada beberapa halangan yang ada, kecepatan yang dimilikinya inilah yang sangat berperan penting dalam membantu berburu mangsanya. 



Perawatan Kucing Bramble

Bramble termasuk kucing yang mengalami kerontokan ringan pada bulunya, selain itu kucing ini juga tidak memiliki bulu bagian bawah sehingga perawatannya juga lebih mudah dan bisa diberikan sedikit perawatan. Cukup lakukan penyisiran atau penyikatan bulu mingguan untuk menjaga kesehatan bulu kucing ini, dengan melakukan hal tersebut secara teratur maka bulu mati akan berkurang dan juga merangsang bulu baru untuk lebih cepat tumbuh.

Perawatan lainnya bisa dikatakan masih mirip dengan kebanyakan kucing lain, bersihkan bagian wajah ketika ada kotoran, periksa kebersihan telinga kucing untuk mencegah terjadinya infeksi atau earmites (kutu telinga kucing). Berikan obat khusus untuk membersihkan telinga dan jangan menggunakan sembarangan obat karena bisa berbahaya.

Perawatan Bramble

Untuk mencegah terjadi periodontal atau infeksi pada gusi kucing maka kebersihan gigi kucing perlu dijaga, bersihkan gigi kucing ketika ada waktu karena hal tersebut masih sangat bagus daripada tidak melakukannya sama sekali. Potong kuku atau cakar kucing dengan teratur, biasakan hal ini sejak dini sehingga kucing akan menjadi lebih terbiasa.

Berikan makanan yang bergizi untuk kucing ini, dengan begitu kebutuhan nutrisi pada tubuhnya akan tercukupi. Sesuaikan porsi untuk kucing dan jangan berlebihan dalam pemberian, kucing yang nutrisinya tercukupi akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan juga tidak mudah untuk terserang penyakit.

Beberapa virus kucing bisa membahayakan nyawa kucing, karena itu pemberian vaksinasi perlu dilakukan. Dengan memberikan vaksinasi pada kucing maka kucing akan kebal terhadap virus tertentu, meski hal ini tidak menjamin sepenuhnya namun dengan adanya vaksin maka dengan disertai perawatan ringan kucing akan segera pulih.



Kesehatan Kucing Bramble

Semua kucing memiliki kemungkinan untuk memiliki warisan penyakit dari induknya, hal ini bisa terjadi pada semua kucing apalagi kucing dari hasil persilangan dua ras kucing yang berbeda. Seperti yang sudah disebutkan bahwa Bramble adalah kucing hasil persilangan dari kucing Bengal dan Peterbald jadi kucing ini bisa memiliki penyakit dari kedua kucing tersebut.

Bramble adalah ras kucing yang relatif baru, meski merupakan hasil persilangan dari dua kucing yang berbeda namun informasi kesehatan tentang kucing ini belum bisa dijelaskan dengan pasti. Sebagian besar orang yakin bahwa Bramble adalah kucing yang kuat dan sehat, selain itu masa hidup dari kucing inipun juga belum bisa dijelaskan karena belum begitu diketahui. 



Harga Kucing Bramble

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Bramble Import -
Harga Kucing Bramble Lokal -
Harga Kitten Bramble -
Harga Kucing Bramble Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai biaya adopsi kucing Bramble di beberapa situs yang ada, jika ada salah satu catlovers mengetahui biaya adopsi kucing ini silahkan untuk berkomentar dibawah supaya catlovers lain mengetahuinya. Demikian mengenai kucing Bramble, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Bramble"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel