Kucing Bombay

Kucing Bombay merupakan kucing berukuran sedang dan sering disebut dengan kucing pangkuan. Bombay memiliki tubuh yang berotot dengan tulang yang berat, meski memiliki penampilan yang terlihat ramping namun ketika kucing ini digendong maka berat yang ada akan lebih terasa daripada seperti yang terlihat.

Bombay memiliki bulu yang pendek dan mengkilap, ketika kondisi bulu kucing ini sehat maka bulu hitam yang dimilikinya akan terlihat lebih menarik. Banyak yang mengatakan bahwa gerakan jalan dari kucing ini sangat khas, ketika Bombay berjalan tubuhnya akan terlihat bergoyang secara keseluruhan.

Kucing Hitam Bombay

Penampilan yang dimiliki kucing ini sering mengingatkan pada macan tutul india jika dilihat, namun meski begitu kucing ini adalah kucing yang santai, toleran serta bisa menjalani hidup apa adanya. Bombay sangat cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan, selain itu kucing ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Beberapa fakta tentang kucing Bombay adalah kucing ini memiliki ukuran sedang, namun berat pada tubuh kucing ini lebih berat dari penampilan yang terlihat, untuk mempertahankan tipe tubuh dan tektur bulu kucing ini sering disilangkan dengan kucing Burma, kematangan tubuh dan otot kucing ini bisa memakan waktu 2 tahun namun untuk kematangan seksualnya bisa terjadi dibawah 1 tahun. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Bombay

Sejarah Bombay dimulai pada tahun 1950an dimana seorang peternak kucing Amerika bernama Nikki Horner yang ingin membuat kucing dengan struktur tubuh dari kucing Burma namun dengan bulu berwarna hitam. Tujuan awal dari kucing Bombay adalah untuk mengingatkan adanya macan tutul India yang berwarna hitam pada sebuah kucing.

Sejarah Kucing Bombay

Mirip dengan beberapa ras kucing lainnya, Bombay dibuat untuk menjadi versi miniatur dari kucing liar. Dalam kasus pengembangan Bombay kucing yang dituju adalah macan tutul India atau Mini Me of The Black Phanter. Nikki Horner dalam pengembangannya menggunakan kucing Burma dan kucing American Shorthair berwarna hitam, sedangkan di Inggris ada juga peternak kucing lain yang menggunakan kucing Burma dengan kucing Domestik berwarna hitam.

Setelah melakukan percobaan dan juga beberapa kesalahan akhirnya Horner mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginannya. Kucing tersebut memiliki tipe tubuh dan bulu dari kucing burma dan juga warna mata tembaga serta warna hitam seperti kucing American Shorthair yang digunakan.

Pada tahun 1970 kucing Bombay didaftarkan sebagai ras kucing ke CFA dan mendapatkan pengakuan penuh pada tahun 1978. Dalam pengembangannya kucing ini sering disilangkan dengan Burma untuk mempertahankan tipe tubuh dan bulu, meski CFA sendiri mengijinkan untuk menggunakan American Shorthair namun hal ini jarang dilakukan karena keduanya memiliki tipe tubuh yang berbeda. 



Karakteristik Kucing Bombay

Jika catlovers (CL) mencari kucing yang mandiri dan suka menyendiri maka Bombay bukanlah ras kucing yang tepat, kucing ini adalah jenis kucing yang suka bermain, penyayang dan juga menawan. Karena Bombay adalah kucing dari hasil persilangan maka sifat dari kedua kucing persilangan ini juga ada pada kucing ini.

Sifat bawaan dari kucing Buma dan kucing ASH membuat keseimbangan yang menyenangkan untuk kucing ini, Bombay tergolong kucing yang pintar dan suka berinteraksi dengan manusia mirip dengan kucing Burma dan tidak banyak berbicara seperti kucing American Shorthair.

Karakter Kucing Bombay

Kucing Bombay yang berusia muda (kitten) akan memiliki rasa penasaran yang tinggi, aktif dan juga mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Karena kucing ini terkenal suka melompat ke pangkuan pemiliknya maka kucing ini juga disebut dengan kucing pangkuan. 

Bombay jarang untuk terikat dengan satu orang saja, dia akan cenderung suka dengan seluruh anggota keluarga yang ada dan bahkan bisa dekat dan sangat baik terhadap anak anak. Berikut adalah beberapa keterangan atribut fisik dari kucing Bombay.

Tubuh

Bombay memiliki tubuh berukuran sedang, dan berotot dalam perkembangannya.

Kepala

Kepalanya bulat tanpa sudut tajam dengan wajah lebar yang cukup besar serta moncongnya juga bulat seolah menyesuaikan dengan bentuk kepalanya.

Telinga

Telinga Bombay berukuran sedang dan terpisah dengan baik pada kepalanya yang membulat, agak miring ke depan, lebar di pangkal, dan dengan ujung agak membulat.

Mata

Bentuknya bulat dengan warna mulai dari emas hingga tembaga.

Kaki

Bentuk kakinya proporsional dengan badan dan ekor. 

Ekor

Ekornya lurus, panjang sedang; tidak pendek.

Bulu

Tekstur bulunya halus, pendek, seperti satin; warnanya hitam dari ujung hingga akar dan berkilauan.



Perawatan Kucing Bombay

Bombay yang memiliki bulu pendek dan berkilauan cenderung mengalami sedikit kerontokan bulu pada umumnya, dengan bulu yang mudah dirapikan maka cukup melakukan perawatan mingguan. Sisir atau sikat bulu kucing ini seminggu sekali, hal ini dilakukan untuk mengurangi bulu mati dan juga merangsang pertumbuhan bulu baru.

Perawatan dasar pada kucing lainnya yang diperlukan adalah pemotongan kuku secara teratur, dalam hal ini biasanya juga dilakukan dalam beberapa minggu sekali. Bersihkan telinga kucing ini untuk mencegah terjadinya infeksi atau kutu telinga kucing, selain itu jangan lupa juga untuk membersihkan gigi demi mencegah penyakit periodontal yang bisa terjadi pada kucing.

Perawatan Kucing Bombay

Lakukan kegiatan tersebut dari mulai usia awal kucing, dengan begitu kucing akan terbiasa dan seiring bertambahnya usia kucing perawatan tersebut akan tetap mudah untuk dilakukan. Kebersihan kandang dan lingkungan kucing juga perlu diperhatikan, jangan sampai kotoran yang ada menyebabkan bakteri yang bisa memberikan penyakit pada kucing.

Kucing bombay terkenal dengan kematangan seksual yang cepat, bahkan ada beberapa kucing yang sudah matang pada usia 5 bulan. Karena hal ini maka jika tidak ada rencana pengembangan yang dilakukan pertimbangkan untuk mensterilisasi kucing ini guna mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.

Berikan obat kutu untuk mengontrol parasit pada kucing, selain itu jangan lupa juga untuk memberikan vaksinasi lengkap. Memberikan vaksinasi pada kucing berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing terhadap virus tertentu yang bisa membahayakan nyawa kucing, lakukan pengulangan vaksin kucing setiap tahun supaya kucing kebal terhadap serangan virus. 



Kesehatan Kucing Bombay

Semua kucing memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik, apalagi jika kucing tersebut hasil dari persilangan antara dua kucing yang berbeda. Kucing hasil persilangan akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mewarisi penyakit dari induknya, dan Bombay adalah salah satunya.

Pada umumnya kucing Bombay adalah kucing yang sehat, namun ada beberapa masalah kesehatan yang sering terlihat pada kucing ini seperti kardiomiopati hipertrofik, robekan pada mata yang berlebihan dan juga ada kemungkinan masalah pernapasan yang sulit akibat moncong kucing ini yang pendek.

Hypertrophic cardiomyopathy (HCM) adalah bentuk penyakit jantung yang paling umum terjadi pada kucing. Penyakit ini menyebabkan penebalan (hipertrofi) otot jantung. Selain masalah kesehatan tersebut ada juga masalah kesehatan umum pada kucing yang bisa terjadi pada Bombay.

Bombay adalah kucing yang suka makan, karenanya aturlah pola makan kucing ini dan berikan nutrisi yang sesuai. Pola makan yang sembarangan bisa menyebabkan terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan, jadi jagalah berat badan kucing ini supaya memiliki berat badan ideal kucing pada umumnya. 



Harga Kucing Bombay

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Bombay Import 19.000.000
Harga Kucing Bombay Lokal 5.000.000
Harga Kitten Bombay 2.500.000
Harga Kucing Bombay Dewasa 3.000.000

Menurut informasi beberapa situs tentang kucing Bombay yang ada biaya adopsi kucing Bombay berkisar antara $75-$150 dan juga ada yang berkisar antara $500-$800, dengan rata rata biaya tersebut maka harga yang ada mungkin berkisar seperti harga diatas. Biaya adopsi ini bersifat rata rata, jadi jangan dijadikan biaya adopsi kucing yang pasti karena harga yang ada bisa kurang dan bisa lebih. Demikian mengenai kucing Bombay, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Bombay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel