Kucing Birman

Kucing Birman atau kucing Birma adalah salah satu ras kucing yang berasal dari Prancis, kucing ini mirip dengan kucing Siamese dari Thailand namun tubuhnya lebih kekar. Birman memiliki bulu yang panjang dengan kaki berwarna putih, kucing ini juga dianggap kucing dengan berukuran sedang hingga besar.

Keempat kaki dengan warna putih merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki kucing Birman, dengan kesan yang terlihat seperti kaos kaki membuat kucing ini menjadi terlihat lebih anggun. Bulu kucing Birman yang berukuran semi panjang sangat lembut sangat disentuh dan termasuk mudah dalam perawatannya.

Kucing Birma

Birman merupakan kucing yang tenang dan juga penyayang, kucing ini sangat suka menghabiskan waktu bersama dengan anggota keluarga pemiliknya termasuk anak anak. Meski Birman tidak begitu aktif jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya, namun kucing ini sangat serius ketika bermain seperti mengambil atau mengejar bola.

Beberapa fakta tentang kucing Birman antara lain adalah ras kucing ini pertama kali diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1960an, Birman harus memiliki 4 kaki putih dengan pola yang digambarkan seperti sarung tangan dan tali, kucing ini adalah kucing yang cerdas dan selalu tertarik dengan permainan seperti puzzle. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Birman

Kucing Birman yang merupakan kucing cantik memang layak untuk mendapatkan legenda yang indah, kucing Birman juga kadang disebut dengan Kucing Suci Burma. Dikatakan penampilan kucing ini didapat dari dewi bermata biru yang menghargai pengabdiannya pada kuil dan pendeta.

Dalam legenda mata kucing ini awalnya berwarna kuning, lalu warna tersebut diubah menjadi biru, warna kaki putih yang dimiliki kucing ini merupakan simbol dari kesuciannya dan dikatakan bahwa pendeta dari kuil yang meninggal akan dilahirkan kembali kedalam tubuh kucing. Inilah legenda yang terkenal mengenai kucing Birman.

Asal Usul Birman

Dalam sejarah Birman tidak diketahui dengan pasti bagaimana kucing ini muncul. Teori yang mengatakan bahwa kucing ini adalah hasil persilangan kucing Siam, Anggora atau Persia tidak diketahui kapan dilakukan, dimana dilakukan dengan jelas. Namun sebagian besar orang berpendapat mungkin hal ini terjadi di Asia Tenggara.

Pada waktu itu Asia Tenggara terkenal dengan kucing yang membawa gen mata biru dan bulu panjang. Pendapat lain mengatakan bahwa kucing ini dibuat di Prancis, dimulai dari kucing yang diimpor oleh dua orang Eropa bernama Auguste Pavie dan Mayor Gordon Russell.

Kedua orang ini diberi sepasang kucing dari kuil sebagai hadiah karena membantu para pendeta, hal ini terjadi pada tahun 1919. Kedua kucing tersebut dikirim ke Prancis meski dalam perjalanan kucing berkelamin jantan itu mati, namun kucing tersebut sudah membuat kucing betina hamil. Anak dari kedua kucing ini kemudian dikembangkan di Prancis dan diakui pada tahun 1925 sebagai Sacre de Birmanie yang merujuk ke nama ras kucing ini yaitu Birman.

Pada tahun1959 kucing Birman diimpor ke Amerika dan diakui oleh Asosiasi Peternak kucing pada tahun 1967 dan disusul oleh organisasi lain seperti American Cat Fanciers Association, Canadian Cat Association, Cat Fanciers Federation, dan The International Cat Association. 



Karakteristik Kucing Birman

Birman adalah kucing berukuran sedang hingga besar, berat badan kucing ini secara umum berkisar antara 4kg hingga 6kg. Kucing ini hanya memiliki mata berwarna biru dengan bentuk yang hampir bulat, badannya berotot agak panjang disertai kaki yang kuat. Birman memiliki kepala lebar dan bulat dan telinga berukuran sedang yang ujungnya melengkung.

Karakteristik Birman

Bulu pada bagian leher dan juga ekor pada kucing ini sangat tebal dan halus, warna poin pada kedua telinga, kaki dan ekor akan lebih gelap dari warna bulu badan kucing ini. Kaki kucing Birman berwarna putih yang berbentuk simetris dan tidak melebihi batas pada pergelangan kakinya.

Kucing Birman adalah kucing yang tenang dan juga penyayang, dia sangat suka berada disekitar orang dan mudah beradaptasi dengan semua jenis lingkungan rumah dan juga hewan peliharaan lain entah itu kucing, anjing atau hewan lainnya. Birman sangat suka bermain dengan mainan interaktif yang membuatnya berfikir atau bergerak kesana kemari.

Birman adalah kucing yang jinak namun bukan berarti dia bodoh, kucing ini termasuk kucing yang cerdas dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dia suka menjelajah lingkungan rumahnya dan biasanya kucing ini berkomunikasi menggunakan suaranya yang lembut untuk mengingatkan pemiliknya seperti waktu makan atau untuk mendapatkan perhatian. 



Perawatan Kucing Birman

Setiap kucing itu unik karena memiliki hal yang disukai dan tidak, kebutuhan nutrisinya pun berbeda, tantunya hal ini juga sama untuk kucing Birman. Berikan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi kucing ini, jangan lupa untuk mengatur porsi makanan yang diberikan supaya tidak terjadi kelebihan berat badan dan memiliki berat yang ideal.

Bulu kucing Birman memiliki tekstur yang halus dan tidak mudah kusut, lakukan penyisiran setiap minggu untuk menghilangkan bulu mati, melancarkan peredaran darah serta merangsang tumbuhnya bulu baru. Pada musim tertentu kucing ini akan mengalami kerontokan bulu, pada saat ini sisirlah bulu lebih sering dari biasanya dan mandikan kucing jika diperlukan.

Perawatan Birman

Untuk mencegah terjadinya penyakit periodontal (infeksi gusi) maka membersihkan gigi kucing adalah hal yang harus dilakukan. Kebersihan gigi harian adalah yang terbaik namun cukup lakukan seminggu sekali atau lebih daripada tidak dilakukan. Cek kondisi kuku atau cakar dan potong setiap beberapa minggu dengan teratur.

Telinga kucing bisa terkena kutu telinga jika tidak dibersihkan, maka dari itu lakukan pemeriksaan kebersihan telinga kucing setiap minggu. Bersihkan telinga kucing yang kotor dengan hati hati dan jangan sampai membuat luka pada bagian dalam telinga. Seka bagian sela mata ketika ada kotoran, jangan sampai kotoran menumpuk dan terjadi infeksi.

Berikan vaksinasi lengkap pada kucing ini, lakukan pengulangan vaksinasi kucing setiap tahun supaya kucing terhindar dari beberapa virus kucing yang berbahaya. Pengendalian parasit juga perlu dilakukan untuk mencegah kucing kutuan atau penyakit yang berhubungan dengan kulit.

Demi keamanan sebaiknya pelihara kucing Birman sebagai kucing dalam ruangan untuk melindungi kucing dari penularan penyakit kucing liar, serangan kucing atau hewan lain, resiko kecelakaan atau bahkan juga resiko dari dicuri orang yang menginginkan kucing.



Kesehatan Kucing Birman

Birman umumnya adalah kucing yang sehat, masa hidupnya bisa mencapai 15 tahun atau bahkan bisa lebih. Namun meski begitu setiap kucing ras pasti memiliki berbagai masalah dalam kesehatan yang bersifat genetik, hal ini juga terjadi pada kucing ini. Beberapa masalah kesehatan yang sering terlihat pada kucing ini antara lain adalah:

Hipotrikosis kongenital, yang menyebabkan kucing Birman dilahirkan tanpa bulu, dan aplasia timus, suatu defisiensi imun yang menyebabkan peningkatan risiko infeksi dan kematian. Catatannya adalah kondisi ini jarang terjadi pada kucing Birman.

Kornea dermoid, yaitu adanya kulit dan rambut di permukaan kornea (bagian depan mata yang bening) dari salah satu atau kedua mata, jika kucing Birman terkena penyakit ini maka harus dilakukan pembedahan.

Degenerasi spons, penyakit degeneratif progresif pada sistem saraf pusat yang menyebabkan tanda tanda yang meliputi kelemahan tungkai belakang dan gerakan tidak terkoordinasi.

Gemetar pada anak kucing, dimana kondisi ini dimulai pada beberapa anak kucing ketika mereka berusia sekitar 10 hari dan berlangsung hingga mereka berusia sekitar 12 minggu. Penyebab penyakit ini tidak diketahui dan penyakit ini bisa pulih secara spontan.

Konsentrasi urea atau kreatinin yang sangat tinggi dalam darah, dalam hal ini ada kemungkinan akan terjadi gagal ginjal pada kucing. 



Harga Kucing Birman

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Birman Import 23.000.000
Harga Kucing Birman Lokal 10.000.000
Harga Kitten Birman 4.500.000
Harga Kucing Birman Dewasa 7.000.000

Biaya adopsi kucing Birman menurut beberapa situs yang ada berkisar antara $700 hingga $1500, dengan harga tersebut mungkin rata rata biaya adopsi kucing birman kurang lebih akan seperti diatas. Demikian mengenai kucing Birman, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Birman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel