Kucing Brazilian Shorthair

Kucing Brazilian Shorthair atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Bulu Pendek Brasil merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Brazil. Kucing ini adalah kucing domestik alami yang memiliki sifat cerdas, penyayang dan juga energik. Dikatakan kucing ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1980 dan merupakan kucing jenis pertama dari negara Brazil.

Dengan melihat nama kucing ini tentu saja semua orang juga sudah tahu bahwa kucing ini berasal dari Brazil. Di negara asalnya kucing ini bisa ditemukan di beberapa tempat penampungan kucing atau beberapa tempat lainnya, jadi jika catlovers pergi kesana disarankan untuk mengadopsi kucing ini untuk dipelihara dirumah.

Kucing Brazilian Shorthair

Brazilian Shorthair adalah kucing yang memiliki latar belakang sebagai kucing jalanan, dan bisa dilihat sehari hari di daerah Brazil. Meski berakar dari kucing jalanan namun kucing ini termasuk kucing karismatik dan juga ramag, dia sangat suka terlibat dengan berbagai kegiatan atau interaksi dengan manusia.

Brazilian Shorthair yang merupakan kucing yang cerdas serta berasal dari jalanan cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam segala hal, oleh karena itu jika kucing ini dipelihara dirumah maka sebaiknya diberikan lingkungan yang penuh dengan ruang untuk menjelajah dan juga aktu bermain yang banyak. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Brazilian Shorthair

Sejarah Brazilian Shorthair memiliki banyak spekulasi dalam informasinya, banyak yang berpendapat bahwa sejarah kucing ini dimulai dari 1500 M ketika orang Eropa membawa kucing mereka masuk ke Brazil. Kucing tersebut kemudian dipelihara dan dibesarkan dengan kucing lokal yang ada sehingga dalam perkembangannya kucing tersebut selaras dengan ras kucing modern.

Asal Usul Kucing Brazilian Shorthair

Dalam informasinya pelaut yang berlayar tersebut merupakan para pelaut dari Portugis dan kucing yang dibawanya merupakan kucing British Shorthair. Sebenarnya para pelaut ini membawa kucing hanya untuk mengendalikan populasi hewan pengerat yang ada dikapal mereka, namun karena waktu singgahnya ke Brazil sebagian kucing ini menjadi kucing jalanan di negara tersebut.

Nama orang yang dikaitkan erat dengan sejarah kucing Brazilian Shorthair adalah Paulo Samuel Ruschi, dia adalah seorang peternak kucing dan juga pendiri Federasi Kucing Brazil serta Klub Kucing bernama Rio de Janeiro. Pada awalnya dia hanya terinspirasi untuk mengambil kucing jalanan tertentu, hal ini dilakukan untuk membuat kucing tersebut menjadi sebuah ras kucing yang diakui.

Pencarian tersebut berfokus pada daerah Semenanjung Iberia, dari sini ditemukan beberapa kucing dengan kucing ini kemudian dipelajari lebih jauh. Pada tahun 1998 kucing ini diakui secara resmi oleh Federasi Kucing Dunia sebagai kucing ras murni, Brazilian Shorthair juga dikenal sebagai Pelo Curto Brasileiro. 



Karakteristik Kucing Brazilian Shorthair

Brazilian Shorthair adalah kucing yang lincah dan juga mudah untuk beradaptasi dengan situasi lingkungan yang baru. Kucing ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga suka untuk menjelajah tempat tinggal barunya atau juga lingkungan yang sudah dikenalnya sejak lama.

Kucing ini sangat ramah dan juga suka bersosialisasi dengan orang lain, karenanya interaksi pemilik kucing sangat diperlukan untuk membuat kucing ini tetap senang dan juga bahagia. Selain ramah kucing ini juga bisa bergaul dengan hewan peliharaan lain dan juga bahkan baik pada anak anak, namun meski begitu terkadang kucing ini menuntut diberikan perhatian dan juga kasih sayang.

Karakter Kucing Brazilian Shorthair

Apabila catlovers (CL) mencari kucing yang suka untuk meringkuk di tempat tidur dan juga sofa maka mungkin kucing ini tidak akan mengecewakan. Brazilian Shorthair sangat cocok untuk hal tersebut, apalagi jika CL memiliki banyak waktu untuk bermain dengannya maka kucing ini akan selalu bisa menemani CL sepanjang waktu untuk bermain.

Brazilian Shorthair adalah kucing yang berukuran sedang hingga besar, pada kucing berkelamin jantan berat badannya bisa mencapai 10kg dan pada kucing berkelamin betina bisa mencapai 7kg. Hal yang perlu diingat adalah standar setiap ukuran kucing itu berbeda, jadi berat tersebut bisa saja ada yang lebih atau juga bisa kurang.

Selain berbadan besar kucing ini juga memiliki ekor yang meruncing ke ujung dengan ukuran lumayan panjang, matanya besar dan terlihat elegan. Tubuh kucing ini kuat namun ukurannya lebih ramping dari kucing British Shorthair dan American Shorthairs, kepalanya agak panjang dengan telinga sedang yang ujungnya membulat.

Brazilian Shorthair bisa hadir dalam berbagai pola dan warna termasuk putih, hitam, orange, abu abu, cokelat. Fakta yang ada memang mengatakan bahwa orang orang dapat menemukan kucing Brazilian Shorthair dalam berbagai warna serta pola umum yang dimiliki oleh semua kucing ras yang ada. 



Perawatan Kucing Brazilian Shorthair

Brazilian Shorthair adalah kucing dengan bulu yang pendek, karenanya kucing ini tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dari pemiliknya. Untuk perawatan bulu cukup lakukan penyisiran atau penyikatan bulu kucing mingguan untuk membantu menghilangkan bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh.

Perawatan lain pada kucing ini sama seperti kucing lain pada umumnya seperti menjaga kebersihan lingkungan kandang, kebersihan kucing dan berbagai hal lainnya. Periksa kebersihan telinga kucing setiap minggu, jika setelah dibersihkan dalam waktu dekat telinga kucing kotor lagi maka ada kemungkinan telinga kucing terkena earmites.

Perawatan Kucing Brazilian Shorthair

Potong cakar atau kuku kucing ketika mulai panjang, hal ini berguna untuk mencegah kucing menggaruk perabotan rumah. Untuk mencegah terjadinya periodontal maka sikat gigi kucing jika ada waktu, cukup lakukan sesekali karena hal ini lebih baik daripada tidak dilakukan sama sekali.

Pengendalian parasit kucing bisa menggunakan obat kutu kucing yang diteteskan ditengkuk, jika kucing dalam jumlah sedikit maka hal ini akan lebih mudah karena harus dilakukan secara serantak untuk hasil yang lebih maksimal. Berikan vaksinasi kucing dengan lengkap dan juga lakukan pengulangan setiap tahun supaya kucing terhindar dari virus yang berbahaya.

Bersihkan seluruh lingkungan tempat tinggal kucing, jangan sampai kotoran yang ada menyebabkan bakteri yang bisa mempengaruhi kesehatan kucing. Jika memungkinkan maka periksakan kucing kedokter secara rutin untuk mengamati perkembangan kesehatannya atau juga untuk mengetahui penyakit lain yang tidak bisa kita lihat sendiri. 



Kesehatan Kucing Brazilian Shorthair

Semua ras kucing memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang berasal dari kedua induknya, maksudnya adalah penyakit yang bersifat keturunan atau genetik bawaan terutama untuk kucing hasil persilangan akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk hal ini.

Kucing Brazilian Shorthair pada umumnya adalah kucing yang dianggap sehat dan bahkan sampai saat ini tidak ada masalah kesehatan khusus terkait ras kucing ini. Namun meski begitu tetap perhatikan kondisi kucing dari kondisi yang ada karena semua penyakit bisa ditimbulkan dari lingkungan atau penularan dari kucing lain. 



Harga Kucing Brazilian Shorthair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Brazilian Shorthair Import 23.000.000
Harga Kucing Brazilian Shorthair Lokal 9.000.000
Harga Kitten Brazilian Shorthair 5.500.000
Harga Kucing Brazilian Shorthair Dewasa 7.000.000

Menurut informasi dari beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini, biaya adopsi kucing Brazilian shorthair berkisar antara $1000 hingga $1200. Dengan biaya tersebut maka rata rata harga kucing Brazilian shorthair mirip dengan harga diatas, kucing import akan lebih mahal karena akan ada biaya tambahan dan untuk yang lokal tentu saja akan lebih murah karena tidak mungkin untuk dilepas dengan harga tinggi. Demikian mengenai kucing Brazilian shorthair, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Brazilian Shorthair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel