Kucing British Longhair

Kucing British Longhair atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing Bulu Panjang Britania adalah kucing memiliki wajah manis dan juga sikap yang santai. British Longhair atau BLH adalah kucing dengan wajah bulat dengan bulu halus ditubuhnya, karena ciri yang dimilikinya ini kucing British Longhair juga sering disebut dengan kucing yang mirip boneka teddy bear.

BLH merupakan kucing hasil persilangan dari kucing british shorthair dengan kucing persia. Sebenarnya kucing ini sudah ada sejak lama, namun baru belakangan ini kucing ini diakui dan memiliki jenis ras kucing tersendiri. BLH merupakan kucing yang cocok bagi catlovers yang mencari kucing rumahan atau kucing untuk keluarga karena kucing ini sangat penyayang dan juga setia.

Kucing BLH

British Longhair sangat senang ditemani oleh manusia, namun meski begitu kucing ini juga termasuk kucing yang mandiri dan juga rendah hati. Karena sifatnya ini kucing BLH bisa catlovers tinggal sendirian dalam waktu yang lama. BLH adalah kucing dengan bulu panjang, jadi ingatlah untuk melakukan perawatan ekstra terhadap bulunya.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kucing British Longhair yang perlu catlovers ketahui, British Longhair diakui sebagai ras kucing oleh TICA (The International Cat Association) pada tahun 2009, namun beberapa organisasi belum semuanya mengakui BLH sebagai ras kucing sendiri, meski memiliki kemiripan dengan BSH namun kucing ini memiliki struktur wajah dan karakter yang berbeda karena pengaruh dari kucing persia.

Daftar Isi



Sejarah Kucing British Longhair

Sejarah British Longhair dimulai dari berakhirnya perang dunia pertama, pada masa tersebut jumlah kucing british shorthair sangat menurun drastis akibat perang yang terjadi. Orang Inggris yang tidak tertarik pada kucing pada saat itu terpaksa membuat para peternak kucing yang ada melakukan persilangan guna menyelamatkan ras kucing british shorthair.

Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa kejadian ini terjadi sekitar tahun 1914 hingga 1918. Pada tahun tersebut para peternak kucing mulai menyilangkan kucing british shorthair yang ada dengan kucing persia dan juga beberapa kucing tanpa silsilah lainnya. Persilangan ini dilakukan untuk membuat ras kucing british shorthair tetap dan ada atau untuk melestarikannya.

Asal Usul Kucing BLH

Hasil dari persilangan ini membuat beberapa anak kucing memiliki bulu yang sedikit lebih panjang, dari hasil tersebut beberapa orang menganggap ini adalah hasil yang cacat dan membuat kucing ini menjadi disisihkan. Kemudian hal yang sama terjadi setelah terjadinya perang dunia kedua, hal ini membuat para peternak kucing harus melakukan persilangan sekali lagi untuk menyelamatkan ras kucing british shorthair.

Pada persilangan yang kedua ini peternak kucing memutuskan untuk menggunakan beberapa ras kucing lainnya seperti kucing chartreux, burma, russian blue dan juga kucing persia. Dan hasilnya, anak kucing yang dihasilkan tetap memiliki bulu yang sedikit lebih panjang. Dari sinilah kucing British Longhair atau BLH telah dibuat.

Meski ras kucing ini tidak terlalu dianggap pada awalnya, namun seiring berjalnnya waktu kucing ini juga menjadi lebih populer di kalangan orang luas. Dan hasilnya, pada tahun 2009 kucing British Longhair secara resmi telah diberikan status championsip oleh TICA (The International Cat Association) dan menjadi ras kucing sendiri. 



Karakteristik Kucing British Longhair

British Longhair atau BLH adalah kucing berukuran sedang dengan bulu yang panjang pada tubuhnya. Wajahnya bulat dan terlihat menyenangkan, matanya yang bulat menambahkan ekspresi manis dan juga bulunya yang panjang membuat kucing ini memiliki kesan mewah dan juga mempesona.

Dibalik semua keimutan yang ditutupi bulu dan posturnya, British Longhair memiliki tubuh yang kokoh dan juga berotot. Berat badan yang biasanya dimiliki oleh kucing BLH berkisar antara 3.5kg hingga 7.5kg, berat ini adalah berat kucing ini secara umum dan pada kucing BLH jantan beratnya bisa lebih dari berat tersebut.

Sifat Kucing BLH

Bulu panjang yang dimiliki British Longhair tergolong tebal dan juga lurus, bulu ini terlihat seperti menjauhi tubuhnya dan membuat ukuran kucing ini menjadi lebih besar dari ukuran asli yang dimilikinya. Warna yang ada pada bulu kucing BLH bisa bervariasi mulai dari hitam, cokelat, gold dan juga blue. Dalam hal kerontokan bulu kucing BLH lebih sedikit dari kucing bulu panjang lain, dan juga lapisan bawah bulu kucing ini sangat tebal.

British Longhair adalah kucing yang sering dibandingkan dengan kucing british shorthair dan juga kucing persia dalam hal penampilan. Berbicara masalah standar ras, BLH memiliki standar yang mengikuti kucing BSH, semuanya hampir sama namun hanya perbedaan yang jelas terletak pada bagian bulunya yang panjang.

BLH dikenal sebagai kucing yang memiliki sifat yang lembut, tenang dan juga memiliki rasa toleran yang tinggi. Kucing ini tidak mudah marah, bahkan sebagian besar orang sering menyebutnya sebagai kucing yang malas. Kucing ini termasuk kucing yang kurang aktif, dan seiring bertambahnya usia sifat ini akan semakin menjadi.

British Longhair adalah kucing yang setia, mencintai manusia atau pemiliknya serta toleran terhadap lingkungan yang diberikan. Rasa sosialnya sangat tinggi dengan kucing lain, mandiri dan bisa melakukan urusan mereka sendiri, namun bukan berarti kucing ini akan bisa dengan mudah meninggalkan pemiliknya.

Selain toleran terhadap pemiliknya, BLH juga memiliki rasa toleran yang tinggi terhadap anak anak dan juga anggota keluarga lain. Hal yang perlu diingat adalah, kucing ini tidak suka digendong, dia lebih suka untuk duduk disamping pemiliknya dan dibelai dengan lembut tanpa diberikan gendongan. 



Perawatan Kucing British Longhair

Perawatan kucing ini akan sama dengan perawatan kucing berbulu panjang lainnya, seperti yang catlovers ketahui bahwa perawatan kucing berbulu panjang akan lebih sulit jika dibandingkan dengan kucing berbulu pendek. Untuk merawatnya, catlovers perlu menyikat atau menyisir bulu kucing ini beberapa kali seminggu.

Pada saat menyisir bulu kucing BLH, lakukan lembut dan teliti, sisir seluruh bagian tubuh dan jangan lupa sisir juga bagian yang kecil atau sulit. Karena termasuk kucing yang mandiri, memandikan kucing ini jarang diperlukan. BLH cenderung bisa memberishkan dirinya sendiri dengan melakukan grooming. Kekurangannya adalah, kucing ini akan lebih mudah menelan bulu mati yang ada ditubuhnya dan akan lebih sring mengeluarkan hairball.

Cara Merawat Kucing BLH

British Longhair adalah kucing yang malas, jadi catlovers atau pemilik kucing harus aktif untuk mengajaknya bermain. Sediakan mainan seperti garukan kucing jika diperlukan, hal ini dilakukan untuk menjaga kucing tetap melakukan aktivitas dan terhindar dari kelebihan berat badan dan juga resiko penyakit lainnya.

BLH tergolong kucing yang cerdas, jadi mereka akan lebih mudah dilatih untuk bermain, melakukan beberapa tugas sederhana, menggunakan litter bix dengan benar dan juga hal lainnya. Karena BLH sangat mencintai makanan, maka ketika melakukan pelatihan atau permainan jangan lupa untuk memberikan mereka snack sebagai hadiah atas keberhasilannya.

Bersihkan seluruh bagian tubuh kucing ini mulai dari mata, telinga, gigi dan juga cakar. Lakukan kegiatan rutin ini dengan jadwal supaya kucing terbiasa. Untuk menghindari parasit dan juga penyakit yang berkaitan dengan virus jangan lupa untuk memberikan obat tetes kutu kucing dan juga vaksinasi lengkap.

Dalam perawatannya, berikan makanan kucing dengan kualitas yang bagus. Jangan memberikan makanan kucing yang tidak mencukupi kebutuhan nutrisi kucing ini. Karena BLH sangat rentan terhadap obesitas, maka makanan dan pola makannya harus sangat diperhatikan supaya berat badan yang dimilikinya tetap ideal serta tidak gampang mengalami berat badan berlebih.



Kesehatan Kucing British Longhair

British Longhair atau BLH memiliki masa hidup berkisar antara 15 hingga 17 tahun. Meski kucing ini tergolong kucing yang sehat, namun mereka memiliki beberapa masalah dalam kesehatan yang sering dialami. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering ditemui pada ras kucing ini.

BLH harus sering untuk melakukan pemeriksaan ginjal karena kucing ini rentan terkena gibjal polikistik. Penyakit ini akan menimbulkan kista ada pada ginjal, jika hal ini terjadi maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi dan akan mengalami gagal ginjal pada akhirnya.

Untuk masa sekarang ini dalam penanganannya bisa melalui tes DNA untuk mendeteksi resiko yang ada pada orang tua kucing untuk mengalami penyakit ini. Pada kucing British Longhair sebelumnya atau British Longhair persia, penyakit ini juga sangat umum terjadi.

Setiap kucing pasti memiliki masalah kesehatan terkait dengan masalah genetik mereka, apalagi jika kucing tersebut adalah kucing hasil persilangan yang memiliki resiko dari induk yang berbeda. Tetap lakukan pemeriksaan rutin pada kucing ini supaya masalah kesehatan yang dapat berkembang dikemudian hari bisa diberikan penanganan yang sesuai.



Harga Kucing British Longhair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing British Longhair Import 30.000.000
Harga Kucing British Longhair Lokal 20.000.000
Harga Kitten British Longhair 14.500.000
Harga Kucing British Longhair Dewasa 16.000.000

Menurut informasi yang ada dibeberapa situs yang ada, harga adopsi kucing british longhair berkisar antara $800 hingga $1.200. Harga tersebut bukanlah patokan harga pasti untuk harga kucing BLH, karena setiap breeder berhak menentukan biaya adopsi kucing mereka dari kualitasnya. Demikian untuk kucing British longhair kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing British Longhair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel