Kucing British Semi Longhair

Kucing British Semi Longhair atatu dalam bahasa indonesia disebut dengan kucing bulu semipanjang britania adalah kucing yang memiliki bulu dengan ukuran sedang dan merupakan versi lain dari kucing british shorthair. Kucing ini memiliki karakter fisik yang sama dengan kucing BSH, namun yang membedakan antara keduanya adalah ukuran panjang bulu yang ada.

Di Amerika Serikat, British Semi Longhair dianggap sebagai kucing yang sama dengan kucing BSH, namun di Inggris kedua jenis ini dianggap sebagai kucing yang sama. Bulu kucing British Semi Longhair selalu terlihat megah dan mewah, namun untuk menjaga hal ini perawatan yang sangat ekstra harus diberikan supaya bulunya tetap sehat dan selalu dalam kondisi yang baik.

Kucing British Semi Longhair

British Semi Longhair tergolong kucing yang pendiam dan juga jarang mengeong. Kucing ini bukanlah kucing hasil mutasi, namun hasil persilangan dari kucing BSH dan kucing jenis lain seperti kucing persia. Karena keunikan dari ukuran bulunya yang lebih panjang, akhirnya para peternak kucing memperkenalkan British Semi Longhair sebagai kucing yang terpisah dari kucing BSH.

Berikut adalah beberapa fakta menarik dari kucing ini, ketika bulu kucing ini sangat panjang, bulu dibagian bawah perut akan cenderung melengkung. Kucing ini sangat mandiri, namun juga ramah dan setia. Kucing ini akan mengeluarkan suara atau mengeong jika membutuhkan sesuatu dari pemiliknya. British Semi Longhair merupakan kucing turunan dari kucing Romawi kuno. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing British Semi Longhair

Ras kucing British Semi Longhair merupakan keturunan dari ras kucing Inggris tertua yaitu British Shorthair. Sebagian besar sejarah kucing ini juga selallu berhubungan dengan BSH, dikatakan bahwa nenek moyang BSH pada sejarah British Semi Longhair merupakan kucing yang dibawa ke Eropa oleh bangsa Romawi pada abad pertama Masehi.

Setelah kedatangannya di Eropa, lalu kucing ini banyak dikawinkan dengan kucing yang sudah menjadi penghuni daerah tersebut. Baru setelah terjadinya perang dunia pertama, BSH mengalami penurunan jumlah dan hal ini membuat para peternak kucing memulai perkawinan silang dengan kucing ras berbulu panjang lain seperti kucing Angora Turki guna untuk melestarikan kucing BSH yang sudah ada.

Sejarah British Semi Longhair

Dari hasil persilangan yang dilakukan tersebut, muncullah gen bulu panjang yang dihasilkan pada keturunannya. Pada awalnya keturunan yang memiliki bulu panjang ini dibawa kearah kucing persia, namun GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) pada saat itu hanya memberikan izin untuk british shorthair keturunan ketiga dengan rambut panjang dalam silsilahnya untuk ditampilkan.

Pada tahun 1940an, yaitu pada masa perang dunia kedua, terjadi penurunan populasi kucing di Eropa akibat lingkungan sosial dan faktor ekonomi. Dalam masa ini banyak kucing BSH disilangkan dengan kucing persia untuk memelihara ras kucing tersebut, dan hasilnya banyak sekali kucing dengan bulu panjang dari hasil persilangan yang dilakukan.

Keturunan BSH berbulu panjang ini sering dikembangkan secara tidak sengaja di cattery Inggris, namun di luar Inggris kucing ini dengan sengaja dikembangkan. Pada masa tersebut kucing dengan bulu panjang terus dikembangkan dengan BSH untuk menjadikan ras kucing British Semi Longhair yang formal dan juga konsisten.

Kucing British Semi Longhair pada masa itu tidak bisa ditampilkan pada acara yang diadakan oleh GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) karena kucing ini tidak dianggao sebagai ras yang terpisah dan dimasukkan kedalam varian dari kucing BSH.

Sebuah grup di Inggris dikatakan tertarik untuk mengembangkan ras kucing British Semi Longhair untuk membuat ras kucing tersendiri, dan hasilnya pada tahun 2009 kucing ini mendapatkan pengakuan dari TICA (The International Cat Association). Ras ini sangat populer diluar Inggria dan disebut sebagai Longhair British, di Eropa disebut dengan Britannica dan di AS dan Belanda disebut dengan Lowlander. 



Karakteristik Kucing British Semi Longhair

British Semi Longhair termasuk kucing yang berukuran besar, tubuhnya kekar dan juga berotot. Wajahnya terlihat gemuk dan terlihat imut, moncong yang ada berkembang dengan beik dengan dagu yang kokoh. Bagian telinga kucing ini berukuran sedang dan lebar, sedangkan ekornya terlihat montok dengan bisa panjang dan juga sedang.

Secara keseluruhan penampakan tubuh kucing ini sangat proporsional dan juga kokoh, berat pada kucing jantan berkisar antara 4.5kg hingga 8kg sedangkan pada kucing betina berkisar antara 3.6kg hingga 7.5kg. Berat tersebut adalah berat rata rata secara umum, jadi mungkin masih ada yang lebih berat dari berat tersebut.

Karakter British Semi Longhair

Kucing British Semi Longhair memiliki bulu dengan ukuran sedang. Bulu pada kucing ini sangat lembut dan juga terlihat berkilau. British Semi Longhair bisa hadir dalam berbagai pola warna seperti putih, merah, krem, cokelat, biru dan juga beberapa warna lainnya, sedangkan polanya yang termasuk adalah solid, tick (mungkin golden? Dan juga bicolor atau dua warna.

Pada masalah kepribadian, British Semi Longhair memiliki sifat yang santai dan juga tenang. Dikatakan kucing ini memiliki pemahaman yang bagus, karenanya ketika pemilik atau anggota keluarga bekerja kucing ini tidak akan mengganggu sampai mereka selesai.

British Semi Longhair tidak akan mengikuti kemanapun catlovers atau pemiliknya pergi, namun dia hanya akan duduk disebelah catlovers atau juga bisa berbaring di tempat tidur miliki catlovers. Kucing ini adalah kucing yang pendiam, jika pemiliknya sibuk maka dia akan memiliki waktunya sendiri. Selain itu, kucing ini juga tidak banyak menuntut dan bisa tenang didalam rumah.

Kata pusa adalah kata yang tepat untuk menggambarkan jenis ras kucing yang satu ini. British Semi Longhair akan selalu puas dengan apa yang catlovers berikan padanya, kucing ini juga sangat suka dengan anak anak dan bahkan juga bisa bergaul dengan orang asing. Karena pemikiran yang independen, kucing ini akan datang ke pangkuan catlovers karena keinginannya sendiri.

Akltivitas British Semi Longhair sangatlah rendah atau sedikit, biasa dikatakan kucing ini tergolong pemalas. Berikan mainan seperti cat tower, cat condo, bola dan lainnya supaya kucing bisa bermain untuk bergerak. Selain itu berikan latihan ringan pada kucing, awali dengan mengajaknya bermain dan berikan arahan dengan pelan. Selalu ajak kucing untuk beraktivitas supaya kucing tidak mengalami kelebihan berat badan karena kurangnya aktivitas. 



Perawatan Kucing British Semi Longhair

British Semi Longhair termasuk kucing yang rakus, dan juga kucing ini sangat rentan terkena obesitas atau kelebihan berat badan karena kurangnya aktivitas yang dimiliki kucing ini. Pemberian makanan untuk kucing ini sangat penting untuk diperhatikan, berikan makanan dengan kualitas yang bagus dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kucing.

Dengan memberikan makanan yang bagus maka nutrisi kucing akan tercukupi dan membuat kucing akan menjadi lebih sehat dalam semua hal.  Karena kucing ini termasuk kucing berbulu panjang maka perawatan pada bulunya sendiri akan lebih sulit daripada perawatan kucing berbulu pendek.

Perawatan British Semi Longhair

Lakukan penyikatan atau penyisiran bulu secara teratur supaya aliran darah pada kucing menjadi lebih lancer, bulu mati akan terangkat dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh lebih cepat. Sekain bulu ada juga beberapa perawatan lain yang harus dilakukan seperti memberisihkan telinga, menyikat gigi kucing dan juga memotong kuku atau cakar kucing.

Disarankan untuk memandikan kucing ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan bulunya yang panjang dan juga menjaga kesehatan kulit kucing. Potong kuku kucing dengan teratur, catlovers bisa menggunakan gunting khusus kuku kucing atau juga bisa menggunakan gunting biasa.

Bersihkan telinga kucing dari luar dan dalam, lakukan pembersihan telinga dengan perlahan dan lembut, setelah itu jangan lupa mengecek kebersihan telinga kucing setidaknya 2 minggu sekali. Bersihkan gigi kucing untuk mencegah periodontal (infeksi gusi), lakukan hal ini dengan teratur sampai kucing terbiasa.

Beberapa perawatan tambahan lain adalah pemberian obat parasite kucing, vaksinasi kucing dan juga pemberian vitamin untuk kucing. Obat parasite berguna untuk menjauhkan kucing dari kutu, vaksin untuk menjadikan kucing memiliki daya tahan terhadap virus yang mematikan dan pemberian vitamin digunakan untuk menjaga kesehatan bulu supaya tetap sehat. 



Kesehatan Kucing British Semi Longhair

British Semi Longhair pada umumnya adalah kucing yang sehat secara alami, namun seperti yang sudah banyak disebutkan diatas, British Semi Longhair sangat rentann terkena obesitas atau kelebihan berat badan karena kucing ini tergolong rakus dan juga memiliki aktivitas yang rendah.

Ras kucing ini tidak termasuk dalam kucing hipoalergenik. Karena pengembangan yang dilakukan dengan sembarangan pada waktu dulu, kucing ini menjadi rentan terjhadap beberaoa penyakit seperti kardiomiopati hipertrofik. Penyakit ini akan membuat otot jantung pada kucing menjadi tebal dan membuat kucing menjadi kesulitan bernapas.

Selanjutnya penyaktit yang sering ditemui pada kucing British Semi Longhair  adalah Hemofilia B yang dimana penyakit ini adalah kelainan genetik yang membuat darah kucing tidak menggumpal dengan baik atau juga sering disebut dengan pembekuan darah. Penyakit pada ginjal juga sering ditemui, jadi lakukan pemeriksaan kucing secara teratur dan berikan perawatan yang bagus untuk kucing ini. 



Harga Kucing British Semi Longhair

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing British Semi Longhair Import 30.000.000
Harga Kucing British Semi Longhair Lokal 20.000.000
Harga Kitten British Semi Longhair 14.500.000
Harga Kucing British Semi Longhair Dewasa 16.000.000
Harga adopsi kucing British Semi Longhair yang ada di beberapa situs menyebutkan bahwa kisaran harganya nya ada di $800 hingga $1200. Dari harga tersebut maka jika dialihkan kedalam rupiah mungkin akan mirip dengan harga diatas, ini adalah harga perkiraan saja, jadi jangan dijadikan sebagai harga yang paten ya catlovers. Demikian mengenai kucing British Semilonghair kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing British Semi Longhair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel