Kucing Cheetoh

Kucing Cheetoh merupakan ras kucing yang masih tergolong baru dan juga langka, jika catlovers menyukai kucing eksotis seperti kucing bengal maka kemungkinan besar catlovers juga akan menyukai kucing yang satu ini. Cheetoh adalah kucing yang memiliki penampilan liar namun kepribadiannya ramah mirip dengan kucing bengal.

Kucing ini memang sangat identik dengan kucing bengal karena merupakan hasil persilangan dari kucing bengal itu sendiri. Cheetoh adalah kucing hasil persilangan antara dua kucing yang memiliki penampilan liar, yaitu kucing bengal dan juga ocicat. Meski kucing ini merupakan kucing hasil persilangan dari bengal, namun kucing ini memiliki atribut dan juga penampilan mereka sendiri.

Kucing Cheetoh mirip kucing Bengal

Cheetoh memiliki pola bulu yang sangat luar biasa, dengan bulu yang berukuran pendek dan juga pola bintik serta garis pada tubuhnya membuat penampilan liar kucing ini menjadi terlihat nyata. Kucing ini bisa hadir dalam berbagai pola dan juga warna seperti kucing bengal, hal ini tidak aneh sama sekali karena memang kucing ini memang hasil dari persilangan kucing tersebut.

Meski memiliki penampilan yang liar pada tubuhnya, namun sifat yang dimiliki kucing ini tidak ada unsur liar sama sekali. Cheetoh adalah kucing yang penyayang, terutama untuk orang yang dekat dengan mereka, selain itu kucing ini juga memiliki kecerdasan yang tinggi, kemampuan belajarnya sangat cepat serta nalurinya tajam dalam berburu. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Cheetoh

Tujuan awal dibuatnya kucing Cheetoh adalah untuk mengembangkan kucing yang memiliki tubuh besar dan juga memiliki pola berbintik seperti ciri khas dari kucing hutan yang liar. Pada awal pengembangan kucing ini, sudah ada lumayan banyak kucing yang memiliki kemiripan dari tujuan ini, karenanya pengambangan yang dilakukan pun akhirnya bisa menggunakan kucing yang sudah ada tersebut.

Sejarah Kucing Cheetoh

Sejarah Cheetoh dimulai pada tahun 2003, pada tahun ini kucing cheetoh pertama kali dibawa kedunia oleh orang yang menjadi pengembang kucing ini pertama kali. Orang yang mengembangkan kucing Cheetoh dan membuatnya menjadi ras kucing tersendiri adalah Carol Drymon dari Wind Haven Exotics cattery.

Sebelum pengembangan yang dilakukan, Drymon melakukan penelitian tentang masalah persilangan antara kucing liar dan juga kucing domestik. Penelitian tersebut dilakukan selama satu setengah tahun, dan pada hasilnya pilihan utama Drymon tertuju pada kucing bengal yang merupakan kucing ras yang sudah ada dan sangat cocok untuk dengan tujuannya.

Untuk mengurangi sifat liar yang ada pada kucing dan juga tidak mengurangi penampilan liar yang dimiliki oleh kucing ini maka bengal menjadi pilihan utama dari Drymon. Drymon melakukan penyilangan kucing bengal dengan kucing ocicat untuk membuat kucing cheetoh dalam pengembangan awalnya.

Setelah pengembangan awal yang dilakukan tersebut, tidak selang beberapa lama para peternak kucing yang ada di Amerika Serikat diminta membantu untuk menyempurnakan kucing soal masalah standar, kesehatan dan juga penampilan. Meski Cheetoh dikembangkan di AS, namun beberapa peternak kucing terdaftar di Australia, Selandia Baru dan juga Kanada mulai memiliki kucing ini dan juga ikut dalam pengembangan tersebut.



Karakteristik Kucing Cheetoh

Cheetoh adalah kucing yang dikembangkan dari dua jenis kucing tutul yang berbeda, jadi tidak heran jika kucing ini memiliki bulu yang menyerupai macan tutul. Bulu pendek dari kucing ini sangat halus dan terlihat berkilau, kualitas bulu ini merupakan warisan dari kucing bengal yang merupakan nenek moyang dari kucing ini sendiri.

Karakter Kucing Cheetoh

Tujuan awal diciptakannya kucing ini adalah membuat kucing yang menyerupai kucing liar, itulah mengapa kucing ini memiliki telinga yang lebih menonjol dan juga mata almon yang kecil. Rahang cheetoh kuat, moncongnya lebar dan juga terlihat tegas, bahu kucing ini akan terlihat rendah ketika berjalan dan hal ini sangat mirip dengan ciri dari kucing besar yang ada di alam liar.

Dalam hal ukuran dan berat badan, cheetoh memiliki ukuran dan berat yang lebih besar dari kedua nenek moyangnya. Berat secara umum pada kucing ini berkisar antara 6.5kg hingga 10kg untuk kucing jantan dan 6.5kg untuk kucing betina. Berat tersebut merupakan rata rata, jadi berat asli dari kucing ini masih bisa lebih atau juga bisa kurang.

Pola bulu yang dimiliki kucing cheetoh sangatlah luar biasa, secara umum kucing ini akan memiliki pola berbintik yang mirip dengan kucing liar. Bintik yang ada pada tubuhnya pun memiliki ukuran yang bagus. Karena merupakan keturunan dari kucing bengal, maka cheetoh juga bisa hadir dalam pola marble dan juga beberapa pola dari kucing bengal seperti brown spotted, silver spotted, snow dan juga beberapa pola lainnya.

Terlepas dari penampilan liar yang dimiliki kucing ini yang terkesan liar, sifat dari kucing ini sangat berbanding terbalik dari penampilan tersebut. Cheetoh adalah kucing yang sangat lembut dan juga baik hati, dia bisa ramah dan juga tidak pemalu terhadap orang yang baru dilihatnya, sifat ini adalah kebalikan dari kucing bengal yang cenderung hanya dekat dengan satu orang saja.

Cheetoh juga kucing yang energik dan cerdas, dia akan sangat aktif dan mungkin pemiliknya pun akan lumayan kesulitan dalam membuat kucing ini menjadi terhibur. Kucing ini sangat suka bermain di sekitar orang lain, jadi terkadang kucing ini membutuhkan perhatian yang berlebih dibandingkan kucing lainnya.

Mirip dengan kucing bengal, kucing ini bisa belajar beberapa trik dengan mudah seperti permain lempar dan juga berjalan menggunakan tali kekang. Kucing ini juga bisa mudah beradaptasi dengan hewan lain, jadi memberikan mereka teman bermain juga merupakan hal yang tepat untuk membuatnya aktif dalam aktivitas harian mereka.



Perawatan Kucing Cheetoh

Dalam perawatan soal pola makan, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan untuk kucing ini. Cheetoh bisa makan makanan kering ataupun basah, namun karena kucing ini tergolong kucing yang aktif jadi kandungan dalam makanan yang diberikan benar benar harus terjaga dan bagus. Pemberian pola makan juga harus diperhatikan, berikan porsi secukupnya dan jangan berlebihan karena bisa menyebabkan kucing ini mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Perawatan Cheetoh

Cheetoh memiliki tingkat energi yang berlebihan dan sering mencari cara untuk menghabiskannya. Karena hal tersebut maka melakukan latihan kecil pada kucing ini pun bisa dilakukan untuk membantu kucing ini menghabiskan energi, menjadi lebih dekat serta bisa mempelajari beberapa trik untuk kucing.

Kucing ini terkenal karena kecerdasan yang dimilikinya, jadi mengajari mereka beberapa trik akan menjadi hal yang mudah karena kucing ini juga mudah untuk dilatih. Dalam perawatan dalam ruangan, memberikan kucing ini mainan adalah pilihan yang tepat. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing menacakr perabotan yang ada dirumah serta melatih kucing untuk bermain pada tempatnya.

Cheetoh adalah kucing dengan bulu yang pendek, jadi dalam hal perawatan kucing ini tergolong rendah. Lakukan penyikatan atau penyisiran sederhana sekali seminggu untuk membantu kucing menghilangkan bulu mati pada tubuhnya dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Lakukan pemotongan cakar atau kuku secara teratur, bersihkan gigi kucing untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal atau infeksi gusi pada kucing. Pembersihan gigi kucing bisa dilakukan sesekali saja, hal tersebut sudah bagus daripada tidak melakukannya sama sekali.

Selelu periksa kebersihan telinga kucing secara teratur, jika telinga kucing terlihat ada kotoran maka segera bersihkan. Lakukan pembersihan dengan hati hati, hal ini dilakukan supaya kucing terbebas dari kutu telinga kucing (earmites), penumpukan kotoran pada telinga kucing dan juga resiko terjadinya infeksi pada telinga kucing.

Berikan obat anti parasit dan juga obat cacing untuk kucing, lakukan pengulangan setiap waktu yang ditentukan. Obat parasit berguna untuk menjauhkan kucing dari kutu dan juga infeksi kulit lainnya, sedangkan obat cacing diberikan untuk menjaga pencernaan kucing supaya tetap sehat dan terhindar dari parasit berbahaya dalam tubuh kucing.

Supaya kucing memiliki kesehatan yang lebih terjamin, berikan vaksin pada kucing secara lengkap. Lakukan vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan secara lengkap dan jangan lupa untuk selalu mengulangnya setiap tahun. Vaksinasi akan membuat kucing terhindar dari virus yang berbahaya dan juga membuat kucing memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, jadi selain kucing lebih sehat, kucing juga akan berumur lebih panjang karena kesehatannya lebih terjamin dari kucing yang tidak divaksin.



Kesehatan Kucing Cheetoh

Seperti halnya hewan lainnya, semua kucing memiliki potensi masalah kesehatan yang berhubungan dengan genetik atau warisan dari nenek moyang mereka. Hal ini bisa terjadi pada semua kucing, ras murni atau ras kucing hasil persilangan. Cheetoh yang merupakan kucing dari hasil persilangan memiliki kemungkinan mewarisi penyakit dari kucing bengal dan juga ocicat.

Meski memiliki kemungkinan mewarisi beberapa penyakit dari nenek moyangnya, hal ini masih belum banyak diketahui. Kucing ini adalah ras kucing yang tergolong baru dan program pembiakan yang dilakukan pun juga sangat hati hati, jadi sejauh ini tidak ada informasi masalah kesehatahn yang serius terkait ras kucing ini.

Beruntung bagi pemilik cheetoh karena kucing ini hanya memiliki sedikit masalah terkait kesehatannya, jadi tidak ada masalah khusus yang perlu diperhatikan. Namun meski begitu, perawatan yang diberikan tetaplah harus maksimal supaya kucing ini terhindar dari beberapa penyakit umum yang sering menyerang kucing seperti flu, jamur dan bahkan beberapa virus yang berbahaya.



Harga Kucing Cheetoh

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Cheetoh Import 33.000.000
Harga Kucing Cheetoh Lokal 18.000.000
Harga Kitten Cheetoh 12.500.000
Harga Kucing Cheetoh Dewasa 15.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing cheetoh ini, harga adopsi untuk kucing ini berkisar antara $500 hingga $2.500. Tentunya harga adopsi ini berdasarkan garis keturunan dan juga kualitas kucing itu sendiri. Selain ras kucing yang masih baru, cheetoh juga termasuk jenis ras kucing yang langka, jadi mungkin mendapatkannya akan sedikit susah.

Harga adopsi kucing cheetoh yang sudah disebutkan diatas merupakan harga kucing rata rata, jadi jangan dijadikan sebagai harga yang paten karena harga cheetoh yang asl masih bisa kurang atau bisa lebih. Demikian mengenai kucing cheetoh kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Cheetoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel