Kucing Chausie

Kucing Chausie adalah kucing yang merupakan hasil persilangan dari kucing Abyssinian dengan kucing hutan liar, karena memiliki keturunan dari seekor kucing liar maka kucing ini termasuk dalam jenis kucing Hibrida. Chausie mewarisi beberapa sifat dan juga penampilan dari kedua orang tuanya, namun masih ada beberapa sifat liar yang ada pada kucing ini.

Kucing ini adalah jenis kucing yang relatif baru, dengan sifat bawaan dari kucing liar yang dia miliki, kucing ini membutuhkan banyak ruang dan juga banyak waktu bermain setiap harinya. Chausie bukanlah kucing yang bisa ditinggal sendirian dalam waktu yang lama, selain itu kucing ini juga tidak cocok jika disandingkan dengan anak kecil atau sebuah keluarga yang berumah tangga.

Kucing Chausie

Chausie dikenal memiliki tubuh yang besar, kucing ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari kucing pada umumnya. Dengan kaki panjang dan kelenturannya, kucing ini terlihat sangat anggun dan juga seimbang dalam masalah postur tubuh. Kesan yang muncul ketika melihat kucing ini adalah, kucing berukuran besar dengan tubuh panjang dan ramping yang memiliki energi besar.

Kucing ini dikatakan sangat dekat hubungannya dengan orang mesir kuno dan bahkan beberapa versi sejarah kucing ini pun juga berkaitan dengan mesir kuno. Dikatakan pada jaman dulu kucing hutan sangat disukai oleh orang Mesir kuno dan bahkan diaggap memiliki peranan penting untuk perkembangan Chausie untuk menjadi ras kucing tersendiri. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Chausie

Sejarah Chausie dimulai ketika banyaknya pecinta kucing yang memiliki keinginan untuk menjadikan kucing liar sebagai kucing peliharaan, hal yang memicu hal ini adalah karena penampilan yang dimiliki kucing liar yang sangat menarik. Karena hal inilah seorang peternak kucing dari Amerika ingin membuat kucing yang sesuai dengan keinginan tersebut.

Sejarah Kucing Chausie

Peternak Amerika tersebut sadar bahwa akan sulit untuk menangkap kucing liar dan menjinakkannya, karena hal ini maka dia akhirnya berencana untuk menyilangkan kucing domestik dengan kucing liar dan mengharapkan penampilan keturunannya mirip dengan kucing liar namun memiliki sifat dari kucing domestik yang cocok sebagai kucing peliharaan.

Persilangan pertama yang terjadi dilakukan pada tahun 1960an, persilangan ini melibatkan kucing kucing domestik seperti kucing Abyssinian, Oriental, Bengal dan juga beberapa kucing yang memiliki pola mirip kucing liar. Kucing kucing tersebut disilangkan dengan Chaus (Kucing Hutan / Felis Chaus) untuk menghasilkan kucing seperti yang direncanakan.

Dasar kucing hasil persilangan dari ras ini terdaftar di AS pada tahun 1995 dan Chausie menjadi sebuah ras baru pada tahun 2003 di AS. Pada masa ini hanya Amerika Serikat dan Prancis yang mengakui kucing ini. Para peternak pun masih melakukan pengembangan supaya penampilan pada Chausie lebih mirip dengan Chaus namun dengan kepribadian yang berbeda.

Sebelum pengembangan yang dilakukan di Amerika tersebut terjadi, dikatakan kucing Chausie awalnya berawal dari Mesir Kuno. Pada masa tersebut orang mesir kuno sangat menghargai kucing ini karena memiliki kemampuan berburu yang alami, bahkan mereka juga dimumikan untuk dimakamkan bersama pemiliknya.

Mumi kucing akan sangat sering ditemukan pada masa tersebut, dikatakan kebanyakan kucing ini tinggal di Lembah Nil ke Laut Kaspia serta di Asia Selatan hingga Vietnam. Setelah kejadian ini, hibrida Chausie mulai banyak bermunculan di Amerika dan juga Asia Tenggara dan setelahnya pengembangan pada kucing ini dilakukan seperti diatas. 



Karakteristik Kucing Chausie

Chausie adalah kucing yang berukuran besar, badannya panjang dan juga langsing. Karena memiliki tubuh yang panjang maka kucing ini sangatlah ahli dalam melompat dan cocok untuk mengejar buruannya. Kucing ini adalah kucing berbulu pendek, berat pada kucing jantan berkisar antara 4kg hingga 7.5kg sedangkan pada kucing betina beratnya berkisar antara 3kg hingga 4.5kg.

Karakter Kucing Chausie

Chausie cenderung memiliki badan yang berotot, kakinya panjang dan ekornya lebih pendek dari kebanyakan kucing pada umumnya. Moncong pada kucing ini terlihat membulat, matanya besar dan juga memiliki telinga yang lebar. Kucing ini terkenal dengan kelincahannya, karena hal tersebut Chausie sangat handal dalam berburu dan juga memanjat.

Chausie memiliki bulu yang pendek dan juga halus, karena merupakan kucing hasil persilangan dari kucing Abyssinian maka kucing ini juga memiliki pola Ticking pada tubuhnya (Dua warna pergantian pada bulu. Bulu kucing ini biasanya berwarna hitam, coklat ticked dan juga silver dengan ujungnya berwarna hitam.

Sebagai kucing yang termasuk keturunan dari kucing domestik, kucing ini juga memiliki rasa kasih sayang pada orang yang dekat dengannya dan bahkan kucing ini akan senang untuk menghabiskan waktu dengan orang tersebut. Ssifat bawaan dari kucing liar yang terlihat adalah kucing ini akan selalu ceria dan suka berburu, karena itu dalam pemeliharaannya Chausie membutuhkan ruangan atau lingkungan yang luas.

Chausie adalah kucing yang populer meskipun sangat sulit untuk didapatkan. Kucing ini sangat cocok untuk kehidupan didalam atau diluar ruangan dengan ukuran yang agak luas. Kucing ini juga sangat bersahabat dengan kucing lain atau bahkan hewan peliharaan lain, namun meski begitu dalam pemeliharaannya kucing ini tidak disarankan untuk anak anak. 



Perawatan Kucing Chausie

Dalam hal perawatannya, Chausie akan sama dengan perawatan kucing lain pada umumnya. Memastikan kesehatan kucing bisa dilakukan untuk kunjungan kedokter demi mengetahui kondisi tubuh sejelas mungkin dan juga untuk mendapatkan saran kesehatan yang bagus karena kebanyakan kucing ini memiliki pencernaan yang buruk.

Perawatan Kucing Chausie

Pada masalah bulu, kucing ini termasuk kucing yang rendah dalam hal pemeliharaan. Chausie adalah kucing dengan bulu yang pendek, jadi cukup berikan perawatan seperti penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu menghilangkan bulu mati serta merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Secara iklim kucing ini termasuk kucing yang muduah beradaptasi dengan hal tersebut, Cukup berikan tempat yang teduh dan juga air minum yang bersih supaya kucing ini bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang ada. Dalam kegiatan dalam ruangan, disarankan untuk memberikan setidaknya tiang garukan untuk menjaga kucing ini tetap bergerak dan beraktivitas serta menjaga kuku atau cakar tetap dalam kondisi yang baik.

Jaga kesehatan kuku atau cakar kucing dengan memotongnya secara teratur, periksa kebersihan telinga kucing untuk menghindari adanya penumpukan kotoran dan kemungkinan terjadinya infeksi. Bersihkan gigi kucing ketika ada waktu luang untuk mencegah kucing terkena periodontal atau infeksi gusi, meski jarang tetap lakukan hal ini supaya kucing terjaga kesehatannya.

Supaya kucing terbebas dari kutu atau parasit pada tubuhnya, berikan obat anti kutu untuk kucing. Dalam hal ini obat tersebut biasanya akan diteteskan pada tengkuk kucing dan membasmi kutu serta telur yang ada. Berikan vaksinasi kucing dengan lengkap untuk jaminan kesehatan yang lebih pasti

Berikan vaksin pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan lakukan pengulangan setiap tahun. Vaksinasi akan membuat kucing memiliki daya tahan terhadap virus yang berbahaya, dengan begitu kucing akan lebih aman dan cenderung akan tetap sehat daripada kucing yang tidak diberikan vaksinasi.



Kesehatan Kucing Chausie

Dalam masalah kesehatan, secara umum Chausie dianggap sebagai kucing yang sehat. Namun, semua kucing pasti memiliki beberapa masalah terkait genetik atau keturunan dari kedua induknya dan hal inipun juga terjadi pada kucing Chausie. Beberapa kucing ini sering mengalami masalah kesehatan yang terjadi pada kucing Abyssinian seperti permasalahn pada usus dan juga kelebihan berat badan.

Pencernaan pada Chausie dikenal sangat rapuh dan tidak toleran terhadap gluten (salah satu protein dalam gandum) sehingga kebanyakan dari mereka tidak bisa makan makanan industri. Kucing ini pun juga sangat sulit dikembangkan, hal ini dikarenakan generasi pertama yang merupakan kucing liar seringkali steril atau tidak bisa memiliki keturunan. 



Harga Kucing Chausie

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Chausie Import 30.000.000
Harga Kucing Chausie Lokal 23.000.000
Harga Kitten Chausie 17.500.000
Harga Kucing Chausie Dewasa 20.000.000

Menurut informasi dari beberapa situs yang membahas mengenai kucing Chausie, harga adopsi kucing ini memang sangat mencengangkan. Harga adopsi kucing Chausie berkisar antara $1500 hingga $10.000 tergantung dari garis keturunan yang dimiliki kucing Chausie ini. Harga diatas merupakan perkiraan harga saja, jadi jangan dijadikan sebagai patokan harga Chausie yang pasti. Demikian mengenai kucing Chausie, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Chausie"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel