Kucing Chartreux

Kucing Chartreux merupakan ras kucing domestik yang berasal dari Prancis. Dengan ciri khasnya yang memiliki warna biru cantik maka kucing ini sering disamakan dengan kucing British Shorthair, meski tidak sepenuhnya sama namun kedua kucing ini memang tidak bisa dipungkiri memiliki banyak sekali kemiripan.

Mungkin bagi sebagian besar catlovers yang belum begitu tahu mengenai ras kucing akan salah paham dengan kedua ras kucing tersebut, karena dalam segi warna favorit (warna blue atau abu abu) kedua kucing ini sering membuat orang salah dalam mengetahui rasnya dan juga seringkali salah mengira jika kucing Chartreux adalah kucing BSH.

Kucing Chartreux

Chartreux adalah kucing yang sangat cocok untuk dipelihara oleh semua kalangan orang yang suka kucing. Kucing ini bisa dengan mudah bersahabat dengan kucing lain, hewan peliharaan lain, bisa rukun dengan anak anak dan juga anggota keluarga, serta memiliki kepribadian yang mendukung sebagai kucing peliharaan.

Kucing ini terkenal karena memiliki sifat yang penyayang, dia akan cenderung mengikuti kemanapun pemiliknya pergi di lingkungan rumah dan juga bisa selalu duduk dipangkuan orang yang dikenalinya. Selain itu, Chartreux merupakan kucing yang cerdas dan suka menjelajah, dia akan selalu bisa mencari jalan keluar dari rumah untuk melakukan penjelajahannya. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Chartreux

Sejarah Chartreux (diucapkan shär-TRUE) terkait dalam sebuah cerita, dimana bulu abu abu yang dimiliki kucing ini sangat mirip dengan jubah biarawan yang ada di , Grande Chartreuse, Pegunungan Alpen Prancis. Menurut cerita kucing ini dipelihara oleh biarawan tersebut dan dijadikan sebagai pemburu tikus pada masa tersebut.

Meski beberapa orang atau sebagian besar mengatakan demikian namun hal tersebut termasuk dalam legenda saja, dan tidak ada bukti yang jelas terkait hal tersebut. Dalam cerita yang ada pada masa pemeliharaan biarawan itu tidak disebutkan warna kucing yang dipelihara, jadi catatan mengenai hal tersebut tidak bisa dijadikan sebagai bukti mengenai sejarah kucing ini.

Sejarah Chartreux

Sejarah versi lain untuk kucing ini menyebutkan bahwa nama Chartreux ditemukan dalam sejarah alam (Histoire Naturelle) volume tahun 1749 oleh ahli biologi Prancis Comte de Buffon. Pada sejarah tersebut tercantum ada 4 ras kucing yang umum ada di Eropa, yaitu kucing Domestik, Angora, Spanyol dan juga Chartreux.

Menurut buku definitif Jean Simonnet 1980,  The Chartreux Cat, kucing ini digambarkan sebagai kucing Suriah oleh naturalis Italia bernama Ulisse Aldrovandi (Tahun 1522-1605), yang kemungkinan kucing yang disebutkan ini adalah leluhur dari kucing Chartreux yang ada saat ini.

Dalam buku tersebut, ilustrasi kucing Suriah ini menunjukkan ciri kucing gempal dengan warna biru solid, matanya berwarna tembaga dan juga berbentuk almond. Pada masa itu kucing ini terkenal sebagai pemburu tikus yang handal dan juga memiliki insting atau naluri berburu yang kuat, karena hal tersebut kucing ini menjadi sangat dihargai.

Diperkirakan kucing ini dibawa ke Eropa melalui kapal dagang dan kemudian berkembang biak di Prancis. Chartreux dikenal sebagai kucing yang memilki daya tahan serta fleksibilitas yang baik, hal ini dibuktikan dari kehebatannya dalam berburu tikus serta ketahanan hidup mereka dimana tidak ada perhatian yang diberikan pada masa tersebut.

Selain hal yang tertulis dalam buku itu, ada lagi sejarah modern yang muncul mengenai kucing ini. Pada tahun 1920an ada dua saudara perempuan yang bernama Christine dan Suzanne Leger. Mereka menemukan sebuah koloni kucing berwarna biru dengan bulu pendek di kota Le Palais di Pulau Belle Ile di lepas pantai Brittany di barat laut Prancis.

Kucing tersebut memiliki deskripsi yang cocok dengan kucing Chartreux, mereka berkeliaran dengan bebas di lingkungan rumah sakit dengan bebas, karena hal ini orang orang sekitar daerah tersebut sering menyebut kucing ini sebagai kucing rumah sakit. 

Karena tertarik dengan bulu yang tebal serta warna bulu yang dimiliki kucing tersebut, kedua saudara ini akhirnya membawa beberapa kucing untuk dikembangkan. Christine dan Suzanne Leger adalah orang pertama yang dikenal sebagai orang yang mengembangkan kucing ini. Pada tahun 1931 kedua saudara tersebut memamerkan kucing ini di Paris dan membuat kucing tersebut menjadi populer dan lebih dikenal oleh banyak orang.

Kepopuleran kucing ini tidak bertahan lama karena pada waktu itu terjadi Perang Dunia ke 2 yang menghancurkan negara dan juga kucing yang ada. Setelah perang yang terjadi selesai, kucing Chartreux dikembangkan dengan kucing ras lain seperti British Shorthairs, Russian Blue, dan Persia untuk menjaga keturunan yang sudah ada supaya tidak musnah.

Klub Kucing Chartreux (du chat des Chartreux) lah yang bekerja untuk melestarikan, mempromosikan serta melindungi ras kucing Chartreux. Chartreux pertama kali diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1970 oleh Helen Gamon dari La Jolla (Almarhum), dan diakui oleh CFA pada tahun 1987. Setelah kejadian ini semua asosiasi kucing yang ada di Amerika Utara mengakui ras kucing Chartreux sebagai ras kucing tersendiri dan menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.



Karakteristik Kucing Chartreux

Chartreux termasuk kucing yang berukuran sedang hingga besar, kucing ini cenderung memiliki badan yang besar serta tubuh yang berotot. Bulu pada kucing ini memiliki dua lapisan dan memiliki ketahanan terhadap air. Mata kucing ini berbentuk oval dengan warna tembaga. Karena memiliki struktur rahang dan tengkorak yang berbeda, maka kucing ini selalu terlihat seperti tersenyum ketika diperhatikan.

Karakter Chartreux

Berbicara mengenai sifat yang dimiliki kucing ini maka kucing ini mungkin bisa disamakan dengan pantomin, kucing ini termasuk kucing yang pendiam tapi sangat komunikatif dan bahkan terkadang kucing ini juga sangat konyol. Hari sempurna untuk kucing ini adalah dengan waktu makan yang singkat dilanjutkan dengan makan dan juga tidur siang yang cukup.

Chartreux akan suka bermain perburuan kecil, meski begitu dia tidak akan menunjukkan kemampuan menerkamnya pada mainan yang diberikan. Kucing ini adalah teman yang sangat perhatian dan juga lembut dengan orang yang ada disekitarnya, dia akan selalu mengamati kegiatan anggota keluarganya dan menghargai perhatian yang mereka terima.

Kucing ini tidak terlalu menuntut perhatian yang berlebihan, cukup berikan sentuhan pada tubuh serta sentuhan lembut maka dia akan selalu menemani disetiap kegiatan yang ada seperti duduk disofa, duduk dipangkuan, ikut tidur didalam kamar dan juga bisa menemani ketika pemiliknya sedang tidak enak badan atau beristirahat.

Chartreux adalah kucing yang mudah beradaptasi, karena hal ini kucing ini bisa menjadi teman siapapun seperti kucing lain atau bahkan hewan peliharaan lainnya. Dengan sifatnya yang tenang dan jarang bersuara, kucing ini akan sangat cocok untuk tinggal didalam rumah dan bisa ditinggal untuk bekerja atau bahkan keluar untuk keperluan lainnya.

Jika pemilik kucing termasuk orang yang suka bepergian atau liburan, kucing ini juga bisa ikut serta dalam hal tersebut. Cukup berikan rutinitas yang sama setiap hari maka kucing ini akan bisa tenang dan bisa meramaikan suasana liburan yang ada. Selalu berikan perlakuan dan juga perawatan yang baik untuk kucing ini, dengan begitu dia akan menjadi teman yang ceria, sopan dan selalu melakukan yang terbaik seumur hidupnya.



Perawatan Kucing Chartreux

Chartreux adalah kucing yang memiliki bulu yang pendek dan tebal, karena termasuk kucing yang berbulu pendek maka bulu kucing ini akan lebih mudah diberikan perawatan. Cukup berikan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu kucing dalam mengurangi bulu mati serta merangsang bulu baru untuk segera tumbuh kembali.

Secara umum mandi tidak begitu diperlukan untuk kucing ini, namun jika memang ingin memandikan kucing ini satu hal yang perlu diingat mungkin adalah akan ada waktu tambahan untuk mengeringkan semua bulunya karena bulu kucing ini tergolong tebal. Beberapa perawatan lain yang dibutuhkan untuk kucing ini hampir sama seperti kucing lain secara keseleruhan.

Perawatan Chartreux

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi), bersihkan gigi ketika ada waktu dan buat kucing untuk terbiasa. Melakukan hal ini secara teratur adalah hal yang baik, jadwal penyikatan mingguan juga bisa dilakukan karena hal ini masih sangat bagus daripada tidak dilakukan sama sekali.

Potong kuku atau cakar kucing secara teratur juga, bersihkan bagian sela mata jika terlihat ada kotoran. Saat membersihkan gunakan kain yang berbeda untuk mencegah penyebaran infeksi pada kucing. Jangan lupa untuk membersihkan lingkungan kandang kucing dan juga perlengkapannya seperti tempat makan dan juga minum kucing.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing, lakukan hal ini setiap minggu. Telinga kucing yang bersih akan membuat kucing terhindar dari earmites (kutu kucing), bersihkan telinga kucing dengan obat telinga kucing, lakukan secara perlahan dan hati hati, jangan sampai membuat telinga kucing terluka atau membuat kucing panik karena bisa berbahaya.

Supaya kucing memiliki jaminan kesehatan yang lebih baik maka berikan vaksinasi untuk kucing, berikan vaksinasi pada kucing sejak usia dini, vaksinasi kucing dengan lengkap dan lakukan pengulangan setiap tahun. Kucing yang sudah divaksin akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya dan juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Berikan juga obat anti kutu untuk kucing, obat ini biasanya diteteskan pada tengkuk kucing untuk mengusir kutu serta membasmi telur kutu pada tubuh kucing. Kucing yang bebas kutu akan memiliki kulit yang sehat, jadi dengan begitu otomasit bulu kucing juga akan menjadi lebih sehat.

Pola makan yang diberikan pada kucing juga harus diperhatikan, berikan makanan pada kucing secukupnya dan jangan berlebihan supaya berat badan kucing terjaga. Selain memberikan perawatan umum pada kucing, jangan lupa untuk mengajak kucing bermain atau memberikan perhatian untuk kucing, hal tersebut selain membuat catlovers menjadi lebih dekat dengan kucing juga membuat kucing senang serta tidak mudah stress.



Kesehatan Kucing Chartreux

Setiap kucing ras murni ataupun ras kucing hasil persilangan memiliki berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan masalah genetik. Meski ras kucing ini terkenal dengan kucing yang tahan banting dan memiliki kesehatan yang bagus namun Chartreux juga memiliki beberapa masalah kesehatan yang sering diketahui.

Beberapa masala kesehatan yang sering terlihat pada kucing ini antara lain adalah:

  • Penyakit ginjal polikistik: Suatu kondisi di mana kista berisi cairan mengganggu fungsi normal salah satu atau kedua ginjal.
  • Kristal struvite: Batu kecil yang terbentuk di kandung kemih kucing karena terlalu sedikit hidrasi atau diet alkali yang berlebihan. Batu tersebut dapat mengiritasi kandung kemih, menyumbat uretra, dan menyebabkan gagal ginjal.
  • Luxating patella: Tempurung lutut yang tergelincir terkadang menjadi masalah yang mengganggu jenis kucing ini.

Dalam perawatannya pemberian makanan pada kucing ini juga harus diperhatikan, berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kucing, jangan memberikan makanan secara berlebihan untuk mencegah terjadinya kelebihan berat badan pada kucing (Obesitas) yang bisa mengganggu kesehatan kucing itu sendiri. 



Harga Kucing Chartreux

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Chartreux Import 35.000.000
Harga Kucing Chartreux Lokal 20.000.000
Harga Kitten Chartreux 14.500.000
Harga Kucing Chartreux Dewasa 17.000.000

Menurut beberapa informasi dari beberapa situs yang membahas kucing Chartreux, harga adopsi kucingnya berkisar antara $1500 hingga $2000 untuk kucing yang umum (Non Ped) dan $2000 hingga $2500 untuk kucing Chartreux Ped. Harga tersebut adalah harga rata rata, jadi jangan menjadikan harga yang ada bersifat paten, karena harga yang sebenarnya bisa lebih mahal atau bisa lebih murah. Demikian mengenai kucing Chartreux, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Chartreux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel