Kucing Kurilian Bobtail

Kucing Kurilian Bobtail atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kucing Ekor Bundel Kurilia merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Kepulauan Kuril yang ada di negara Rusia. Dikatakan kucing ini sudah ada dikepulauan tersebut sejak 200 tahun yang lalu dan cukup populer di Eropa.

Kucing ini dikatakan termasuk ras kucing alami yang berarti mereka berkembang tanpa perlu campur tangan dari manusia. Selain mudah beradaptasi, kucing ini juga memiliki kemampuan berburu tikus (hewan pengerat) yang handal dan kemampuan mereka ini sudah dimanfaatkan sejak dulu.

Kucing Kurilian Bobtail

Kurilian memiliki reputasi yang bagus sebagai kucig keluarga yang sempurna, meski penampilan mereka terlihat liar, namun ras ini bisa rukun dengan anak anak dan juga hewan peliharaan lainnya. Kucing ini termasuk kucing sosial yang aktif dan akan selalu berusaha dekat dengan manusia dalam kehidupan kesehariannya jika berada dalam sebuah keluarga.

Beberapa fakta singkat tentang kucing ini adalah mereka termasuk ras kucing alami dan sudah disebutkan diatas, mereka bisa hadir dalam banyak warna solid serta pola tabby dengan atau tanpa warna putih. Ekor kucing ini terlihat seperti pompom yang melambai kebelakang dan setiap ekor kucing ini memiliki penampilan yang unik.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Kurilian Bobtail

Sejarah Kurilian Bobtail dimulai dari negera Rusia, dimana kucing yang menarik ini telah dikenal di pulau Sakhalin Rusia dan kepulauan Kuril setidaknya selama 200 tahun. Kepulauan Kuril membentang sampai ke pulau Hokkaido Jepang, dari hal tersebut maka kemungkinan kucing ini masih memiliki hubungan dengan kucing Japanese Bobtail yang memiliki ekor serupa.

Meski dikatakan memiliki hubungan di masa lalu, namun hal ini masih tidak bisa dibuktikan dengan jelas dan juga kedua ras kucing ini memiliki penampilan yang berbeda. Nama Kurilian sendiri dari kucing ini kemungkinan diambil dari nama pulau tempat asal kucing ini ada yaitu kepulauan Kuril.

Sejarah Kucing Kurilian Bobtail

Kucing kucing itu dikenal di luar pulau ketika personel militer dan ilmuwan Rusia membawa mereka pulang. Para pecinta kucing yang ada di Rusia menjadi tertarik dengan kucing ini dan mulai mengembangkan Kurilian Bobtail. Pada masanya, kucing ini lebih dikenal di Eropa daripada di Amerika Utara yang populasinya hanya sekitar 100 ekor.

Karena ukuran pengembangan yang relatif kecil, kucing ini tidak menyebar ke seluruh dunia dengan cepat, secepat ras kucing lainnya. Kurilian telah berkompetisi dalam kontes kucing internasional sejak tahun 2002 di Amerika Utara dan kemudian kucing ini diakui oleh American Cat Fanciers Association, Canadian Cat Association, Cat Fanciers Federation dan disusul oleh International Cat Association (TICA), dengan status kejuaraan penuh pada tahun 2012. 



Karakteristik Kucing Kurilian Bobtail

Kurilian Bobtail adalah kucing berukuran sedang hingga besar, dan seperti biasanya ukuran berat badan pada kucing ini mungkin akan berbeda. Kebanyakan dari kucing ini memiliki berat sampai dengan 7 kg untuk kucing jantan sedangkan untuk kucing betina sering lebih kecil dari ukuran kucing jantan.

Pada alam liar, kucing ini adalah pemancing dan pemburu yang hebat, dan dari sinilah mungkin penjelasan dari mengapa kucing ini suka bermain dengan air. Penampilan liar yang dimiliki kucing ini tidak tercermin dalam perilaku ras ini yang dikenal karena sifatnya yang cerdas dan juga lembut.

Karakter Kucing Kurilian Bobtail

Jenis ras ini sebagian besar dikenal dengan Pom-pom karena memiliki bentuk khas yaitu ekornya yang pendek. Kucing ini bisa memiliki bulu berukuran pendek dan juga panjang. Dengan ekor pendeknya yang ukurannya berbeda beda mulai dari 2 hingga 10 tulang belakang.

Bagian belakang kucing ini sedikit melengkung dengan kaki belakang lebih panjang dari depan. Wajahnya lebar, berbentuk persegi panjang bulat. Warna matanya sesuai dengan warna bulu yang ada dan warna kuning, hijau, kuning semi hijau lebih disukai. Salah satu alasan kucing ini langka karena pada umumnya hanya ada dua atau tiga ekor anak yang dilahirkan dari satu induk kucing setiap kali hamil.

Memasuki kepribadian dari kucing ini, sebagian besar orang yang pernah bertemu atau memeliharanya akan memberikan komentar tentang keramahan dari kucing ini. Kucing ini adalah kucing yang ramah terhadap manusia dan juga hewan lainnya dan secara otomatis selalu melakukan interaksi dengan keduanya.

Sesuai dengan gaya mereka yang sosial ini, Kurilian Bobtail akan sangat suka bermain, jadi pastikan untuk menyediakan waktu dan juga perhatian yang cukup untuk memenuhi kebutuhan olahraga. Ras ini tergolong cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, jadi memberikan mainan pada lingkungan rumah adalah suatu pilihan yang tepat.

Dari awal kucing ini memanglah kucing yang memiliki naluri berburu yang sangat baik, jadi untuk sosialisasi awal dengan hewan peliharaan lain yang lebih kecil harus dilakukan secara perlahan, karena jika tidak demikian mungkin akan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan.

Meski memiliki naluri berburu yang baik, namun kucing ini adalah kucing yang sangat penyayang yang pasti ingin mencoba meringkuk dan dekat dengan pemiliknya pada waktu akan tidur, jadi selalu berikan perhatian yang sesuai dengan kebutuhan kucing dengan melihat kepribadian serta keinginan kucing tersebut.



Perawatan Kucing Kurilian Bobtail

Kurilian Bobtail dapar ditemukan dalam berbagai warna seperti warna solid dan juga tabby. Dalam hal perawatan, sebagian besar kucing ini memiliki tingkat perawatan yang rendah, bulu ganda dari kucing ini akan bagus dengan penyikatan atau penyisiran mingguan yang akan membantu kucing mengurangi jumlah bulu mati dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali dengan cepat.

Pada masalah iklim umumnya kucing ini merupakan kucing yang mudah beradaptasi, hal yang perlu dipastikan hanyalah tersedianya tempat yang bersih serta teduh dan juga air yang bersih untuk kucing ini minum ketika cuaca sedang panas. Meski mudah untuk beradaptasi, kucing ini bukannya tidak bisa sakit sama sekali, jadi selalu perhatikan kondisi kucing setiap saat.

Perawatan Kucing Kurilian Bobtail

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing secara teratur, pada awalnya hal ini mungkin sulit untuk dilakukan, namun ketika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan menjadi mudah. Biasakan kucing dengan hal ini sejak dini, dengan begitu ketika kucing sudah beranjak dewasa pemotongan kuku atau cakar akan tetap mudah dilakukan.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing secara teratur, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi pada telinga kucing karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu juga ada kemungkinan kucing terkena earmites (kutu telinga kucing), jadi hal ini penting. Bersihkan telinga kucing dengan hati hati, lakukan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit peridontal (infeksi gusi pada kucing) maka selalu bersihkan gigi kucing dengan teratur. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali adalah hal yang sangat bagus daripada tidak membersihkannya sama sekali.

Selalu periksa kebersihan bagian tubuh lainnya, perhatikan bagian sela mata kucing, jika terlihat ada kotoran maka segera bersihkan. Selain kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan kucing juga perlu dijaga. Bersihkan litter box, perlengkapan makan minum kucing setiap hari, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyakit yang berhubungan dengan bakteri atau kotoran pada lingkungannya.

Memberikan obat anti kutu kucing juga harus dilakukan, obat kutu kucing yang bagus biasanya adalah obat tetes kutu yang diteteskan pada tengkuk kucing. Jika kutu terbebas dari ancaman kutu maka kucing akan memiliki bulu serta kulit yang sehat dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit pada kulitnya.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi. Vaksin untuk kucing akan memberikan daya tahan terhadap beberapa virus yang berbahaya, selain itu kucing juga akan memiliki daya tahan tubuh yang bagus setelah divaksinasi. Berikan vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan secara lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Kurilian Bobtail

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing Kurilian Bobtail adalah kucing yang sehat, mereka tidak memiliki masalah kesehatan genetik yang diketahui. Namun, karena jenis kucing ini termasuk langka maka informasi tentang penyekit genetik mungkin akan terbatas karena kurangnya informasi yang bisa didapatkan.

Selalu ada kekhawatiran tentang pemendekan ekor pada kucing ini yang disebabkan kelainan bentuk yang diwariskan pada ujung tulang belakakang mereka. Ada berbagai ras kucing dengan ekor yang pendek yang mungkin disebabkan mutasi genetik yang berbeda dan hal inilah yang terjadi pada kucing manx.

Gen cacat yang bertanggung jawab atas hilangnya ekor juga akan mempengaruhi bagian tulang belakang lainnya dan bisa menyebabkan masalah tulang belakang atau saraf yang ada. Melihat hal ini bisa terjadi pada kucing manx yang berekor pendek, maka kucing ini pun juga demikian karena keduanya juga memiliki ekor pendek. 



Harga Kucing Kurilian Bobtail

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Kurilian Bobtail Import 40.000.000
Harga Kucing Kurilian Bobtail Lokal 20.000.000
Harga Kitten Kurilian Bobtail 15.500.000
Harga Kucing Kurilian Bobtail Dewasa 18.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing ini rata rata herga kucing Kurilian Bobtail mencapai $700 sampai dengan $3000. Dari rata rata tersebut maka kemungkinan atau perkiraan harga kucing ini akan seperti harga pada tabel diatas. Harga yang tercantum tidak termasuk biaya import (pengiriman, karantina, dll) dengan menggunakan kurs 14.000 per 1 dollarnya.

Harga kucing Kurilian Bobtail diatas adalah harga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga pasti, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena harga aslinya bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian untuk artikel ras kucing kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Kurilian Bobtail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel