Kucing Lambkin

Kucing Lambkin dikenal juga dengan sebutan rex nanus atau nanus rex merupakan kucing yang dihasilkan dari persilangan antara dua ras kucing yang populer namun juga menimbulkan perdebatan. Kucing ini adalah kucing persilangan dari kucing Munchkin yang berkaki pendek dan juga kucing Selkirk Rex.

Dari perpsilangan yang dilakukan ini maka menjadikan kucing Lambkin menjadi kucing yang memiliki kaki yang pendek dan juga memiliki bulu keriting seperti kucing Selkirk Rex. Ras Lambkin bisa dikatakan merupakan salah satu ras kucing kerdil yang paling menggemaskan di antara saudaranya (ras kucing kaki pendek lainnya) yang ada.

Jenis Ras Kucing Lambkin

Lambkin bisa menjadi kucing peliharaan keluarga yang indah karena kepribadian dan juga penampilan yang mereka miliki. Ras kucing ini tergolong baru, jadi beberapa masalah kesehatan dan juga lainnya belum banyak yang diketahui, Hal inilah juga yang diperdebatkan sebelum persilangan kedua kucing ini dilakukan dan menghasilkan kucing Lambkin.

Beberapa fakta menarik tentang kucing Lambkin diantaranya adalah kucing ini dikatakan sering terpesona dengan hal hal kecil yang mengkilap dan bahkan bisa menyembunyikannya. Lambkin memiliki kumis dan alis yang keriting dan juga termasuk salah satu ras kucing terkecil didunia.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Lambkin

Sejarah atau asal usul kucing Lambkin dimulai pada akhir abad ke-20 dimana pada masa tersebut ada soerang peternak kucing bernama Terri Harris yang berasal dari Amerika memutuskan untuk mengawinkan kucing Selkirk Rex dengan kucing Munckin untuk mendapatkan kucing berkaki pendek dengan bulu yang keriting.

Persilangan tersebut isa dilakukan karena gen yang mempengaruhi bulu dan juga kaki merupakan gen dominan dan akan diturunkan ke semua anak kucing yang disilangkan tersebut. Namun, karena genetika yang terlibat sangat kompleks maka tidak akan mudah untuk mendapatkan anak kuciubg dengan penampilan yang tepat.

Sejarah Ras Kucing Lambkin

Setelah persilangan tersebut dilakukan beberaapa anak kucing telah dihasilkan, beberapa anak kucing tersebut ada yang memiliki bulu mirip dengan Selkirk Rex namun kakinya berukuran panjang dan yang memiliki kaki pendek bulunya tetap lurus seperti kucing munchkin pada umumnya.

Pengembangan yang dilakukan ini terus dilakukan dan pada akhirnya muncullah anak kucing berkaki pendek dengan bulu yang keriting atau berbulu rex. Kucing ini sehat dan tampak seperti domba kecil dengan bulu yang menggulung rapat serta memiliki berbagai ukuran. Karena penampilan mereka yang mirip dengan domba inilah maka kucing ini diberi nama Lambkin.

Dulunya Lambkin juga disebut dengan sebutan Nanus Rex, ras ini dianggap sebagai ras kucing yang langka dan bahkan paling langka didunia. Bahkan sampai artikel ini ditulis pun saya pribadi belum pernah menjumpai kucing ini ada di negara kita yaitu Indonesia, beberapa kucing yang memiliki kaki pendek dengan bulu keriting saya sudah menjumpainya namun berasal dari Varian kucing lainnya.

Sejak munculnya kucing Lambkin pertama tersebut, setelahnya lusinan kucing Lambkin telah muncul. Pada awalnya jenis kucing ini hanya diakui oleh Dwarf Cat Association dan New Zealand Cat Registry dan setelahnya kucing ini juga telah diakui oleh beberapa organisasi kucing lain seperti Asosiasi Kucing International.

Jalan yang lambat telah dilalui oleh kucing ini untuk diterima didunia pemelihara kucing karena beberapa orang merasa bahwa pengembangan terhadap kucing berkaki pendek itu kejam dan bisa mengembangkan penyakit khusus. Meski begitu, kucing Lambkin yang kerdil ini secara bertahap menang atas dunia karena keunikan yang dimilikinya. 



Karakteristik Kucing Lambkin

Lambkin adalah persilangan dari dua kucing yang berbeda yaitu kucing Munchkin dan juga kucing Selkirk Rex. Karena persilangan ini Lambkin memiliki penampilan yang unik, bulunya keriting yang masuk dalam golongan kucing Rex dan juga memiliki kaki yang pendek dan masuk golongan kucing kerdil atau cebol.

Selain bulunya yang khas, kucing ini juga memiliki ekor yang tampak menarik. Catlovers akan melihat bahwa kucing ini memiliki ekor yang panjang, melengkung, halus dan meruncing ke ujung hingga membulat pada ujungnya. Kakinya pendek dan juga tebal dengan menopang tubuhnya yang panjang. Ukuran kaki belakang akan lebih tinggi dari kaki depannya.

Karakter Ras Kucing Lambkin

Lambkin memiliki wajah bulat dan mata yang bulat pula. Pada bagian dada, mereka akan penuh, sedang hingga panjang, bulat dan juga lebar. Sama seperti kucing munchkin, kucing ini juga masih bisa memiliki keturunan berkaki panjang yang akan disebut dengan non standar.

Anak kucing Lambkin akan memiliki bulu keriting pada waktu lahir, bulu ini akan kembali lurus pada saat usia 16 minggu (beberapa anak kucing bahkan ada yang kehilangan bulunya). Seiring bertambahnya usia atau tepatnya menginjak usia 8 hingga 10 bulan, bulu tersebut akan kembali keriting kembali.

Lambkin yang memiliki bulu unik yang keriting ini sering digambarkan sebagai bulu kucing yang mewah. Bulu kucing ini bisa hadir dalam berbagai macam warna, meski tidak disebutkan secara pasti, faktanya banyak orang dapat menemukan kucing Lambkin dalam hampir semua warna dan pola yang bisa didapatkan dari ras kucing lainnya.

Kucing ini termasuk ras kucing hasil persilangan maka kepribadian kucing ini juga akan mirip seperti kedua induknya. Munchkin dan juga Selkirk Rex sangatlah mirip, karena kemiripan ini maka gambaran kepribadian dari kucing ini menjadi cukup akurat dan memiliki sifat gabungan yang bagus.

Lambkin adalah kucing yang manis dan dikenal jinak, lembut, memiliki sifat tenang dan juga kasih sayang yang tak berujung. Mereka memiliki kepribadian yang hangat dan toleran menerima kasih sayang dalam bentuk apapun dari manusia hingga kucing lain atau bahkan anjing.

Mereka bisa rukun dengan anak anak sehingga kucing ini akan sangat cocok menjadi tambahan bagi keluarga manapun. Mengingat tingkat energi mereka yang tinggi, memberikan banyak mainan dan teman bermain lainnya sangatlah direkomendasikan. Selain mainan pemilik kucing juga harus memberikan waktu mereka untuk mengajaknya bermain supaya kedekatan dengan kucing ini semakin erat.

Jika ada Lambkin dirumah catlovers maka bersiaplah untuk menjaga kebersihan, meski kepribadian mereka santai namun kucing ini sangat suka berlarian kesana kemari, melompat ketempat tinggi tanpa henti. Karena hal tersebut maka barang atau perabotan rumah akan berantakan atau bahkan jatuh, jadi selalu perhatikan hal ini.



Perawatan Kucing Lambkin

Dalam hal perawatan Lambkin memiliki sedikit perawatan ekstra. Mandi secara berkala sangatlah disarankan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga bulunya. Lambkin harus disikat bulunya setidaknya dua hari sekali, bentuk bulunya ini akan kusut jika tidak sering disikat. Selain melakukan perawatan, kucing ini juga akan suka dengan perlakukan tersebut.

Selalu gunakan sentuhan lembut ketika menyentuh kucing ini agar bulunya tetap dalam kondisi yang baik, jangan lupa untuk selalu memeriksa keseluruhan bagian tubuh kucing ini dari kotoran yang bisa muncul kapanpun. Bersihkan bagian sela mata jika terlihat kotor, pada saat membersihkan gunakan kain atau tisu yang berbeda untuk mencegah infeksi.

Cara Merawat Ras Kucing Lambkin

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, lakukan hal ini sampai kucing terbiasa. Jika pemotongan kuku atau cakar kucing sudah dilakukan sejak dini maka hal ini bukanlah masalah besar, namun ketika catlovers memulainya dari usia dewasa maka hal ini akan membutuhkan waktu untuk kucing terbiasa.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing ketika ada waktu, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing mengalami infeksi karena penumpukan pada telinga kucing. Selain itu, telinga kucing yang kotor juga memiliki kemungkinan kucing terkena earmites (kutu telinga). Bersihkan telinga kucing dengan teliti, lakukan secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Kebersihan gigi kucing juga perlu dijaga, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) yang biasa terjadi pada kucing. Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali sudah sangat bagus daripada tidak sama sekali.

Guna menghindari kucing terkena kutu maka pemberian obat anti kutu kucing sangatla diperlukan. Obat anti kutu yang bagus untuk kucing biasanya berupa obat tetes kutu yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membasmi kutu pada tubuh juga membasmi telur kutu yang sudah ada pada tubuh kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi. Kucing yang telah divaksinasi akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus yang berbahaya atau bahkan mematikan. Lakukan pemberian vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Lambkin

Semua jenis ras kucing pasti memiliki masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu kucing ras murni yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia atau ras kucing hasil dari persilangan, hal ini saa=ma dengan manusia yang biasa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Kucing Lambkin adalah ras kucing baru, karena hal tersebut maka penelitian mengenai masalah kesehatan kucing ini belum begitu jelas. Beberapa kemungkinan mengenai masalah kesehatan yang bisa terjadi pada kucing Lambkin adalah penyakit ekskavatum dan juga lordosis yang sering terlihat pada ras kucing munchkin yang menjadi salah satu nenek moyang kucing ini.

Belum ada informasi jangka panjang yang tersedia untuk masalah kesehatan yang mungkin dihadapi kucing Lambkin. Namun jika boleh berpendapat maka beberapa penyakit yang biasa terjadi pada kucing Selkirk Rex dan juga kucing Munchkin akan bisa terjadi pada kucing ini. 



Harga Kucing Lambkin

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Lambkin Import -
Harga Kucing Lambkin Lokal -
Harga Kitten Lambkin -
Harga Kucing Lambkin Dewasa -

Pada beberapa situs yang membahas tentang kucing Lambkin ini, biaya adopsi atau harga kucing lambkin tidak disebutkan secara pasti. Hanya ada kontak breeder kucing Lmbkin untuk menanyakannya secara pribadi, jadi saya tidak akan menuliskan perkiraan harga untuk kucing ini. Demikian mengenai kucing Lambkin kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Lambkin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel