Kucing LaPerm

Kucing Laperm adalah salah satu ras kucing yang memiliki bulu keriting yang sama dengan jenis kucing Rex lainnya. Namun meski memiliki bulu keriting, kucing ini memiliki genetik yang unik jika dibandingkan dengan ras Rex lain, Laperm memiliki gen dominan yang menyebabkan bulunya menjadi keriting.

Catlovers mungkin pernah mendengar jika kucing dengan berbulu keriting cenderung memiliki jenis bulu yang Hypoallergenic, namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Alergi pada manusia tidak disebabkan oleh jenis bulu tertentu tetapi karena bulu itu sendiri. Beberapa orang mungkin bereaksi tidak begitu parah dengan beberapa jenis kucing, tetapi hal tersebut tidak bisa membuktikan kucing tersebut termasuk Hypoallergenic.

Jenis Ras Kucing Laperm

Laperm dikenal sangat cocok sebagai kucing peliharaan pada rumah apapun dengan anggota keluarganya yang suka dengan kucing dan memberikan perawatan pada kucing ini. Kucing ini dikenal sebagai kucing yang penyayang, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga ramah, karena itu mereka bisa dengan mudah berada pada lingkungan orang yang suka dengan kucing.

Beberapa fakta cepat mengenai kucing ini diantara lain adalah mereka (Laperm) memiliki bulu yang bergelombang, beberapa memiliki ikal yang banyak dan ada juga yang longgar. Laperm berbulu panjang biasanya memiliki bulu keriting penuh sedangkan untuk Laperm berbulu pendek ekornya menyerupai bentuk sikat botol. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing LaPerm

Menurut beberapa sumber yang ada dulunya kucing ini disebut dengan Daller Laperm yang kemudian hanya dikenal sebagai Laperm saja. Kucing ini merupakan jenis kucing yang baru saja diterima dan telah ada sejak tahun 1980an. Sejarah kucing ini dimulai pada sebuah kebun ceri di Dalles, Oregon.

Pada awal bulan Maret tahun 1982 ada seekor kucing gudang biasa berwarna cokelat yang bernama Speedy melahirkan enak anak kucing. Pemilik dari kucing tersebut adalah Linda dan juga Richard Koehl. Mereka berdua melihat salah satu anak kucing tersebut terlihat sangar berbeda dari anak kucing lainnya.

Sejarah Ras Kucing Laperm

Jika anak kucing lain memiliki bulu normal seperti kucing pada umumnya, anak kucing ini benar benar botak dan ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan kucing lainnya. Kucing ini memiliki telinga lebih besar dan tubuh yang lebih panjang. Menginjak usia delapan minggu, bulu kucing ini mulai tumbuh dari tubuhnya yang botak, namun bentuk bulunya keriting.

Seiring bertambahnya usia kucing, dia mengembangkan bulu bergelombang yang lembut dan dari sini pemiliknya yaitu Linda Koehl memberikan nama Curly pada kucing tersebut. Saat dewasa, Linda menemukan bulu milik Curly sangat lembut dan menarik perhatian, dia akhirnya menggendong curly dan memeluknya.

Dari sini Linda mengetahui bahwa tidak hanya bulu milik curly yang unik, namun kucing ini juga memiliki kepribadian yang manis, lembut dan percaya diri yang berbeda dari kebanyakan kucing lainnya. Hal ini merupakan lompatan besar bagi Linda yang sebelumnya hanya memelihara kucing untuk pengendalian hama.

Setelah itu, Curly menghasilkan lima anak kucing jantan yang semuanya botak ketika dilahirkan dan sama seperti induknya, semua bulu keriting mulai tumbuh dari tubuhnya. Selama sepuluh tahun berikutnya, Linda tidak pernah mengendalikan perkembangbiakan Curly.

Bulu keriting diatur oleh gen dominan yang berarti hanya satu induk yang perlu memiliki gen untuk menghasilkan keturunan berbulu keriting. Karena hal ini maka jumlah kucing berbulu keriting tumbuh dengan sangat cepat, pada tahun 1992 atau sepuluh tahun sejak lahirnya Curly, Linda membawa 4 kucing keriting tersebut untuk mengikuti show kucing.

Dia membawa kucing tersebut ke show kucing yang diadakan oleh CFA di Portland, Oregon untuk melihat bagaimana respon dari peserta dan juga juri terhadap kucing tersebut. Sebuah nama Breed diperlukan untuk mendaftarkan kedalam show, jadi dari sini Linda memberikan nama kucing tersebut dengan nama ciptaan baru ibu alam yaitu Laperm.

Linda tercengang dengan sambutan antusias yang diterima dari kucingnya, dan dia benar benar tidak siap ketika para juri memberi tahu dia bahwa ras itu harus dilestarikan. Dengan bantuan orang lain, Linda mengembangkan program pemuliaan dan memulia proses panjang dan terlihat untuk mendapatkan pengakuan atas Laperm. Pada masa ini Laperm diterima oleh ACFA, CFA, dan TICA dengan status Championship.



Karakteristik Kucing LaPerm

Laperm adalah kucing kecil dengan berat 2.5 kg sampai dengan 4kg dan kucing ini baru akan mencapai kedewasaan ketika dia berusia dua hingga tiga tahun. Laperm memiliki tubuh berukuran sedang, pinggul sedikit lebih tinggi dari bahu dan terlihat memiliki tubuh seimbang dan juga proporsional.

Kepala kucing ini terlihat membulat dengan garis (kontur) yang lembut. Bantalan kumis tampak penuh dan bulat dengan kumis yang panjang serta fleksibel. Moncongnya lebar dan membulat disertai dagu yang kuat dan kokoh. Sedikit turun ada hidung yang berada pada bawah mata kucing ini.

Karakter Ras Kucing Laperm

Laperm memiliki ukuran telinga yang sedikit melebar dengan ukuran dari sedang hingga besar. Matanya sedang hingga besar, ekspresif yang berbentuk almond, sedikit lebih bulat saat waspada. Warna matanya bisa emas, kuning, hijau, biru, aqua atau beberapa warna mata lain yang biasa terlihat.

Kakinya memiliki panjang yang sedang yang sesuai dengan panjang tubuhnya, kaki depan mungkin sedikit lebih pendek daripada kaki belakang. Ekornya terlihat sangat proporsional dengan tubuh, bentuknya meruncing dari pangkal hingga ujung. Semua warna dan pola mungkin hanya mengikuti genetik, tergantung induknya.

LaPerm adalah kucing yang lembut dan suka dengan orang yang penuh kasih sayang tanpa perlu menuntut atau lengket padanya. Kucing ini menyukai persahabatan dengan manusia dan mudah untuk beradaptasi dengan baik entah itu kehidupan didalam ruangan ataupun diluar ruangan.selama mereka mendapatkan perhatian yang cukup.

Sama seperti kebanyakan kucing lainnya, LaPerm akan memiliki ikatan yang dekat dengan teman manusianya (biasanya yang memberi makan) ketika mereka mendapatkan interaksi dan kasih sayang secara teratur. LaPerm termasuk kucing yang lincah dan juga aktif yang dikatakan mirip dengan nenek moyang mereka yang merupakan kucing lumbung.

LaPerm sangat menikmati mainan interaktif, sifatnya yang ingin tahu membuatnya untuk mudah bermain. Tidak seperti ras lain, LaPerm cukup puas dengan duduk dipangkuan pemiliknya untuk dimanjakan. Dia hanya akan mengeluarkan suara ketika ada sesuatu yang penting seperti waktunya makan, bermain dan sebagainya.



Perawatan Kucing LaPerm

Dalam hal perawatan, Laperm tidak begitu mudah untuk dirawat. Kucing ini perlu untuk diberikan penyisiran atau penyikatan setidaknya dua hingga tiga kali seminggu untuk membuat bulunya tidak kusut dan juga tetap sehat. Laperm berbulu panjang harus lebih sering diberikan perawatan, gunakan sisir berputar untuk hasil yang lebih maksimal.

Dengan menggunakan sisir berputar maka sisir ini akan dengan mudah melewati bulu tanpa meluruskannya, selain mempermudah hal ini juga menjaga bulu kucing untuk tetap keriting. Lakukan hal ini dengan teratur, karena selain mengurangi bulu mati pada kucing, hal ini juga bisa merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Perawatan Ras Kucing Laperm

Sikatlah gigi kucing untuk mencegah penyakit periodontal (infeksi gusi) yang bisa terjadi pada kucing. Kebersihan harian gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali merupakan hal yang sangat bagus jika dibandingkan dengan tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Periksa kebersihan telinga setiap minggu, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada telinga kucing akibat penumpukan kotoran yang ada. Selain itu, kucing dengan telinga yang kotor ada kemungkinan terkena earmites (kutu telinga kucing). Bersihkan telinga kucing dengan hati hati, lakukan secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terbiasa mencakar perabotan dirumah. Biasakan kucing untuk hal ini, apabila catlovers sudah melakukan hal ini sejak kucing kecil maka hal ini akan mudah untuk dilakukan, namun jika dimulai ketika dewasa maka hal ini mungkin agak sedikit sulit.

Selain kebersihan tubuh kucing, kebersihan lingkungan kucing juga perlu untuk dijaga. Bersihkan litter box, perlengkapan makan dan minum setiap hari untuk menghindari penyakit yang berasal dari bakteri atau kotoran. Gantilah air minum ketika terlihat kotor dan jangan lupa untuk sterilisasi lingkungan jika diperlukan.

Supaya kucing terbebas dari kutu pada tubuhnya maka pemberian obat anti kutu untuk kucing sangat diperlukan. Obat anti kutu kucing yang bagus biasanya berupa obat tetes kutu yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membasmi kutu pada tubuh juga membasmi semua telur kutu yang ada pada tubuh kucing.

Sebaiknya pemeliharaan Laperm dalam ruangan saja, ini untuk melindunginya dari penyakit yang disebarkan oleh kucing lain, serangan dari kucing liar, dan juga bahaya lain yang disebabkan karena berada di lingkungan luar. Selain beresiko untuk kecelakaan berada diluar rumah juga beresiko untuk dicuri oleh orang asing.

Hal terakhir yang perlu diberikan untuk menjaga kesehatan kucing  Laperm adalah dengan vaksinasi. Vaksinasi akan membuat kucing memiliki ketahanan terhadap beberapa virus kucing yang berbahaya dan juga meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Lakukan vaksinasi sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing LaPerm

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali atau ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Laperm umumnya adalah kucing yang sehat dan tidak diketahui memiliki penyakit yang bersifat genetik, namun meski demikian bukannya kucing ini tidak bisa sakit sama sekali. Beberapa penyakit umum pada kucing bisa terjadi pada kucing ini seperti flu, jamur, kutu dan lainnya, karena itu perawatan yang maksimal harus diberikan supaya kucing ini tetap dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing LaPerm

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing LaPerm Import 18.000.000
Harga Kucing LaPerm Lokal 15.000.000
Harga Kitten LaPerm 12.500.000
Harga Kucing LaPerm Dewasa 14.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas tentang kucing LaPerm, biaya adopsi kucing LaPerm berkisar antara $900 sampai dengan $1.200, dari harga tersebut maka perkiraan harga kucing LaPerm akan seperti tabel diatas. Harga tersebut menggunakan kurs 14.000 dan merupakan perkiraan harga saja, jadi jengan menjadikan harga diatas sebagai harga paten karena harga kucing LaPerm asli bisa lebih maal ataupun lebih murah. Demikian mengenai kucing LaPerm kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing LaPerm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel