Kucing Lykoi

Kucing Lykoi adalah jenis ras kucing yang penampilannya mirip seperti serigala. Karena kemiripannya ini maka kucing ini menjadi memiliki sebutan sebagai serigala kucing atau werewolf kucing. Penampilan dari kucing ini disebabkan karena mutasi genetik alami yang terjadi pada kucing domestik selama 20 tahun terakhir.

Kucing ini jelas merupakan salah satu jenis ras kucing yang paling unik secara visual didunia. Meski memiliki penampilan yang terkesan liar, namun kucing ini adalah kucing yang ramah, penyayang dan suka bermain serta bergaul dengan manusia ataupun dengan hewan peliharaan lainnya yang ada pada lingkungan mereka hidup.

Jenis Ras Kucing Lykoi

Tes DNA yang dilakukan pada kucing ini memastikan bahwa kucing ini tidak membawa gen dari kucing Sphynx ataupun kucing Devon Rex. Ras kucing ini dikembangkan di Vonore, Tennessee dengan nama Lykoy yang memiliki arti serigala dalam bahasa Yunani.

Beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai kucing ini diantara lain adalah bahwa semua kucing lykoi domestik didunia ini dapat melacak garis keturunan mereka kembali pada kucing liar. Ras kucing ini termasuk ras kucing yang sangat langka. Mereka terlihat seperti manusia serigala yang menakutkan, namun sifatnya sangat menarik jika dibandingkan dengan penampilannya.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Lykoi

Sejarah Lykoi dimulai pada tahun 2011 dimana pada tahun ini kucing ini berjuang untuk menjadi sebuah ras kucing yang diakui. Lykoi pertama kali yang dikembangkan lahir dari peternakan kucing milik Brittney Gobble dan Patti Thomas pada musim gugur 2011. Setelah munculnya anak kucing pertama ini, mereka berdua berjuang untuk membuktikan bahwa Lykoi merupakan ras dengan gen yang unik.

Pada masa itu, jumlah kucing yang ada adalah 5 ekor dan kelima kucing ini semuanya didaftarkan pada tahun yang sama di The International Cat Association (TICA). Setelah proses pendaftara dilakukan, pengembangan pada kucing ini pun menjadi pekerjaan semua peternak kucing, pemilik hewan dan juga penggemar kucing ini yang akhirnya membuat kucig ini menjadi populer dan sangat terkenal.

Sejarah Ras Kucing Lykoi

Selama 5 tahun proses pengembangan dilakukan, ada beberapa pencapaian yang telah dicapai kucing ini untuk membutnya menjadi berbeda dari ras kucing lain dan unik dalam cerita pengembangan sebuah ras kucing. Yang diantaranya adalah semua fondasi yang digunakan untuk kucing Lykoi semuanya berasal dari hewan liar. Ini merupakan mutasi alami pada kucing yang dapat muncul dari waktu ke waktu.

Gen ini telah muncul di seluruh penjuru dunia dan 17 dari mutasi yang terjadi secara alami telah dimasukkan kedalam program. Karena hal yang dilakukan ini mereka mendapatkan julukan sebagai keturunan kesempatan kedua karena berasal dari kucing penyelamat yang mungkin tidak akan bertahan tanpa bantuan dari peternak yang banyak diantaranya diserahkan pada peternak dan mereka semua tidak mengerti betapa istimewanya kucing ini.

Lykoi telah menerima hibah untuk hasil penelitian genetika, kulit, dan juga bulu mereka. Ada tim ilmuwan yang terus mengumpulkan data tentang Lykoi untuk menjelaskan interaksi yang dimiliki gen resesif pada warna, bulu dan pola tak berbulu pada pengembangan yang dilakukan.

Lykoi telah lolos ke status Championship di TICA pada musim gugur 2016 yang berarti kucing ini sudah bisa tampil dalam show dan berkompetisi dengan ras kucing jenis lain mulai bulan Mei 2017. Banyak rintangan yang menjadikan Lykoi sebagai kucing yang diakui oleh salah satu Organisasi kucing yang terkemuka.

Dengan banyaknya bantuan dari banyak peternak kucing Lykoi, anggota TICA dan banyak peneliti genetik yang ada telah membuat kucing ini menjadi berkembang menjadi kucing yang sangat sehat, cantik dan dapat dinikmati banyak orang. Pada awalnya kucing ini ditemukan pada tahun 2010 dimana pada tahun ini telah ditemukan dua ekor kucing dengan penampilan yang unik.

Kucing ini pertama kali ditemukan di Tennessee, Amerika Serikat. Tes DNA yang dilakukan pada kucing Lykoi untuk mengetahui apakah kucing ini memiliki gen kucing Sphynx atau Devon Rex telah mengatakan bahwa Lykoi tidak memiliki kedua gen kucing tersebut.Setelah hal ini, catatan yang ada hanya mengatakan bahwa kucing ini telah diserahkan pada sebuah peternak kucing didaerah tersebut. 



Karakteristik Kucing Lykoi

Lykoi adalah kucing berukuran kecil hingga sedang, standar dari setiap ukuran kucing seperti biasanya, mungkin akan berbeda dari satu ras kucing dan yang lainnya. Kebanyakan kucing Lykoi memiliki ukuran 2.5 kg sampai dengan 3.5kg  yang berarti kucing ini memiliki ukuran lebih kecil dari biasanya.

Banyak yang berpendapat bahwa Lykoi adalah kucing yang jelek, akan tetapi yang mengatakan kucing ini sangat cantik jumlahnya juga tidak sedikit. Kucing ini memiliki gen yang unik untuk berkembang biak yang menyebabkan tidak hanya pola roan (campuran warna bulu normal dengan bulu putih) tetapi juga ada pola gundul atau botak pada bulunya.

Karakter Ras Kucing Lykoi

Banyak sekali kucing yang memiliki karakter fisik yang sama dengan Lykoi, namun hal yang membedakan kucing Lykoi dengan kucing lainnya adalah pola roan yang ada dan juga kebotakan pada kucing ini yang menjadikannya sebagai Lykoi asli. Pada anak kucing yang baru lahir, bulunya akan normal dan terlihat sama dengan anak kucing ras kucing lainnya.

Mencapai usia kucing satu atau dua minggu, anak kucing akan mulai kehilangan bulunya dan mulai tampak berbulu kembali. Pada proses ini anak kucing bisa kehilangan semua bulunya. Beberapa minggu kemudian, bulu Lykoi mulai tumbuh kembali (biasanya pada usia 3 sampai 4 bulan) dan memiliki penampilan dari kucing Lykoi yang sebenarnya.

Bulu Lykoi yang terlihat sangat kaku ini sebenarnya sangat lembut seperti sutra, banyak orang yang terkejut karena tekstur bulunya tidak sama dengan penampilannya. Bulu Lykoi selalu tidak stabil, artinya mereka bisa merontokkan bulu tersebut dan menumbuhkannya kembali dengan bulu baru yang lebih banyak atau lebih sedikit.

Setelah hal tersebut, pewarnaan pola roan pada tubuh Lykoi juga bisa berubah yang  membuatnya bisa tampak lebih hitam atau lebih putih. Ada garis tertentu yang lebih stabil dari yang lain, hal inilah yang membuat Lykoi menjadi berbeda dengan ras kucing lainnya.

Beberapa Lykoi mungkin terlihat lebih telanjang seperti Sphynx, sementara yang lain dapat sepenuhnya berbulu. Beberapa Lykoi juga bisa memiliki tampilan wajah yang khas dan memiliki bulu yang lebih tebal. Telinga dan hidung selalu tidak berbulu sedangkan pada kakinya memiliki bulu yang jarang.

Kucing ini bisa memiliki warna bulu apa saja seperti warna dari kucing normal, namun warna hitam adalah standar dari kucing ini dan merupakan warna yang dilihat serta dikenali oleh kebanyakan orang. Roan hitam merupakan warna satu satunya yang bisa ditampilkan yang membuat Lykoi menjadi kucing Werewolf.

Dalam hal perilaku, Lykoi sedikit berbeda dari kucing lainnya. Seperti kucing lain, mereka suka dikelilingi orang, suka dibelai dan senang berinteraksi dengan orang lain. Lykoi tidak selalu di pangkuan, kucing ini bisa duduk disebelah pemiliknya dalam waktu yang lama dan bisa juga menjelajah karena rasa ingin tahunya yang besar.

Mirip seperti raja, kucing ini selalu mengawasi setiap anggota keluarganya setiap saat. Kucing ini bisa bermain lempar tangkap, belajar menggunakan toilet, berdiri dengan kaki belakang dan menggunakan kaki depan seperti tangan  untuk meraih sesuatu. Lykoi juga penuh energi, karena hal ini mereka bisa bermain dalam waktu yang lama dan juga menjelajah ke berbagai tempat yang mereka inginkan. 



Perawatan Kucing Lykoi

Karena Lykoi memiliki bulu yang tipis maka dalam perawatannya sebaiknya kucing ini dijadikan sebagai kucing dalam ruangan. Bulu mereka memberikan sedikit perlindungan  dari dingin dan juga panas akibat sengatan matahari langsung, karena hal tersebut maka menjaga kucing ini tetap bersih akan sangat membantu kucing ini tetap sehat dan juga bahagia.

Lykoi adalah kucing yang mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Mereka tidak suka memanjat atau bersembunyi karena kucing ini merupakan tipe kucing yang cocok dengan tiang garukan atau pohon kucing. Pemberian mainan untuk menjaganya tetap aktif dan senang berada didalan rumah akan sangat direkomendasikan.

Cara Merawat Ras Kucing Lykoi

Meski Lykoi termasuk jenis khusus namun perawatan yang harus diberikan pada kucing ini tidak ada yang khusus. Lykoi berasal dari kucing domestik yang berarti kucing ini juga bisa diberikan perawatan yang sama dengan kucing domestik lainnya. Mereka bisa makan makanan kucing biasa, buang kotoran di tempat yang sama dan bahkan juga bisa tidur di tempat yang sama dengan kucing domestik pada umumnya.

Karena beberapa Lykoi tidak memiliki bulu seperti kucing Sphynx, maka penumpukan minyak pada tubuhnya dan anggota tubuh lain sering terjadi. Masalah ini bisa teratasi dengan memandikan kucing ini secara teratur, jika memang tidak begitu ada waktu maka melakukan pengelapan pada tubuhnya juga bisa dilakukan.

Selalu periksa kebersihan telinga kucing ini untuk mengetahui apakah ada penumpukan kotoran yang terjadi. Penumpukan kotoran pada telinga kucing bisa mengakibatkan infeksi, selain itu telinga kucing yang kotor juga bisa menjadi tanda kucing terkena earmites. Bersihkan telinga kucing dengan teliti, lakukan dengan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan rutin, hal ini dilakukan untuk mecegah kebiasaan kucing mencakar perabotan dalam rumah. Pada awalnya mungkin hal ini akan sulit dilakukan, namun seiring berjalannya waktu (kucing menjadi terbiasa ketika dipotong kuku atau cakarnya) maka ini akan menjadi hal yang mudah.

Meski memiliki bulu bukan berarti kucing ini tidak bisa kutuan, maka untuk mencegah kucing terkena kutu pemberian obat anti kutu pada kucing sangatlah diperlukan. Obat anti kutu yang bagus untuk kucing biasanya adalah obat kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, namun jenis obat kutu sangat banyak, jadi berikan sesuai keinginan catlovers.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaganya tetap sehat adalah vaksin. Vaksinasi berguna untuk memberikan ketahanan pada kucing terhadap virus tertentu yang berbahaya dan bahkan bisa mematikan. Berikan vaksin pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Lykoi

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing Lykoi adalah kucing yang sehat dan tidak ada masalah kesehatan khusus yang terkait dengan ras ini. Meski dianggap sebagai kucing yang sehat bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit sama sekali, karena itu perawatan maksimal harus diberikan supaya kucing ini selalu dalam kondisi terbaiknya.

Karena ras kucing ini termasuk baru, jadi sangat sulit menentukan penyakit yang seringkali atau umum terjadi pada kucing ini. Beberapa penyakit umum yang selalu terkait dengan ras kucing lain adalah penyakit ginjal, jantung, dan juga beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh virus yang berbahaya dan bisa menyebabkan penyakit lanjutan. 



Harga Kucing Lykoi

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Lykoi Import 30.000.000
Harga Kucing Lykoi Lokal 25.000.000
Harga Kitten Lykoi 17.500.000
Harga Kucing Lykoi Dewasa 20.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing Lykoi, biaya adopsi kucing Lykoi berkisar antara $1.800 sampai dengan $2.000. Dari harga tersebut maka perkiraan harga kucing Lykoi akan mirip dengan harga diatas. Harga yang tertera ini tidak termasuk biasa pengiriman  dari luar negeri dan juga biaya lainnya (jika kucing import).

Hal yang perlu catlovers ketahui adalah harga diatas hanya harga perkiraan saja, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten karena harga kucing Lykoi asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian mengenai kucing Lykoi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Lykoi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel