Kucing Maine Coon

Kucing Maine coon disebut juga dengan sebutan kucing bulu panjang Amerika merupakan salah satu ras kucing paling tua yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini adalah kucing resmi dari negara bagian Maine yang memiliki ukuran plus (besar) yang dihiasi dengan bulu leher yang indah, kaki berumbai dan juga ekor besar yang lebat.

Ketika catlovers pertama kali melihat kucing ini mungkin hal pertama yang menjadi sorotan adalah ukurannya yang besar atau sangat besar jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya. Karena ukuran dari kucing ini yang besar, rekor kucing rumah terpanjang dipegang oleh kucing ini yang ukurannya mencapai kaki.

Jenis Ras Kucing Mainecoon

Meski memiliki ukuran yang besar, namun kucing ini memiliki sifat yang manis dan juga ramah. Kebanyakan dari mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan tidak jarang selalu menuntut perhatian dari anggota keluarganya. Kucing ini adalah kucing yang suka bergaul dengan semua orang termasuk anjing dan juga kucing peliharaan lainnya.

Beberapa fakta yang perlu diketahui tentang kucing raksasa ini diantara lain adalah kucing ini merupakan satu satunya kucing bulu panjang di AS. Maine coon betina bernama Pebbles berpedan sebagai Mrs. Norris dalam serial film Harry Potter. Kucing ini memiliki bulu panjang yang indah, tetapi biasanya tidak kusut dan hanya perlu disisir setiap minggu.

Daftar Isi



Sejarah Kucing Maine Coon

Banyak sekali mitos terkait sejarah Maine Coon dan beberapa kepercayaan bahwa kucing ini berasal dari persilangan antara kucing dan juga racoon (rakun) meski secara biologis hal ini tidak mungkin. Selain hal tersebut beberapa gagasan lain menyebutkan bahwa dia merupakan keturunan dari kucing Prancis yang dikirim ke Maine oleh Marie Antoinette.

Kemungkinan besar, kucing kucing ini turun dari pertemuan antara kucing domestik berbulu pendek yang sudah ada di negara ini dan kucing asing berbulu panjang yang dbawa pulang sebagai oleh oleh oleh para pelaut New England atau bahkan Viking yang membawa kucing berbulu panjang saat mereka melaut ke Amerika sekitar seribu tahun yang lalu.

Sejarah Ras Kucing Mainecoon

Memang ada kemiripan antara kucing Maine Coon dan juga kucing Norwegian Forest, namun meski begitu entah dari manapun mereka berasal kucing ini selalu dipandang sebagai pekerja rumah tangga dan juga pertanian yang sangat dihargai karena bakat mereka dalam memburu tikus atau hewan lainnya.

Penyebutan pertama untuk kucing yang disebut Maine Coon terjadi pada tahun 1861, hal ini mengacu pada spesimen hitam putih bernama Kapten Jenks dari Horse Marines. Bukan hal yang aneh jika melihat Maine Coon pada sebuah show kucing, pada sebuah show kucing yang diadakan pada masa tersebut.

Pada tahun 1985 seekor kucing Maine Coon cokelat bernama Cosie telah memenangkan gelar kucing terbaik di Madison Square Garden dan mulai itu hingga saat ini Maine Coon adalah salah satu keturunan paling populer. Mereka menempati peringkat ketiga diantara ras yang terdaftar oleh CFA (Cat Fanciers Association).



Karakteristik Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah kucing yang memiliki badan yang besar dan juga tinggi, pada kucing jantan beratnya berkisar antara 6kg sampai dengan 9kg sedangkan pada kucing betina berkisar antara 4kg sampai dengan 6kg. Panjang tubuh kucing ini bisa mencapai hingga sekitar 1 meter. Maine Coon merupakan kucing kuat dan berotot, namun pertumbuhan mencapai kedewasaan tergolong lambat karena membutuhkan waktu sekitar 3 tahun hingga 5 tahun.

Pada bagian kepala, kucing ini memiliki bentuk kepala yang sedang dan juga lebar. Dahinya sedikit melengkung dengan tulang pipi yang terlihat menonjol. Mata tergolong besar dan berbentuk oval, hidungnya lebar dibagian ujung dengan dagu yang terlihat tajam. Telinga besar, lebar pada bagian bawah dan melancing hingga ujung yang terkadang ada bulu pada bagian ujungnya.

Karakter Ras Kucing Mainecoon

Leher kucing Maine Coon memiliki ukuran panjang yang sedang, kakinya juga berukuran sedang dengan tulang serta ukuran otot yang terlihat kuat dan ekornya panjang. Bulu kucing ini sangat lebat da juga halus, lembut serta tahan terhadap air. Ukuran standar bulu kucing ini adalah 7cm yang bulu pada bagian lehernya mirip seperti singa.

Kepala, kaki, dan bahu memiliki ukuran bulu lebih pendek dan pada bagian pahan serta punggung akan sedikit lebih panjang. Kucing ini bisa hadir dalam 3 pola dengan berbagai warna seperti tabby klasik atau mackarel dengan warna cokelat, biru, merah, krem, perak dan lainnya, solid dengan beberapa kombinasi dan juga Tortie.

Maine Coon adalah kucing yang manis dan juga ramah, selain itu kucing ini juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kebanyakan dari mereka selalu menyayangi keluarganya, namun meski begitu kucing ini juga tidak menuntut terlalu banyak perhatian. Maine Coon akan mengikuti kemanapun pemiliknya pergi dilingkungan rumahnya ketika sedang tidak bermain.

Dia adalah kucing yang suka bergaul dengan semua orang termasuk hewan peliharaan lain seperti anjing dan juga kucing lainnya. Maine Coon bisa bermain lempar tangkap, bermain menggunakan tali dan juga bisa diajak bepergian kemanapun karena kucing ini akan mudah terbiasa dengan hal tersebut.

Kucing ini bisa berkomunikasi dengan berbagai suara, selain mengeong dan mendengkur, dia juga bisa mengeluarkan kicauan dan getar suara aneh dari mulut raksasa kucing yang lembut ini. Selain suara Maine Coon juga pintar dalam menggunakan bahasa tubuh seperti dia akan memberi belaian dari kepalanya untuk memberi tahu pemilinya adalah orang istimewa baginya.

Seperti yang sudah dikatakan diatas, Maine Coon bisa dengan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan rumah dan juga jenis iklim apapun. Secara alami kucing ini memang dibangun untuk kehidupan luar yang dingin, namun akan lebih aman jika pemeliharaanya dilakukan didalam ruanga untuk mengurangi resiko kucing ini mengalami kecelakaan ataupun tertular penyakit dari luar. 



Perawatan Kucing Maine Coon

Dalam masalah perawatan kucing yang berbulu tebal dan halus ini tidak ada penambahan khusus yang perlu dilakukan. Untuk merawat bulunya, cukup lakukan penyisiran mingguan untuk menjaga bulu kucing ini tetap sehat dan juga untuk membantu mengurangi jumlah bulu mati yang bisa tertelan kucing dan mengakibatkan adanya hairball.

Memandikan kucing sesekali bisa dilakukan, hal ini akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan bulu dan juga kulitnya. Potonglah kuku atau cakar kucing sesuai dengan kebutuhan yang biasanya dilakukan 10 hari atau dua minggu sekali. Pada awalnya hal ini mungkin akan sulit untuk dilakukan, namun ketika sudah terbiasa maka hal ini akan menjadi sangat mudah.

Cara Merawat Ras Kucing Mainecoon

Kebutuhan utama kucing ini adalah keluarga dan juga orang yang menyayangi dan memberikan perhatian pada kucing ini serta bisa membawanya kedalam semua aspek kehidupan dalam keluarga tersebut. Hal ini akan sangat membantu dalam kebagiaan, mood booster dan bahkan akan berperan penting untuk kondisi kucing serta kesehatannya. 

Kebersihan gigi kucing juga perlu dijaga, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit peridontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali merupakan hal yang sudah sangat bagus daripada tidak pernah membersihkannya sama sekali.

Selain kebersihan gigi, kebersihan telinga kucing juga harus selalu diperiksa. Telinga kucing yang kotor akan bisa mengakibatkan infeksi karena adanya penumpukan kotoran, selain itu ada kemungkinan kucing juga terkena earmites. Bersihkan telinga kucing jika terlihat kotor, lakukan dengan teliti dan perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Maine Coon termasuk kucing yang memiliki bulu tebal, karena itu kutu kucing bisa ada kapanpun. Berikan obat anti kutu kucing pada Maine Coon, obat kutu yang bagus biasanya berupa obat tetes kutu kucing yang diteteskan pada tengkuknya, obat ini selain membasmi kutu yang ada juga akan membasmi telur kutu pada tubuh kucing secara menyeluruh.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaga kesehatannya adalah vaksin. Dengan memberikan vaksinasi pada kucing maka kucing akan memiliki ketahanan terhadap beberapa virus tertentu yang berbahaya, selain itu kucing juga akan memiliki daya tahan tubuh yang bagus daripada biasanya. Berikan vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun. 



Kesehatan Kucing Maine Coon

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Maine coon umumnya dianggap sebagai kucing yang sehat, namun kucing ini memiliki beberapa masalah kesehatan keturunan yang dapat menjadi perhatian termasuk kardiomiopati hipertrofik, displasia pinggul dan atrofi otot tulang belakang. kardiomiopati hipertrofik atau HCM  adalah bentuk paling umum dari penyakit jantung pada kucing.

Displasia pinggul adalah cacat turunan dari pinggul, hal ini bisa terjadi dengan ringan dan bisa menyebabkan sedikit atau tanpa rasa sakit atau juga bisa menjadi hal yang parah. Penurunan berat badan atau operasi bisa membantu meredakan penyakit ini tergantung dari kondisi kucing itu sendiri.

Atrofi otot tulang belakang penyebabnya adalah kematian neuron sumsum tulang belakang yang mengaktifkan otot rangka dan anggota badan dan menyebabkan terjadinya kelemahan otot. Ketika kucing terkena penyakit ini biasanya kucing akan berjalan dengan bagian belakang bergoyang atau kesulitan dalam melompat.

Maine coon umumnya memiliki masa hidup selama 10 sampai dengan 13 tahun tergantung dari perawatan yang diberikan dan juga konsumsi kucing ini. Selain beberapa penyakit diatas, dikatakan kucing ini juga sangat rentan dengan penyakit gigi yang umum terlihat.

Beberapa penyakit diatas adalah penyakit yang umum terlihat pada kucing ini, dan tentunya kucing ini masih bisa menderita beberapa penyakit umum lainnya yang sering terjadi pada kucing ras lain. Oleh karena itu, selalu berikan perawatan kucing yang maksimal supaya kucing ini tetap dalam kondisi terbaiknya. 



Harga Kucing Maine Coon

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Maine Coon Import 28.000.000
Harga Kucing Maine Coon Lokal 20.000.000
Harga Kitten Maine Coon 17.500.000
Harga Kucing Maine Coon Dewasa 18.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas mengenai kucing Mainecoon ini, biaya adopsi Mainecoon berkisar antara $1.200 sampai dengan $2.000, dari harga tersebut maka perkiraan harga kucing Mainecoon akan seperti harga diatas. Beberapa kucing Mainecoon yang ada di Indonesia mungkin memiliki harga yang lebih murah, namun ada kemungkinan kucing tersebut sudah melalui proses persilangan dan tentu saja tidak memiliki sertifikat atau PED.

Harga Mainecoon diatas merupakan harga perkiraan, jadi jangan menjadikan harga tersebut sebagai harga paten karena harga Mainecoon asli bisa lebih murah atau lebih mahal. Demikian untuk kucing Mainecoon kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk catlovers dan semoga juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Maine Coon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel