Kucing Malaysia

Kucing Malaysia, seperti yang terlihat dari namanya, kucing ini merupakan kucing domestik yang berasal dari negara Malaysia. Pengambangan awal kucing ini dikatakan terjadi pada tahun 1994 dan kucing ini juga merupakan ras kucing pertama dari negara Malaysia itu sendiri.

Jika catlovers sudah mengetahui jenis ras kucing Tonkinese maka kurang lebih catlovers juga akan mengetahui gambaran dari ras ini. Kucing Malaysia memiliki struktur yang mirip dengan kucing Tonkinese, sedangkan untuk masalah warnanya kucing ini cenderung lebih mirip dengan warna yang dimiliki kucing Ragdoll.

Jenis Ras Kucing Malaysia

Beberapa jenis kucing ras selalu memiliki keunikannya masing masing, dan tentu saja ras kucing Malaysia juga demikian. Keunikan dan juga yang menjadi fitur utama dari kucing Malaysia adalah bentuk kepala mereka dan juga bentuk dari matanya yang sangat mirip seperti telur.

Kucing ini dikenal memiliki sifat yang sangat mirip dengan kucing bengal, mereka suka bermain namun juga sangat penyayang. Karena hal tersebutlah maka kucing ini bisa menjadi kucing peliharaan keluarga yang baik. Berbeda dengan kucing peliharaan yang umum, kucing ini memiliki ciri yang khas, jadi menjadikan kucing ini sebagai kucing peliharaan akan bisa membuat beberapa orang yang berkunjung menjadi tertarik. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Malaysia

Sama seperti namanya yaitu Malaysia, kucing Malaysia pertama kali dikembangkan di Malaysia pada tahun 1994. Pengembangan ini dilakukan oleh salah satu organisasi kucing yang bernama Malaysia Cat Club dan juga beberapa peternak lain yang juga ikut berperan dalam proses pengembangan yang dilakukan.

Pada waktu pengembangan ini berlangsung, para orang yang berperan didalam hal ini hanya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu untuk membuat standar sempurna dari kucing Malaysia dan membuatnya diakui oleh organisasi-organisasi kucing international yang tersebar di seluruh dunia.

Ras kucing Malaysia termasuk kucing yang masih baru dan bahkan masih dalam pengembangan. Dikatakan orang yang berperan penting dalam pengembangan dan juga awal orang yang ingin mengembangkan kucing ini adalah Mrs. Alva Uddin yang merupakan Anggota Badan Dunia Internasional yang memelihara dan juga mengatur standar breed kucing.

Informasi serta penjelasan dari sejarah kucing Malaysia sangatlah terbatas, karena minimnya informasi mengenai hal ini maka tidak banyak yang bisa disebutkan serta dijelaskan mengenai detail dari sejarah kucing ini. Jika salah satu catlovers ada informasi tambahan mengenai ras kucing ini maka silahkan menambahkannya pada kolom komentar yang ada dibawah.



Karakteristik Kucing Malaysia

Sama dengan informasi sejarah dari kucing ini, beberapa informasi lain seperti karakteristik kucing ini memiliki informasi yang minim dan tidak banyak yang bisa dijelaskan. Kucing Malaysia dikatakan adalah kucing yang berukuran sedang dengan tubuh berotot dan juga bulu yang pendek.

Karakter Ras Kucing Malaysia

Bulu kucing Malaysia tekstusnya halus dan saling berdekatan dengan warna serta pola bulu yang sering catlovers sebuat dengan pola Point dengan kombinasi warna putih. Pada bagian kepala bentuknya lebar dan juga bulat dengan bentuk pipi yang baik. Hidungnya memiliki panjang sedang dengan dagu yang berukuran sedang pula.

Malaysia telinganya juga berukuran sedang, bentuknya sedikit bulat, tipis dan memiliki lebar yang proporsional. Badan kucing ini tergolong panjang dengan bidang dada yang luas. Kakinya panjang atau tinggi dan pada bagian ekornya memiliki bulu yang cukup tebal dengan ujung membulat serta ukurannya juga tergolong sedang.



Perawatan Kucing Malaysia

Karena kucing ini termasuk kucing berbulu pendek maka dalam hal perawatan mungkin akan mudah untuk dilakukan. Cukup lakukan penyikatan atau penyisiran mingguan untuk membantu mengurangi jumalh bulu mati dan juga merangsang bulu kucing yang baru untuk tumbuh kembali.

Potong kuku atau cakar kucing dengan teratur, pada umumnya hal ini harus dilakukan antara 10 hari sekali atau 2 minggu sekali. Jika catlovers sudah melakukan hal ini sejak dini atau pada saat kucing masih kecil maka kemungkinan kucing sudah terbiasa dan menjadi mudah. Namun jika dimulai pada saat kucing sudah dewasa, kucing harus dibiasakan terlebih dahulu.

Cara Merawat Ras Kucing Malaysia

Selalu periksa kebersihan telinga kucing apakah ada kotoran yang terlihat atau tidak. Telinga kucing yang kotor bisa menimbulkan infeksi pada telinga kucing karena penumpukan kotoran tersebut, selain itu telinga kotor juga merupakan salah satu tanda kucing terkena earmites (kutu telinga kucing). Jika ada kotoran yang terlihat maka segera bersihkan, lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Selain kuku dan juga telinga, kebersihan gigi kucing juga harus dijaga. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan harian pada gigi kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkannya sesekali sudah bagus sekali daripada tidak membersihkannya sama sekali.

Supaya kucing terbebas dari kutu maka pemberian obat anti kutu pada kucing perlu dilakukan. Obat anti kutu kucing yang bagus biasanya berupa obat tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing, obat ini selain membasmi kutu yang ada pada tubuh kucing juga akan membasmi seluruh telur yang ada pada tubuh kucing juga.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksin. Vaksinasi pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan kucing terhadap virus tertentu yang bisa berbahaya, selain itu juga akan membuat daya tahan tubuh kucing menjadi lebih baik lagi. Berikan vaksinasi pada kucing sejak ini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun.



Kesehatan Kucing Malaysia

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing Malaysia adalah kucing yang sehat dan juga tidak ada informasi yang kucing ini memiliki masalah kesehatan yang sering terlihat. Namun meski demikian, bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit sama sekali. Perawatan yang maksimal masih tetap dibutuhkan untuk membuat kucing ini selalu sehat dan dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Malaysia

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Malaysia Import -
Harga Kucing Malaysia Lokal -
Harga Kitten Malaysia -
Harga Kucing Malaysia Dewasa -

Dalam beberapa situs yang membahas kucing Malaysia, tidak ada yang menyebutkan biaya adopsi atau harga untuk kucing ini dengan jelas, karena itu saya pribadi juga tidak berani untuk membuat perkiraan harga kucing Malaysia. Jika salah satu catlovers ada yang mengetahui informasi ini maka silahkan menambahkan informasi tersebut pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga ikut mengetahuinya. Demikian mengenai kucing Malaysia kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Malaysia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel