Kucing Mandalay

Kucing Mandalay adalah jenis ras kucing yang dihasilkan dari persilangan antara kucing Abyssinian dengan kucing Burma. Kucing ini memiliki bentuk seperti kucing Asia, namun pengembangan untuk kucing ini dilakukan di Eropa. Meski mirip kucing Asia dan dikembangkan di Eropa, namun kucing ini berasal dari Selandia Baru.

Mandalay adalah versi penuh warna dari kucing Burma, karena hal ini semua standar yang dimiliki kucing ini dalam segala hal harus sesuai dengan standar dari kucing Burma selain warna bulunya (Mirip). Karena kemiripan ini maka banyak orang berpendapat bahwa kedua kucing ini sepenuhnya saling berhubungan.

Jenis Ras Kucing Mandalay

Anak kucing Mandalay sangat mirip dengan kucing Burma, namun dalam hal ini anak kucing Mandalay memang sedikit lebih istimewa. Keistimewaan ini dikarenakan sedikitnya jumlah breeder kucing yang mengembangkannya yang membuat kucing Mandalay menjadi ras kucing yang termasuk langka.

Warna yang dimiliki kucing Mandalay sangat kaya, gelap dan juga glamor. Sebelumnya kucing ini dikenal sebagai Australian Bombay, namun seiring pengembangan yang dilakukan nama tersebut menjadi tidak digunakan dan diganti dengan Mandalay. Meski beberapa standar sangat mirip kucing Burma, kucing Mandalay juga memiliki standarnya sendiri dalam breed, hal ini dapat dilihat pada beberapa organisasi yang mengakui kucing ini. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Mandalay

Ras kucing Mandalay adalah ras kucing yang sedikit dikenal berasal dari Selandian Baru. Pada tahun 1980an, dua peternak kucing dari Selandia  Baru yang bernama Dorothy Horton dan Pat Hogen dikreditkan sebagai pencipta dari kucing ini. Mandalay dalam proses pengembangannya telah melibatkan perkawinan antara kucing Burma dengan kucing domestik non silsilah.

Dari persilangan yang dilakukan tersebut, maka hasil anak kucing yang dihasilkan memiliki mata emas, otot yang lebih baik dari kucing burma namun secara keseluruhan sangat mirip dengan Burma meski dengan warna yang lebih gelap. Mandalay adalah ras kucing yang tergolong langka, namun meski begitu kucing ini tetap diakui sebagai ras kucing yang berbeda di Selandia Baru.

Sejarah Ras Kucing Mandalay

Pada awalnya persilangan yang dilakukan ini terjadi karena ketidak sengajaan yang terjadi antara kucing domestik dan juga kucing Burma. Persilangan ini terjadi secara independen di pulau selatan dan pulau utara dengan Dorothy Horton dan Pat Hogan di Pulau Selatan, dan Jan Parsons di Pulau Utara.

Mandalay telah memiliki status breed dengan NZCF sejak tahun 1990. Berawal dari 2 breeder kucing asli ini telah banyak orang yang ikut mengembangkannya dan berhasil menambahkan warna lain yang lebih luas kedalam warna tradisional Burma. Dikatakan selain 2 breeder asli ini, telah ada 11 breeder lain yang ikut serta dalam proses pengembangan yang dilakukan pada kucing ini.

Pada dasarnya Mandalay adalah jenis ras kucing yang sama dengan kucing Burma dan sistem pendaftaran yang sama dengan kucing Siam dan Oriental yang memiliki hubungan secara genetik. Standar breed dari Mandalay sama dengan Burma dengan pengecualian warna bulu dan juga warna mata, dimana warna kuning yang lebih kuat diperlukan untuk Mandalay.

Mandalay memiliki minimal satu warna penuh gen pigmentasi maksimum (C) sedangkan Burma memiliki minimal dua gen mutan resesif dari seri albino (gen burma). Ini pada dasarnya akan mengubah kucing Mandalay hitam menjadi kucing Burma Cokelat. Seekor kucing Mandalay yang dikawinkan dengan kucing Burma akan memiliki kemungkinan 50% untuk masing-masing menghasilkan Burma dan Mandalay.

Di Inggris Mandalay sepadan dengan Bombay dan dalam beberapa program di Selandia Baru, beberapa kucing Bombay dari Inggris telah di import untuk pengembangan kucing Mandalay. Mandalay di NZ (Selandia Baru) dikembangkan dalam berbagai warna dan inilah yang membedakan antara rekan Bombay nya di Inggris.

Peternak pertama di AS mulai mengembangkan warna yang lebih baru untuk mendapatkan status breed Asia (Mandalay dalam berbagai warna) seperti warna Cokelat Ebony (warna kucing Havana). Lavender blue tabby dan variasi Tortie digunakan sebagai warna dasar untuk membuat warna tersebut.

Mandalay generasi pertama yang dikembangkan oleh Dorothy Horton dari pulau selatan berwarna merah dan dalam pengembangannya Dorothy telah memiliki warna cokelat lengkap, merah, krem, dan tortie. Setelah itu, dia membeli seekor betina berwarna kayu manis dari Rafoej dan sukses dalam sebuah show dengan kucing tersebut.

Dorothy adalah salah satu juri dari 4 juri NZCF pada masa tersebut yang ikut mengembangkan Mandalay. Setelah hal ini, pengembangan yang dilakukan tetap dalam proses dan berlanjut hingga kucing Mandalay sekarang ini. Meski pada saat ini Mandalay mungkin kurang begitu dikenal, namun kucing ini tetaplah kucing yang menarik dan memiliki penggemar tersendiri. 



Karakteristik Kucing Mandalay

Mandalay adalah kucing yang memiliki warna bulu seperti kayu namun sedikit agak gelap, warna cokelatnya seperti warna jati yang halus dan warna kayu manisnya seperti perunggu. Umumnya warna mata kucing ini akan lebih bagus lagi yaitu warna emas yang menakjubkan dan keduanya (warna bulu dan mata) memiliki keserasian tersendiri).

Mandalay yang dikembangkan melalui kucing Burma selalu memiliki warna yang solid, berbeda dengan burma yang selalu berwarna mirip kucing Siam namun kurang begitu jelas. Kucing ini juga memiliki tipe tubuh yang sama dengan kucing Burma, memiliki warna yang sama meski Mandalay agak lebih gelap.

Karakter Ras Kucing Mandalay

Misalnya jika kucing Burma berwarna cokelat maka untuk kucing Mandalay menjadi berwarna hitam. Untuk masalah tekstur bulunya, kucing ini memiliki bulu yang sedikit lebih halus daripada kucing Burma. Selain itu warna mata kucing Mandalay umumnya akan lebih dalam dan sangat cocok dengan warna bulunya.

Selain bentuk tubuh yang sangat mirip dengan Burma, Mandalay juga memiliki sifat yang sangat mirip dengannya. Kucing ini adalah kucing yang ramah dan juga baik hati, mereka sangat menyukai perhatian dari anggota keluarganya. Mandalay dapat mencari perhatian jika mereka menginginkan teman, mereka akan kesepian jika dibiarkan sendiri sepanjang hari.

Selama anggota keluarganya bisa memberikan banyak waktu dan juga perhatian maka Mandalay bisa menjadi anggota keluarga yang hebat. Kucing ini bisa hidup rukun dengan anak anak dan juga sangat toleran. Mandalay adalah kucing yang penuh karakter, jadi hidup bersama dengan mereka tidak akan pernah merasa membosankan. 



Perawatan Kucing Mandalay

Karena kucing Mandalay adalah jenis kucing yang memiliki bulu yang pendek maka kucing ini hanya membutuhkan sedikit perawatan untuknya. Lakukan penyisiran atau penyikatan bulu mingguan untuk membantu Mandalay mengurangi jumlah bulu mati pada tubuhnya dan juga merangsang bulu baru untuk tumbuh kembali.

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, hal ini dilakukan untuk mengurangi kebiasaan kucing dalam mencakar perabotan dalam rumah. Pada awalnya mungkin hal ini akan sulit untuk dilakukan, namun jika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan sangat mudah dilakukan.

Cara Merawat Ras Kucing Mandalay

Selalu periksa kebersihan telinga kucing setiap waktu, telinga kucing yang kotor bisa menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran yang terjadi, selain itu telinga kotor juga merupakan tanda tanda kucing terkena earmites. JIka telinga kucing terlihat ada kotoran maka segera bersihkan, lakukan pembersihan telinga dengan teliti dan perlahan serta jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Selain telinga dan juga cakarnya, kebersihan gigi kucing juga perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudahlah sangat baik sekali dibandingkan tidak membersihkannya sama sekali.

Kebersihan tubuh kucing sangatlah penting, akan tetapi kebersihan lingkungan kucing juga tidak kalah pentingnya. Bersihkan lingkungan kandang kucing setiap hari seperti litter box serta perlengkapan makan dan juga minum. Ganti air minum kucing ketika sudah terlihat kotor dan jika perlu berikan desinfektan pada saat membersihkan untuk membunuh bakteri pada lingkungan kandang.

Mandalay adalah salah satu jenis kucing yang aktif, perhatian dari keluarganya sangatlah dibutuhkan untuk membuat kucing ini menjadi senang dan memiliki mood bagus. Pemberian mainan seperti tiang garukan, cat tower, atau beberapa mainan lain sangatlah disarankan untuk membuat Mandalay selalu senang dan bisa bermain tanpa ada pendamping setiap saat.

Supaya kucing terbebas dari kutu maka pemberian obat kutu kucing sangat disarankan. Obat anti kutu yang bagus biasanya berupa obat anti kutu tetes yang diteteskan pada tengkuk kucing. Obat ini selain membasmi kutu pada tubuh kucing juga bisa membasmi seluruh telur kutu yang ada, karena itu obat ini akan sangat bagus dalam pencegahan kutu pada kucing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing adalah vaksinasi. Vaksin untuk kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap virus tertentu yang bisa berbahaya untuk kucing, jadi dengan memberikan vaksin pada kucing adalah suatu kewajiban. Berikan vaksinasi pada kucing sejak dini, berikan dengan lengkap dan jangan lupa untuk mengulangnya setiap tahun sekali.



Kesehatan Kucing Mandalay

Semua jenis ras kucing pasti memiliki kemungkinan untuk mengembangkan penyakit yang bersifat genetik entah itu ras kucing hasil persilangan ataupun ras kucing murni yang perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum Mandalay adalah kucing yang sehat, tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa kucing ini mengalami beberapa masalah kesehatan yang sering terlihat. Namun meski demikian, bukan berarti kucing ini tidak bisa sakit sama sekali. Beberapa penyakit umum yang sering terlihat pada kucing lain juga bisa terjadi pada kucing ini.

Kucing Mandalay memiliki masa hidup rata rata 10 sampai dengan 17 tahun, yang dimana hal ini juga tergantung dari perawatan yang diberikan pada kucing ini. Kucing yang selalu sehat dan diberikan perawatan yang maksimal pasti akan memiliki masa hidup yang panjang, karena itu selalu berikan yang terbaik untuk kucing peliharaan supaya kucing selalu sehat dan dalam kondisi terbaiknya.



Harga Kucing Mandalay

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Mandalay Import -
Harga Kucing Mandalay Lokal -
Harga Kitten Mandalay -
Harga Kucing Mandalay Dewasa -

Tidak ada informasi yang jelas mengenai biaya adopsi kucing Mandalay atau harga kucing Mandalay, karena minimnya informasi maka saya pribadi juga tidak berani untuk memberikan perkiraan harga pada kucing ini. Jika ada salah satu catlovers yang mengetahui maka silahkan memberikan informasi pada kolom komentar dibawah supaya catlovers lain juga mengetahuinya. Demikian informasi mengenai kucing Mandalay, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Mandalay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel