Kucing Skookum

Kucing Skookum merupakan ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat dan termasuk dalam varian dari kucing Munchkin. Kucing ini adalah hasil persilangan antara kucing munchkin dengan kucing Laperm, dari persilangan tersebut maka kucing Skookum memiliki kaki pendek dari kucing Munchkin dan bulu keriting dari Laperm.

Skookum dikenal sebagai Shirley Temple of the Cat World, dengan tubuhnya yang mungil ini dan juga bulu keritingnya yang unik mereka mendapatkan julukan tersebut. Tidak hanya kucingnya yang aneh, namun nama dari kucing ini pun juga aneh. Satu hal yang perlu diketahui adalah bulu keriting dari kucing ini memiliki dua versi ukuran, yaitu panjang dan juga pendek.

Jenis Ras Kucing Skookum

Banyak yang mengatakan bahwa kucing Skookum masih bertingkah seperti anak kucing bahkan sampai mereka menginjak usia dewasa. Hal ini merupakan sifat bawaan dari mereka yang sangat suka bermain, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi yang kadang-kadang menyebabkan mereka terlihat konyol.

Skookum masih tergolong kucing yang baru, yang artinya kucing ini masih dalam pengembangan. Sama halnya dengan kucing Munchkin yang membutuhkan waktu lama untuk diakui dan memiliki benyak penggemar, kucing Skookum pun juga demikian, beberapa pengembangan tetap dilakukan karena spesimen dari kucing ini juga belum banyak. 

Daftar Isi



Sejarah Kucing Skookum

Skookum adalah kucing yang dikembangkan dari persilangan antara kucing munchkin dan kucing LaPerm dengan tujuan pengembangan yaitu menghasilkan kucing yang memiliki kaki pendek seperti kucing Munchkin dan juga berbulu keriting sama halnya dengan bulu kucing LaPerm.

Persilangan pertama yang dilakukan pada kucing ini terjadi pada tahun 1990 oleh seorang peternak kucing bernama Roy Galusha dan beberapa peternak kucing lain yang bergabung dalam proyek pengembangan kucing ini. Dikatakan beberap peternak lainnya berasal dari Amerika Serikat, Eropa, Selandia Baru dan juga Australia.

Sejarah Ras Kucing Skookum

Pada awal pengembangannya Skookum diakui sebagai breed eksperimental oleh Independent European Registries, The Dwarf Cat Association dan registry Catz Inc di Selandia Baru. Mereka juga diterima sebagai eksperimental breed di TICA meski pada masa ini nama breed belum disetujui.

Pemberian nama terhadap breed tidak boleh sembarangan, asoasiasi harus memastikan dahulu nama yang digunakan tersebut memiliki konotasi negatif atau tidak sebelum memperbolehkan nama yang didaftarkan. Karena hal inilah maka meski breed sudah disetujui namun nama breed masih belum disetujui.

Di Australia, Skookum dapat bersaing pada tingkat kejuaraan dan juara Skookum pertama adalah Double Grand Champion Shotrland BC Little Miss Moppet yang dibesarkan oleh Twink McCabe dan dimiliki oleh David Richardson dan Christine Brelsford, yang gelarnya dimenangkan dalam satu-satunya pendaftaran kucing nasional Australia, WNCA. 



Karakteristik Kucing Skookum

Kucing Skookum adalah salah satu ras beberapa ras kucing berkaki pendek, karenanya mereka memiliki tulang yang lebih pendek dari kucing berukuran normal. Dengan posturnya yang pendek ini, kucing Skookum rata-rata hanya memiliki berat sekitar setengah ukuran kucing dewasa pada umumnya.

Meskipun memiliki tubuh pendek namun Skookum juga memiliki tubuh yang kekar dan jika catlovers melihatnya maka pasti mengetahui bahwa kaki bagian belakang kucing ini sedikit lebih panjang dari bagian depan. Struktur tubuh ini tidak akan menghambat kemampuan kucing ini untuk bergerak dengan cepat dan mudah seperti kucing lainnya.

Karakter Ras Kucing Skookum

Secara keseluruhan, tubuh dan leher kucing Skookum akan terlihat tebal dan dadanya membulat. Tubuhnya memiliki otot yang baik, tidak terlihat memanjang dengan kaki yang kompak dan bulat. Ciri pembeda lain atau yang menjadi ciri khas dari kucing ini adalah bulunya yang keriting atau ikal.

Bulu keriting pada kucing Skookum ini akan berbeda antara jantan dan juga betina, biasanya pada kucing betina ikal atau keriting pada bulunya akan lebih longgar jika dibandingkan dengan yang jantan. Mereka bisa memiliki ukuran bulu pendek hingga panjang dengan tekstur yang ringan dan lembut.

Tidak hanya bulunya saja, bahkan alus dan juga kumis kucing ini pun melengkung yang memberikan tampilan unik. Ekornya juga tampak sangat mewah dan dapat digambarkan memiliki pom-pom pada ujungnya. Ekornya meruncing dari pangkal hingga ujungnya yang membulat dengan bulunya yang tebal dan juga halus.

Skookum memiliki telinga yang besar dan runcing pada kepalanya yang lebar. Mata berukuran sedang hingga besar yang membuatnya tampak ekspresif. Bulu kucing Skookum yang keriting ini dapat hadir dalam berbagai warna dan juga pola seperti warna solid, bicolor dan juga colorpoint.

Salah satu karakter dari kucing LaPerm yang diketahui adalah tingkat kecerdasan yang diatas rata-rata, dan untungnya Skookum cenderung mewarisi sifat ini. Skookum sering menunjukkan kecerdasan tingkat lanjut untuk seekor kucing, jika catlovers memiliki Skookum seperti ini maka mereka kemungkinan dapat membuka pintu dan juga menyelesaikan beberapa teka-teki kecil.

Sifat lain yang dimiliki oleh sebagain besar LaPerm adalah energinya yang berlimpah dan hal ini juga ditunjukkan pada kucing Skookum. Munchkin pun juga demikian, mereka juga dikenal memiliki energi yang tinggi, karena kedua indukan kucing ini memiliki ciri ini maka wajar saja jika Skookum pun juga demikian.

Meskipun Skookum memiliki kaki yang pendek namun kucing ini sama sekali tidak lambat. Dengan banyaknya energi yang mereka miliki maka kucing ini pun sangat suka untuk bermain, sering melompat-lompat disekitar rumah, melompat ke tempat yang lebih tinggi dirumahnya dan beberapa hal lainnya.

Skookum termasuk kucing yang penyayang dan suka menghabiskan waktu bersama keluarganya. Mereka adalah kucing yang menginginkan sebanyak mungkin waktu, cinta dan juga perhatian dari pemiliknya. Meski kucing ini memiliki energi yang tinggi dan suka berlarian untuk membakar energinya, namun kucing ini juga ingin menringkuk di pangkuan dan merasakan beberapa pelukan. 



Perawatan Kucing Skookum

Terlepas dari bulu keriting yang dimiliki kucing ini, dalam perawatannya bulunya sama sekali tidak sulit untuk dirawat. Kucing ini akan senang untuk menerima perlakuan saat dimanja, disikat, disisir bulunya. Selain itu karena bulunya memiliki tekstur yang lembut maka hal ini benar-benar memudahkan dalam menyelesaikan perawatan.

Untuk menjaga bulu kucing Skookum terlihat luar biasa, perawatan yang diberikan bisa dilakukan dua kali seminggu. Dalam merawat bulu kucing, perlakukan kucing dengan lembut, hal ini selain membuat kucing menjadi lebih nyaman juga akan bisa memperkuat ikatan antara kucing dengan pemiliknya.

Perawatan Ras Kucing Skookum

Lakukan pemotongan kuku atau cakar kucing dengan teratur, hal ini biasanya dilakukan seminggu atau dua kali seminggu melihat kucing itu sendiri. Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (saat kucing masih kecil), karena ketika dari awal kucing sudah terbiasa maka ketika menginjak usia dewasa hal ini akan tetap mudah untuk dilakukan.

Jagalah kebersihan gigi kucing untuk mencegah kemungkinan kucing terkena penyakit periodontal (infeksi gusi pada kucing). Kebersihan gigi harian kucing memanglah yang terbaik, namun membersihkan gigi kucing sesekali sudah sangat bagus sekali daripada tidak pernah membersihkannya.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing setiap minggu, telinga kucing yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi karena penumpukan kotoran yang ada, selain itu telinga kotor juga menjadi tanda kucing terkena earmites. Periksa seluruh bagian telinga kucing dengan teliti, bersihkan bagian yang kotor secara perlahan dan jangan sampai membuat telinga kucing terluka.

Berikan obat kutu kucing secara rutin, tidak lucu jika bulu kucing Skookum yang mewah ini menjadi rumah kutu karena tidak diberikan obat kutu. Selain obat kutu, berikan juga obat cacing pada mereka guna mencegah resiko kucing terkena masalah pencernaan. Berikan keduanya dengan teratur dan jangan lupa mengulangnya menurut anjuran.

Seperti kebanyakan kucing lain, memberikan makanan berkualitas pada kucing sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika memungkinkan sediakan makanan basah dan juga kering untuk variasi makanan dan juga keragaman nutrisi. Gunakan makanan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi kucing.

Skookum memiliki banyak energi untuk dihabiskan, jadi memberikan beberapa pelaihan untuknya bisa dilakukan untuk membantunya menghabiskan energi hariannya. Pemberian beberapa mainan dan juga ruangan yang cukup juga disarankan karena hal ini akan membuat kucing tetap bergerak dan tentu saja akan membuatnya senang.

Dalam pemeliharaannya sebaiknya kucing ini dijadikan sebagai kucing dalam rumahan saja, hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan kucing tertular penyakit dari kucing liar yang ada di lingkungan, serangan dari hewan lain, kecelakaan yang tidak diinginkan dan bahkan resiko dicuri oleh orang asing.

Hal terakhir yang perlu diberikan pada kucing untuk menjaganya tetap sehat adalah vaksinasi. Vaksin yang diberikan pada kucing berguna untuk memberikan ketahanan terhadap virus tertentu yang berbahaya atau bahkan mematikan, karena hal ini maka vaksin sangat penting bagi kucing.



Kesehatan Kucing Skookum

Semua jenis ras kucing pasti memiliki potensi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang bersifat genetik entah itu ras kucing alami yang dikatakan dalam perkembangannya tidak ada campur tangan dari manusia ataupun ras kucing hasil dari persilangan. Hal ini sama dengan manusia yang bisa mewarisi penyakit dari kedua orang tuanya.

Secara umum kucing Skookum dianggap sebagai kucing yang sehat, namun meski begitu beberapa masalah kesehatan sering terjadi pada kucing ini dan diantaranya adalah Psuedoachondroplasia. Masalah ini didapatkan dari kucing Munchkin yang dapat menyebabkan kelainan bentuk anggota badan dan kematian saat masih dalam kandungan.

Beberapa masalah kesehatan yang ada pada kucing Laperm dan juga Munchkin masih bisa terjadi pada kucing ini karena memang kucing ini hasil persilangan dan bisa memiliki penyakit keturunan. Selain itu, masalah kesehatan umum lain juga bisa terjadi seperti flu, diare, muntah dan berbagai masalah kesehatan umum lainnya.

Kesehatan kucin selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan padanya, karena itu selalu berikan perawatan terbaik untuk kucing mulai dari pemberian makanan, makanan yang sesuai, perhatian, kasih sayang dan hal lain yang bisa membuat kucing senang serta terjaga kesehatannya.



Harga Kucing Skookum

Keterangan Biaya Adopsi
Harga Kucing Skookum Import 30.000.000
Harga Kucing Skookum Lokal 20.000.000
Harga Kitten Skookum 15.000.000
Harga Kucing Skookum Dewasa 18.000.000

Menurut beberapa situs yang membahas kucing ini, Skookum termasuk dalam ras kucing yang langka, karena itu biaya adopsi kucing ini juga tinggi dan mencapai $2.000. Dari harga tersebut maka kemungkinan harga Skookum akan seperti harga diatas. Untuk kucing Skookum import harga yang tertera hanya harga kali kurs saja, dan belum ditambahkan biaya pengiriman dan juga biaya lainnya.

Jangan menjadikan harga diatas sebagai harga yang paten, cukup jadikan sebagai acuan harga saja karena selain hanya perkiraan harga kucing Skookum asli bisa lebih mahal ataupun lebih murah. Demikian informasi mengenai kucing Skookum kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kucing Skookum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel